Tarif Bagasi Kereta Api, Untuk Barang Bawaan Melebihi Ketentuan

tarif bagasi kereta api

Kalau sudah mendekati akhir Ramadhan seperti ini, hawa mudik mulai terasa, deh. Eh, ini sih buat saya ya, karena saya ini kaum perantauan. Jadi, momen seperti ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Salah satunya, barang apa saja yang hendak dibawa serta. Selain barang kebutuhan pribadi macam baju, alat ibadah, tak ketinggalan pula oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Nah, ini yang selalu membuat saya was-was, seberapa banyak barang bawaan nantinya. Dengar-dengar, PT KAI, akan mengenakan tarif, jika berat dan volume barang bawaan melebihi ketentuan. Bagaimana ketentuannya dan berapa besar tarifnya?

Hm, barang bawaan ketika bepergian sekeluarga tentu lebih banyak kan, dengan bepergian sendirian. Barang keperluan 4 orang ditambah oleh-oleh itu harus dipacking seringkes mungkin. Alasannya biar mudah dibawa dan juga tidak memakan tempat di kereta. Ini penting lho, memakan tempat di kereta itu seringkali mengambil jatah tempat penumpang lain. Jadi, tempat barang di atas tempat duduk yang kami tempati itu justru dipakai penumpang lain.

Soal packing baju sih, bisa cepat saja. Dua hari sebelum berangkat biasanya saya mulai packing. Yang agak lama itu menyortir baju mana yang mau dibawa dan berapa banyak. Maklum, untuk baju anak-anak biasanya saya bawa lebih banyak. Takutnya, karena sibuk memasak untuk lebaran dan silahturahmi jadi nggak sempat mencuci baju, kan.

Buat saya, kalau bepergian, seperti mudik, enaknya nggak terlalu bawa banyak barang. Maklum, mudik dengan membawa dua anak yang harus ekstra penjagaan karena situasi yang amat ramai. Biasanya tangan kanan dan kiri saya untuk megang anak-anak. Praktis yang membawa barang seperti koper dan tas oleh-oleh ya,suami. Nah, ini dia, yang bikin saya nggak tega kalau harus bawa banyak barang.

Saya sekeluarga, rencananya akan mudik dengan naik kereta api. Nah, ternyata PT KAI sekarang memberlakukan ketentuan batasan bagasi tangan penumpang. Kalau dulu, berapapun banyaknya barang yang dibawa ke dalam kereta api tak dikenakan biaya. Nah sekarang, untuk barang dengan berat lebih dari 20 kg atau 100 dm3 dikenakan biaya.

Ketentuan ini sebenarnya sudah diberlakukan oleh PT KAI sejak 20 Desember 2015 yang lalu. Tapi, masih perlu disosialisasikan. Apalagi menjelang musim mudik Lebaran 2016 ini, biasanya barang bawaan pemudik itu banyak sekali.

tarif bagasi kereta api

Berikut ini ketentuan tarif bagasi tangan :

  1. Barang bawaan dengan berat kurang dari 20 kg atau volume 100 dm3 (70x48x30 cm) per penumpang, bebas tarif.
  2. Barang bawaan dengan berat lebih dari 20 kg sampai dengan 40 kg dan volume 200 dm3 (70x48x60 cm), dikenakan tarif dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Untuk kelas Eksekutif, dikenakan tarif Rp. 10.000, untuk tiap kilogram kelebihan berat barang bawaan.
    • Untuk kelas Bisnis dikenakan tarif Rp.6.000, untuk tiap kilogram kelebihan berat barang bawaan.
    • Untuk kelas Ekonomi dikenakan tarif Rp. 2.000, untuk tiap kilogram berat barang bawaan.
  3. Barang bawaan kurang dari 20 kg tapi volume melebihi alat ukur volume dikenakan tarif dengan mengalikan berat barang dan koefisiennya. Contoh: berat 15 kg dengan volume lebih dari ketentuan maka perhitungannya 15 kg x 1,5 = 22,5 kg. Jadi, kelebihan beratnya 2,5 kg, karena berlaku pembulatan ke atas maka dihitung 3 kg kelebihannya.
  4. Untuk barang bawaan lebih dari 40 kg atau volume 200 dm3 tidak diizinkan untuk dibawa masuk ke kabin kereta. Namun dipersilahkan untuk menggunakan jasa ekspedisi kereta api.

Siap-siap saja deh, jika nantinya barang bawaan ternyata harus dikenakan tarif. Maklum, di rumah kan nggak ada timbangan, qeqeqe. Jadi ya, berusaha packing seringkes mungkin supaya kalau dikenakan tarif nggak kena banyak gitu.

Dimana Penumpang Harus Menimbang Barang Bawaan?

tarif bagasi kereta api

Saat melewati proses pengecekan tiket dan identitas diri di boarding gate, barang bawaan penumpang akan diukur. Jika ternyata barang bawaan melebihi ketentuan yang berlaku, maka penumpang harus membayar tarif kelebihan barang bawaan di loket pembayaran.

Sebenarnya sih, rak bagasi penumpang kereta api, kan, terbatas banget. Menurut pengalaman sih, barang bawaan nggak mungkin bisa di taruh semuanya di rak bagasi, di atas tempat duduk. Soalnya, kan harus berbagi juga dengan penumpang lainnya.

PT KAI nggak kaku juga sih, semua barang harus ditaruh di rak bagasi. Kalau misalnya bagasi tidak mencukupi, boleh kok, meletakkan barang di lantai, di bawah kursi atau di tempat lain. Tapi, dengan syarat tidak menggangguย  atau membahayakan penumpang lain dan tidak menimbulkan kerusakan pada kereta api.

Nah, bagaimana teman-teman, sudah siap untuk packing?. Jika tak ingin dikenakan tarif bagasi, perhatikan baik-baik ketentuannya.

ย Happy Mudik!

kulit tetap lembab dan elastis

36 thoughts on “Tarif Bagasi Kereta Api, Untuk Barang Bawaan Melebihi Ketentuan

  1. wahh lumayan membantu kemaren baru denger-denger doang, blm tahu tarifnya sekarang bisa antisipasi dengan menimbang barang bawaan dulu ๐Ÿ˜€

  2. Duh aku tuh gak pernah mudik. Jagain jakarta aja tiap tahun. Baru tau kalo kereta api dibatasi bagasinya. Selama ini liat orang2 suka bawa banyak bawaannya aku kira bebas2 aja

  3. Aku kemarin belum kena fee Mba. Padahal bawaanku banyaaak. Koper segede gambreng, tas travel lumayan gede juga. Ransel gede, hihi
    Yang muat diatas hanya ransel dan koper. Untuk tas masukin bawah kursi deh ๐Ÿ™‚

  4. Jarang naik kereta api, paling kalau mau ke Surabaya mengunjungi keluarga di sana.

    baru tahu juga info ini, makasih banyak Mba, jadi nanti kalau bawa barang harus lebih prioritas ya biar bagasinya nggak kelebihan

  5. Ini peraturan regular kan mbak, nggak hanya saat mudik? Hepi mudik, semoga selamat dan lancar di jalan. Seneng ya bisa bertemu keluarga besar. Kalo aku tahun ini bantuin ibu mertua yg giliran jadi nyonya rumah hari pertama ๐Ÿ™‚

  6. waah baru tahu klo KA juga ada bagage limit juga. perasaan dulu bawa tetek bengek hayuuk aja hahaha.
    klo di CL memang ada sih aturannya krrn kan lebih massive dr KA yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *