Surabaya Carnival Park, Wisata Malam Kota Surabaya 

 

Membutuhan hiburan kala malam di kota Surabaya yang cocok buat keluarga?. Surabaya Carnival Park bisa jadi pilihan tepat. Disana ada beragam wahana permainan yang bisa dinikmati, hanya dengan satu tiket masuk. Kecuali untuk wahana dan fasilitas tertentu tertentu, harus membayar lagi. Saat liburan Lebaran yang baru lalu, kami sekeluarga berkesempatan menikmati kemeriahan Surabaya Carnival Park. 

Saat mudik bulan Mei 2016, anak-anak saya memang sudah mengincar tempat wisata yang satu ini. Sayangnya, waktu yang mepet membuat hal ini harus ditunda dulu. Hm, anak-anak sempat kecewa tapi ya akhirnya mereka bisa menerimanya, dengan syarat. Ini dia yang bikin keki, saat mudik Lebaran harus jadi berkunjung kesana. Dan benar saja, siang hari sekitar pukul 15.00 WIB kami sampai di Surabaya,  malamnya anak-anak minta ke Surabaya Carnival Park (SCP).

Ya, demi menunaikan janji, kami pun akhirnya berwisata kesana. Malam itu kota Surabaya sudah sedikit lengang. Jadi, nggak terlalu lama kami sampai di sana. Suasana meriah mulai tampak di pintu masuk dengan adanya lampu warna-warni dan aneka ornamen sirkus yang menarik. Loket pembelian tiket malam itu juga nggak seramai dugaan kami. Tak perlu antri lama kami berempat mendapat 4 tiket masuk plus 4 voucher makan seharga 20 ribu.

surabaya carnival park

Oh, ya untuk tiket masuk dibedakan ya antara hari biasa (weekdays) dengan akhir pekan serta hari libur nasional maupun musim liburan Surabaya Carnival Park. Hehehe, jadi SCP memiliki kalender musim liburan. Begini rinciannya:

  • Senin – Kamis (weekdays)  : Rp. 60.000, 00
  • Jumat-Minggu (weekend)/libur nasional/musim libur SCP: Rp.80.000,00

Nah, untuk musim libur SCP yang berikutnya itu 19 Desember 2016 – 05 Januari 2017. Kalau mau berkunjung di saat itu, tiketnya lebih mahal dari hari biasa tapi pengunjung bisa menikmati Carnival Light Parade. Parade ini hanya tampil pada saat weekend dan musim libur SCP.

Di pintu masuk, tiket akan dipasang oleh petugas di pergelangan tangan. Di sini pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan berat semacam nasi, lontong, mie, maupun sayur. Tak boleh juga membawa minuman dari luar. Di dalam sana ada foodcourt dan cafe. Jadi, jangan kawatir akan kelaparan atau kehausan.

surabaya carnival park

Selain itu untuk anak dengan tinggi badan lebih dari 85 cm harus membayar tiket penuh. Dan jangan lupa gelang tiket dijaga jangan sampai rusak karena katanya nih, kalau rusak atau lepas maka tiket dianggap tidak berlaku. Kabar gembiranya untuk pengunjung yang lahir di bawah tahun 1959 maka gratis tiket masuk.

Ada apa saja sih di SCP itu?  Arrg, ada banyak wahana permainan yang nggak semuanya sempat dicoba dalam satu kunjungan. Setidaknya ada 52 wahana permainan dimana sebagian besar gratis alias hanya perlu bayar tiket masuk saja. Sementara itu, untuk beberapa wahana dan fasilitas seperti go kart, perang laser, area dolanan dan e-bike itu berbayar.

Wahana-wahana tersebut ada yang ditujukan untuk anak-anak saja. Ada yang bisa untuk semua level, ada pula wahana ekstrim seperti topan badai, bledek coaster, gondal-gandul, roda gila, yang nggak cocok buat anak-anak.

surabaya carnival park

Sebegitu banyaknya wahana yang ada, kami baru sempat menikmati 10 saja. Hiks, belum ada separuhnya ya. Beberapa wahana, antriannya panjang membuat kami urung ke wahana itu. Nah, berikut ini wahana permainan yang sempat kami coba:

    • Galeri Angkut, galeri ini ada di bagian depan, sebelum pintu masuk tempat pemasangan tiket. Di sini kita bisa menyaksikan beragam alat angkut yang kuno. Ada mobil dan sepeda motor jadul.
    • Galeri Suroboyo, nah ini adalah tempat segala sesuatu tentang kota Surabaya diabadikan. Dari mulai sejarah kota Surabaya, bangunan bersejarah, dokumentasi berupa foto-foto, duplikasi kuliner khas, aneka kerajinan, diorama, koleksi benda-benda kuno dan masih banyak lagi.
    • surabaya carnival park
      istilah suroboyoan

      surabaya carnival park

    • Carousel (komidi putar), jika ingin mengenang masa kecil, bisa nih ikut naik komidi putar bareng anak-anak. Jangan kawatir, komidi putar di sini aman dinaiki orang dewasa kok. Kalau tak ingin naik kudanya, ada bangku yang disediakan di komidi putar. Jadi, kita bisa duduk di situ dan ikut berputar-putar.
    • Kocar-kacir, wahana ini hanya buat anak-anak saja. Wahana ini berputar dan naik turun tidak pelan tapi nggak terlalu cepat juga. Jadi nggak ngeri buat anak-anak.
    • Omah Mumet, ini bisa dinaiki semua usia. Berbentuk rumah, di mana di dalamnya ada tempat duduk dengan pengaman. Rumah akan naik perlahan, miring ke kanan dan ke kiri lalu turun lagi. Nggak lama sih, mungkin sekitar satu menit deh. Anak-anak sebenarnya belum puas tapi gimana lagi kan harus gantian sama yang lain.
    • Tambang Mas Coaster, wahana ini yang paling menantang yang sempat kami naiki. Naik kereta tambang yang terbuka dengan kecepatan tinggi dan dengan lintasan naik turun, belok kanan dan kiri dengan super cepat. Kami berhasil menyelesaikan satu lintasan dengan penuh teriakan, pegangan yang kenceng 2x, qeqeqe. Maklum, bawa anak dua. Hehehe, waktu di atas sana rasanya takut terlempar aja, padahal ada sabuk pengamannya.

surabaya carnival park

    • Sepur Sirkus, demi meredakan ketegangan setelah naik tambang mas maka kami mengajak anak-anak naik sepur sirkus. Sepur masuk di dalam gua yang penuh dengan badut yang lucu dan sempat juga melewati taman Lampion yang indah.

surabaya carnival park

    • Pirates Ghost Ship, wahana hantu ini, nggak menakutkan buat orang dewasa tapi mungkin menakutkan bagi anak-anak. Paling tidak mereka bisa tutup mata jika takut.

surabaya carnival park

    • Lampion KBS, di sini ada banyak Lampion dengan berbagai bentuk. Ada hati, berbagai hewan dan bunga-bungaan. Suasananya temaram, romantis-romantis gitu. Dan ada bagian saya suka itu di bagian yang ada gua buatan, ada suara dentingan piano dengan atraksi lampu kelap-kelip yang indah. Kalau nggak salah sih, itu musiknya Yiruma.

surabaya carnival park

    • Bianglala, ini yang terakhir kami nikmati, meskipun antriannya panjang. Naik Bianglala, kita bisa memandang kota Surabaya saat malam dari atas ketinggian.

surabaya carnival park
surabaya carnival park

Sebenarnya ada satu wahana incaran kami yang belum sempat kami naiki karena panjangnya antrian yaitu kereta angkasa. Kita bisa naik kereta terbuka seperti di Tambang mas namun kita sendiri yang menggerakkannya dengan menggenjot pedal. Lintasannya berada di ketinggian sehingga kita bisa menikmati pemandangan di SCP dari atas. Jika berkunjung ke sini lagi maka ini jadi incaran pertama, deh.

Setelah lelah berputar-putar menikmati beragam wahana, perut kami pun lapar. Saatnya menggunakan voucher makan yang tadi itu. Voucher makan itu bisa ditukar di foodcourt tertentu saja. Kami memilih makan bakso dan mie ayam. Lumayanlah, untuk mengganjal perut saat sudah larut.

keliling-angkasa
incaran kami kalau ke SCP lagi

Surabaya Carnival Park tak hanya menawarkan wahana permainan untuk hiburan anak-anak dan keluarga tapi juga menawarkan fasilitas untuk gathering seperti pesta ulang tahun, gathering perusahaan, komunitas dll.

Alhamdulillah, walaupun baru menikmati 10 wahana, tapi anak-anak senang sekali. Mereka juga ingin berlibur ke SCP lagi jika mudik ke Surabaya. Alasannya, masih banyak wahana yang belum kami coba.

Tertarik untuk menikmati keseruan wahana permainan di Surabaya Carnival Park, seperti kami?. Tinggal pilih waktu berkunjung yang sesuai ya. Selamat bersenang-senang.

Surabaya Carnival Park 

Jln. Ahmad Yani No 333 Surabaya 

Jam operasional :

Senin-Jumat         pukul 17.00 – 23.00 WIB 

Sabtu-Minggu/libur nasional dan musim libur SCP: pukul 16.00-23.00 WIB 

40 Comment

  1. Ngintip apa itu si kakak? Keren ya Surabaya. Jadi pingin ke sana kapan kapan

    1. Ngintip diorama Mba Ade Anita

  2. mesti ke sini nih kalo pas berkunjung ke surabaya. Biar bisa menikmati wahana-wahana di SCP.

    TFS.

    1. Silahkan Mba Ipeh, semoga bisa bersenang-senang di sana.

  3. Wah, Surabaya sekarang sudah menjadi destinasi wisata pilihan juga, mau main ke sana semoga suatu saat nanti 🙂

    1. Betul Mba Titis, semoga kesampaian ya keinginannya.

  4. ya Allah, wahananya bagus dan banyak banget. Oh iya mba, tiap naik wahana bayar lagi? Atau sekali masuk aja bayarnya?

    1. Ada yang tak perlu bayar lagi Mba Cut.
      Hanya beberapasaja yang harus bayar lagi.

  5. Kebetulan aku juga baru postingan ttg SCP. Mbaknya main Tambang Mas Coaster ajanih? Yg Bledek Coaster ga dicoba juga? Hehe.

    1. Nggak Mas, takut kesamber bledeknya, hehehe.

  6. Keren-keren apalagi malam hari

    1. Betul, lampunya yang bikin efek luar biasa.

  7. Wahana sederhana ya sebenernya, mba. Tapi masih seruuuu! Btw di depan SCP ini ada hotel gak ya? Taun kemakn nginep di Midtown Express surabaya, di sebrang hotelnya ada taman bermain kayak gini juga. SPC bukan yak….duh gak inget..

    1. Nah, ini yang saya nggak apal.
      di depan sana emang ada hotel dan pusat perbelanjaan. nah nggak tau deh itu hotel yang mbak maksud ada di situ nggak.
      Maap, beneran nggak apal.

  8. pengen banget ke sini kalau pas ke Surabaya, mba Ety
    Ngehits banget tempatnya. Tempat yang pas untuk keluarga 🙂

    1. Silahkan Mba Alida.
      Ajak anak-anak juga ya, biar seru.

  9. Kapan ya saya bisa ke Surabaya mba. Baca tulisan ini jadi pengen kesana

    1. Semoga kesampaian Mak Lis.

  10. Wuih..seru kayaknya kalau bisa main di Surabaya Carnival Park. Apalagi kalau lihat lampu-lampunya, baguus…!

    1. Iya Mba Nurul..belum puas mainnya. Masih pengin lagi.

  11. Wahh..menarik mba..sudah seperti pasar malam versi modern, asyiik banget pasti untuk quality time bersama keluarga

    1. Eh, iya mba. Hihihi, ada komidi putarnya trus ada yg jual makanan jadul kayak arum manis gitu tp lupa motretnya.

  12. Seru juga ya kalo jadwal mainnya malam hari. Cuma waktunya jadi singkat, dan pasti antri panjang. Aku udah 3 tahun belum berkunjung ke Surabaya lagi. Pengen juga nih nyobain, murah juga tiketnya ya mbak 🙂

    1. Betul Mba Hidayah. Tapi kalau dr pagi kayaknya nggak nyaman juga, panaaaas. Secara Surabaya gitu mba. Puanaaaas rek.

  13. Mba etyyy, aku paling seneng klo ada carnival gini, tapi belum pernah ke jatim rek… Pingin ke jombang, madiun, ponorogo saudara dari suamii..ini lampionnya apik yaa
    Salam kenal mba ety

    1. Wah, banyak juga saudaranya di Jatim ya mba Uci.
      Semoga bisa kesampaian bertemu mereka dan mampir ke SCP.

  14. Wiiih keren …. Aku kalo ada acara ginian di Malang aja gak pernah datang. Gak ada kesempatan soale malam.

    1. Iya Mba Anisa, kalau malam hari terbatas waktunya ya.

  15. Skr banyak kota2 yang keren2 ya dan cocok utk dijadikam tmpt berlibur

    1. Iya Mba Tian, nggak kalah dengan kota besar lainnya deh.

  16. Hemm. surabaya salah satu kota favorit saya. Terima kasih share-nya… memberi wawasan 😀

    1. Sama-sama. Semoga bermanfaat.

  17. Sudah berkali-kali ke Surabaya, mulai urusan bisnis sampai liburan, sampai sekarang blm pernah nyoba ke Surabaya Carnival Park, mau ke sana gagal trs T-T

    1. Wah, sayang banget mba. Coba deh disempetin kalau ke sana lagi. Cobain yang nantang adrenalin biar seru.

  18. Ahaha ya ampun, saya asli surabaya. liat istilah2 yg dipajang di dinding tu tiba2 ketawa sndiri.. oh surabaya..

    1. Hehehe, kalau saya bukan asli Surabaya, awalnya geleng-geleng kepala. Kalau sekarang sih dah biasa.

  19. Sebagai orang Surabaya belum pernah berkunjung ke sini. Semoga ada kesempatan. Seneng lihat lampionnya.

    1. Wah, Surabayanya mana Mba Tikha? Semoga bisa ke sana segera ya.

  20. Ngintip apa itu kakak 😀
    tiket masuk sama apa yang di dapet di dalam cukuplah untuk acara refreshing 😀

    1. Ada diorama di dalam sana. Yang bisa bergerak saat tuas diputar.

Leave a Reply