Tampil Kompak, Syar’i dan Serasi Bersama Ethica

Salah satu hal yang belum saya dan keluarga miliki adalah foto keluarga. Serius? Ya, selama ini ada sih, foto berempat. Tapi itu foto welfie suka-suka yang tidak berkonsep dan tidak bisa dipajang dengan pigura di dinding. Namanya foto welfie tentu kurang sempurna baik komposisi maupun angle nya. Apalagi, memotretnya tak memakai tongsis. Sudut pengambilan jadi sempit dan hasilnya pun tak memuaskan.

Awalnya sih, saya cuek saja. Foto keluarga yang serius bisa kapan aja. Sampai beberapa waktu lalu, saya diminta untuk mengirim foto keluarga untuk sebuah keperluan publikasi. Di situ saya baru menyesal, mengapa tidak dari kemarin-kemarin itu foto berempat yang serius, foto studio misalnya. Akhirnya yang saya kirimkan adalah foto kami berempat yang seadanya banget. Foto welfie yang tanpa konsep dan diambil sekenanya.

foto-keluarga1.jpg

Dari situ saya mulai berpikir untuk memiliki foto keluarga yang terkonsep. Setidaknya ada 2 hal yang sedang saya pikirkan yaitu:

  • Tema foto, saya memiliki keinginan untuk memiliki foto keluarga dengan tema semi formal dan di dalam ruangan. Rencananya, foto ini akan dipajang di ruang tamu.
  • Baju keluarga, dengan tema foto in door dan semi formal, saya membayangkan untuk memakai baju sarimbit. Jadi kita berempat memakai baju dengan corak dan warna yang sama. Baju sarimbit muslim jadi pilihan saya.

Bicara masalah baju muslim mana yang pas untuk rencana foto keluarga saya, tentu ada hal yang harus diperhatikan. Selain mampu menutup aurat dengan baik, baju muslim tersebut harus serasi dan indah dipandang.

Baju Sebagai Penutup Aurat

Baju bagi kita umat muslim memiliki fungsi utama sebagai penutup aurat. Dalam hal ini, Islam telah memberikan tuntunan tentang aturan berpakaian yang sesuai dengan syariat. Bagi wanita muslim, ada prinsip-prinsip religius yang harus terpenuhi dari sebuah pakaian untuk bisa dikatakan sesuai syariat atau syar’i.

ethica fashion

Berikut ini syarat-syaratnya yang saya kutip dari Majalah Ummi, berdasarkan pendapat Syekh Ali As Sabuni dalam Tafsir Ayat Ahkam Jilid 2:

  • Baju tersebut bisa menutupi aurat kecuali yang diperbolehkan untuk dilihat seperti muka dan telapak tangan.
  • Baju tersebut berbahan tebal, tidak boleh tipis sehingga bisa diterawang.
  • Baju tersebut tidak memiliki warna mencolok sehingga menarik perhatian orang.
  • Bajunya longgar alias tidak ketat sehingga tidak membentuk lekuk tubuh.
  • Bajunya tidak dipakaikan wewangian yang dapat menarik perhatian orang lain ataupun laki-laki bukan mahromnya.
  • Tidak menyerupai baju laki-laki seperti celana.

Sedangkan untuk kaum laki-laki aturan berpakaian tak seketat ini karena biasanya baju laki-laki itu standar saja. Tak ada inovasi yang macam-macam baik dari model maupun bahan yang digunakan. Biasanya kan celana panjang dan hem saja, dengan sedikit modifikasi di sana-sini tapi tidak mengubah tampilannya jadi berbeda dari sebelumnya.

Estetika Dalam Berbusana

Aturan syar’i dalam berbusana tadi akankah membatasi secara saklek model dan warna pakaian?. Sementara itu trend fashion muslim berkembang amat cepat. Kita tentu ingat bukan, awal-awal kemunculan hijab di Indonesia. Tak ada banyak pilihan dari sisi model maupun warna. Saat itu, wanita muslimah memakai hijab sebagai bentuk ketaatan semata.

ethica fashion

Bagaimana dengan sekarang?. Wanita muslimah sekarang memiliki banyak pilihan busana karena hijab sekarang telah memasuki industri fashion. Orang seolah berlomba mengadu kreatifitas dalam merancang busana dan kemudian menjualnya ke pasaran. Adakah yang salah dari ini?. Tentu tidak, sepanjang aturan syar’i tadi tetap dipegang maka tak salah.

Bagaimana dengan pendapat yang mengatakan baju muslim warna-warni itu tidak sesuai dengan syariat, karena akan membuat pemakainya tabarruj?. Ada pendapat yang menarik untuk hal ini bahwa tidak setiap baju yang berwarna-warni itu saklek disifati tabbaruj.

Syaikh Abdul Halim Abu Syaukah Rahimmulah, berkata :

“Sesungguhnya keserasian perhiasan yang menghiasi pakaian tidaklah menarik perhatian laki-laki dan disifati tabbaruj, karena tabbaruj adalah jika wanita mempertotonkan kecantikan dan keindahan dirinya sehingga dapat menarik syahwat laki-laki. Adapun pakaian yang indah tetapi tidak mencolok dan dalam model yang indah namun tidak menarik perhatian maka model dan warna ini dikenal dan dominan di kalangan muslimah.”

Jadi intinya, memperhatikan keserasian dalam berbusana melalui tampilan model dan warna sepanjang tidak diniatkan dan dilakukan untuk tabbaruj maka boleh saja. Artinya, setelah serasi berpakaian, wanita muslimah juga harus menjaga attitudenya agar tidak mengundang syahwat laki-laki.

Ya, kalau boleh saya bilang, baju muslim itu harus sesuai syariat, serasi dan diikuti oleh attitude yang beretika dari pemakainya.

Memilih Baju Muslim Keluarga

Tampil kompak sekeluarga dengan busana muslim memang ingin saya lakukan. Salah satu alasannya adalah keperluan foto keluarga. Menurut saya, baju muslim yang sarimbit ini akan cocok dipakai untuk berfoto keluarga. Baju sarimbit ini dapat menampilkan keserasian dan kekompakan saya sekeluarga.

Memang sih, untuk memilih baju sarimbit juga harus jeli karena ada 4 orang yang berbeda. Dua dewasa dan dua anak-anak dengan kepribadian yang berbeda. Tentu harus bisa disiasati agar baju sarimbit tersebut bisa dipakai serasi oleh kami berempat.

Ada empat poin perhatian saya dalam memilih baju muslim keluarga :

  • Sesuai syariat
  • Bahan harus nyaman dipakai
  • Modelnya simpel, serasi dengan kepribadian saya, suami dan anak-anak
  • Warnanya mencerminkan keceriaan dan semangat

Kalau ada yang baju muslim keluarga yang memenuhi keempat syarat tadi maka saya senang karena kami sekeluarga bisa tampil kompak, syar’i dan serasi.

Ethica FashionΒ 

kenal ethica di majalah
kenal ethica di majalah

SekarangΒ ini baju muslim banyak sekali pilihan. Ada beragam model dari berbagai brand beredar di pasaran. Ya, fashion muslim sekarang ini sudah berkembang. Busana muslim tak hanya berfungsi sebagai penutup aurat namun memiliki fungsi estetika. Tampil memakai busana muslim jadi tak berkesan kuno tapi syari dan indah.

Salah satu label yang menawarkan pilihan fashion muslim yaitu Ethica Fashion. Brand yang satu ini menampilkan koleksi baju muslim anak dan remaja. Dengan mengusung tema Fashion and Friends ini, Ethica memang identik dengan warna cerah yang melukiskan keceriaan namun tetap beretika.

Bukan karena nama brand ini mirip nama saya lho, terus saya jadi jatuh hati. Jika di flash back nih, saya tahu untuk pertama kalinya tentang Ethica Fashion Muslim ini dari majalah muslimah yang suka saya baca. Yang menonjol dari tampilan Ethica adalah warnanya, so colourfull. Menampilkan warna-warna dengan tone cerah seperti merah, hijau, kuning, biru dan lain-lain.

Desain bajunya juga menarik, selain menampilkan baju muslim formal, Brand yang satu ini memiliki koleksi baju casual yang cocok untuk beraktifitas sehari-hari. Apalagi sekarang ini Ethica memiliki koleksi terbaru yang diberi label Hafa atau Happy Family. Ini merupakan koleksi baju muslim sarimbit yang mengikuti trend fashion muslim. Koleksi ini cocok untuk berbagai acara spesial.

ethica fashion
pilih yang ini?
ethica fashion
atau ini?

Kalau dilihat, desain baju yang ditawarkan Ethica Fashion ini sesuai dengan kaidah syariat dan estetika. Jadi, ini bisa dijadikan pilihan untuk rencana saya. Nantinya, selain untuk keperluan foto keluarga, busana itu bisa dipakai pada acara seperti kondangan, halal bi halal, arisan maupun pengajian. Tuh kan, nggak hanya untuk sekali pakai.

So, ditengah perkembangan fashion muslim yang tak terbendung, selektif dalam berbusana itu penting. Agar berbusana muslim tak sekadar mengikuti trend fashion muslim namun bentuk ketaatan kita kepada Alloh SWT.

 

Sumber:

http://www.dakwatuna.com/2015/06/16/70131/bolehkah-wanita-memakai-pakaian-berwarna-warni/#axzz4Eu0W4CeG

http://www.ummi-online.com/hukum-fiqih-mengenakan-pakaian-warnawarni-dalam-islam.html

Ethica Fashion

 

62 Comment

  1. Mbaaak layout baru yaaa? πŸ˜€ maaf yaa baru bisa be-we hiks

    Baca ini baru ingat kalo aku juga nggak ada foto keluarga berempat! Bertiga kemarin ada πŸ™ kayaknya emang kudu ya bikin foto keluarga.

    Soal baju seragam keluarga, ada sih tapi cuma bertiga *lagi* sewaktu nikahan adik ipar sama ada beli sarimbit batik juga. Jadi kepikiran mau beli lagi berempat hanya agak susah yah nyari untuk bayi gitu:(

    Aku naksir Hafa 019 πŸ˜€ heheheh desain bajunya kasual gitu. Yang hafa 04 juga cakeeep, hanya suami nggak terlalu suka warna ungu πŸ™

    1. Hihihi, iya nih masih cari yang pas di hati dan nyaman dilihat dan dibaca.
      Hm, suamiku juga sukanya warna biru nih. Masuk di tone kulitnya.

  2. Samaaa… saya juga belum punya foto keluarga yang bagus yang pantes dipajang, Mak. Selain masih bingung bajunya, jadwalnya juga susah nyambung. Anak udah pada gede, pada banyak acara.

    1. Itu dia Mak, Awalnya nunggu anak-anak agak besar jadi mudah ngarahinnya. Eh, ternyata ya belum kesampaian juga.
      Waduh, kalau nunggu tambah besar lagi, bisa-bisa kayak Mak Yas nih. Susah ketemu jadwalnya.

  3. Aku juga baru tau dengan Ethica ini mbak, memang suka banget sama warna dan modelnya mba πŸ˜€
    Sukses ya mba ^_^

    1. Warna-warnanya ceria bikin hepi dan semangat ya Mba.
      Aamiin, makasih ya.

  4. Aku suka yang warna ceria, karena secara ga langsung bikin mood jadi hepi hihihi

    1. Pantesan, Mba Nita selalu ceria, ternyata efek warna cerah baju-bajunya ya.

  5. Aku juga baru tahu mbak, kalau baju muslim dari Ethica ini menyediakan baju yang seragam. Desain bajunya juga simple dan terkesan nggak ribet kalau dipakai. πŸ™‚

    1. Iya nih Mba Riska, seri baru dari Ethica. Betul, nggak terlalu banyak detil yang bikin penuh.

  6. Salam kenal mbak.
    Baru ingat selama ini kami bertiga hanya welfie, belum punya foto keluarga juga.
    Sarimbit yang cantik. Saya suka banget,

    1. Salam kenal Mba Umi. Wah ternyata ada yang senasib rupanya.
      Sepakat Mba, desainnya cantik-cantik.

  7. aku juga suka bengt tampik kompak sm anak2…tp memang agak susah cari “seragaman” jd harus bikin gitu mba

    1. Wah, saya malah udah lama nggak jahit baju. Habis suka lamaaa jadinya. Bikin galau mba, qeqeqe.

  8. aku juga belum punya foto keluarga, Mak
    tapi kalau seragram keluarga sudah punya, buat lebaran kemarin… hehehe

    1. Berarti Mak Witri tinggal foto aja ya. Saya lebaran belum pernah seragaman nih.

  9. Wah bagus sekali ya, cantik2

    1. Iya Mba Rodame. Warnanya eye catching banget.

  10. Mbak Ety….blognya baru, kece, warnanya kalem. saya suka yang ini, hihihihi
    Wah,sama! say ajuga nggak pernah foto keluarga, nggak tahu ya banyak gagalnya dan males karena sering nggak matching bajunya. Belum punya seragam keluarga nih πŸ™
    Mau dong ethicanya, cakep sih,

    1. Iya Mba Lidha, demi memuaskan pengunjung. Ada yang kasih masukkan soal lay out yg kemarin itu. Berhubung nggak bisa otak-atik html ya ganti aja deh.
      Boleh, dipilih -dipilih mba..jiaaah, jadi eike yang jualan.

  11. Saya juga belum punya foto keluarga, Mba. Jadi mikir dan pengen punya juga ah, yang komplit. Etapi, ya itu, terkadang mikir fashion yang pasnya itu yang gimana gituh. Btw, larak lirik ethica asyik juga ya, bisa dapat inspirasi fashionnya. πŸ™‚

    1. Boleh dicoba Mba Alaika. Warnanya bikin tambah semangat.

  12. Yang ungu itu cakep ya Mba. Kece badai euy.

    1. Hihihi, cling ya mba ungunya..tsakeep

  13. Aku juga pingin punya foto keluarga yang bisa dipasang dipigura

    1. Asyik, ada yang pengin foto keluarga juga. Silahkan dicoba Mba Liza.

  14. Ayi belum ada foto keluarga juga mbaakkk. Kayanya kalo ga momen lebaran, ga foto-foto deh hihihi.

    1. Boleh Ayi, fotonya nunggu dedeknya Kizain lahir. Seru kan, tambah anggota keluarga.

  15. Wah pasti bahagia kalau punya foto keluarga sambil berbusana ethica ya mbak? πŸ™‚

    1. Betul Mba April, heppy kebawa sama warna bajunya yang cerah ceria.

  16. Wah Mbak Ety, kece-kece tuh baju kompakan buat foto keluarganya. Btw di rumahku juga yang dipajang foto keluarga lumayan rapih pas Lebaran 3 tahun lalu hehe. malah pas aku wisuda nggak sempet foto komplit karena adekku di pesantren *curhat* Nanti kalo udah foto keluarga versi rapih diupload lagi yah:D

    salam kenal,
    Ifa

    1. Wah, lumayan mba ifa kalau udah punya foto keluarga mah.
      Kalau sudah pada besar, prolemnya itu jadwal ketemu ya Mba.
      Semoga bisa foto keluarga yang komplit deh.

  17. Modelnya bagus-bagus ya…kalo saya, lebih memilih yang pertama, Mbak. Because. I love a blue..he..he..
    Selain itu, modelnya juga trendy. Bisa digunakan dalam berbagai situasi. Jadi gak hanya dipakai untuk foto keluarga aja ya… πŸ™‚

    1. You love blue Mba Nurul? Wah, suami saya juga sukanya biru nih.
      Betul Mba Nurul, cocok juga dipakai di berbagai kesempatan.

  18. ahh baju sarimbitnya lucuuu..(gbr plg atas)

    modelnya keren2 juga..

    Hmm ,aku berbusanany blm syari mak, semogaa kedepannya, insyaallah

    1. Banyak yang suka sarimbit yang biru ya. Hihihi, akupun.
      It’s Okay Mak, bertahap saja. Alloh tahu, kondisi setiap hamba Nya.

  19. Indonesia sekarang sudah jadi kiblat fashion hijab ya, model baju buat para hijaber sangat banyak tapi tetap harus selektif ya berpakaian menurut syariat. Ethica bajunya bagus-bagus, sopan, dan bisa kompakan sama anggota keluarga lainnya.

    1. Wah, tepat Mba Ratna, perkembangan fashion muslim di negara kita diikuti oleh negara lain. Jadi barometer perkembangan fashion muslim dunia gitu.
      Iya Mba, betul, bagus-bagus bajunya.

  20. saya jarang pakai baju kompakan, anakku suka malu hehehe
    tapi tampil Sarimbit (seragam) memang bagus ya mbak
    salam kreatif πŸ™‚

    1. Kalau sudah besar, anak biasanya mulai punya kontrol terhadap apa yg jadi kesukaan atau apa yang nyaman buat dirinya. Nggak papa kalau mau Sarimbitan. Bisa tetap foto bersama walaupun nggak seragam.

  21. Sama ih problemnya. Nggak punya seragam keluarga dan nggak punya foto keluarga, hahahaha
    Kemarin pas lebaran bertebaran foto keluarga teman2 dengan baju yang seragam, mupeng deeeh. Ethica bisa jadi pilhan ya Mba. Simpel dan warnanya kece.

    Gudlak untuk lombanya ya Mba Ethica, eh Mba Ety XD

    1. Wkwkwk, ternyata banyak yang senasib kirain aku doang.
      Ayuk Nyak pilih Ethica buat Seragam keluarga.
      Aamiin YRA. Makasih.

  22. Hihi saya pun blm punyaaa foto keluarga haha jd semangat mau bikin foto keluarga juga πŸ™‚

    1. Satu persatu teman senasib pada muncul ternyata πŸ˜‚.
      Ayo mba, dipilih-dipilih

  23. saya jd pgn yg hafa 19 πŸ˜€

    1. Hayuk atuh kembaran Mba. Desainnya cakep ya..😊

  24. Waa, eticha bagus yaa. keren dah bagi muslim yang mau baju-baju bagus dan syari. πŸ™‚

    1. Betul, bagus desainnya.

  25. Manti jika aku sudah menikah, istriku aku sarankan belanja ke ethica ah.
    Biar tambah cantik.

    1. Alhamdulillah, semoga disegerakan mendapat istri solehah.

  26. Beberapa kali kami membuat foto keluarga, tapi belum pernah yang benar-benar pakai baju seragam. Kami hanya sepakat menentukan warna saja, adapun model dan motif bebas. Cuma, pas lihat foto-foto di atas, kayaknya seru juga kalau pakai yang benar-benar seragam ya Mbak Ety.. πŸ™‚

    1. Wah, sip deh keluarga Uda dah sering ya foto bersama. Saya kepingin, hehhehe.

  27. saya gak punya foto keluarga mba hehe… suami susah kalo disuruh foto πŸ™
    bajunya cakep2 ya, model dan warnanya πŸ™‚

    1. Nggak papa Mba Susanti, suamiku juga jarang mau foto. Tapi ada urgen ya mau aja dia.
      Betul Mba, tinggal pilih aja.

  28. Berbusana muslim syar’i dan indah #asyikbahasanya πŸ˜€

    1. Makasih Mba Aireni.

  29. Bajunya bagus-bagus ya… jadi keingetan. Selama ini gak pernah pakai baju kompakan buat difoto bareng keluarga.

    1. Wah, silahkan dipilih Mba Orin, hehehe.

  30. Foto keluarga memang baiknya bajunya kompakan ya. Tapi gak perlu kembar juga. Jadi monoton kalau menurut saya.

    Terima kasih tips dan juga ilmu dari sisi agamanya, Mbak πŸ™‚

    1. Wah, makasih masukannya Mba Lia.
      Sama-sama.

  31. Semoga diberikan keberkahan ya bu untuk keluarganya. dan tetap tampil kompak Syar’i

    1. Aamiin YRA

Leave a Reply