Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris di British English Class

Kalau dihitung-hitung, telah lama saya belajar Bahasa Inggris. Sejak duduk dibangku SMP hingga kuliah. Tapi, kok nggak fasih dan lancar juga, baik berbicara maupun menulis dalam Bahasa Inggris. Apalagi kalau sudah ngomongin grammar, ini momok banget. Pening kepala, kalau harus menghapal rumus tenses plus perubahan kata kerjanya. Teman-teman merasakan juga nggak? Susah memahami tenses. Kalau Iya, barangkali ini memang problem sejuta umat.

Hm, seumur ini, kemampuan Bahasa Inggris saya, justru menurun. Mungkin, karena sekarang jarang menggunakannya. Bahkan untuk hal yang sederhana dan menyenangkan seperti mendengarkan lagu-lagu Berbahasa Inggris maupun nonton film. Pantas saja ya, kalau kemudian kaku lagi kalau mau ngomong maupun menulis dalam Bahasa Inggris. Padahal, salah satu kunci lancar berbahasa itu harus dipraktikan. Kalau tidak ya, gitu deh, mana bisa lancar, kan.

Berkaca dari pengalaman itu makanya mulailah saya belajar dikit-dikit mengingat grammar. Sesekali membaca teks Berbahasa Inggris yang ringan saja seperti blog-blog luar dari negeri. Mulai suka mendengarkan lagu-lagu seperti dulu. Sampai suatu ketika, seorang kawan mengenalkan saya pada BEC (British English Class).  Kawan saya ini, telah lebih dulu belajar di sana. Saya tertarik dong, apalagi mendengar pengalaman kawan tadi, fleksibel deh buat ibu rumahtangga seperti saya.

Saya pun melakukan observasi kecil-kecilan. Melalui web BEC, saya mencoba mencari tahu tentang metoda belajar yang ditawarkan, mentornya, berapa lama waktu kursusnya dan materi apa saja yang akan saya dapatkan. Yang terakhir adalah biaya yang dibutuhkan untuk kursus yang akan saya ambil itu.

Teman-teman tertarik juga, belajar Bahasa Inggris seperti saya?. Berikut ini saya rangkumkan sedikit tentang BEC.

Apa itu BEC?

british english class

British English Class itu kursus Bahasa Inggris via chat WA atau BBM. Jadi semua materi dari mulai speaking, reading, maupun writing dilakukan melalui salah satu dari aplikasi chatting tersebut. Menurut saya, model kursus semacam ini cocok bagi mereka yang memiliki kendala waktu yang terbatas maupun jarak yang jauh jika harus mendatangi tempat kursus. Sementara bagi Saya yang “mager” alias malas gerak, maka ini pas. Tak perlu keluar rumah, saya bisa belajar Bahasa Inggris dengan guru-guru yang berkualitas.

BEC menawarkan beberapa jenis kelas, ada kelas Pertamax, Pertamax extra, kelas Bisnis, premium, oral class maupun kelas khusus TOEFL preparation. Teman-teman bisa memilih sesuai dengan minat maupun kebutuhan masing-masing. Tentunya, bugdet yang harus dikeluarkan bisa dijadikan pertimbangan.

Selain bisa memilih kelas mana yang mau diikuti. Teman-teman juga bisa memilih teacher yang diinginkan untuk membimbing kelas. Jika bingung, bisa meminta bantuan customer service nya. Nanti, akan dipilihkan guru yang sesuai dengan keinginan kita.

Enaknya belajar di BEC, untuk materinya, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Barangkali ada yang membutuhkan conversation karena ingin lancar berbicara dalam Bahasa Inggris. Bisa juga lebih memilih writing sebagai materinya maka konsentrasi materi kursus adalah writing. Tinggal komunikasikan dengan pihak BEC saja, apa yang menjadi keinginan kita.

Waktu belajar pun fleksibel, kita bisa pilih waktu sendiri. Asalkan waktu yang diinginkan berjodoh dengan waktu yang miliki teachernya. Kelas bisa dilakukan pagi, siang ataupun malam hari, komunikasikan saja dengan teacher yang bersangkutan.

Bagaimana Cara Bergabung dengan BEC?

Jika teman-teman ingin kursus di BEC seperti yang saya lakukan maka tinggal kunjungi ke webnya. Langkah-langkahnya:

  • Pilih kelas terlebih dulu, pertimbangkan baik-baik.
  • Selanjutnya, isi formulir dengan mengklik pendaftaran student. Ada beberapa informasi mengenai diri kita yang harus ditulis di sana. Upload juga bukti pembayaran biaya kursus. Jika sudah terisi semua klik submit.
  • Tunggulah konfirmasi dari pihak BEC. Jika persyaratan telah terpenuhi, guru yang tugaskan membimbing kita akan langsung diperkenalkan.

Atau bisa langsung hubungi BEC via WA atau BBM dengan nomor di bawah ini:

british english class

Bagaimana dengan kursus saya?

Saya telah menyelesaikan kursus di BEC. Saat itu saya mengambil kelas Pertamax dengan biaya 300.000. Di kelas ini saya mendapatkan kesempatan belajar 8 sesi English chat. Tiap sesi berlangsung selama 1 jam. Untuk sesi voice saya mendapat kesempatan 4 sesi. Tiap sesi berlangsung selama 1 jam. Jadi totalnya untuk kelas Pertamax ada 12 sesi yang berlangsung selama 1 bulan.

Untuk jadwalnya saya memilih pagi hari sekitar jam 10.00 Wib hingga jam 11.00 WIB. Mengapa saya memilih pagi? Karena jam segitu anak-anak sedang bersekolah. Jadi saya bisa belajar tanpa terjeda oleh urusan anak-anak. Oh, ya, saya sempat beberapa kali tidak masuk kelas karena ada urusan, ternyata ini nggak jadi masalah. Kelasnya bisa diganti dengan hari yang lain. Jadi, jumlah total sesinya tetap terpenuhi.

Selain fleksibel dari sisi waktu, BEC juga memberikan fleksibilitas dari sisi materi. Kebutuhan saya saat ini adalah menulis artikel dalam Bahasa Inggris maka saya menginginkan, porsi besar untuk materi menulis. Meskipun demikian saya tetap mendapat materi listening maupun speaking,kok.

materi-british-english-class.jpg
salah satu materi yang saya terima

Proses Belajarnya gimana ya?

Pertamakali chat diisi dengan perkenalan dan komunikasi mengenai materi yang ingin dipelajari. Saya pun bercerita tentang kebutuhan saya dan guru saya mengiyakan dan bersedia mendampingi saya dalam berlatih menulis dalam Bahasa Inggris.

Setiap chat dilakukan dengan Bahasa Inggris. Awalnya sih kagok karena lama nggak pernah lagi chit chat in english. Bingung mau ngomong apa, atau menjawabnya gimana. Lama kelamaan bisa enjoy dan cuek kalau ada kalimat yang salah. Semua berkat guruku yang keren. Dia selalu bisa menyakinkan saya untuk semangat dalam belajar, memotivasi saya, dan mendorong saya untuk tidak malu menggunakan Bahasa Inggris walaupun masih salah-salah.

Oh,ya, setiap sesi seringkali saya mendapatkan PR. Nantinya, tugas ini harus dikumpulkan pada sesi berikutnya. Saya antusias mengikuti kelas ini. Baru kali ini saya merasa enjoy belajar Bahasa Inggris.

Saya diajar oleh Mba “Amalia Lestari”. Mba Amalia ini lulusan dari jurusan Bahasa Inggris dari Universitas Negeri Jogyakarta. Memiliki pengalaman yang banyak dan memilikI skor TOEFL yang bagus. Beliau juga pernah tinggal di Jepang selama setahun. Selain bisa berbahasa Inggris, Mba Amalia juga bisa berbahasa Jepang.

materi2-british-english-class-.jpg.jpeg

Mba Amalia itu orangnya hangat dan telaten membimbing saya. Walaupun saya sering membuat kesalahan terutama dibagian grammar. Pronounciation Mba Amalia juga bagus dan fasih. Saking fasihnya saya pernah kesulitan menangkap kalimat yang beliau ucapkan ketika pelajaran listening. Ketika itu saya harus menuliskan rekaman dalam Bahasa Inggris yang saya dengar. Waktu itu Mba Amalia yang merekam suaranya sendiri. Persis orang bule, deh. Dari sini saya percaya bahwa teacher di BEC memang memiliki kapasitas yang baik.

Soal hasil kursus gimana?

Soal hasil menurut saya sih tergantung tiap-tiap peserta kursus deh. Teacher di sini perannya mendampingi, memberi koreksi atas kesalahan tata bahasa. Selebihnya tergantung pada kemampuan peserta sendiri.

Saya sendiri merasakan perbedaan sebelum dan setelah kursus di BEC. Kemampuan Bahasa Inggris saya bertambah. At least, saya berhasil membuat artikel sebanyak dua buah untuk blog ini. Meskipun, tulisan saya itu masih sederhana. Baru sekadar menceritakan kembali apa yang saya alami. Jadi, tensesnya pun masih sederhana.

Tapi, saya puas karena lebih percaya diri dan berhasil menyelesaikan tulisan. Ini kemajuan besar buat saya karena sebelumnya paling satu dua kalimat saja. Sekarang sudah sanggup beberapa paragraf.

Kesimpulan:

  • Kursus di BEC itu cocok untuk yang terkendala jarak dan waktu.
  • Fleksibel pilihan materi, waktu belajar dan gurunya.
  • Memang ada kendala yang pernah saya alami, yaitu itu sinyal. Kadang suka delay, kalau pas koneksinya lambat.

Oke teman-teman, begitulah pengalaman saya tentang kursus di BEC. Bagi yang masih penasaran mengenai kursus Bahasa Inggris di British English Class , bisa kunjungi webnya ya. Untuk artikel berbahasa Inggris bisa dicek di sini dan di sini ya.

 

67 thoughts on “Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris di British English Class

    1. Mba Amalia, dia salah satu guru terbaik kita. Makanya kita minta dia yang maju untuk bawa kelas blogger. 🙂
      Terima kasih atas waktunya ya Mas Ihwan. Ditungu #Ehm nya. hehe 😀 Sukses selalu

  1. Wajah seru.banget. Saya terakhir les english 2014 kemarin utk.Persiapan kuliah ke LN. Eh ga rupanya Allah berkehendak lain, saya hamil melahirkan dan lulus PNS. Udah lupa lagi ilmunya

    1. Buat saya yang pemalu, efektif mba. Kalau saya buat kesalahan, nggak kapok krn malu. Wong gurunya juga gak liat wajah kita.

  2. Matur Nuwun Mba Ety. Sudah menyempatkan belajar dan review kita. Semoga sukses selalu.
    #iklantime 🙂
    yang mau belajar silahkan daftar ke 0821 1000 9343 ya via WA/LINE . Mau tanya2 dulu juga boleh.
    Bisa belajar dengan Mba Amalia juga. 😀

  3. Tense dan grammar memang masih menjadi hal yang membingungkan hahaha.
    Padahal dulu selepas SMA, sempat les bahasa Inggris. Tapi, karena jarang digunakan alias tidak pernah digunakan, jadi sekarang kerasa kagok lagi pakai Bahasa Inggris. 🙁

    1. Hehehe, masalah sejuta umat ya…
      Itu dia mba, emang harus terus dipraktikan. Biarlah orang mau bilang apa.
      Minimal, bisa ngajarin anak sendiri 🙂

  4. Harga kursusnya masih terjangkau juga mba menurut sy yah…pengen banget belajar b.inggris lagi, minder banget ini makin kurang pemahaman b.ingg nya soalnya

  5. Keliatannya asyik nih metode dan cara belajarnya. Apalagi buat saya yang kemampuan grammarnya udah parah banget nggak pernah dipakai lagi. Ngomong juga masih bletak-bletuk.

  6. Wah, pengen ih…

    malu sih.. dulu saya kuliah di sastra inggris, tapi setelah lulus kuliah ga pernah diaplikasikan kecuali pernah ngajar les sebentar. sekarang jd gagap mau ngomong/nulis English. *tutupmuka*
    bener ya, harus sering2 dipakai

    1. Kalau buat saya efektif saja Mba..nggak tahu kalau buat orang lain.
      Saya bisa buang rasa malu salah tenses misalnya karena nggak berhadapan langsung dengan guru. Itu yang saya rasakan.

  7. Mbak, itu chat-nya personal (satu lawan satu) atau model grup gitu ya? Kalo satu-satu asyik, berasa private meskipun cuma lewat WhatsApp. Jadi penasaran nih. Sudah lama nggak konversasi aktif dalam bahasa Inggris.

  8. teknologi memang memudahkan segalanya yaa.. Kursus aja sekarang bisa via w.a dan chat group. Kerreeennn… Jadi gak punya alasan untuk gak semangat belajar dunk ya?!

  9. Happy Independent Day All….
    Besok tanggal 16 dan 17 Agusutus 2016 dapatkan diskon 17% untuk semua kelas! Buruan. Cukup repost picture kita dan mention web http://www.britishenglishclass.com Share di minimal dua media sosial kamu.
    Setelah share segera konfirmasi ke admin 0821 1000 9343 (wa/line)
    Ditunggu ya. Terima kasih >.<

    *untuk pictue bisa cek di IG kita britishenglishclass.com atau LINE dan WA Picture kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *