Ingin Terampil Memotret? 4 Cara Memotret Ala Mutia Nurul Rahmah, Bisa Dicoba

Fotografi menjadi hal yang menarik belakangan ini. Apalagi sejak kehadiran ponsel berkamera. Banyak orang mendadak jadi fotografer amatiran yang rajin mengunggah foto jepretannya ke media sosial. Sebagian dari mereka melakukannya karena iseng tapi sebagian yang lain tertarik manjadikan fotografi sebagai hobi. Lihat saja di Instagram, semakin banyak foto-foto bagus meskipun diambil dengan kamera ponsel. Untuk bisa menghasilkan foto yang bagus tentu ada teknik yang bisa dipelajari baik secara otodidak maupun kursus. Bagaimana dengan hobi fotografi dari Mutia Nurul Rahmah, Blogger asal Pekanbaru ini?.

Blogger perempuan yang masih berstatus mahasiswi ini telah akrab dengan kamera sejak duduk di bangku SD, lho. Meskipun, kala itu kamera yang ia pegang adalah kamera ponsel. Hobi fotografinya pun mulai tumbuh. Menginjak di bangku SMP, Mutia mulai menggunakan kamera film untuk memotret. Ia bahkan rela untuk menabung terlebih dulu agar bisa membeli roll film untuk setiap event yang ingin dipotretnya. Dari kamera film kemudian Mutia menjajal kamera digital ketika duduk di bangku SMA.

kamera film mutia
jepretan dengan kamera film

Menurut blogger berkaca mata ini, memotret itu menarik karena bisa mengabadikan momen. Suatu saat foto itu akan dikenang dan bisa diceritakan pada orang-orang. Cerita soal momennya maupun usaha dibalik pengambilan foto tersebut yang tak kalah seru. Siapa tahu, ini akan bermanfaat buat teman-teman yang sedang belajar fotografi seperti dirinya.

Genre fotografi sendiri banyak macamnya. Masing-masing memiliki daya tarik berbeda. Nah, Mutia pada awalnya tak pernah memikirkan memotret dengan genre tertentu. Apa yang menarik dihadapannya, itulah yang akan menjadi objek fotonya. Tapi, belakangan ini, Ia jatuh hati pada foto-foto human interest dan food photography. Tentu, ini tak lepas dari aktifitasnya sebagai seorang blogger yang kerap meliput event maupun jalan-jalan lalu makan-makan.

 photo mengayuh sampan jepretan mutia nurul rahmah.jpg

Bahkan, keterlibatannya di sebuah portal informasi mengenai Pekanbaru pun berawal dari perannya sebagai admin akun Instagram portal tersebut. Lama-kelamaan Mutia dipercaya untuk terjun ke lapangan, meliput suatu event. Ia tentu senang karena pada dasarnya suka jalan-jalan. Aktifitas ini dijalaninya selama 2 tahun. Sekarang Mutia tidak aktif lagi karena ingin fokus menyelesaikan tugas akhir kuliahnya.

Sudah lama akrab dengan kamera, apakah membuat blogger perempuan ini puas dengan hasil jepretannya?. Ternyata belum. Ia merasa fotonya masih belum seperti yang ia harapkan. Mutia pun kemudian belajar bermacam teknik fotografi melalui internet maupun workshop jika biayanya terjangkau. Hm, iya sih, kebayakan workshop fotografi kan, mahal ya.

 photo foto jepretan mutia nurul rahmah.jpg

Dari pengalamannya selama ini, Mutia Nurul Rahmah berbagi cara terampil memotret nih, buat teman-teman yang meminati hobi fotografi. Berikut ini 4 cara terampil memotret ala Mutia:

  1. Mood. Pastikan mood teman-teman dalam kondisi baik. Apapun jika dikerjakan dengan mood yang baik dan dilakukan dengan happy, hasilnya akan baik pula.
  2. Tentukan dulu objek fotonya. Jadi, pas nenteng kamera nggak blank karena sudah tahu mau motret apa. Ini akan menghemat waktu teman-teman lho.
  3. Jangan malu. Baik malu bertanya pada yang lebih expert maupun malu bergaul dan belajar bersama mereka yang kameranya segede termos (baca: kameranya lebih canggih). Pede saja, tujuannya kan untuk belajar bukan adu gengsi.
  4. Terus belajar dan praktik. Fotografi itu ilmu yang bisa dipelajari baik secara otodidak maupun workshop. Sering-seringlah praktikkan ilmunya. Hunting foto di setiap kesempatan agar kemampuannya semakin terasah.

 photo tanah retak.jpg

Mutia sendiri saat ini memotret dengan menggunakan kamera ponsel. Kamera digitalnya rusak sementara itu kamera impiannya masih belum bisa dimiliki. Meskipun hanya menggunakan kamera ponsel, Ia tetap bersemangat menekuni hobi memotretnya.

Fotografi menjadi hal yang tak bisa dilepaskan dari hidup kita sekarang. Hampir semua pengguna smartphone melakukan aktifitas momotret dengan ponselnya yang dimilikinya. Apalagi bagi seorang blogger seperti Mutia. Foto jelas dibutuhkan untuk mendukung tulisan-tulisannya. Meskipun situs-situs penyedia foto dengan lisensi CCO banyak jumlahnya, memakai foto jepretan sendiri itu lebih puas. Yah, walalupun foto jepretan sendiri mungkin masih kalah kualitas dengan foto di situs-situs tersebut.

Makanya, bagi seorang blogger belajar memotret itu bukan hal aneh. Teman-teman yang ingin belajar fotografi, cara terampil memotret dari Mutia Nurul Rahmah bisa dicoba.

67 thoughts on “Ingin Terampil Memotret? 4 Cara Memotret Ala Mutia Nurul Rahmah, Bisa Dicoba

    1. Iya Mba Prana, menariknya buat saya itu pas hunting foto.
      Karena ini membuka kesempatan saya peka terhadap sekitar.

  1. Apa motret itu juga punya bakat seni juga ya mak ?
    Aku tuh kalau njepret dan sampai jungkir balik ya tetep aja kok kurang gimana gitu..

    Tengkyu mak sharingnya

  2. Fotonya apik-apik… Aku follow IGnya, suka lihat makanan dari berbagai resto hihihh *jadi laper deh*
    Dan mood itu pe-er banget deh. Sering malas foto karena mood hiks

  3. Wah tipsnya bener banget. Klo ga mood ya hasilnya ga maksimal. Terus layaknya bikin artikel, huntinh foto juga sebaiknya udah mikirin ide ya mba. Biar nanti fotonya ga asal jepret. Mantep tep tipsnya mba ety. 🙂

  4. “Bagi seorang blogger memotret itu bukan hal aneh” tapi kalau lagi rame saya suka gak enak lho kalau memotret sudut-sudut atau tempat nognkrong yang ingin saya review, jadi kadang saya ambil 2 atau 3 foto saja. Hiks..

    1. Betul Mba Irly,saya juga nggak enak kalau lagi banyak orang trus memotret.
      Lebih baik ambil angle yang sepi atau selfie.

  5. Wah, Mutia keren.. niat bgt blajar fotografi sampe nabung buat beli roll film. Biasanya anak usia segitu mah buat beli jajan hihi. Smoga hobi fotografinya bisa manfaat terus ya 🙂

    1. Iya, saya sekecil itu juga belum mikir hobi.
      Sukanya masih main sepedaan sama temen-temen.
      Belum kenal hobi mahal.

    1. Iya Mba Inna, karena udah biasa motret sejak SD jadi ya udah terlatih Mba Mutia nya
      Saya juga motret pake hape Mba..heheheh, cuek aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *