Cooler Box, Alternatif Penyimpan Makanan Dan Minuman Dingin

Hari ini mau ngobrolin seputar peralatan rumahtangga lagi. Nggak papa kan? Maklum, namanya juga emak-emak. Yang ketiban sampur kali ini Si Cooler Box. Mungkin, benda ini jarang yang memilikinya. Soalnya nggak semua membutuhkan benda kotak ini. Biasanya benda yang satu ini digunakan pada kebutuhan tertentu saja. Yuk, langsung cus, bahas fungsi dan macamnya.

Sesuai dengan namanya, benda ini merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan minuman dalam suhu rendah alias dingin. Perangkat ini berbentuk kotak tebal dan cukup besar namun relatif mudah untuk dibawa-bawa.

Benda kotak ini tak jarang ditemukan pada para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman dingin. Biasanya mereka membawa alat ini untuk menyimpan es yang akan digunakan dalam meracik produk. Yang ini paling sering saya lihat. Selain itu penjaja makanan beku keliling yang suka ke rumah juga memakainya.

Berbeda dengan dispenser yang hanya mampu menyimpan air untuk disajikan dalam dua mode: panas dan dingin. Kotak tebai ini lebih fleksibel untuk masalah materi yang disimpan. Fungsi dari kotak ini sebenarnya tak berhenti sebagai penyimpan makanan dan minuman.

Ternyata, Ia juga bisa dipergunakan sebagai penyimpan vaksin dan darah yang memerlukan penyimpanan bersuhu rendah ketika hendak dipindahkan ke lain tempat. Suhu yang rendah ini menjaga barang yang tersimpan di dalamnya tetap segar. Masalah harga cooler boxΒ , tentu akan berbeda-beda pada setiap merek, ukuran, dan spesifikasi.

cooler-158618_1280

Bagi teman-teman yang berminat akan membeli benda yang satu ini, wajib tahu nih, beberapa jenis cooler box yang dibedakan dari bahan penyusunnya. Yuk, kenali macam-macamnya dilihat dari materi pembentuknya!

  1. Cooler Box Plastik

Tipe yang satu ini nampaknya menjadi tipe yang paling umum digunakan, bahkan oleh para pedagang makanan dan minuman dingin. Bahan plastik ini dikenal memiliki kualitas tinggi dalam menjaga materi agar tetap dingin. Tipe yang satu ini relatif banyak digunakan orang dan tidak heran jika inovasi berupa penambahan roda diberikan pada cooler box plastik. Penambahan roda ini didasarkan pada cerminan penggunanya yang kerap membawa beban berat seperti bongkahan es batu menggunakan tipe ini.

  1. Cooler Box Kain

Jika teman-teman berpikir kain akan mempercepat proses melelehnya es, maka salah besar, karena kain yang digunakan pada cooler box satu ini merupakan kain kanvas yang tahan terhadap dingin. Bukan sekadar kain, cooler box tipe ini juga memanfaatkan penggunaan lapisan foam yang berguna untuk membuat cooler box lebih praktis dibawa kemana-mana tanpa takut risiko es meleleh bahkan sampai bocor.

  1. Cooler Box Logam

Sudah menjadi rahasia umum kalau logam merupakan materi yang paling kuat baik untuk menahan suhu tinggi maupun rendah. Selain itu material satu ini terbilang kuat karena tidak mudah pecah, bengkok, serta memiliki daya tahan yang relatif tinggi. Maka dari itu, cooler box tipe ini akan sangat direkomendasikan. Sayangnya, tipe yang satu ini relatif berat dan kurang praktis untuk kebutuhan dibawa kemana-mana.

  1. Cooler Box Styrofoam

Kalau teman-teman menginginkan yang ringan saja, maka tipe yang satu ini akan menjadi pilihan yang paling tepat. Bahan styrofoam terkenal ringan dan ditinjau dari segi harga, cooler box satu ini yang paling murah. Selain itu , merupakan box yang paling ringkas dan tidak terlalu merepotkan untuk dibawa ketika bepergian dalam durasi waktu yang relatif singkat. Jadi, tidak lagi ada kata merepotkan membawa makanan dan minuman dingin ketika bepergian.

Itu dia beberapa macam cooler box yang perlu teman-teman Β ketahui. Berminat atau sedang membutuhkan benda yang satu ini? Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan ya, jangan sampai memaksakan untuk membeli jika memang tidak ada kebutuhan khusus atau dukungan dana yang mencukupi.

48 thoughts on “Cooler Box, Alternatif Penyimpan Makanan Dan Minuman Dingin

  1. kalau saya membayangkan itu ada cooler box bentuknya kantung. jadi bisa dilipat-lipat, dan bisa buat wadah minuman yang bisa dibawa kemana-mana. jadi enak tuh, traveling bawa benda model gini. Ada gak ya?

  2. Saya ingin beli cooler box ini tapi dipikir lagi buat apa? Di kampung gak akan terpakai, hehehe…

    Mungkin lain kali ya Mbak. Benar kata Mbak, sesuaikan dg kebutuhan. Saya banyak beli kontainer karena suka, lucu dan didesak teman. Eh, padahal tidak dipakai dan hanya numpuk aja di rumah 😊
    Anyway trims infonya.

  3. aku ada nih mbak, cooler box yang dari kain hadiah gratisan pas beli eskrim di gerai eskrim premium di mall-mall inisial B. bisa tuh dimanfaatkan, kalau beli eskrim 1 pint biasanya dapat cooler box juga. lumayan untuk bawa-bawa bekal.Salam kenal!

  4. Kayaknya aku butuh ini deh Mba.. Buat antar2 puding..hihihi..

    Pernah lihat yg styrofoam, kebetulan dipake buat nyimpen darah karena yg punya adlh dokter hewan.

    Oya Mba..ada es batu kering juga ternyata.. Jadi dia terbuat dari plastik tapi dingin. Lumayan bikin suhu dinginnya awet juga.

    1. Yuk beli, buat pudding boleh,cilok boleh.
      Mba Arin kan jualannya butuh itu.
      Wah, beli di mana Mbaes batu keringnya? belum pernah liat wujudnya.

  5. Cooler box aku ngga punya yg kaya toko2 gitu mba. Cuma punya cooling bag yg buat asi, hihii. Es batunya pake gel. Ternyata ada banyak macemnya yaa mba Ety, baru tauuu akuu

  6. Dulu punya cooler box tapi pas pindahan ilang padahal belum pernah makai. Kalau road trip jarak jauh pun lebih suka beli minuman dingin di supermarket krn dinginnya lebih mantap. Tapi waktu anakku kemah, ada temannya yang bawa, lumayan untuk nyimpen2. Anak sekarang mah gitu, kemah bawa cooler box :))

    1. Model kemah anak jaman sekarang juga trejangkiti virus praktis ya. Padahal jaman saya kemah, ya seadanya. Bawa kompor dan peralatan masak komplit.
      Mau makan ya harus masak dulu.
      Anak sekarang kemah malah bawa cooler box, ealaaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *