Tips Memilih Maskapai Penerbangan Indonesia

Ngomongin pesawat udara, saya jadi ingat pengalaman pertama naik transportasi udara ini sewaktu diboyong suami ke Palembang. Jujur, saya sempat takut, membayangkan berada di ketinggian. Untungnya, ada suami di sampingku, jadi rada tenang. Kalau dulu sih, saya nggak paham soal seluk beluk memilih maskapai penerbangan. Semua urusan diselesaikan sama suami. Lama-kelamaan saya mulai paham bagaimana cara memilih maskapai penerbangan yang tepat. Ya, setelah beberapa kali menggunakannya.

Dalam menggunakan kendaraan transportasi udara pesawat, kita dituntut untuk bijak dalam memilih maskapai penerbangan. Tentu saja pelayanan yang kita pilih disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, ya. Jangan sampai menyesal saat mengudara. Hal ini tentunya akan menjadi perkara yang menjengkelkan, padahal bertujuan ingin bersenang – senang malah berubah menjadi pengalaman buruk.

Untuk menentukan maskapai penerbangan yang ingin digunakan, tentunya ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar dapat menjamin kenyamanan berlibur kita. Yang tentunya nggak bisa disepelekan begitu saja. Lalu apa saja aspek – aspek tersebut, inilah beberapa poin yang menurut saya harus dijadikan pertimbangan:

    1. Track record penerbangan. Ini merupakan hal yang paling utama untuk menjamin keselamatan penerbangan Anda. Umur perusahaan dan pengalaman penerbangan suatu maskapai menjadi modal utama untuk mendapatkan kepercayaan para penggunanya. Maskapai yang pernah mengalami permasalahan penerbangan seperti gagal landing sampai jatuh pastinya akan meragukan para penggunanya. Hal ini dapat Anda pantau melalu berita – berita yang tersebar di media sosial.
    2. Fasilitas . Untuk kenyamanan mengudara, tentunya harus didukung dengan fasilitas yang memadai. Jangan sampai kenyamanan kita terganggu dengan fasilitas yang minim apalagi jika melaksanakan penerbangan yang memakan waktu lama hingga belasan atau puluhan jam. photo airplane-734363_1280.jpg3. Harga. Jangan sampai Anda batal berpergian karena kekurangan budget. Saat ini sudah banyak maskapai yang menawarkan penerbangan dengan harga terjangkau ditambah lagi juga adanya berbagai promo. Setiap nominal yang dihadirkan oleh maskapai setara dengan fasilitas yang didapat.

Itulah beberapa aspek yang perlu kita perhatikan saat memilih maskapai. Dengan beberapa poin ini diharapkan bisa menjamin kenyamanan dan keselamatan saat mengudara.

Dengan tiga aspek yang disampaikan sebelumnya, ada beberapa maskapai beroperasi di Indonesia yang dapat menjadi pilihan dalam penerbangan. Inilah beberapa maskapai tersebut.

  1. Garuda Indonesia

Wah, kalau maskapai yang satu ini memang layak jadi pilihan. Maskapai yang digadang – gadang sebagai airlines nomor satu di Indonesia ini, merupakan perusahaan penerbangan yang sudah berskala internasional. Dan info terbarunya Garuda Indonesia Airlines telah mendapatkan penghargaan dari Skytrax sebagai “Maskapai bintang 5” dari 8 maskapai dunia lainnya.

Penghargaan lainnya adalah mendapatkan beberapa penghargaan berskala internasional seperti World’s Most Improved Airline (2010), World Best Economy Class (2013), World Best Economy Class Seat (2013) dan beberapa penghargaan bergengsi lainnya. Tentunya akan menambah kepercayaan para penggunanya.

 photo Garuda_Indonesia_Skyteam_Logo.jpg

Dengan konsep layanan terbaru milik Garuda Indonesia yaitu “Garuda Indonesia Experience”, maskapai ini menawarkan 2 kelas penerbangan yaitu kelas ekonomi dan kelas bisnis yang mencakup aspek budaya, cita rasa dan pelayanan khas Indonesia sehingga menjadi trademark perusahaan ini, lho.

Lalu untuk harga, Garuda Indonesia memiliki anak perusahaan yang menawarkan maskapai tarif rendah yaitu Citilink. Tetapi Citilink hanya menawarkan kelas ekonomi, tidak ada bisnis.

Dulu, sempat merasakan naik Maskapai Garuda Indonesia, sewaktu belum punya anak. Ya, lumayanlah sempat menikmati layanan yang baik dari Garuda. Mulai dari pramugarinya yang ramah, mendapat makanan, dan saat take off maupun landing mulus. Ya, menurut saya sih layanan yang sebanding dengan tarifnya.

Setelah punya anak, pilihan maskapai penerbangan pun harus berganti, agar bisa berhemat. Maklum perantaun, sementara kampung saya dan suami jauhan. Tiap kali mudik pasti butuh biaya besar.

    2. Lion Air

Nah, kebalikan dari maskapai sebelumnya. Maskapai swasta terbesar di Indonesia ini merupakan perusahaan penerbangan bertarif rendah yang menjadi andalan para penduduk negara ibu pertiwi. Berdiri sejak tahun 1999, Lion Air sudah memiliki banyak pengalaman penerbangan yang didukung dengan lebih dari 100 pesawat Boeing. Walaupun sering mengalami beberapa kendala dalam penerbangan seperti telat pemberangkatan hingga kesalahan penerbangan, maskapai ini tetapi menjadi pilihan banyak orang. Iya, sih, pasti karena harganya yang terjangkau oleh banyak kalangan.

 photo Lion_Air.svg.png

Fasilitas kelas pelayanan yang diberikan ada 2 yaitu, kelas ekonomi dan kelas bisnis. Fasilitas kelas ekonomi yaitu kursi dengan ruang kaki 29” dengan jok kulit, bagasi 15 kg dan hidangan yang seadanya. Sedangkan untuk kelas bisnis, kursi kulit yang nyaman plus ruang kaki 38”, hiburan, makanan bervarian dan layanan – layanan lainnya yang bersifat personal.

Lion Air memiliki 2 anak perusahaan yaitu Batik Air dan Wings Air. Batik Air diperuntukan bagi pengguna penerbangan jarak jauh dengan kelas menengah ke atas. Sedangkan Wings Air hanya berfokus pada kelas dasar saja. Lalu untuk Lion Air sendiri hanya difokuskan untuk penerbangan jarak dekat dan berpusat di Jakarta.

Itulah 2 maskapai terkenal asal Indonesia yang dapat kita pilih untuk menemani dan melayani kebutuhan transportasi udara. Semoga dapat menjadi masukkan dalam memillih maskapai penerbangan. Mana yang jadi pilihan teman-teman, silahkan saja disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

46 Comment

  1. Kalau saya, masih setia menjadi pengguna Citilink :D. Soalnya kalau naik Garuda budgetnya sayang, meski katanya sekarang Garuda suka memberikan harga yang lumayan murah, tapi belum pernah coba. Kalau Lion Air, pernah juga tapi sudah begitu lama belum naik Lion Air lagi.

    1. Sama malah belum pernah coba Citylink.
      Selama ini baru nyoba Garuda, Lion, dan Sriwijaya air.
      Untuk layanan sih, memang ada harga ada rupa.

  2. Jadi pengen nulis tentang maskapai penerbangan juga.

    1. Ayo Mba Zakiah, menulis lagi.
      Ditunggu lho.

  3. Memang berbagai maskapai menawarkan harga yang bervariasi, tapi untuk masalah track of record hampir semua maskapai di Indonesia udah mengalami kecelakaan ya bu,. .semoga semua maskapai dapat menghindari ini dan tidak ada lagi kecelakaan di sektor penerbangan.

    1. Betul Mas Luckman, safety memang faktor utama yang seharusnya dipenuhi oleh maskapai penerbangan.

  4. Jujur mba. Uti lebih sering naik Lion air . Mungkin dari segi ekonomisnya ya..
    Untuk keselamatan Uti serahkan pada Allah semua sdh ada resikonya..
    Untuk kenyamanan ya relatif..tapi yang paling nyaman ya Turkish airlines mba..benar benar dimsnjakan padahal klas ekonomi loh

    1. Wah, Uti udah punya pengalaman naik maskapai asing ya.
      Salut uti, cara mereka memberi kenyamanan pada penumpang walau kelas ekonomi.
      Moga-moga maskapai Indonesia juga bisa begitu ya.

  5. Kalau aku misal hanya jarak dekat sih nggak begitu penting soal fasilitasnya mba Ety, tapi kalau misal diatas 2 jam wajib deh, apalagi kan bawa anak-anak. Biar nggak bosan di pesawat.

    Sisanya naik yang budget aja, kayak Citilink, anaknya Garuda sama naik Batik atau AA.

    1. Iya kalau bawa anak-anak emang harus nyaman.
      Tapi saya pernah tuh naik pesawat yang AC nya kurang dingin.
      Qeqeqe, sumuk dan gak nyaman.

  6. Mba ety..waktu ke Makassar kemarin saya juga pakai 2 maskapai itu. Berangkat pakai Garuda, pulang pakai Lion Air. Tapi memang harga mempengaruhi kenyamanan yaa..hehe.. Suka pakai Garuda..hehehe..

    1. Iya Mba, kalau gak mikir budget saya juga suka naik Garuda.
      Ono rego ono rupo mba

  7. Selain dua maskapai di atas, saya paling sering naik Citilink Mbak Ety, maskapai Indonesia juga dengan layanan yang cukup memuaskan. Kalau saya sih milih hanya bersdasar jadwal dan harga. Hehehehe.

    1. Saya belum pernah naik Citilink Mas dani, kabarnya layanannya oke ya?
      Iya juga sih, berdasar jadwal dan harga karena maskapai tadi belum tentu ada jadwal terbang pas kita butuh ya.

  8. business trip pakai garuda, tapi kalau personal trip lebih sering air asia karena cakupan conecting flightnya luas untuk area asia. selain itu si merah juga relatif terjangkau & pramugarinya tsantik2…. #halah

    salam kenal mbak ety hehe.

    1. Weh, ngimpi apa aku dikomenin travel bloher ngehits.
      Air Asia gencar juga promonya. Selain cantik-cantik mereka juga ramah ya, hahaha.
      Salam kenal Mas Fahmi

  9. Saya kadang milih yg budget utk penerbangan dalam negeri, tapi itu pun disesuaikan jadwal dan tujuan penerbangan. Kadang ada kan tujuan tertentu yg hanya dilayani oleh satu maskapai tertentu, sementara maskapai lain ga ada. Yakalau udah gitu mau ga mau deh terpaksa milih yg ada.

    1. Nah, ini juga salah satu masalah juga. Semoga apapun pilihannya, maskapai tersebut tetap menomorsatukan keselamatan ya Mba Maya.

  10. Naik pesawat ya, semakin tinggi terbang, semakin dekat kita dengan Tuham. Hehe
    Maksudnya, resiko jatuh makin tinggi. Makanya reputasi pesawat perlu dipertimbangkan 🙂

    1. Iya Mas, betuuul. Kalau pas terbang tuh, gak lepas dari dzikir.
      Ya, memang ngeri kalau ngebayangin jatuh.

  11. Garuda fasilitas sama harga seimbang ya mbak, asyik terbang di udara melihat pemandangan awan

    1. Betul Mba Titis, puas sih sebagai penumpang.
      Salah satu keasyikan naik pesawat adalah melihat kebesaran Tuhan lewat awan ciptaannya.

  12. Saya belum perna Lion air mba 😀
    Garuda udah beberapa kali. Lion muatan baasi 15 kg ya, yahh lumayan kalo untuk dalam negri sih.

    1. Iya Mba, kalau udah biasa garuda bisa mbandingin nanti kalau naik lion.

  13. Oh laahhh ternyata batik air tu anaknya lion air tow..

    Kirain produk jowo 😀

  14. Memang kudu jeli sih ya milih maskapai yang cocok sama kenyamanan dan kantong, juga waktunya. Agak2 tricky milihnya tp ya memang begitulah kalau ingin penerbangan kita nyaman 🙂

    1. Maunya aman, ramah di kantong dan nyaman ya Mba Ria.

  15. Ahhh jadi inget pertamakalinya naik pesawat, norak n ndeso takoot jatoh Mak. Waktu itu pas ada kerjaan di Surabaya, diajak Pak Bos hahahhaah ndeso deh, untungnya selama diudara diajak ngobrol, eh cuma bentar ternyata, ga berasa!

    Btw bener banget kudu bijak ya memilih maskapai, Terkadang harga sebanding dengan kualitas dan pelayanan ya. Aku pernah pake Maskapai 2 di atas, Batik air, City link nyaman juga,

    1. Huwaaa, aku juga norak waktu pertamakali.
      Iya mba, kalau masih Surabaya. Saya paling jauh ya Baru Palembang Surabaya.
      Pengin banget naik Citilink Teh. Tapi kemana ya?

  16. Aku udah putus hubungan sama salah satu maskapai karena berkali-kali dikecewakan 🙁 hampir ketingalan pesawat karena mslh sepele, sama suami juga pernah hampir berantem karena pelayanan mereka.
    Sekarang sih lebih suka pakai citilink 😀

    1. Wah, parah juga ya kalau sampai adu mulut dan Hampir ketinggalan pesawat.
      Kalau pengalamanku sih, cuma delay. Tapi ya itu lamaa, sampai 4 jam.
      Kasian anak-anak sampe bete nungguin

  17. kalo aku sih pegang garuda kalo soal komitmen, kalo yang lain delaynya parah 🙂

    1. Nah itu dia Mba Tuti, kalau udah kelas dunia emang beda ya.

  18. haloo mbak ety..saya selalu naik city link kalau garuda kadang saja kalo budget mencukupi hehheheh..bener sih track record memegang peranan penting..soalnya saya pernah apes sekeluarga naik maskapai delay sampai berjam-jam -_- dan itu udah malam bgt kan bete jadinya mau liburan malahh ga mood hehehee

    1. Iya Mba, saya beberapakali kena delay naik yang itu. Sejam dua jam masih tahan kalau nyampe 4 jam, anak-anak mulai rewel.
      Saya belum pernah nyoba Citylink.

  19. Waktu masih ngantor, kalau ditugasin ke luar kota selalu pakai Garuda. Minimal Citylink, lah. Kalau pergi pake bujet sendiri kayaknya tergantung bujet hehehe

    1. Nah, itu dia Mba, saat dah punya anak akhirnya ya menyesuaikan budget.

  20. Catet! Blm pernah naik pesawat sih. Mikir harganya

    1. Cari tiket promo mba jiah.

  21. Makasih atas Informasinya, semoga penerbangan saya menjadi lancar dan selamat sampai tujuan.

  22. Belum pernah cobain garuda indonesia, kapan2 cobain ah 😀

  23. Untuk traveling pribadi, saya searching penerbangan yang paling murah 😀
    Kalau untuk perjalanan dinas kantor, pakenya Garuda Indonesia
    Memang beda sih fasilitas dan kenyamannya

    1. Iya Mba Nunu, kerasa bedanya.
      Maunya sih pakai fasilitas yang nyaman terus ya. Tapi, akhirnya kembali ke urusan kantong

  24. hoh oke maaksih infonya..

  25. Nomor satu tetep Garuda Indonesia. Mau semahal apapun tapi diimbangin sama pelayanannya yang memuaskan pasti menjadi pilihan pertama.

Leave a Reply