Hidup Seimbang di Usia Cantik

Usia cantik? Awalnya saya tidak pernah berpikir soal ini. Tapi, kemudian saya melihat ke belakang, apa yang sudah saya lalui hingga berada di usia 35+. Banyak, bahkan banyak hal telah saya lalui. Pahit, manis, sedih, bahagia bahkan terpuruk. Ya, hidup memang selalu memberikan tempat pada semua rasa itu, pada siapapun, termasuk saya. Namun yang terpenting, saya mampu survive bahkan sekarang berada di usia cantik, masa di mana perempuan seperti saya menemukan makna yang lebih dari sebuah pencapaian. 

Dulu,

Matahari belumlah bangkit dari peraduannya, tapi saya sudah membuka jendela kamar. Menatap sejenak pemandangan di luar, sambil pelan-pelan menghirup udara pagi. Ini adalah hal yang menyenangkan. Mood buster saya untuk menjalani aktifitas rutin.

Sebab, tugas saya sebagai ibu, selalu berderet panjang setiap harinya. Bahkan, beberapa pekerjaan harus dilakukan pengulangan. Iya, saat anak-anak masih bayi atau masih suka mengompol. Tiap kali pipis, maka saat itu juga saya langsung mencuci celana dan bajunya. Maklum, popok sekali pakai hanya dikenakan saat bepergian.

Beranjak balita, anak-anak mulai belajar makan sendiri. Remahan biskuit yang tercecer di lantai atau makanan mereka yang tumpah di mana-mana, membuat saya harus berulang kali menyapu dan mengepelnya. Apalagi kalau anak-anak sakit, jelas ini akan mengurangi waktu tidur saya. Ditambah lagi, tugas-tugas lainnya yang harus saya selesaikan sendiri. Lelah? Hm, jangan ditanya!

bayi-foot

Jadi wajar, kala itu, hidup saya habis untuk mengurus rumah, dan merawat keluarga. Boro-boro mau merawat diri dengan segala kosmetika perawatan kulit. Untuk makan saja harus nyambi menjaga anak-anak bermain.

Kadang, terbersit rasa ingin seperti perempuan lain. Bisa tetap aktif, meskipun sudah menikah dan memiliki anak. Di saat badan terasa amat lelah, dan tak ada waktu untuk sekadar menyegarkan pikiran, saya suka kangen dengan diri saya yang dulu.

Tapi, itu dulu! Saat usia saya 20 an.

Ketika anak mulai beranjak mandiri, kehidupan saya pun menjadi berbeda.

Ya, memang benar! Semua akan ada masanya!

Sejak dua tahun lalu, saat usia saya menginjak 35 tahun, pelan-pelan, ritme hidup saya berubah. Si bungsu mulai sekolah, membuat saya memiliki waktu luang. Tepatnya, memiliki waktu luang lebih banyak.

Di waktu luang inilah, saya mulai bisa memperhatikan diri sendiri. Kembali merawat diri dan bisa melakukan aktifitas yang saya sukai.  Lepas dari peran saya sebagai ibu, saya adalah pribadi yang membutuhkan ruang untuk mengapresiasi diri.

minum-teh

Lalu, apa yang saya lakukan dalam mengapresiasi diri?

  • Intens ngeblog

Sejak kecil suka menulis. Tapi, saya mengenal blog justru setelah memiliki anak kedua. Dulu, saya biasa menulis blog kala malam, ketika anak-anak sudah terlelap dalam tidurnya. Jika sudah malam tentu waktu saya tak banyak, karena tubuh saya pun butuh istirahat. Akhirnya, saat itu saya update postingan sesuka hati, jika sempat saja.

Kini, pagi hingga siang hari saat anak-anak sekolah, saat itu pula saya bisa leluasa menulis blog. Hingga blog saya pun bisa menjadi seperti sekarang ini. Sesuatu yang dulu hanya sebagai pengisi waktu dan penghilang penat. Ternyata kini, menjadi sesuatu yang membuahkan prestasi dan apresiasi. Yeaah, I Love it!

  • Memiliki waktu untuk sendiri

Ya, waktu untuk sendiri, sejenak lepas dari rutinitas, buat saya ini penting. Untuk mengembalikan kondisi tubuh dan jiwa saya agar fit lagi. Menjadi ibu itu, bukan hanya berhadapan dengan pekerjaan yang menguras fisik tapi juga psikis.

Saya kerap kelelahan. Untuk itulah saya membutuhkan rehat. Hal yang biasa saya lakukan adalah jalan-jalan sendirian atau berdua dengan suami, makan bareng teman-teman atau membaca buku.

  • Berkomunitas
presentasi2
sharing tentang blogging

Berkumpul dengan teman-teman sehobi membuat saya memiliki semangat baru. Hidup berkomunitas membuat saya terbiasa saling memberi dan menerima. Saat memiliki persoalan hidup yang tak kunjung terpecahkan, sharing teman-teman membuat saya memiliki insight baru terhadap persoalan yang saya hadapi.

Sekali waktu, saya memiliki kesempatan untuk berbagi sedikit pengetahuan tentang blogging. Ini menyenangkan! Saya merasa lebih sehat dalam menjalani hidup.

Apa yang saya rasakan sekarang?

Kini, diusia saya yang telah 37 tahun, saya merasakan keseimbangan hidup. Saya bisa tetap full berperan sebagai ibu bagi anak-anak dan istri bagi suami. Di sisi lain saya bisa produktif melalui hobi dan komunitas.

Jika sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat maka saya pun berusaha ke arah sana. Memang, nilai kebermanfaatan saya kecil, setidaknya saya sudah mencoba memenuhi dorongan hati kecil untuk bisa berbagi dengan sesama.

usia-cantik-loreal

Tapi, di tengah keaktifan saya di luar rumah, kulit wajah mulai mengalami tanda-tanda penuaan. Kerutan halus mulai nampak, seperti di seputar mata, maupun dahi. Flek hitam rupanya mulai bermunculan. Kontur mata juga mulai turun. Ah, ini tidak boleh menganggu kebahagiaan saya di #usiacantik ini.

Saya sudah melakukan perawatan kulit tapi sepertinya saya membutuhkan perawatan kulit lebih intensif. Sampai akhirnya, saya mendengar tentang L’Oreal Revitalift Dermalift, produk kecantikan kulit dari L’Oreal Paris Institute.

L’Oreal Revitalift Dermalift memberikan 3 rangkaian perawatan kulit untuk sehari-hari. Rangkaian produk ini diformulasikan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini yang kerap dialami oleh perempuan seusia saya.

Revitalift Dermalift ini mengandung bahan dari tanaman Centella Asiatica, Pro-Retino A dan Dermalift Technology yang mampu mengurangi kerutan hingga 27% dan meningkatkan kekencangan di 8 zona wajah ( kontur mata, kerutan ujung luar mata, dahi, diantara alis, garis senyum, pipi, rahang dan leher, sebanyak 35%

revitalift-milky-cleansing-foam
untuk wajah bersih tiap hari

Ketiga produk perawatan kulit dari L’Oreal Paris ini terdiri dari: Milky Cleansing Foam. Berfungsi membersihkan wajah dari kotoran seperti debu, sisa make up dan sebum lemak yang menyumbat pori-pori kulit. Memakainya merupakan langkah awal untuk merawat kulit dengan anti wrinkle dan firming agar hasilnya maksimal.

Milky Cleansing Foam mengandung BHA dan glyserin, yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Bertekstur lembut dan berwarna putih susu. Saya memakainya saat mandi pagi dan malam sebelum tidur.

revitalift-day-cream
untuk perlindungan hari-hari aktifku

Pagi hari, agar bisa bebas beraktifitas di luar rumah, Revitalift Day Cream memberikan kelembaban dan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB yang kerap mengakibatkan kerutan, flek hitam dan kulit wajah kendur. Day Cream ini berwarna krem, tekstur lembut, dan cepat meresap di kulit. Revitalift Day Cream mengandung Centella Asiatica yang bekerja dengan dua langkah, mencegah kerutan dari dalam dan memperbaiki kerutan dari luar.

Malam harinya, setelah memakai Milky Cleasing Foam, saatnya kulit wajah saya mendapatkan perawatan intensif dari Revitalift Night Cream. Saat tidur, regenarasi kulit terjadi 2 kali lebih cepat. Krim malam ini akan terserap di kulit, bekerja menyamarkan kerutan halus dan flek hitam di wajah saya. Ketiga rangkaian perawatan kulit dari L’Oreal Skin Expert memberikan self healing bagi kulit saya.

revitalift-night-cream
menemani tidur malamku

Rasanya, saya sudah menemukan apa yang saya butuhkan agar tetap tampil cantik di usia ini, di usia cantik, usia terbaik saya. #LorealDermalift, telah mengapresiasi kebutuhan saya dan perempuan di luar sana, dalam merawat kulit wajah agar keluhan tanda-tanda penuaan bisa tersamarkan.

Kini, tiap kali membuka jendela kamar di pagi hari dan menghirup udara segar. Pelan-pelan, saya nikmati sensasi kesegarannya yang menelusup hingga ke rongga dada. Saya menyadari, ini bukan lagi saatnya untuk meratapi kegagalan di masa lalu.

Anak-anak yang tumbuh dengan baik, suami yang menyayangi dan memahami kebutuhanku, serta kesempatan bertumbuh di usia terbaikku adalah rezeki yang istimewa. Yang harus saya lakukan adalah bersyukur, bersyukur dan senantiasa bersyukur atas segala karunia Sang Pencipta. Buat saya banyak bersyukur itu, menenangkan. Ini juga self healing buat saya.

Kini, saya menemukan diri saya semakin matang di usia ini. Diusia yang katanya semakin tua, tapi ini adalah usia cantik saya. Usia di mana saya menemukan keseimbangannya. Raga maupun jiwa saya mendapat perhatian yang sama untuk dirawat dan bertumbuh. Tak ada lagi alasan buat saya untuk kembali pada usia 20 an dan menata ulang sejarah hidup saya. Tak ingin lagi memutar waktu, karena kini saatnya menikmati hidup di #usiacantik.

revitalift-dermalift

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan rangkaian perawatan kulit dari L’Oreal Revitalift Dermalift seperti saya, silahkan bisa membelinya lewat Blibli.

Oh, ya, buat kalian yang punya cerita di usia cantik atau punya sosok perempuan inspiratif di usia cantiknya, bisa ikutan Lomba Blog #UsiaCantik. Ada kesempatan mendapatkan hadiah keren seperti kamera mirrorless, smartphone, serta puluhan voucher belanja. Keterangan lengkapnya bisa dibaca di Lomba Blog Usia Cantik.

180 Comment

  1. Dua tahun lagi saya masuk usia cantik. Setelah membaca tulisan ini jadi lebih semangat ngeblog, walaupun agak nyesel karena telat ngeblognya. Dan makin yakin kalau umur hanya masalah angka namun karenanya membuat kita berproses jadi lebih baik….. terimakasih sharingnya mbak…

    1. Iya mba Retno, pertambahan usia sesuatu yang gak perlu dicemaskan. Sebuah kemestian yang harus diterima bukan dinafikan. Selamat menyambut usia cantik Mba 😍

  2. Aku jg berasa lbh berarti skrg mbak. Mmg menikmati hidup itu wajib spy bisa bahagia.

    1. Asyiiik, nih. Naga-naganya mau ikutan juga.
      Ditunggu sharingnya Mba Archa Bagaimana dirimu menikmati hidup. Pasti menarik!

  3. Setiap proses dalam kehidupan begitu berharga ya mba, aku juga sangat menikmati setiap proses dalam hidup.
    Di usia 37 mba ety masih sangat cantik juga produktif menulis, proud of you mba.

    1. Kuncinya ada pada rasa syukur. Setelah apapun pasti akan terasa nikmat.
      Makasih Mba Siti

  4. Di sela – sela kesibukan saya juga memanfaatkan waktu luang untuk sekedar menuangkan hoby saya mak. .rasa penat pun kadang juga terasa, tapi dengan keikhlasan membuat menjadi kebiasaan dan alhamdulillah juga bermanfaat sampai saat ini.

    1. Harus gitu De, hobi bisa jadi sarana pelepas jenuh sekaligus memberi manfaat lain kalau ditekuni.

  5. Jatuh bangun ya ty😊
    I was there to listen up😉

  6. Mb Ety, mskpn usia 37thn tp gak kelihatan loh. Mb ety tetep cantik.

    1. Makasiih Mba Ipeh. Mlembung deh.

  7. Di usia jelang 40 dengan aktivitas yang luar biasa terlihat cantik alhamdulillah. Sepertinya bisa jadi panutan buat para ibu yang seusia mba Ety deh.

    1. Makasih Uti, moga selalu sehat.

  8. 9 tahun lagi, siap bertemu dengan usia cantik 🙂

    1. Masih lamaaa, Nikmati saja usia crunchy mu Mak.

  9. Mak Ety mah..emang cntik luar dlm alhamdulillah. Wanita inspiratif…membuat sya bersemangat untuk ngeblog.
    Semoga saya pun mjd org bermanfaat bagi orla y mak di #usiacantik ini

    1. Du, Du, Du pujiannya… 😘 Makasih Mak Rika. Semoga kita selalu sehat dan bermanfaat.

  10. Makety, suka foto2nya. Itu di foto nggak kliatan kl 37 #eh, kali salah ketik ya sama2 satuannya 7, hihihi. Yang penting sehat terus dan produktif ya makety.

    1. Makasih Manda….dikau paling bisa ya bikin hati teman berbunga-bungaa

  11. Tetep sehat dan cantik ya Mbakyuku :*

    1. Aamiin YRA.. Makasih De Ayaaa

  12. Saya inget banget sama nasehat Mba Ety ketika saya mengeluh ngga bisa kemana-mana, ngga bisa sering-sering update postingan, bla-bla-bla… Iya, semua ada masanya. 🙂

    Nanti jangan2 ketika Amay Aga udah mandiri, saya malah rindu rengekan-rengekan manja mereka yaa.. Jadi apa yang ada di depan mata kini, mestinya saya nikmati. 🙂

    1. Iya Mba Arinta, saya pernah di posisi itu jadi bisa ngomong, qeqeqe.
      Betul, kalau anak-anak lagi sekolah, saya kan sendirian di rumah. Suka ngerasa sepiii, Untung banyak hal saya lakukan jadi kehibur.

  13. Wah 8 tahun lagi saya masuk usia ganteng nih hehehehe… Saat ini masih banyak waktu luang yang saya isi dengan ngeblog dan mengembangkan diri 😀

    1. Yup, mumpung masih muda, manfaatkan waktu buat banyk aktifitas. Nanti kalau udah seusia saya, prioritas bakal bergeser.

  14. Salam kenal ya Mba Ety. Walau belum pernah ketemu langsung, tapi dari fotonya gak kliatan kalo udah memasuki usia cantik, kek usia 20-an 🙂

    1. Salam kenal Mba Dewi.
      Wah, saya jadi tersanjung, nih. Kayaknya harus ketemu deh, biar bisa yakin kalau saya 37 th.

  15. Oealah ternyata komenku beberapa hari lalu gak nyantol.koneksi error.Dari dulu sudah ngefans mbak Ety yg cuaem enak, udah pinter ngeblog, berprestasi dan ramah selalu.Sukses terus ya mbak😊

    1. Hi Hi Hi, Mba Putri nih..saya tambah mlembung nih dipuji melulu.
      Sukses juga buatmu.

  16. Mba Ety, Cantik sekali, semakin bersinar kecantikannya, betul banget ya, Kita memang membutuhkan waktu sendiri dan saat usia 35+ waktu yg tepat

    1. Wah, makasih Mba Rani.
      Ya mba, me time kalau saya paling sebentar. Saat anak-anak sekolah jadi nggak ngurangin jatah buat mereka.

  17. Wow… Syantik.. Syala, moga menang

  18. Iya banget, mbak Ety. Di usia 35+ itu, kita rasanya seimbang banget, ya. Dulu gampang galau, baper, dan pengen ini itu, sekarang lebih tenang. Tenang hati dan pikiran. Tapi ya itu, fisik sudah berubah. Termasuk kulit wajah. Gak kayak dulu. Untungnya ada yg bisa diandalkan. L’Oréal Revitalift Dermalift. Semoga bisa terus cocok. Dan menyempurnakan keseimbangan hidup wanita 35+.

    1. Nah, itu juga aku rasakan, gampang melow, baper dll.
      Akhirnya lewat juga masa-masa seperti itu.
      Ketika akhirnya ikhlas dengan garis hidup, semua jadi enteng.
      Alhamdulilah cocok, tinggal mikir repurchase nya, hehehe.

  19. Aktualisasi diri itu healing tersendiri ya buat kita para ibu rumah tangga

    1. Betul Mba Ade, karena ibu butuh rehat sejenak.

  20. anak udah gede-gede usia gini asyik ya mak…
    aku usia 35+ anak masih balita….. tapi tetap senang..dan bahagia…. 😀

    1. Semangat Mba Nova, Insyaalloh bisa indah.

  21. Menjelang usia cantik harus bs tampil cantik terus ya.. Emang segala sesuatu ada masanya ya mak, skrg sudah bs melakukan hal2 yang dlu nggak bisa..

    1. Iya Mak Ranny, sekarang seneng merawat diri, uhuuuk.
      Demi apa coba? Demi diri sendirilah.

  22. Usia matang dan makin menemukan keseimbangan hidup. Pencapaian yang indah, mbak Ety 🙂

    1. Betul Mba Rochma, alhamdulilah

  23. Me time itu suatu keharusan ya mbak, saya amat sangat jarang punya me time, namun me time versi saya tidak ada gangguan saat nulis depan komputer itu udah cukup hehhe

    1. Sip, sederhana ya Mba Yulia. Alhamdulilah, nggak perlu repot-repot kesana kemari.

  24. Di usia cantik, malah seseorang kelihatan mature….makin cantik deh

    1. Udah makan asam garam soale Mba Ratna.
      Udah belok kanan, kiri sampai di bibir jurang mau jatuh trus bisa ke jalur lagi, hahaha.

  25. Usia cantik, justru menjadi start berkreasi –
    salam sehat selalu

    1. Betul Om Agung
      Terimakasih, Aamiin YRA

  26. mbak ety , mah cantik di luar, cantik pula hatinya. Inspiratif lah pokoknya 🙂

    1. Kuanggap ini sebagai doa Mba Aida. Aamiin YRA.

  27. Semua ada masa nya. Ahhh baca nya sambil senyum2 sendiri mba Ety. Bisa mencapai keseimbangan semua nya itu yang aku tunggu2 juga buat kedepan nya mba 😁

    1. Syukurlah kalau bacanya sambil senyum-senyum.
      Semoga nanti bisa ya Mba Helma.

  28. Waaa….sy juga merasakan merasa cantik di usia sekarang. lebih enjoy

    1. Tos Mba Endah. Semoga selalu sehat ya.

  29. Ternyata kita seusia ya Mbak 😊

    1. Wah, tos kalau gitu Teh Okti

  30. Kayak nya gw mesti ngumpulin bapak2, buat bikin tandingan #UsiaGanteng

    1. Colek Pak Danang tuh, kemarin dia juga udah nyebut dirinya usia ganteng, Om Cumi

      1. oughh..namaku disebut sebut disini :))

        1. Diajak bikin geng usia ganteng sama Om Cumi, Pak..monggo😁

  31. Saya sudah memasuki usia cantik…hampir 40 … semoga usia cantik kita ini semakin mendewasakan dan bisa bermakna serta bermanfaat bagi sesama…

    1. Wah, kita sebaya Mba Reni.
      Semoga makin bermanfaat.

  32. Aku penasaran Mbak Ety.. Jadi ini to rahasia agar terlihat muda, awalnya aku nyangkanya Mbak Ety ini cuma beda 3 tahun sama aku, tapi cuma tak batin aja 😀

    1. Weh, emang mba Rani usianya berapa?
      Iya, Mba, hehehe.

  33. Huaaaa ini menguatkan aku yang masih 20 an dan dikelilingi duo bocil 😀 Semangat semangat

    1. Hehehe, ada yang punya cerita sama rupanya ya. Semangat Mba Fenny.

  34. Maaak..
    Marii menua dengan selalu cantik yaa, kuncinya hidup seimbang dan menikmati dengan senyuman …
    Aku komen ko jadi senyum2 sendiri yaaa hahahaha…

    Hayu ah tebarkan aura cantik di #usiacantik

    Ternyata masih sepuhan eykeh :p

    1. Mariii Mak. Ah, untunglah senyum-senyum sendiri bukannya marah-marah.
      Sepuhan teh Nchie tapi wajah awet mudaaan teteh, qeqeqe.

  35. Iya nih Mbak, setelah masuk 35+, baru saya aktif berkomunitas. Setelah tugas 7 tahun pertama mendidik anak tuntas, waktu saya lebih senggang. Saatnya berekspresi. Saatnya mengabdi pada masyarakat.

    1. Banyak yang punya jalan hidup kurang lebih sama ya Mba Susi.
      Yuk, lah manfaatin waktu ini sebaik-baiknya.

  36. I choose to be happy, makin cetarr di usia cantik ya mbaa :*

    1. Betul Mba Dew, syang lah kalau mau sedih terus. Yang sudah ya sudah.
      Nikmati saja.

  37. Ternyata, penambahan usia tak hanya mempengaruhi kedewasaan seseorang ya tapi #usiacantik juga akan mempengaruhi kecantikan secara personal ataupun seluruhnya ya mbak. L’oreal ini menjawab kerisauan para wanita hebat di #UsiaCantik. Tetap menginspirasi mba Ety ^^

    1. Iya Mba Titis, makasih ya.
      Semoga tetap sehat, tetap aktif dan produktif.

  38. Perjuangan seorang ibu ya mba.. kadang ‘ngerasa’ lebih berat di rumah daripada di kantor. Kerjaan di rumah ngga ada selesainya, kata suami.. hehehe

    1. Hehehe, begitulah Mba.
      Makanya, harus bisa enjoy menjalaninya supaya gak stres

  39. dulu… waktu punya bayi, kadang saya suka melupakan perawatan kulit wajah, karena waktunya seakan berkejaran. Tapi skrg, ketika anak2 sudah agak besar, punya waktu lebih sedikit utk bisa merawat wajah dan tubuh

    1. Iya Mba Santi, sama berarti ya.
      Dulu sih penginnya bisa tetep rajin merawat diri tapi gimana lagi, waktunya gak memungkinkan.

  40. Aktifitas fisik emang harus dibarengi perawatan wajah biar kulit tetep terjaga ya mba 🙂 Kalau kulit cerah & enak dilihat kan bikin seneng suami juga 😀

    1. Nah, itu diaaa, biar suami tambah sayang kan, hehehe.

  41. Waah…banyak temen2 bligger yg merayakan #UsiaCantik niihh
    Selamat yaa, mbak Ety. Aku jadi tambah berbunga-bunga nih dikelilingi usia cantiikkk ^^

    1. Makasih Mba Frida, iya nih. Alhamdulilah.
      Wah, berseri-seri dong ya banyak bungaa

  42. Ketika anak-anak masih kecil-kecil nggak mikir untuk perawatan macam-macam. Setelah anak agak besar, eh sudah mulai mandiri, punya waktu untuk merawat diri.

    1. Kalau saya karena gak ada baby sitter atau pembantu ya, gitu deh. Semua kerjaan dipegang sendiri.
      jadi memang nggak sempat Mba

  43. Bener banget, akan ada masanya. Saya lg riweuh2nya nih mba dg balita n sebentar lg bayi insya Allah, hehe..
    *29yo

    1. Wah, mau melahirkan ya..moga lancar dan sehat semuanya. Selamat menikmati kesibukan yang bertambah.

  44. Cantiknya Mbaaaak, auranya itu lhoooo hehehe aku masih 10 tahunan menuju usia cantik, pakai Revitalift dari sekarang kali ya hahhaha

    1. Aw..Makasih mba Winda.
      Dirimu masih usia crunchy, belum perlu pake itu.

  45. Usia 35+ memang lagi matang2nya ya mbak, tambah dewasa dan kecantikan semakin memancar terutama inner beauty nya 🙂

    1. Iya Mba Tuti, karena hidupnya dah lebih tenang.
      Dah yakin dengan segala sesuatunya.

  46. Hafidzah Cumlaude says: Reply

    Makin berumur makin peduli akan kulit, tubuh yang memerlukan perawatan.

    1. Iya Mba, karena sekarang saya punya waktu luang.

  47. Bun, cantikmu udah terpancar gitu, apalagi ditambain sama produk Loreal Revitalift.

    1. Nyi, pinter banget sih bikin hatiku berbunga-bunga.
      Makasih yaaa

  48. Setuju mba, ga perlu balik ke masa muda. Nikmati kebahagiaan di usia cantik yang sekarang

    1. Iya Mba Helena. Itu lebih membuat hati tenang.

  49. Di usia cantik mba ety terlihat cantik ih 🙂
    Di usia ini kulit wajah rentan terkena masalah, jd hrs dirawat ya mba…
    Mba Ety pastinya rajin merawat wajahnya.pke Loreal sy jg cocok mba lg nyoba nih 🙂

    1. Duh, Teh Ida, bisa aja.
      Cantiknya kita lebih ke inner kali ya.
      Alhamdulilah cocok Teh.

  50. di #usiacantik kita jadi bisa semakin produktif ya
    keep inspiring mba ety 🙂

    1. Betul Mba Inna.
      Aamiin YRA, semoga.

  51. Tulisannya cakep… Ditambah fotonya juga. Gudlak mbak Ety… Eh panggil Ety aja gmn. Sama sama angkatan #usiacantik soalnya

    1. Makasih Yervi..hehehe, oke, nggak papa.
      Saya udah panggil duluan.

  52. saya iri pada produktivitasnya mbak Ety.
    .
    .
    .
    .
    .
    dan awet mudanya 🙂

    1. Aiih, saya iri sama kemampuan membuat desain darimu Mba Lidha.

  53. Ah, suka banget sama kalimat ini: Semua akan ada masanya.

    Sekarang aku nggak boleh iri sama Mba Ety yang kemana-mana lenggang kangkung nggak ada buntunya ya Mba, wkwkwk. Mba Ety sudah melewati masa itu. Dan semoga aku diberi umur panjang hingga merasakan usia cantik. Amin.

    Keep sharing and inspiring Mba^^

    1. Iya, Nyak, kita kan sama ya, gak punya rewang.
      Nikmati aja Nyak, dirimu kece kok.
      Pinter masak, pinter motret, suami support banget.
      You’re lucky

  54. Aku tiga tahun lagi masuk usia cantik alhamdulillah.
    Kalau saya yang terpenting moga2 masih diberi sehat ya mbak, dan tentu aja masih produktif ngeblog dll aamiin 😀

    1. Selamat menunggu usia cantik Mba April.
      Semoga sehat dan bisa sampai ke sana.

  55. Awet cantik ya mak ety, sehat selalu dan bahagia.

    1. Aamiin YRA,makasih manda.
      Doa yang sama buatmu.

  56. Pingin nulis tentang ibuku, beneran deh wajahnya nggak kayak usianya. Mak ety juga ga kliatan lho klao udh 37 th=)

    1. Sok Mba Dian nulislah, biar bisa jadi bahan bacaan cucu-cucunya.
      Ow,ow,ow..makasih

  57. Kita seumuran juga 😀 btw, mbak Ety masih keliatan abg ah…cantik 😍

    1. Tos Mak Nunung.
      Abegeh? haiyaaaah, langsung terbang deh.

  58. Mba ety.. suka banget bacanya.
    Jadi kembali kayak masa2 gadis lagi ya mba..

    1. Alhamdulilah kalau Monic sukaaa.
      Hehehe, gadis ting,ting ya

  59. mba Etyyyy, saya pikir saya udah komen ternyata beluuum maafkan. Semoga makin berkah #usiacantik nya yaa. Alhamdulilah seiring anak makin besar saya juga lebih banyak me time dengan nulis blog 🙂

    1. Hehehe, gak papa Mba Kania.
      Aamin YRA, doa yang sama buatmu.
      Alhamdulillah bisa kenal dg blog jadi kenal Mba Kania.

  60. Pacuan buat saya mak,,agar saya tidak goyah menerima tawaran mengajar lagi.

    demi ngeblog di pagi hari, eh demi njagain baby juga sih..

    hihihi

    1. Wah, Mak Muth pernah ngajar? Keren, ngajar di mana Mak?
      Nggak papa, di rumah atau di manapun yang penting heppy dg pilihan.

  61. Semakin produktiv ya di usiacantik… 🙂 salam cantik selalu mbak Ety… 😉

    1. Aamiin YRA, makasih Mak Ayank untuk supportnya. Moga saya bisa tetep produktif.

  62. Wah kalau udah usi cantik perlu menyiapkan aktifitas untuk diri sendiri ya mba… karena anak-anak sudah mandiri. Tapi ndak nyangka, mba Ety udah masuk #usiacantik, kirain jauh di bawah itu…

    1. Iya mba Ira, karena anak-anak dah sekolah kan. Kalau pekerjaan rumah dah selese, sayang kalau cuma duduk-duduk cantik, hehehe.
      Wah, makasih Mba Ira.

  63. Setuju banget, sekarang waktunya merawat diri, hidup seimbang dan menjadi bermanfaat bagi sesama 🙂

    1. Iya Mba Waya, selamat menikmati usia cantik ya. Hehehe, kita kan sebaya.

  64. Semua ada waktunya ya Mbak….

  65. Kuncinya ada di rasa bersyukur ya mbak, duh iri lihat mbak yang wajahnya ga kelihatan sudah memasuki usia cantik ☺️ Semoga saat saya seusia mbak bisa sama cantiknya kayak mbak ya ☺️

    1. Betul Mba Winda, karena efek syukur akan terpancar di wajah.
      Waduh, saya jadi mlembung kayak Mrs Puff ini dipuji nampak lebih muda dari usia.
      Makasih Mba Winda.

  66. Salam kenal.
    Melihat wajahnya, tidak seperti usia 37… tapi seperti usia dibawah 30 🙂

    1. Salam kenal Mba Apri, makasih Mba.

  67. Semakin ke usia cantik, kita jadi punya waktu untuk menghargai diri sendiri, ya 🙂

    1. Betul Mba Nunik.
      Asal gak berlebihan dan tetep inget tugas utama, akan menyehatkan

  68. Ternyata usia kita sama ya mbak Ety..tapi kayak masih mudaan dirimu, deh..hehe
    semoga kita makin produktif di usia cantik ini ya

    1. Kita sebaya Mba Ika? Weh, asyik.
      Ikutan lombanya yuk.

  69. Pantesan awet cantik wong pakai produk bergengsi
    Salam hangat dari Jombang

    1. Produknya jos ya Pakde?
      Salam hangat dari Karanganyar Pakde.

  70. Aq tahun ini masuk #usiacantik nih jadi ngelirik produk Loreal 🙂

    1. Ayo ikutan Mak irul. pasti banyak cerita

  71. Kalo boleh saya bilang Mbaknya merupakan Kumpulan Wanita-wanita Hebat, yang bisa memanfaatkan waktu luangnya….. Semoga sehat selalu ya mbak,,,

    1. Wah, maturnuwun pujiannya.

  72. Malam2nya selalu perfect ya Mbak Ety … 🙂

    Postingan ini jadi mengingatkan saya, untuk memakai krim malam saya. Produk kita sama Mbak. Tosss 🙂

    1. Iya mba Niar, tidur nyenyak sambil kulitnya diberi nutrisi.

  73. Duh mba Ety.. Ini ngena banget deh. Pas awal punya anak, berasanya hidupku cuma buat ngurusin anak dan keluarga doang. Berasa gak punya waktu bgt buat diri sendiri. Eh.. Sekarang pas udah mulai sekolah, mulai deh punya waktu untuk diri sendiri. Walaupun K2 belum sekolah, tapi udah mulai punya waktu luang. Memang semua ada waktunya ya. Tinggal gimana kita ngejalaninnya aja. 🙂

    1. Begitulah Mba Mira.
      Ada sih yang bisaaktif meskipun anak-anak masih bayi. Tapi, takdir saya kebagian yang lain lagi.
      Iya Mba, apalagi kalau anak-anak dah sekolah semuanya.Bakal tambah banyak waktu luangnya.

  74. Menjaid perempuan di usia cantik ternyata menyenangkan, ya 🙂

    1. Iya Mba Mira, ketika kita bisa menerima kenyataan tentunya.

  75. Cantik….

    Skrg aku msh agak males kalo dandan. smoga gak hrs nunggu usia cantik buat berekspresi lbh

    1. Ya Mba Jiah, tiap orang beda garisnya. semoga Mba Jiah nggak harus nunggu usia cantik untuk bisa berekspresi.

  76. mba Ety gak kliatan udah 35+, beneran deh 🙂
    btw, sama, aku juga pas masuk usia ini malah jadi nggak cuek kayak dulu, lebih merhatiin penampilan dan mulai perawatan..

    1. Dari poto Mba Zata. Coba tanya Mba Cindy tuh,pasti keliatan kalau dah 35 lewat.

  77. Mbak Ety cantik sekali euy,

    1. Makasih Mba astin, ih jadi maluuu sayaaah

  78. g nyangka juga ternyata udah 37 tahun yah mb? aku kira seumuran hehe

    1. Wah, emang umur Mba Eda berapa?

  79. Semua memang ada masanya mba Ety.. *lalu mulai ngoles2 L’oreal juga* . Etapi kan yang penting 35 tahun lebih yg terlewati ini berguna. Ya kan?

    1. Hihihi, betul Mba Vita Masli.

  80. Bersyukur, satu kata ajaib yang bisa mengubah hidup kita, selamanya!

    1. Sepakat Mba Rosanna

  81. Mbak Ety… yuhuuu… hehehe… dadah2 di antara tumpukan komen, keren Mbak konsisten ngeblog sejak lama, suntikin semangat dong buat saya 🙂

    1. Hai, Mba Ina, dadah-dadah balik.
      Mba Ina kan produktif nulis buku. Sama aja itu mah

  82. Justru di #usiacantik ini malahan berasa lebih hidup ya mba, warna-warninya beraneka rupa 😉

    1. Betul Mba Uniek.

  83. “Semua akan ada masanya!” Setuju bgt!
    Sekarang aku ada dimasa yang bisa mandi aja udh seneng bgt mba.. Haha.. Maklum masih punya batita.. 😀

    1. Nikmati aja Mba. Gak terasa nanti segera berlalu. Trus ngerasa di rumah sepi kalau anak-anak sekolah, hehehe.

  84. wah, aku selalu salut dengan wanita-wanita yang sudah berkeluarga, memiliki anak tapi masih produktif dengan segudang aktivitas, sukses selalu ya mbak 🙂

    1. Terimakasih Mba Tuti. Aamiin YRA.

  85. Selalu salut dengan mak Ety. Ibu rumah tangga yang produktif… Ini bukti kalau dibalik status ibu rumah tangga tersimpan talenta yang hebat didalamnya. Meski lebih sering di rumah mengurus keluarga tapi tak membuat kehilangan semangat untuk berkarya. Proud of you mak Ety yang terlihat awet muda di usia 37….

    1. Makasih Mba Yuni. Mba juga aktif di Persit, masih sempet ngeblog. Dan suka menang lomba blog. Keren Mba.

  86. Kirain teh masih umur berapa ternyata udah 37th huhu awet muda yoo.

    1. Ah, De Amel suka gitu deh.
      Saya jadi berbunga-bunga…

  87. Hidup seimbang dan produktif …. hm saya jadi tahu rahasia awet muda Mbak Ety ^_^

    1. Wah, Mba Niar juga awet muda banget.

  88. Makasih sudah share rahasia cantik di usia cantik mbak Ety! Soalnya nggak terasa Tya 3 tahun lagi masuk usia cantik juga… Semoga bisa secantik mbak Ety…

  89. Alhamdulillah ya Mbak, sudah makin banyak waktu tuk mengupgrade diri sekaligus menikmati hidup. Mbak Ety cantik

  90. wah kalau tidak diberi tahu umurnya, saya gak menyangka lho kalau mbak ety udah kepala 3.

  91. betul banget mbak, kuncinya ada di rasa syukur.

Leave a Reply