Memilih Smartphone Baru, Pertimbangkan 3 Poin Ini

Memilih smartphone baru, buat perempuan seperti saya, bukan urusan sederhana. Gimana nggak, saya ini nggak paham soal teknis smartphone. Selain itu, saya juga banyak maunya, wakaka. Penginnya sih, punya smartphone yang tampilannya mulus dan ramping. Sementara itu, perfomanya mampu mendukung aktifitas blogging.

Eh, kenapa tiba-tiba ngobrolin smartphone baru? Begini ceritanya,

Beberapa waktu lalu, smartphone andalan dan kesayangan saya, jatuh. Ini sudah yang kesekian kali sebetulnya. Kejadian sebelum-sebelumnya sih, nggak ngefek. Tampilan tetap mulus dan perfomanya juga masih seperti yang dulu. Tsah, lagu kali!

Eh, bener kok, smartphone milik saya ini memang bandel. Sejak tahun 2012, digeber tiap hari untuk aktif di media sosial dan blogging. Belum pernah mengalami kerusakan. Selain itu, kemampuannya untuk urusan fotografi, so far memuaskan buat saya. Tapi, kejadian jatuh yang terakhir itu, fatal. Casingnya, terbuka sebagian. Ini menganggu banget. Selain itu, buat motret, hasilnya tak sebagus dulu. Di sini, saya sedih!

Maklum, separuh nyawa aktifitas media sosial, chat grup dan blogging, ada di smartphone ini. Belum rela, membawanya ke tukang service. Ini berarti, saya harus puasa dari sosmed dan blogging. Urusan service kan, butuh waktu.

chasing smartphone terbuka
tuh, kan kebuka kayak gitu

Bukan karena maniak sich, tapi lebih kepada kebutuhan pekerjaan. Menjadi admin grup blogging di WA adalah salah satu alasannya. Selain itu, smartphone ini kan saya pakai sebagai modem juga. So, aktifitas blogging saya memang di support olehnya.

Ditambah lagi, sedang ada negosiasi untuk job review. Arrgh, yang ini bikin galau kalau mau mengistirahatkan smartphone sementara waktu. Repot, ciin, kalau harus bolak-balik ke warnet.

Akhirnya kepikiran untuk membeli smartphone baru. Etapi, serius mau beli smartphone baru?

Bukannya, selama ini ngincer smartphone dari lomba-lomba? Ups! Iya, sih, tapi belum ada lagi lomba yang berhasil saya menangkan, nih. Nggak papa kan, cari alternatif lain? Yaelah, ini mah modus pengin smartphone baru.

Memilih Smartphone Baru Harus Pas

So, saya pun mulai bertanya pada seorang teman. Kebetulan dia ini kerjanya memang ngulik dan ngereview smartphone. Jadi, tempat yang tepat untuk bertanya cara memilih smartphone baru. Namanya Ditya Pandu dari tuxlin.com dan laptophia.com.

Pertanyaan saya sih sederhana. Hanya seputar cara memilih smartphone baru. Menurut Mas Ditya kalau mau memilih smartphone baru itu, perhatikan dulu 3 poin berikut ini:

  1. Kebutuhan

Penting untuk mengenali aktifitas dalam memakai smartphone. Sekadar bersosmed ria, untuk fotografi atau ada kebutuhan lain. Misalnya kebutuhan untuk mengerjakan dokumen, blogging atau lainnya. Aktifitas tersebut harus mampu di kover oleh smartphone yang akan dibeli.

Intinya sih Mba, yang dibutuhkan itu smartphone dengan kamera yang bagus, layar kinclong atau perfoma kencang. Bahkan mungkin kombinasi ketiganya, ujar laki-laki berkacamata ini.

smartphone

Lalu, kalau memilih smartphone baru yang bisa support aktifitas blogging apa dong, yang harus diperhatikan?

Oh, kalau itu cari baterai dengan kapasitas besar, sekitar 4000 an mAh, kameranya memadai dan kalau bisa yang support 4G! Lanjut laki-laki berambut ikal ini.

Selain itu perhatikan pula ukuran layarnya, minimal 5,5 inci. Biar nyaman buat ngetik. Iya, sih, ngetik kan butuh waktu nggak sebentar. Jadi, kenyamanan itu penting.

Jangan abaikan pula sistem operasinya, mau pakai android atau IOS. Kalau buat saya sih, android ya. Alasannya sih, karena sudah terbiasa dengan sistem operasinya. Jadi, nggak perlu penyesuaian lagi.

  1. Budget

Ini juga nggak kalah penting. Sudah nemu smartphone kecengan bukan berarti langsung berjodoh kan, ya. Lihat lagi budget maksimalnya. Kalau masuk budget, bisa langsung dibeli.

Enaknya sih, data dulu smartphone apa saja yang ada di range budget maksimal tadi. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan aktifitas kita.

isi dompet
sesuaikan dengan budget

Misalnya nih, budget maksimalnya 2,5 juta. Berarti mulai survei smartphone apa saja yang ada di range itu. Survei juga harga smartphone idaman, misalnya merek Samsung. Harga Samsung tipe mana yang masuk list. Lalu, mulailah diseleksi yang sesuai dengan kebutuhan kita, sebagai blogger kah, gamers atau social media activist.

  1. Garansi

Nah, jangan abaikan soal garansi ini. Pilih merek smartphone yang memberikan layanan purna jual yang bagus. Jangan sampai, kita kecewa. Saat smartphone bermasalah, ternyata tak ada layanan garansi.

Mengenali merek smartphone dengan reputasi layanan purna jual yang baik itu harus. Kata Mas Ditya, beberapa merek tertentu memang kurang bagus layanan purna jualnya. Berhati-hatilah!

Kelihatannya tiga hal tadi itu sepele, ya. Tapi, buat saya yang kurang paham soal smartphone, bukan perkara sederhana. Apalagi kalau harus berkompromi dengan keinginan. Saya kan punya hasrat terpendam untuk memiliki smartphone tertentu. Hasrat ini yang nantinya akan berkompromi dengan kemampuan, ye kan.

Terus gimana dong, kalau mupeng banget sama smartphone yang pas dengan kebutuhan tapi ternyata over budget? Kalau saya sih, memilih untuk menabung dulu, dech. Ini cara aman memiliki smartphone baru. Bisa juga pakai cara lain. Ikutan lomba blog seperti biasa. Tentu, lomba blog yang hadiahnya smartphone impian lah.

Oke dech, saya jadi punya gambaran dalam memilih smartphone baru. Makasih buat Mas Ditya Pandu yang sudah mau direcokin. Prinsipnya, memilih smartphone baru itu harus pas. Iya, pas antara kebutuhan dan kemampuan membeli. Plus, harus bergaransi.

Kalau teman-teman ada rencana mengganti smartphonenya? Atau punya pengalaman dalam memilih smartphone baru? Boleh loh, sharing di sini.

 

30 Comment

  1. Lebih ke budget dan kualitas mbak kalau saya. . Hehehe tfs mbak yaa. .

    1. Makasih sharingnya Mba

  2. Ihik…ihik… Ada saya di sini hihi… Saya sendiri kadang juga galau mbak kalau milih smartphone. Sekarang pilihannya banyak sih 😀

    1. Ihiir,makasih Mas Ditya untuk sharingnya.

  3. Kalau sdh beli ntar mesti dipinjam 1 minggu ama mas ditya mbk.biar direfiew. Haha

    1. Hahaha, bisa aja idenya….

  4. Saya nih, Mbak, lagi pengin ganti smartphone. Hemm… Sebenarnya pengin bertahan dengan yg saya pakai ini. Masih oke sih. Cuma ada masalah yang lumayan mengusik. Thanks tipsnya ya, Mbak.

    1. Semoga ketemu yang cocok ya Mba

  5. Aku kalo mau beli hp, pertama kali yang jadi pertimbangan adalah kapasitas RAM 😀
    Aku dulu beli krn pgn kamera bgus,tp RAM kecil :((

    1. siip, Ram memang vital sih.
      Pengalaman berharga tuh Aya

  6. Aku penginnya yg kameranya bagus, dan memorine besar mbak

    1. Ndang browsing Mba Nana

  7. Harus mbandingin harga kemana2 biar dapet harga n kualitas yg pas. Biasanya saya gitu mb kalau nyari hp

    1. Harus telaten berarti. Ih, saya suka males mbandingin harga nih mba.

  8. Nice info… Mae juga lagi nyari smartphone baru nih

    1. Asyik, ayo berburu Mba Mae. Moga nggak kayak sebelumnya ya,kecewa.

  9. Belum ada rencana beli mbak, kebanyakan saya dapat lungsuran dari suami wkwkwwk.
    Tapi bersyukur suami dpt smartphone dr brand yg launching di Bali dikasih ke saya

    1. Huwaaa, saya juga mau kalau lungsuran yang itu Mba Ivone, wkwkwk…bagus soalnya.

  10. Saya belum pernah beli smartphone mba, selama ini punya smartphone dikasih sama dapat hadiah aja, jadi ya terima aja ??.

    1. Hebaaat, irit mba amel

  11. Yg bikin bingung krn byk bgt smartphone br yg kualitas, harga, kapasitas & dllnya bagus, cuma ya itu, layanan putna jualnya kurang ngerti ? Jd msh bertahan dl pk yg skrg sampe nemu yg bener2 cocok ?

    1. Betul pilihannya banyak dan cepet banget muncul yang baru lagi.
      Kayak milih jodoh ya Mba.Harus sampai benar-benar cocok

  12. Benar banget 3 poin ini, rata-rata aku pakai hape jangka waktu lama hihiih kalau mau beli baru pun nabuung 😀 tapi sebalnya, baru keluar model X eh beberapa bulan berikut udah ada model Z *huft

    1. Nah itu dia yang bikin lelah.
      kayak ngejarkuda lari kalau ngikutin trend smartphone, wkwkwk

  13. Hanya aku kah perempuan yang milih Smartphone dari casingnya? Secara semua casing Smartphone dan tablet ku warnanya putih, sak laptop laptopnya wkwkwk #abaikankomengejeinih

  14. Wah bener banget…. tips kece

  15. Masih bertahan pada hape lama.

  16. semuanya penting, kalo ga butuh2 amat ga usah ganti hape ya mba

  17. budget dan fiture yg ditawarkan oleh si handphone biasanya jadi pertimbangan sih

  18. Kalau masalah di smartphone saya yang sekarang ini RAM yg kecil dan kamera kurang cihuy 😀 Harga dan kualitas jadi penentu memutuskan untuk beli yang baru 😀

Leave a Reply