Mom Blogger Kerap Hadiri Event? Yuk, Disimak Penuturan Berikut Ini

Mom blogger hadir di event tertentu, bukan hal yang asing saat ini. Nggak terbatas pada event berbau parenting saja. Beberapa event fashion, kecantikan bahkan teknologi juga melibatkan mom blogger. Mungkin, diantara teman-teman ada yang penasaran. Ketika hadir di event, anak-anak mereka sama siapa? Duh, kok aktif benar kesana kemari, jangan-jangan anak-anaknya nggak keurus lagi! Daripada sesat kesimpulan, mending baca ini dulu, deh!

Sebelum ngobrol lebih jauh, saya pengin cerita dulu nih tentang apa yang saja jalani selama ini. Sebagai blogger, saya pernah dalam situasi pengin banget hadir di suatu event. Iya, sempat pengin kayak blogger-blogger ibukota itu. Bisa hadir di banyak event. Kayaknya, asyik banget!

Waktu berjalan, apa yang jadi keinginan saya terkabul juga. Masih lekat dalam ingatan saya, ketika pertama hadir diย  event pencarian bakat anak-anak di kota Solo. Pengalaman pertama yang menyenangkan. Setelah itu lanjut ke event drive test sebuah produk smartphone. Senang juga? Senang banget, apalagi saya satu-satunya mom blogger di sana. Ups, berasa punya bodyguard banyak.

Sejak saat itu, banyak yang mengira kalau saya ini mom blogger yang aktif banget hadir di event. Padahal, enggak! Solo bukan Jakarta, prend! Nggak mesti tiap bulan ada event. Eh, lama kelamaan ternyata Solo makin bergairah atmosfernya, meskipun tidak tiap bulan, sih. Tapi, lebih sering lah dibanding awal-awal saya tinggal di sini. Makin banyak saja event yang melibatkan blogger.

Untuk yang satu ini, prinsip saya nggak berubah sih. Jadi, menyangkut status saya sebagai emaknya anak-anak, saya selektif, kok. Nggak setiap event, saya bisa turut serta. Bisa cek di toko sebelah #eh.

Nah, soal selektif menghadiri event, ini jadi komitmen banyak mom blogger yang saya kenal. Salah satunya Mira Arvianty Udjo, Blogger Jakarta pemilik blog Kakira dan Rachanlie. Perempuan cantik yang satu ini kerap terlihat hadir di banyak event yang melibatkan blogger. Cek deh, di instagram maupun blog pribadinya. Ada banyak koleksi foto maupun postingan hasil reportasenya.

keluarga mira a udjo
foto : milik Mira A Udjo

Kali ini, Mba Mira bersedia sharing soal tipsnya sebagai mom blogger dan bisa hadir di event tanpa mengabaikan tugasnya sebagai mom dari dua orang putri.

Apa yang selama ini dilakukan Mba Mira? Berikut ini, poin-poin yang dituturkannya:

  1. Selektif

Memilih event yang dihadiri berdasarkan minat dan sesuai dengan tema blog yang dikelolanya. Biasanya event dengan tema parenting, kecantikan dan memasak. Apakah semua event berbau ketiga hal tersebut selalu dihadirinya? Ternyata enggak, lho! Mba Mira bahkan punya parameter tertentu.

Salah satu contohnya, Mba Mira ini kan pendukung Asi Eksklusif jadi dia punya komitmen untuk tidak hadir di event susu formula yang diperuntukkan bagi anak sebelum usia 3 tahun. Wuih, sampai segitu ketat ya, ternyata. Kelihatan kan? Tidak semua event disabet sama perempuan yang gemar bikin ootd ini.

  1. Waktunya Cocok

Salah satu pertimbangan untuk hadir atau tidak di sebuat event itu, jadwalnya pas. Maksudnya di sini, jadwal event harus selaras dengan jadwal suaminya. Beliau memilih hadir di event saat hari Sabtu atau Minggu. Lha, kok gitu? Iya, karena ini menyangkut urusan menjaga anak-anak ketika Mba Mira tidak ada di rumah. Biasanya, suaminya yang akan ambil peran.

Bagaimana jika eventnya pas hari kerja? Sebisa mungkin, suaminya yang menjaga anak-anak. Jika ternyata, suami nggak bisa, barulah dititipkan ke Kakek dan Neneknya. Dengan konsekuensi, Mba Mira nggak bisa lama-lama hadir di event itu.

  1. Siapkan semua kebutuhan anak saat ditinggal

Meskipun anak-anak dijagain suami ataupun kakek neneknya bukan berarti Mba Mira asal main tinggal aja. Keperluan susu, makan maupun baju-baju ganti pasti disiapkan sendiri.

Tak hanya itu, saat anak-anak harus bersama Kakek Neneknya, Mba Mira memilih hadir ke event mendekati acara dimulai. Hal ini dilakukan agar durasi meninggalkan anak-anak tak terlalu lama.

  1. Batasi Frekuensi Kehadiran
mira a udjo mom blogger2
foto : milik Mira A Udjo

Event di Jakarta itu sering banget. Kalau mau dituruti bisa-bisa kewalahan. Selain itu waktu bersama keluarga bisa terganggu. Disinilah pentingnya membatasi frekuensi kehadiran di event, begitu tutur perempuan yang gemar selfie ini.ย Misalnya saja, minggu ini sudah ada event yang dihadiri maka minggu depannya itu jadwalnya untuk kumpul keluarga.

Tuh kan, emak-emak dimana-mana mah sama. Urusan anak-anak tetap nomer satu meskipun aktif di luar rumah.

Kalau saya lihat, mom blogger yang pernah masuk di rubrik otomotif kompas.com ini konsisten dengan niche blog yang sudah dibangunnya. Kesehariannya mengurus dan merawat anak-anak membuat dirinya intens menulis tentang perkembangan anak-anaknya.

Sementara minatnya di dunia kecantikan dan fashion juga ditekuninya dengan rajin membuat foto OOTD. Mba Mira juga kerap hadir di event-event seperti launching kosmetik maupun fashion show.

Mira A Udjo di kompas

Satu hal yang saya suka dari Mba Mira adalah penampilannya yang selalu cantik dan fashionable. Suka deh, liat gaya OOTD nya. Tampil gaya dan tetap bertanggungjawab terhadap perannya itu nggak mudah, lho.

Aniwei, saya dan mom blogger lain pernah berdiskusi soal perlu atau tidaknya hadir disuatu event. Hadir atau tidak disebuah event, itu hak masing-masing blogger. Pun mengenai event mana yang dipilih, juga kembali lagi ke selera dan kepentingan blogger yang bersangkutan.

Hanya saja, mom blogger yang ingin hadir di event itu harus selektif. Tentu saja pertimbangan pertama bahwa kepentingan anak-anak dan keluarga tak terabaikan. Bagaimana cara mengaturnya, silahkan disesuaikan dengan kondisi masing-masing rumahtangga.

Ada yang mau sharing pengalaman mengenai hal ini? Ditunggu sharingnya, ya!

 

50 Comment

  1. Iya mak, aq juga bs iktan even it pas me time aja.kalau gk sabtu ya minggu.me time ny gantian ama mas bojo. Dn kbtln sekali event kmunitas biasane jg weekend. Dan yg trpenting,kalau pas ada acra.rumah harus sdh ada sayur dll.jd suami dn anak2 tgl makan.

    1. Siip,Mba Ipeh memang oye deh.

  2. Aku pun harus pakai tips-tips itu. Walaupun belum ada anak-anak, sebisa mungkin saya usahakan kemana-mana berdua suami.

    1. Iya Mba, harus dong apalagi Mba Mae kan kerja.
      Jadi harus bisa memilah-milah agar kerjaan kantor nggak terganggu

  3. Mba Ety postingannya pas banget buat Uti yang sudah mulai merasa juga sadar tau diri mana yes mana no.. selama ngga mengganggu kegiatan lain dan moment nya pas ya diambil.Tentunya seizin Akunglah..

    1. Siip Uti,semangat terus ya

  4. Aku sekali ikut acara bawa anak, malah ngga konsen ke acaranya mbak

    1. Hihihi, betul Mba Nana. Apalagi seksi sibuk macem sayaaa kan.

  5. di serang gak pernah ada event2 blogger, jadi ya… memang gak pernah ikutan hehe

    1. Belum aja Mba santi, lama-kelamaan juga ada. Kayak Solo, dulu jarang juga.

  6. Event di Jakarta memang luaaaar biasaaaa ya mak.. Kalo ngga pake tips ini, ya byebye.. Hahaha.. Btw mak Ety juga blogger cantik kesayangan ku loh ? Simpel tapi cantik

    1. Iya Mba Helma, babaydeh pokoknya.
      Egimana Mba?jadi saya dapat hadiah lipstik nih? wakaka

  7. Poin 6 – batasi frekuensi kehadiran, kalo bagi aku ini memang mesti selektif ya, disesuaikan dengan niche blog.

    1. Iya, dirimu mah udah mantap beud..keren

  8. Yg Nofiar Desmayani says: Reply

    Sipp…saya juga asli nya pingin banget ikut di event2 blogger atau seminar dan lainnya yg saya anggap bermanfaat banget buat saya. Tp yang nama nya emak..tetep ya tugas utama merawat anak2 jadi prioritas. Tinggal gmana ngatur kerjasama sama suami..hehhehe.

    1. Sepakat, kerjasama dengan suami itu harus apalagi buat kita yang jauh dari orangtua dan saudara.

  9. Kalo aku, yang penting boleh bawa anak aja, dan jangan pas malam..hehe..

    Kadang emang pengen juga ngerasain kayak blogger-blogger lain, eksis gitu. Tapi kembali lagi mengingat bahwa kewajiban utama tetap sebagai ibu, ya mesti terima..hehe.. Toh, seperti pesan Mba Ety selalu, semua ada masanya kan? Hihihi..

    1. Iya Mba Arin, paham banget deh.
      Kalau anak-anak masih balita emang begitu. Nikmati saja, hehehe

  10. Kalau aku sih enggak bisa datang ke event keseringan karena kerjaan di dunia nyata, anak Alhamdulillah ada ibuku ๐Ÿ™‚

    1. Iya, iya Mba Witri kan kerja di sekolah ya.
      Masih punya energi hadir di event itu luwar biyasaa.

  11. bikin versi yang Pap Blogger dong, biar aku diwawancara juga … ๐Ÿ™‚

    1. Hahaha, duh bikin sendiri sih sama teman-teman sesama pap

  12. Duh aq malah pengen bgt sesekali bs dateng ke event gt. Skg sih masi terkendala jarak, urusan domestik, penyesuaian ama jadwal suami.

    1. Iya juga sih kalau Mba Wied mah.
      Bagaimana kalau dijadiin saja pindah rumah ke Solo? #kompor

  13. Memang kadang kalau event lagi berlimpah jadi lupa diri, kepinginnya eksis sana sini, apalagi kalo anak2 gak pernah riwil ditinggal, makin semangat ikut ini itu. Tfs ya mak :*

    1. Iya Mak, kalau semua aman terkendali, lanjut aja Mak

  14. Senada, aku ikutan event kalau diijinkan suami dan beliau bisa nganterin. Secara istrinya ini gagap rute jalan, meski bisa naik motor sendiri, yg ada nyasar2

    1. Ya ampuun Mba Rie suka nyasar?
      Hehehe, it’s okay mba.

  15. Bener banget. Anak dan suami gak bolrh terbengkalai… Hehe

    1. Siiip Mba Liya

  16. Aku Kalau ikut event malah pas hari kerja dan anak-anak sekolah. Kalau hari libur malah suka repot karena LDR an sama suami

    1. Sama Mba irfa, paling bisa pas anak-anak sekolah tuh. Kalau hari Minggu bisa juga asal tiap minggu aja.
      Sesuaikan dengan kondisi aja Mba.

  17. Pernah ikut even yg ga pas sama sekali sama niche blog. Ujungnya sungkan sama yg nawarin. Sekarang mulai liat2 mbak

    1. Hehehe, iya Mba Aida..sipmaju terus dengan niche nya

  18. Betuuuul banget.. Jangan karena kita pengen eksis di mata orang di mata keluarga kita kita jadi gagal mendidik anak dan patuh sama suami

    1. Iya Mba Amanda,harus pinter bagi waktu dan tenaga ya.

  19. Mantap mbak, saya setuju ๐Ÿ˜€ Coba bikin juga tips Jomblowan Blogger menghadiri acara mbak ๐Ÿ˜€

    1. Wkwkwk, joblowan gak mau ketinggalan jugaak.
      Tipsnya pakai baju yg keren, trus wangi sapa tahu ada joblowati di event itu yang bisa dibawa ke penghulu.

      1. kuwi kok atasnya bu ety syurrr terus..

        syurhat :))

  20. Bener banget even di Jakarta itu buanyak banget, kalau ga selektif bisa tugas kita sebagai ibu terlantar

    1. Iya Mba Eni.
      Eh, mba Eni di Jakarta juga kan ya?

  21. Waahh…emak emak banget nih postingan nya. Bener banget Mak, kadang bikin mupeng ikut event sana sini, tapi ya poin poin diatas bener bener jadi pertimbangan untuk momblogger ya maak. Thanks for sharing ๐Ÿ™‚

  22. Sama-sama Mba Aya.

  23. Belum pernah ikutan event blogger. Setahu saya di Tuban belum ada….Pengen sih ikutan kek gitu, asalkan waktunya cocok. Biar nambah ilmu dan teman.

  24. di kota saya jarang event yg libatkan blogger…paling event pariwisata pemerintah itupun dah disundul2…klu event dr swasta jarang…ada sih di kota sebelah di batam..tp ga terlalu sering jg …padahal pengin jg spt blogger kota2 besar gitu hehehe

  25. Hadir d event2 blogger menyenangkan, dpt ilmu, teman dan bisa berbagi ilmu yg kt dpt lwt tulisan ?

  26. tapi kayanya di balikpapan gak seberapa banyak bloggernya ๐Ÿ™

  27. Klo event blogger emang jarang eh susah di kota kami mbak, orangnya juga masih mencar2
    Nah, klo saya itu kepengen hadir di event2 fashion kayak mbak Mira ini. Kuper saya mah dengan istilah2 fashion

  28. Wah.. saya baru kenal dengan Mbak Mira ini.
    Cantiknya. Dan setuju untuk masalah selektif mengikuti acara itu. Bukan hanya untuk mom blogger ya mbak Ety. Tapi setiap blogger menurut saya juga harus selektif sih. Gak perlu semua acara didatangi tapi yang memang menurut dia perlu sih. Kalau menurut mbak Ety gimana?

  29. ikutan nimbrung aja dech ..,,,

Leave a Reply