Martabak Manis Teflon, Sajian Manis Saat Berbuka Puasa

martabak-manis-teflon-roll

Martabak manis teflon tiba-tiba jadi most request camilan di rumah. Anak-anak memang aslinya suka banget sama martabak manis. Tapi, biasanya kan beli. Dulu, mikirnya susah banget kayaknya bikin martabak manis. Mending beli saja! Tapi, setelah saya bisa membuat martabak manis teflon, anak-anak lebih suka dibuatin sendiri daripada beli.

Martabak manis atau ada yang menyebutnya sebagai terang bulan memang jadi jajanan yang populer. Mudah sekali di jumpai di pinggir-pinggir jalan. Harum aroma mentega yang menguar, selalu menggoda tiap orang yang lewat. Meskipun kadang, rasanya tak senikmat aromanya.

Penjual martabak manis memang banyak dan makin kreatif memadukan toppingnya. Kalau dulu umumnya topping martabak itu memakai coklat meises dan keju. Sekarang, coklat-coklat berharga mahal itupun jadi toppingnya. Martabak manis model begini langsung ngehits. Tapi, sampai sekarang saya belum pernah mencobanya. Mikir harganya yang nggak ramah dikantong saya, hehehe.

Nggak cuma dari sisi topping yang membuat dunia martabak manis makin berwarna. Jika dulu martabak umumnya dilipat jadi dua, sekarang ada yang namanya martabak gulung alias martabak roll. Yaelah, dah kek rambut aja ya, pake diroll segala.

Martabak Manis, Kue Dengan Banyak Nama

Jika menyusuri jejak asal muasal kue ini, ada yang mengatakan merupakan pengaruh dari masyrakat Thionghoa yang tinggal di wilayah Bangka Belitung. Mereka mengenalnya dengan Hok Lo Pan. Tapi ini masih perlu kajian lebih dalam karena ternyata orang Hok Lo justru tidak mengenal kue ini (Wikipedia)

Martabak manis, tidak hanya dikenal Indonesia. Di negara bagian Sabah Malaysia, martabak manis dikenal dengan nama Apam Balik. Di masyarakat kita, juga menyebutnya dengan beragam nama bukan? Ada yang menyebutnya sebagai kue Terang Bulan. Di Pontianak disebut sebagai Apam Pinang. Sementara di Makasar, ada yang menyebutnya sebagai kue Terbul. Ada juga yang menamainya sebagai martabak Bangka.

Martabak manis rupanya sudah dikenal secara luas, ya. Pantas saja, di beberapa kota yang pernah saya singgahi, banyak ditemukan penjual martabak manis. Penjual martabak memang bertebaran di mana-mana tapi agak sulit mencari yang enak dan harganya pas di kantong. Enak menurut versi saya dan anak-anak itu ya, tekstur martabaknya empuk. Rasa manisnya nggak bikin eneg.

Tapi sayang, saya kesulitan menemukan kombinasi ketiganya. Kalau ada yang rasanya enak, harganya yang nggak pas di kantong, hiks. Jadi, tiap kali beli martabak manis pilih yang harganya bersahabat,  dan saya selalu minta takaran gulanya dikurangi.

martabak-manis-teflon-lipat-dua
martabak ini yang sudah umum

Pernah kepikiran pengin memasak martabak manis sendiri tapi terus inget, saya nggak punya pan buat memanggangnya. Tapi itu dulu, saat saya belum mengetahui kalau martabak manis itu bisa dipanggang dengan menggunakan teflon.

Mencari Resep Martabak Manis Bak Mencari Jodoh

Membuat martabak manis teflon, dimulai dengan hunting resep di internet. Ada banyak versi dan bikin bingung. Begini, soal resep bagi saya seperti jodoh. Eaaa, serius, resep A dicoba sama orang lain berhasil, tapi belum tentu pas saya coba hasilnya sama.

Nah, mencari resep martabak teflon yang pas di tangan saya juga butuh mencoba beberapa resep. Bukan soal resepnya yang salah, tapi kemampuan tangan saya dalam mengikuti kehendak resep. Jangan tanya berapa kali gagal, beberapakali, deh.

Daftar kegagalan saya membuat martabak manis teflon:

  • Bantat
  • Gosong
  • Kurang bersarang

Hahaha, komplit, kan! Tapi, kok masih mau nyoba? Nah, itu dia, saya kalau sudah penasaran sama sesuatu pasti bakal saya kejar sampai dapat. Termasuk membuat martabak manis teflon ini.

gambar-tepung-dan-telur-untuk-membuat-martabak-manis-teflon
dua bahan utama martabak manis

Akhirnya, ketemu jodoh resep yang pas. Saya berhasil membuat martabaknya dan rasanya pas pula di lidah kami. Resepnya nanti saya share, ya.

Tricky nya Membuat Martabak Manis Teflon

Oh, ya, berdasarkan pengalaman saya kemarin, memanggang martabak manis teflon memang agak tricky. Pasalnya, teflon kan tak setebal pan baja yang biasa buat memanggang martabak manis, kalau apinya kebesaran jadinya bakal cepat gosong tapi belum matang martabaknya.

Jadi memanggang martabak manis teflon itu kuncinya ada pada ini:

  • Teflon sudah cukup panas.

Tes dulu dengan mencipratkan air ke atas teflon. Jika bunyi ceess dan airnya menguap maka sudah cukup panas.

  • Apinya kecil.

Seberapa kecil? Nah, kalau kemarin itu, apinya kecil banget, nggak nyentuh teflon.

Setelah nyoba resep a, b, c, d akhirnya, saya nemu resep martabak manis dari Mba Sefa Firdaus, dia mendapatkan resep itu dari temannya. Resep ini, sedikit saya modifikasi. Jika di resep memakai susu cair semua maka saya memakai susu cair+air tapi dengan takaran yang sama.

Ini dia resep martabak manis teflon:

  • 250 tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur
  • 400 ml susu cair
  • 30 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt soda kue
  • Sedikit gula pasir untuk taburan

Topping :

  • Margarin
  • Meises
  • Keju

Untuk topping mah terserah, teman-teman, ya. Bisa di topping sesuai selera.

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan kecuali soda kue. Aduk dengan menggunakan whisking, hingga rata. Lalu, diamkan dalam suhu ruang selama 1 jam. Tutup dengan lap basah. Masukkan soda kue beberapa saat sebelum dipanggang.adonan-martabak-manis-teflon
  2. Panaskan teflon, tes dulu sebelum dituang adonannya. Jika sudah cukup panas, tuang adonan sesuai dengan ukuran teflon. Tunggulah hingga bersarang, lalu taburi gula pasir. Setelah itu tutup teflon, tunggu hingga martabak matang keseluruhan.
    gambar-martabak-manis-teflon-mulai-bersarang
    mulai bersarang martabaknya
    martabak-manis-teflon-bersarang
    tunggu bentar lagi baru diangkat
    martabak-manis-teflon-sudah-matang
    nah, begini penampakan kalo sudah matang
  3. Angkat, olesi dengan martabak dan beri topping. Selanjutnya bisa dilipat dua atau digulung.
    martabak-manis-teflon-topping-ketan-hitam
    bisa ditopping ketan hitam dan meises
    martabak-manis-teflon-diolesi-topping
    kasih topping sesuai selera

Taraaa, begini penampakan martabak roll buatan saya. Rasanya bagaimana? kalau menurut saya sih, enak. Tekstur martabaknya kenyal dan rasa manisnya pas di selera saya sekeluarga. Tapi, rasa kan soal selera ya, hehehe. Kalau mau, silahkan dicoba resepnya. Biar tahu, resep di atas pas nggak dengan selera teman-teman.

martabak teflon
seratnya aduhai ya

Martabak manis atau ada juga yang menyebutnya sebagai martabak Bangka yang saya buat ini, versi tanpa ragi. Di luar sana ada juga yang membuat martabak manis dengan ragi. Teksturnya tentu akan berbeda. Saya belum bisa cerita karena belum pernah membuat martabak manis dengan ragi.

Oh, ya, sebentar lagi kan, puasa ya teman-teman. Sudah jadi kebiasaan bukan, jika berbuka itu pakai yang manis-manis. Selain es pisang hijau, carang gesing maupun makan manis lainnya martabak manis ini bisa lho, disajikan saat berbuka puasa.

Memangnya nggak eneg? Duh, kalau langsung habis satu loyang, ya bakal eneg lah. Berbuka secukupnya saja, setelah minum dan makan martabak manis teflon barang sepotong, bisa sholat maghrib terlebih dulu.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya, teman-teman. Semoga, Ramadhan tahun ini bisa berbuah manis. Semanis martabak manis teflon ini.

 

40 Comment

  1. Kreatif banget mbakkkk, boleh dicoba nih resepnya buat puasa nanti

    1. Silahkan dicoba Mba Evrina.

  2. ya ampun enaknyaa. Saya lagi ngiler martabak manis nih (disini nyebutnya terang bulan) dengan cara digulung gitu juga nambah selera ya mbak. Ntar coba ah sendiri

    1. Dicoba bikin sendiri dulu baru bilang enak apa enggak Mba Lidha, qiqiqi.

  3. Kayak roti gulung… Bdw, kalau arisan mbok dibawain mak….hehe

    1. Iya Mak Witri, mudah-mudahan arisan ilmu berikutnya ya, sempat bikin.

  4. Seumur2 saya bisa bikin kue, nah bikin martabak manis ini yg belum pernah saya bikin.
    Padahal ini kue favorit anak lanang dan suami, eh saya juga sih hehhe
    Resepnya boleh juga nih mbak. Makasih ya sharingnya.
    Btw salam kenal dari blogger malang ?

    1. Cobain deh, Mba Ivone, apalagi suami dan anak lanang suka.
      Sama-sama Mba Ivone. Salam kenal balik.

  5. Pengen bikiiinnnnn
    Tengkiu resepnyaaa mak ety 😀

    1. Silahkan bikin Mba Inda

  6. Kemarin udah coba, emang tricky bikin ini hehehe apalagi sama bahan-bahannya. Aku skip susu karena jadi manis banget hiks dan orang rumah nggak terlalu suka manis.
    Iya ya, pas nih martabak manis jadi menu buka puasa ntar ^^
    Selamat menyambut bulan ramadan, mbak ^^

    1. Hehehe, iya Mak Ranny, resep yang tempo hari juga bisa, tapi dari tekstur saya lebih pilih yang ini. Resepnya juga simpel, mudah diapal.
      Cuuc, bikin lagi.

  7. Kalo baca resepnya sih kliatannya ga terlalu susah ya.. jadi pengen coba bikin..

    1. Bener Mak Wid, simpel kok.
      Selamat mencoba membuat martabak manis dengan teflon barunya, hehehe.

  8. Mamak satu ini emang ga ada matinya nih nyoba2 resep. Bisa jadi peluang usaha baru nih Mbak, apalagi martabak cocok juga di lidah orang Jawa. Lempar satu sinih buat diicip2. Bisa bener bentuknya ngeroll rapi gitu

    1. Itu yang bikin hidupku terasa lebih hidup Ayaa, halaah, ngomongan apaan sih!
      Hahaha, iya,iya, manis kayak kamu ya.
      Biasa ngeroll rambut ya, jadi mudah aja ngeroll martabak.

  9. Sudah pernaah cobaaa..dan hasiilny 1. Bantat….cobaaa lagiii..berhasil bersarang tapi bawahny gosoooong… :'( habis tu nyeraah deh..pdhl anak2 suka walo gosong gtu

    1. Coba lagi deh Mak Rika.
      Yang ketiga, Insyalloh berhasil, nggak bantat, nggak gosong dan sarangnya bagus.

  10. Kok jebulnya gampang banget ya mak bikinnya ? maksudnya bahannya ding xixixi. Pengen nyoba tapi sukanya cuma toping ketan item ?? Eniwe, ini kita mau minta dimasakin ampe akhirnya puasa kagak jadi2 juga ???

    1. Gampaang, makanya bikin sendiri gih.
      Hahaha, maklum yee, sibuk kita niih.

  11. Whuaaa…baru liat aja udah ngiler. Siap nyobain resepnya 😀

    1. Monggo Mba Ika, silahkan dicoba resepnya.

  12. enaaaak, saya mah belum sukses nih bikinnya mba 🙂

    1. Dicoba lagi Mba Kania, saya jugaharus berulang-ulang kok.

  13. Iiihh…kayanya enaaaakkk…
    Jadi pengen nyicip deeh
    Mau nyobain juga bikinan mak Ety ???

    1. Coba Mba Aya, bikin sendiri deh daripada penasaran.
      Eh, yang ini kapan ya?

  14. itu menggiurkan sekali mba etyy :3

    1. Untung belum puasa, kalau pas puasa jadi merasa bersalah saya nih.

  15. udah seperti martabak Bangka asli..
    rapi buatannya mbak

    1. Wah, makasih Mba Monda.

  16. Waaa besok kudu bikin buat buka puasa. Tinggal SKM aja yg nggak punya. Esok beli.

  17. Dari pada beli wajan martabak yang berat lalu hasil kue nggak sesuai harapan, mending pakek ini. Terimakasih yaa… Senang dapat tips dan resepnya.

  18. Adududududduhhhh langsung ngecesss..jam2 segini pelototin martabak 😀

  19. Eh itu penampakan yang pertama … asik juga tuh
    Saya belum pernah melihat martabak yang digulung seperti itu…
    Sebut saja Rollade Martabak ala Mbak Ety

    Salam saya Mbak Ety

  20. Waduh.. Bikin pengen buka gasik.. hehe

    Salam kenal..

    1. Waduuw, maap, gak bermaksud ,hehehe

  21. Jadi pingin nyoba mba.. ?

    1. Silahkan coba mba Miftah

  22. Mak Ety, sungguh dirimu kreatif yaak. Btw, saya pernah sekali nyoba pengen bikin martabak yak. Eh tau-tau gosong gak beraturan, amburadul kaya bikin telor ecek-ecek 🙁 Kumerasa gagal. Apa mending aku samperin aja ke rumah mba Ety gitu buat nyicip martabaknya #eh

    1. Hahaha, Ipeeeeh, kamu bisa aja deh.
      Sini-sini, main ke rumah. Nanti dibuatin martabak gulung.

Leave a Reply