Food

10 Makanan Khas Jawa Paling Enak yang Wajib Dicoba

Udah kangen liburan menikmati kuliner khas suatu daerah? Sama! šŸ˜†

Indonesia tidak hanya dikenal memiliki wisata alam yang luar biasa. Kelezatan serta keragaman kulinernya pun dikenal hingga mancanegara. Setiap daerah memiliki makanan khas unik, tak terkecuali kota-kota di Pulau Jawa.
Makanan tradisional Jawa umumnya memiliki rasa yang beragam dari manis, pedas, gurih hingga campuran semuanya. Penggunaan bahan dan bumbu rempah khas Nusantara membuat kuliner ini terasa khas dan juga spesial.

Jika teman-teman berencana liburan ke daerah Pulau Jawa, pastikan kalian mencicipi kuliner di daerah asalnya, ya karena rasanya pasti lebih nikmat dan autentik dibanding yang biasa dijumpai di kota kalian.

Berikut ada 10 makanan khas Jawa paling terkenal dan juga enak yang harus kamu coba.

1. Gudeg

Ulala, siapa yang tak kenal makanan yang satu ini? Rasanya yang manis dan ada sensasi gurih membuat gudeg ini digemari.

Gudeg

Seporsi Gudeg

Makanan ini jadi ikon wisata kuliner-nya Yogyakarta, lho! Teman-teman bisa menjumpai makanan ini di hampir semua sudut Yogyakarta. Baik di kaki lima, rumah makan khusus gudeg bahkan di pasar.

Makanan khas Jawa ini terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai bumbu rempah. Uniknya, saat memasak nangka muda dialasi daun jati, sehingga warnanya jadi merah kecoklatan hingga kehitaman.

Siapa pun pasti sepakat bahwa makanan ini memiliki rasa khas yang ngangenin. Biasanya seporsi gudeg disajikan dengan sambal goreng krecek, telur bacem maupun ayam kampung.

2. Getuk

Makanan yang satu ini sering disantap sebagai cemilan dan sering dijumpai di Jawa Tengah dan juga Yogyakarta.

Umumnya, Getuk terbuat dari singkong atau ubi rebus yang dihaluskan lalu dikukus. Namun ada juga Getuk yang terbuat dari bahan lain seperti pisang maupun sukun.

Getuk disajikan dengan kelapa parut di atasnya. Meski terkesan sederhana tapi makanan yang satu ini punya rasa gurih dan nikmat lho!

Cocok untuk teman minum kopi, teh atau bahkan minumanĀ  hangat tradisionalĀ  seperti wedang jahe dan lainnya.

Gethuk Frozen

Getuk kekinian yang dikemas sebagai frozen food, cocok untuk oleh-oleh

Nah, Getuk ternyata banyak macamnya teman-teman. Ada Getuk Singkong gula merah, ada Getuk Lindri, Getuk Tiga Warna, Getuk Mawur, Getuk Goreng bahkan ada pula getuk kekinian.

Tampil krispi karena dibalut tepung panir. Dikemas dalam bentuk frozen. Sehingga cocok dijadikan oleh-oleh ke tempat yang jauh.

3. Oseng mercon

Meskipun namanya mercon bukan berarti ini petasan atau mercon yang dimasak, ya. Mungkin nama mercon dipilih untuk menggambarkan rasa pedas yang meledak di mulut sehingga bikin kepedasan, sampai uha, uha.

Makanan yang satu ini merupakan kuliner khas Yogyakarta yang kini bisa dicicipi di hampir semua daerah di Indonesia. Namun lagi-lagi mencicipi kuliner di kota aslinya tentu lebih afdol bukan?

Oseng mercon adalah tetelan daging sapi yang ditumis dengan bumbu pedas yang bisa ciptakan sensasi pedas banget di mulut. Makanan ini cocok untuk kamu yang suka makanan pedas.

4. Lumpia

Makanan khas Semarang ini jangan sampai kelewatan dicicipi saat berlibur ke Semarang, ya.

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas peranakan. Diciptakan oleh seorang keturunan Thionghoa yang menikah dengan orang Indonesia.

LUMPIA khas Semarang biasanya berisi rebung yang membuatnya UNIK. Namun, ada juga yang berisi daging, ayam, maupun telur.

Lumpia Semarang ukurannya besar dan isinya padat. Disajikan dengan acar mentimun biasanya dan daun bawang. Ada banyak penjual lumpia di Semarang. Dari mulai keturunan sang pencipta lumpia, para bekas pegawai toko lumpia maupun para pecinta kuliner juga membuka usaha ini.

So, tinggal pilih saja ketika berkunjung ke Semarang. Oh ya, teman-teman bisa mencicipi lumpia basah atau kering sesuai selera.

5. Nasi Liwet

Makanan khas yang bisa dijumpai di Jawa Barat dan Solo ini juga rasanya sangat enak.

Namun, Nasi liwet Sunda dan Solo berbeda penyajiannya. Nasi liwet Sunda biasanya disajikan dengan ikan asin, tempe atau tahu goreng dengan cabe rawit utuh. Ada juga yang menyajikan dengan aneka lalapan dan sambal.

Nasi Liwet sunda

Nasi Liwet Sunda yang pernah saya masak

Sementara itu nasi liwet Solo, disajikan dengan potongan ayam gurih, areh dan sayur labu siam.

Meskipun berbeda penyajian, baik nasi liwet Sunda maupun Solo sama nikmatnya. Perpaduan rasanya begitu sempurna, dijamin bisa buat teman-teman ketagihan.

6. Rujak Cingur

Jika rujak biasanya identik dengan buah-buahan, namun rujak yang satu ini beda.

Makanan khas Jawa rujak cingur

Rujak cingur bercita rasa manis, gurih dan segar

Makanan khas Jawa Timur ini menggunakan cingur atau mulut sapi yang direbus lalu diiris dan dicampur bengkoang, mangga muda, nanas, tahu dan tempe, lontong dan juga tauge yang kemudian disiram bumbu petis yang khas.

Kenikmatan Rujak Cingur dipengaruhi oleh petis yang digunakan. Jika menggunakan petis yang berkualitas bagus, maka sambal rujaknya juga akan enak.

7. Rawon

Makanan khas Jawa yang satu ini bisa ditemukan di banyak kota di Jawa, namun rawon khas Surabaya punya rasa juara yang wajib kamu coba.

Saya pun kalau mudik ke kampung halaman suami, di Surabaya harus banget makan Rawon biar afdol.

Makanan ini berisi daging sapi dan kecambah mentah yang disiram kuah hitam khas rawon dan disajikan dengan nasi hangat serta sambal terasi mentah.

Rawon

Rawon, meski hitam kuah ya tapi nikmat rasanya

Kuah hitam itu berasal dari kluwak. Kluwak yang bagus akan membuat Rawon jadi lezat dan tidak pahit. Banyak lho, yang mengakui kelewatan Rawon.

Bahkan pada 2020, Rawon dinobatkan sebagai sup terlezat se Asia (Best Rated Sup In Asia) oleh Taste Atlas. Ini merupakan situs dari Kroasia yang mengulas tentang resep lokal, makanan tradisional, dan restoran otentik di seluruh dunia.

Nah, masukkan Rawon ke dalam list kuliner yang harus di coba ketika berkunjung ke Surabaya, ya.

8. Pecel Lele

Siapa yang tak kenal menu yang satu ini?

Dulu sih, saya sempat menyangka kalau menu pecel lele itu lele goreng yang dikasih sambal pecel. Ternyata, pecel lele itu, lele goreng yang disajikan dengan sambal dan aneka lalapan.

Maklum, jaman kecil dulu penjual pecel lele di kampung saya belum ada. Beda dengan sekarang.

Rasanya makanan ini bisa ditemukan di banyak kota besar, namun jika kamu ke Lamongan jangan lupa cicipi pecel lele khas kota ini, ya.

Seporsi pecel lele terdiri dari lele goreng lengkap dengan lauk dan lalapan serta sambal pedas yang menggugah selera.

9. Lontong Balap

Makanan khas Jawa Timur ini punya nama yang unik dan rasa yang juara lho! Seporsi lontong balap terdiri dari lontong yang disajikan dengan tauge, tahu dan lento.

Ada banyak tempat makan legendaris yang menjual lontong balap di Surabaya yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke kota ini.

10. Karedok

Makanan khas Sunda ini terdiri dari olahan sayuran mentah yang disiram bumbu kacang yang nikmat.

Sayuran yang biasanya ada dalam sepiring kare dok adalah tauge, timun, kacang panjang, kol, terung dan leunca.

Karedok biasanya disajikan dengan emping atau kerupuk dan taburan bawang goreng.

Jadi, kapan nih kamu mencicipi kuliner khas Jawa ini langsung di kota asalnya?

Yuk, rencanakan liburan ke kota di Pulau Jawa dan jangan lupa beli tiket bus agar liburan tetap hemat dan aman. Liburan aman dan hemat naik bus Primajasa saja!

Kamu bisa beli tiketnya dengan mudah di Traveloka dan buat rencana liburan jadi nyata di tahun ini.

Pastikan kamu tetap patuhi protokol kesehatan di mana pun ya! Baik saat bepergian maupun mengunjungi tempat makan yang menjual makanan khas Jawa di atas.

One Response

  1. Fanny_dcatqueen July 2, 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.