Holiday Project 5: Membuat Gunung Meletus

COPENHAGEN (1)

Liburan masih panjang, aktifitas untuk mengisinya pun terus berlanjut. Setelah kemarin berkreasi dengan playdough buatan sendiri yang bisa dibaca disini maka hari ini anak-anak saya ajak untuk melakukan percobaan ilmiah sederhana.

Untuk percobaan ilmiah sederhana kali ini, saya pilihkan bagaimana membuat simulasi gunung meletus. Selain bahan-bahan yang diperlukan sederhana dan mudah didapat. Percobaan ilmiah ini juga aman dilakukan di rumah.

Sumber referensi untuk percobaan ilmiah membuat gunung meletus ini saya ambil dari blog Sains Interaktif. Nah, untuk bahan-bahan yang diperlukan itu adalah bahan untuk membuat gunung, soda kue, cairan pencuci piring, cuka, pewarna makanan dan botol.

Bahan untuk membuat gunungnya bebas dipilih, mau pakai plastisin/playdough bisa, pakai bubur kertas oke, pakai pasir boleh, atau juga pakai tanah liat. Pilih saja bahan yang mudah didapat.

Playdough yang kemarin dibuat masih sisa, cukup untuk membuat satu gunung berapi. Jadilah itu yang dipakai untuk membuat gunung. Supaya lebih mudah bisa pakai cetakan berbentuk kerucut. Bisa dibuat dari karton atau bahan lainnya.

Botol digunakan sebagai tempat campuran air, soda kue, cairan pencuci piring, pewarna dan cuka. Botol itu diumpakan sebagai kawah yang nantinya mengeluarkan lava. Campuran air, soda kue dan lain-lain itu sebagai lavanya.

Nah, ini dia bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • Plastisin/playdough/tanah liat/pasir untuk membuat miniatur gunung
  • Soda kue
  • Cairan pencuci piring/detergen
  • Cuka
  • Pewarna
  • Air panas
  • Botol
  • Alas

    ini dia bahan-bahannya
    ini dia bahan-bahannya

Cara Membuatnya :

  • Buat miniatur gunung terlebih dulu. Terserah saja bahannya mau pakai yang mana. Bisa juga juga gunungnya diberi warna biar menarik. Jika telah terbentuk, letakkan gunung diatas alas tahan air.

    buat gunungnya dulu
    buat gunungnya dulu
  • Taruh botol ditengah-tengah gunung dan lubang botol jangan ditutup.
  • Campurkan air, baking soda, cairan pencuci piring, dan pewarna merah. Masukkan ke dalam botol cukup setengah botol saja.

    masukan baking soda, pewarna dan air
    masukan baking soda, pewarna dan cairan pencuci piring
  • Terakhir untuk membuat lava naik ke permukaan, tuangkan cuka ke dalam botol. Tunggu beberapa saat, dan gunung berapi itu pun erupsi.

 

masukkan cuka pelan-pelan dan lihat reaksinya
masukkan cuka pelan-pelan dan lihat reaksinya

Untuk videonya, bisa dilihat di link ini ya: Video Tutorial Simulasi Gunung Meletus

Anak-anak saya takjub menyaksikan percobaan ilmiah sederhana ini. Kok bisa sih? mereka bertanya-tanya. Secara ilmiah proses tadi bisa terjadi karena campuran soda kue atau sodium bikarbonat dan cuka yang merupakan asam lemah akan menghasilkan karbondioksida yang berbentuk gas.

Semakin banyak karbondioksida yang dihasilkan maka tekanan dalam botol pun semakin besar sehingga lama-kelamaan cairan dalam botol keluar. Proses inilah yang terjadi pada saat gunung meletus.

Sementara itu buih-buih yang dihasilkan dari proses tadi karena adanya campuran sabun cair. Menarik bukan aktifitas ini. Anak-anak dikenalkan dengan salah satu proses alam dengan cara yang menyenangkan. Mereka senang, pengetahuan pun bertambah.

Jika ingin mengikuti aktifitas yang lain bisa dicek di postingan memasak puding, pisang, dan donat.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

41 Replies to “Holiday Project 5: Membuat Gunung Meletus”

  1. Sangat inspiratif mak….

    1. Terimakasih Mas Imam..salam kenal

  2. keren dan mengajarkan pengetahuan nih mba, bisa euy dicontek 😉

    1. Monggo dicontek..saya juga nyontek kok Mba Uniek.

  3. bukmark… 😀 kreatif lah..

    1. Silahkan Mba Riski..

  4. Aihh… kreatifnya mba.. 😀

    1. Bisa di coba Mba Susanti…

  5. Awas meletus… evakuasi segera warga sekitarnya hehehe

    1. Qiqiqi, eh Mas Dangduters..waktu terjadi erupsi anak-anak saya teriak histeris lho, mereka kaget.

  6. Hebat, ibu yg kreatif
    Salam 🙂

    1. Makasih Mas Kevin, hanya berusaha agar anak-anak tidak bosan liburan di rumah saja…Salam

  7. wow..bener-bener super mommy mbak ety. semoga saya bisa seperti itu juga ya mbak. kalau punya anak nanti, insyaallah

    1. Aih De Liza, ibu biasa aja..Amin.

  8. […] selanjutnya. Kegiatan mengisi liburan ini telah dilakukan beberapa kali, bisa dilihat selengkapnya disini, atau disini, atau yang satu […]

  9. wihh keren mba projectnya, jadi liburannya bermanfaat ya 🙂

    1. Makasih Mba Chika Rei…iya mba, jadi ndak nonton tv melulu..

  10. Woooww bagus amat. pengen buat . 🙂 tapi kalau disekolah ku pakai koran. tapi yang ini lebih cool!!!. Insya Allah aku kasih pakai plastisin untuk pedesaan. supaya lebih bagusx 🙂 🙂 . Anak yang kreatiff

    1. Silakan dicoba Mas Andi, siswa-siawa panti bisa merasakan keseruan belajar memahami peristiwa gunung meletus..
      Terimakasih, semoga mereka menjadi anak kreatif

  11. ayahhusnahadna says: Reply

    Cool,……..

    1. hehehe, makasih Ami..

  12. […] mengandalkan browsing sana-sini akhirnya ketemu juga idenya. Setelah kemarin membuat kartu pop up, membuat gunung meletus, berkreasi dengan playdough, membuat donat, puding dan pisang selimut coklat maka sekarang […]

  13. DAvid Yusaku says: Reply

    Air berapa mili gan?

    1. Airnya secukupnya aja. Tergantung besar nya botol yang dipake.
      Saya pake setengah botol diisi air yang dicampur pencuci piring dan pewarna makanan.

  14. Kreatif banget, salam kenal mbak tya 🙂 hehehe

    1. Hehehe, itu juga hasil browsing sana-sini kok mba.

  15. Bisa untuk percobaannya anak…

    1. betul mba nur. monggo dicoba.

  16. plastisin biasanya beli di mana ya, mak? sekarang udah ga pernah ada yang lewat di rumah. biasanya ada bapak2 pedagang kecil yang jual 🙁

    1. Biasanya di toko alat atk ada, atau bikin sendiri saja.

  17. Anakku seneng banget kalau bikin gunung meletus ini mbak.

    1. Iya Mba Ika, seru sih, anak-anak pasti suka.

  18. RinduMelliniani says: Reply

    makasih pengetahuannya 🙂

    1. Sama-sama..

  19. tara endah kusuma .n. says: Reply

    nah baru saya liat,malah kelompok satu udah ada yg baca duluan ,,kelompok tiga gimana ini ..
    makasih pngetahuan nya

    1. Sama-sama Mba Tara..semoga bermanfaat.

  20. keren nih kak, makasih ya udh share ^^

  21. Pas ngajar di PAUD aku sering bikin proyek ini sama anak-anak, bisa ditebak…mereka antusias banget

    1. Iya Mba Ika, anak-anak biasanya antusias.

  22. Reaksinya apa yg dapat membuat gunung meletus kak?

Leave a Reply