Origami Sederhana : Burung Pelikan

origami-burung-pelikanLiburan kemarin, anak-anak membuat origami sederhana. Kesempatan pertama membuat Burung Pelikan. Btw, ini liburan kemarin kapan ya?. Hehehe, liburan kenaikan kelas sebetulnya tapi baru diposting sekarang, maklum ya Emak rempong sih. Sebut saja ini lanjutan dari Holiday Project sebelumnya.

Sebagai referensi, Saya gunakan origami-fun.com. Di sini banyak jenis origami dari yang sederhana hingga yang rumit. Untuk anak-anak, Saya pilihkan origami sederhana agar lebih mudah mengerjakannya. Kalau njlimet nanti nggak fun lagi deh buat anak-anak.

Bahan yang dibutuhkan hanya kertas origami warna-warni. Pakai kertas berukuran kecil saja. Soal warna, anak-anak memilih sesuai seleranya.

Langkah membuat origami Burung Pelikan:

[envira-gallery id=”11882″]

  1. Letakkan kertas origami yang berwarna putih menghadap ke atas. Lipat jadi dua berbentuk segitiga, kemudian buka lipatannya.
  2. Lipat ke dalam kedua sisi hingga garis tengah, sehingga terbentuk segitiga di sisi kanan dan kiri.
  3. Lipat lagi tepinya hingga ke garis tengah sekali lagi.
  4. Balik, dan lipatlah bagian bawah ke atas. Rapikan dan bagi dua.
  5. Putarlah, hingga dalam posisi rebahan. Pelan-pelan tariklah segitiganya dan rapikan.
  6. Lipatlah bagian kepala hingga terbentuk paruh.
  7. Bukalah bagian sayapnya dan Burung Pelikan selesai dibuat

 

 

Taraaa, Burung pelikan siap terbang. Mudah kan membuatnya?. Origami bisa jadi pilihan mengisi waktu liburan yang menyenangkan lho. Simak aktifitas membuat origami selanjutanya ya.

Leave a Reply