Ide Prakarya Untuk Anak

Ide Prakarya Untuk Anak

Butuh ide prakarya untuk tugas sekolah anak? atau mengisi waktu liburan?. Browsing di internet, bisa dilakukan untuk mendapatkan ide prakarya. Itu biasanya juga Saya lakukan. Namun, kali ini Saya mendapat ide prakarya ย dari Pekan Seni Anak AFC (Art For Children) di Taman Budaya Yogyakarta, beberapa hari yang lalu.

Pekan Seni anak merupakan ajang unjuk kreasi anak-anak dibidang seni seperti seni lukis, membuat prakarya, paduan suara dan pertunjukan musik. Ajang ini juga menjadi sarana apresiasi terhadap bakat dan minat dimiliki anak-anak. Bertempat di ruang loby, Gedung Taman Budaya Yogyakarta, Pameran Seni Rupa ini digelar, sebagai rangkaian kegiatan Pekan Seni Anak AFC.

Ada banyak prakarya yang pamerkan, semua adalah hasil karya anak-anak. Ada robot yang terbuat dari kardus bekas, ada hiasan dinding dari manik-manik, lukisan, lampion, origami, dan masih banyak lagi. Anak-anak Saya tampak menikmati setiap hasil karya dari teman sebayanya. Mereka antusias karena mendapat ide untuk membuat prakarya.

Berikut ini hasil karya anak-anak di Pameran Seni Rupa Anak, yang berhasil dipotret:

Hiasan dinding berbahan dasar piring kertas ini unik bukan?. Dengan sentuhan kreatifitas rangkaian piring kertas ini menjadi karya seni yang indah.

Ide Prakarya Untuk Anak
bagus kan, kreasi piring kertasnya

Hiasan dinding bergambar mobil yang terbuat dari manik-manik. Jika anak-anak disuruh membuat ini, pasti tidak akan kesulitan.

Ide Prakarya Untuk Anak
Lihatlah, miniatur rumah yang terbuat dari kertas ini? menarik ya?. Anak-anak pasti suka membuatnya. Boneka dari bubur kertas itu juga layak dijadikan pilihan.

Ide Prakarya Untuk Anak

pra10

Bagi yang suka dengan robot, bisa mencoba membuat robot dari kardus bekas. Bahannya mudah didapat bukan? anak-anak pasti akan menemukan keseruan saat berkreasi membuat robot.

ide prakarya untuk anak
bukan iklan!

Kendaraan dari botol bekas ini pasti menarik minat anak-anak untuk membuatnya. Daripada terbuang percuma, botol minuman bekas disulap saja menjadi sebuah prakarya.

Ide Prakarya Untuk Anak

Pohon kertas warna-warni ini cantik bukan?. Prakarya yang satu ini bisa dikerjakan secara berkelompok, pasti akan seru.

ide prakarya untuk anak

Anak-anak Saya antusias untuk mencoba satu persatu. Sayangnya, nggak ada tutorialnya jadi Emaknya harus belajar dulu nih. Beberapa ide di atas perlu dipelajari lebih lanjut seperti pohon kertas yang merupakan origami yang kemudian dirangkai menjadi sebuah pohon.

Anak ada tugas prakarya? atau butuh ide untuk mengisi liburan? nggak usah bingung!. ย Semoga, prakarya di atas bisa jadi inspirasi buat teman-teman.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

47 Replies to “Ide Prakarya Untuk Anak”

  1. arinta adiningtyas says: Reply

    Waaa..kayaknya bikin mobil dari manik-manik bisa dicoba nih. Pasti Amay suka. ๐Ÿ™‚ dan sepertinya saya bisa, hehe..

    1. Diantara semuanya, itu memang yang paling mudah Mba Arin. Untuk anak seumur Amay cocok tuh. Silahkan dicoba.

  2. tiap minggu ada tugas prakarya… eh, kebetulan minggu ini tugasnya bikin kolase… nyontek mobil aahhh… :)))

    1. Siip, semoga sukses bikin prakaryanya

  3. wiiiii lucuuuukkk.,,,,makasihhh mak infonya tak tiru aahh

    1. hehehe, iya Mak Echa..cobain aja..

  4. pengen nyontek ahh, makasih ya mak…

    1. Monggo Mba Dedew,,pilih aja yang gampang…

  5. Wiiihhhh keren keren Mak…..beruntung bisa hadir di sana…

    1. Iya Mak Lies..seneng bisa ngasih pengalaman buat anak-anak

  6. wah, bener-bener informasi yang menarik untuk mengasah kreatifitas mak nih. Cocok dipraktekkan bersama anak-anak saya nih Mbak

    1. Alhamdulilah jika bermanfaat Mak Rebellina..silahkan dicoba

  7. bikin mobil sama kreasi dari kertas piring kue kayak bisa di coba nih d rumah sam anak2…thank u sharingnya mba,jadi ada ide nih

    1. Silahkan Mak Rina, semoga anak-anak suka..

  8. lucu dan kreatif , wah kalau aku tinggal di jogjapasti datang kesana.

    1. Hihihi, yang mbuat juga lucu Mba..aku aja yang di solo, bela-belain datang..

  9. kayaknya anak saya, Nai, bakal betah kalau diajak kesana. Karena dia suka prakarya

    1. Semoga di jakarta ada juga evennya Mak, biar bisa ajak Nai ke sana

  10. Boneka bubur kertas itu favoritku banget di waktu SD mbak. Dan semua anak pasti suka ya.

    1. Seru ya Mak, bikin boneka dari bubur kertas..dari mulai merendam kertas, membentuk, mengerinkan hingga menghias..hehehe, inget jaman dulu

  11. keren keren ya mbak, saya paling suka kendraan dri botol bekass, ๐Ÿ™‚
    bisa mengurangi bank sampah ๐Ÿ˜€

    1. Wah, iya..itu salah satu cara mengurangi sampah

  12. kalau skearang sih gak usah bingung lagi ya mbak anak ada prakarya. beberapa kali nyontek ide di internet ๐Ÿ™‚

    1. Iya Mak Lidya..saya juga begitu..eh kemarin kok ketemu sama pameran ini di Jogya..pas banget

  13. Aih keren2 ya Mbak .. yang mana yang sdah dicoba buat?

    1. Sudah nyoba yang pake manik-manik Mbak, tapibukan gambar mobil melainkan kupu-kupu

  14. bagus-bagus tuh, karyanya anak-anak

  15. Pemanfaatan barang bekas secara maksimal ini ya, Mba. Hasilnya manis2.

    1. Betul Tante Idah..cobain yuk buat murid-muridnya..

  16. Lihat yang sebelum acara Suara Anak ya.
    Senang kalau punya anak kreatif ya. Udah dicoba belum ? ๐Ÿ˜€

    1. Iya Mak, ruang yang paling depan itu lho tempatnya.
      Baru dicoba satu, yang paling gampang, hiasan pake manik-manik, cuma bentuknya kupu-kupu, bukan mobil..

  17. Saya telat baca deh kayaknya, Mba.. Gambarnya sudah nggak terlihat.. Kalau ada yang gampang kan bisa nyontek. ๐Ÿ™‚

    1. Wah, baru tahu kalau foto-fotonya rusak.
      Sekarang disudah diperbaharui mba.

  18. Saya suka bingung nih Mbak, kalau lagi ada tugas prakarya anak,,, kagak tahu mau ngajarin apa, inih postingan kenapa ndak dari kemarin ya? sekarang udah selesai tuh tugasnya, dan udah mau UTS soale, ๐Ÿ™‚

    1. Hehehe, ini postingan lamaaaa tapi diperbaharui karena ternyata foto-fotonya nggak nampak

  19. kreatipppp….mbil ngamatin yang orang orangan sawah drai kertasnya hihihi

    1. Hihihi, itu anak-anak yang bikin lho Mba

  20. Aku kemaren bikin panggung boneka dari kardus untuk lomba APE di sekolah anak-anak ,tapi kalah hehhe

    1. Nggak papa Mba Retno. Bagus sekali mau ikut lomba.

  21. mobil-mobilannya kerenz ya mbak. tadinya saya pikir apaan, setelah diamati ternyata mobil ๐Ÿ™‚

  22. Bisa dijadikan referensi kalau liburan di rumahnya ya mba..

    1. Betul mba. Lumayan, buat ngisi waktu

  23. Wah, keren dan kreatif ini mah. Boleh nyontek buat ponakan aah

    1. Silahkan Mba Vhoy..semoga cocok.

Leave a Reply