Origami Bunga Matahari

DSC_0413Liburan kemarin, Zahira membuat origami. Biasanya saya yang memberi ide mau membuat origami apa tapi kali ini Zahira menentukan sendiri origami yang akan dibuatnya. Biasanya pula saya yang mengajarinya tapi kali ini dialah yang mengajari saya.

Ceritanya, di sekolahnya Zahira telah diajari membuat origami yang disebutnya sebagai Bunga Matahari. Kalau dilihat-lihat sih memang mirip. Ada kelopak bunga yang besar mengelilingi tangkai. Kalau dilihat-lihat juga ini perpaduan origami (melipat kertas) dan menempel. Setelah jadi, origami bunga matahari ini juga bisa berfungsi sebagai kipas.

Bahan untuk membuat origami ini juga simpel, hanya kertas asturo, lem kertas, double tip, kertas origami dan sedotan sebagai tangkainya. Kata Zahira, kertas origami yang dipakai ukurannya besar supaya bunga juga besar.

Cara membuatnya :

  • Selembar kertas origami dibagi menjadi 4. Zahira ingin kelopak bunganya warna warni, jadi dia pun menggunting kertas origami dengan warna yang berbeda.
  • Ambil selembar kertas origami yang kecil, bagi dua sehingga membentuk segitiga.┬áBuka segitiga yang tadi, dan lipat satu sisi kertas ke tengah. Balik dan lipat sisi yang lain ke tengah pula.
  • Lipat ujung yang runcing ke atas dan lipat ujungnya keluar. Buat hingga 8 buah.
  • Kertas asturo dicetak bentuk lingkaran dan gunting.
  • Lem, kertas origami yang sudah dibentuk di sekeliling lingkaran.
  • Tempel sedotan dibagian belakang lingkaran.

Step by step dengan gambar:

collage

Mudah bukan cara membuatnya. Mudah-mudahan bisa jadi ide prakarya ya.

Selamat mencoba.

http-signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

2 Replies to “Origami Bunga Matahari”

  1. kreatif mbak, aku mau ajarin Alvin juga ah

    1. Silahkan Mba Lidya, dicoba sama mas alvin

Leave a Reply