Buah Lokal: Cara Mudah Untuk Sehat

dok.streaming.radiountar.com
dok.streaming.radiountar.com

Bicara soal buah lokal, sudah sejak kecil Saya terbiasa mengonsumsi buah-buahan lokal seperti pisang, duku, jambu air, jambu biji, duku, mangga, kesemek, manggis, pepaya, jeruk dan masih banyak yang lainnya. Diantara buah-buahan lokal tersebut yang paling sering Saya konsumsi adalah buah pisang, pepaya dan mangga. Mengapa?, ya karena pekarangan rumah kami ditanami buah-buahan tersebut.

Bapaklah yang menanam dan merawatnya. Buah pisang saja ada beberapa macam yang ditanam, ada pisang ambon, pisang kepok dan pisang susu. Pohon buah itu panen bergantian, jadilah kami sekeluarga bisa senantiasa menikmati buah tanpa membeli. Kala panen mangga, tetangga pun kebagian mencicipi buah mangga kami.

Saya sekeluarga tinggal di kampung, dimana masih banyak tumbuh tanaman buah-buahan. Walaupun kami tidak menanam semua jenis buah tapi kadang kami menikmati buah gratis pemberian dari tetangga. Saya suka mendapat kiriman jambu biji dan jambu air. Tak hanya itu, saat bermain bersama kawan-kawan, Saya juga pernah memakan buah langka. Jarang ditemui, pohonnya ada di kebun tetangga, buahnya berwarna kuning dan berair, pohonnya tinggi tapi Saya lupa namanya. Sekarang pohon itu tak ada lagi.

Petualangan merasakan aneka buah lokal juga diperoleh dari Nenek saya yang berjualan di pasar. Setiap pulang dari pasar Nenek selalu membawakan oleh-oleh untuk Saya dan adik-adik. Kadang Nenek membawakan buah-buahan sebagai oleh-oleh. Dari Neneklah Saya kemudian mengenal banyak buah-buahan seperti bengkoang, nanas, semangka, melon, salak, rambutan, kelengkeng, nangka, manggis dan melon.

lotis
lotis kesukaanku

Kebiasaan mengonsumsi buah lokal dari kecil inilah yang membentuk kecintaan Saya terhadap buah lokal. Kecintaan Saya terhadap buah lokal juga dibentuk oleh kebiasaan keluarga yang gemar makan lotis bersama. Buah-buahan seperti bengkuang, jambu air, mangga muda, jambu monyet, nanas dipotong-potong. Dimakan pakai sambal lotis yang dibuat dari cabe, gula merah, terasi, asam jawa dan kacang tanah goreng.

Makan lotis bersama keluarga jadi seru. Rasa pedas sambal berpadu segarnya buah membuat kami ketagihan. Tak peduli kepedasan dan keringat bercucuran, rasanya puas banget, hehehe, kami memang penyuka makanan pedas. Kebiasaan yang ngangenin, yang dimakan memang sederhana tapi rasanya nikmat. Selain lotis, kadang buah-buahan itu dibuat rujak. Rasanya sama segarnya.

Setelah Saya berkeluarga, kebiasaan ini tetap Saya lakukan. Buah-buahan yang tersedia di rumah, hasil membeli di pasar. Biasanya yang dibeli buah-buahan lokal seperti salak pondoh, jeruk medan, apel malang, pepaya, semangka, melon, kedondong, bengkoang, jambu biji, nanas, manggis dan mangga. Saya juga masih suka makan lotis dan rujak walaupun harus makan sendirian. Untuk suami dan anak-anak Saya suka membuatkan sop buah, sebagai variasi dalam mengonsumsi buah.

rujak1
rujak buah nan segar

Manfaat Buah 

Kita dianjurkan mengonsumsi buah-buahan karena ada manfaatnya bagi tubuh. Kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang terdapat dalam buah dibutuhkan tubuh kita agar sehat. Buah-buahan lokal Indonesia juga kaya akan manfaat bagi kesehatan.

Beberapa buah mengandung  Vitamin C yang bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh, membantu dalam pembentukan kolagen dan hormon yang penting bagi tubuh. Beberapa buah lokal yang mengandung Vitamin C diantaranya Jambu Biji Merah, Kelengkeng, Manggis, dan Jeruk.

Selain itu buah juga merupakan sumber Vitamin A yang penting dalam menjaga kesehatan mata, berperan dalam memproduksi sel-sel tubuh dan bagus untuk kulit. Buah lokal yang dikenal dengan kandungan Vitamin A diantaranya Pepaya, Semangka, dan Blewah.

Bagaimana dengan kandungan antioksidan pada buah lokal?. Buah lokal juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam mencegah penuaan dini. Contoh buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi adalah Manggis. Bahkan, buah Manggis juga mengandung zat Xanthone yang bermanfaat sebagai antikanker.

Beberapa hal yang telah Saya sebutkan diatas baru sebagian kecil dari buah lokal yang memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah-buahan lokal lainnya juga memiliki manfaat yang kurang lebih sama.

Mengapa Harus Buah Lokal?

Setelah tahu bahwa buah lokal memiliki kandungan vitamin, mineral, zat antioksidan dan serat yang baik, tak ada alasan untuk ragu akan manfaatnya. Kalau kita sudah yakin akan manfaat buah lokal maka sudah seharusnya buah-buahan yang kita konsumsi adalah produk lokal. Hasil dari budidaya yang dilakukan oleh para petani kita.

Bagi Saya, ada sederat alasan mengapa memilih buah lokal untuk dikonsumsi:

  • Mudah didapat. Tidak perlu pergi jauh, tukang sayur yang suka lewat di depan rumah, selalu membawa buah-buahan lokal seperti salak, jeruk, pepaya, dan lainnya.
  • Murah. Buat Saya harga buah lokal itu lebih murah dari buah-buahan impor. Harga buah lokal pas dikantong saya.
  • Macamnya banyak. Tinggal pilih  sesuai dengan kesukaan masing-masing.
  • Mengonsumsi buah lokal membantu kehidupan para petani.
  • Buah lokal memenuhi selera saya yang gemar rujak dan lotis.

Buah-buahan lokal yang dikonsumsi harus memiliki kualitas yang baik agar manfaatnya bisa didapat secara maksimal. Buah lokal yang berkualitas baik bisa didapat salah satunya dari Sunpride yang menyediakan 20 jenis buah-buahan dan 80% diantaranya adalah buah lokal.

Buah-buahan lokal produksi Sunpride salah satunya adalah Crystal Guava atau dikenal sebagai Jambu Biji. Buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan zat lycopene yang tinggi. Bagusnya zat lycopene dalam Crystal Guava ini memiliki kondisi yang sama baiknya jika dikonsumsi secara mentah maupun dimasak terlebih dahulu.

crystal guava dok.sunpride
crystal guava
dok.sunpride

Zat lycopene ini memiliki manfaat untuk mencegah radikal bebas merusak sel-sel tubuh. Lebih jauh dari itu, lycopene juga dikenal mampu mengobati penyumbatan pembuluh darah dan sistem saraf. Bahkan lycopene juga diyakini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Crystal Guava juga mengandung kalium sebanyak 66%. Kalium ini bermanfaat dalam upaya mencegah penyakit jantung dan stroke. Ia mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kalium juga bisa menurunkan tekanan darah. Mengingat manfaat yang begitu banyak dari Crystal Guava maka buah yang satu ini bisa dijadikan salah satu buah yang rutin dikonsumsi.

Mengonsumsi buah-buahan dalam porsi yang cukup menjadi jalan menuju sehat. Apalagi banyak buah-buahan lokal terbukti memiliki kandungan gizi yang baik. Adanya buah lokal membuat kita tak perlu ongkos mahal untuk bisa mendapatkan manfaat buah-buahan. Yuk, selalu konsumsi buah lokal demi sehatnya kita, sehatnya Indonesia.

Sumber :

Sunpride

health.kompas.com

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

5 Replies to “Buah Lokal: Cara Mudah Untuk Sehat”

  1. Rujak buahnya bikin ngileer… menggoda sekali mbak.. 🙂

    1. Apalagi pas cuaca panaaaas. segeer Mba Nurul.

  2. tidak hanya itu mak, buah lokal juga kualitasnya gak kalah sama buah dari luar. Bahkan ada juga buah lokal yang di kirim ke luar hehe

    1. oh iya, betul Hoshi, betul, betul, betul.
      Kualitas buah lokal sudah top

  3. Kulit akan lebih awet muda dan lebih segar

Leave a Reply