Memahami Teknik SEO

seoSEO ? ah ini materi yang menakutkan buat blogger amatir seperti saya. Selama ini sih suka baca teknik SEO tapi ya itu, banyak nggak mudengnya, hahaha. Sekalinya ada poin yang saya paham, nggak konsisten pula diterapkan, qiqiqi. Jadi ya gitu deh, sampai detik ini tingkat keterbacaan blog saya masih rendah.

Dulu sih saya mikirnya, kalau mau nulis ya nulis sajalah nggak usah mikir ini itu yang bikin mumet kayak SEO ini. Mau nulis ya nulis aja, kalau kontennya bagus kan bakalan dicari. Iya sih, tapi ternyata nggak sesederhana itu. Semua artikel harus bersaing di mesin pencari dan hanya artikel yang teroptimasi lah yang akan bertengger di posisi teratas search engine. Kalau sudah begini, menulis konten bagus itu penting dan menerapkan teknik SEO juga penting bukan?.

Tepat banget lah pilihan tema Arisan Ilmu, tanggal 12 April 2015, tentang Blogging dan SEO. Nah, pematerinya adalah Mas Jauhari, dari ngono.com. Bagi yang belum kenal dengan ngono.com, googling aja ya. Menurut Mas Jauhari sih sebenarnya nggak ada rumus rahasia dalam SEO, semua teknik SEO sudah dibahas secara terbuka di internet. Tinggal baca dan terapkan saja. Memang sih, tapi kan buat emak-emak kayak saya butuh bahasa yang mudah dicerna dan teknik yang simpel.

foto dulu sebelum belajar blogging dan seo

Secara sederhana SEO itu diartikan sebagai upaya membuat artikel berada di peringkat atas mesin pencari. Upaya pertama tentu kita harus menulis konten yang orisinal alias tidak copy paste. Kedua, harus memilih keyword yang jitu.

Mas Jauhari mengatakan jika poin penting SEO itu keyword,keyword dan keyword.

Keyword yang jitu bisa membuat tulisan kita terindeks search engine dan berada di halaman pertama. Selain pemilihan keyword yang jitu, penempatan keyword juga harus diperhatikan. Keyword bisa disebar dari mulai paragraf pertama hingga akhir tapi tidak boleh terlalu banyak agar tidak dianggap spam oleh mesin pencari.

blogging dan seo

SEO itu ada dua macam:

  1. SEO on page, adalah seo di blog kita, bagaimana membuat tulisan kita teroptimasi. Caranya manfaatkan penggunaan tanda baca, cetak tebal, miring, underscore, heading, tautan, gambar dan video. Kata kunci/ keyword bisa dicetak tebal/ miring/underscore. Pemberian title/alt pada gambar dan video sesuai dengan tulisan akan memudahkan tulisan terindeks search engine.
  2. SEO of page, adalah tautan dari media website, url eksternal, ke website/ blog kita. Artinya ada blog lain yang mencantumkan link tulisan kita di blognya. Caranya bisa dengan blogwalking sehingga kita mendapat kunjungan balik. Selain itu tulisan kita harus dianggap bernilai sehingga blogger lain mencantumkan link tulisan kita tanpa diminta. Jika ingin mengecek external link ke blog kita. Tulis di google.id : link [spasi] namadomain ex: link etyabdoel.com.

Dapat ilmu baru soal SEO, sekarang tinggal konsisten apa tidak menerapkannya, hehehe. Selain mendengarkan pemaparan nara sumber, kami juga diberi kesempatan bertanya hal-hal berkaitan dengan blogging dan seo.

pemenang live tweet blogging dan seo
pemenang live tweet blogging dan seo

Acara tempo hari itu seru banget, bukan hanya topiknya tapi emak-emak yang hadir juga seru dengan balutan dress code warna orange ngejreng. Ada kuis live tweet berhadiah voucher dan potluck party yang membuat perut kenyang dan membawa pulang aneka makanan yang tersaji. Yang tak kalah seru adalah sesi foto-foto, hahaha. Dengan senyum sumringah kami mengakhiri arisan ilmu di rumah Emak Prima Satrianto.

Terimakasih buat mak Prima atas jamuan dan kehangatannya menyambut kami. Makasih pula buat mak Arifah atas tumpangannya. And the last buat Mak Ranny, my partner in crime, hehehe, thanks buat oleh-olehnya dari Manado.

bersama nara sumber blogging dan seo
bersama nara sumber blogging dan seo
bersama mak lies dan mak ririe
bersama mak lies dan mak ririe

Belajar teknik SEO sudah, sekarang tinggal memahami sedikit demi sedikit dan yang penting menerapkan teknik seo secara konsisten agar blog kita bisa nangkring di peringkat atas mesin pencari.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

 

 

13 Replies to “Memahami Teknik SEO”

  1. Iya mbak, semua rumus seo sudah disebar di internet. Tinggal googling saja, baca lalu praktek. Tp lebih paham jika diterangkan secara langsung. Hihi…
    Tfs ya

    1. Itu dia mba susi, kok saya gak mudeng-mudeng ya. Hihihi..

  2. Sekarang tinggal penerapan di blog kita ya mbak setelah mendapatkan ilmu tentang SEO

    1. Betul Mba, mau coba ikutan kontes seo nih. Buat mengetes sejauh mana pemahaman saya tentang seo.

  3. denger kata seo di kontes blog suka ngeper duluan….ga ngerti, bener ga sih mba ada trik khusus agar seo optimal selain dengan back link dan keyword

    1. Katanya sih ada Mba Rina,tapi cara ini gak disukai google. Kalau ketahuan biasanya dibanned. Pakai cara yang manual aja lah, hehehe, ini lebih pas buat kita yang ngeblog karena suka nulis.

  4. Kapan yo workshopnya? Kalau dikasih tau aja pulangnya rada2 lagi, kalau langsung praktek kan asik ya. Hihiii banyak maunya.

    1. Hehehe, sama Mak Lusi, beginilah kalo ngomongin SEO, saya juga nggak mudeng-mudeng.

  5. Apaan ini mbak??? tuing-tuing… mbah google… (Panggil si mbah dulu). Maturnuwun pokoknya mbak Ety ini yang unyu-unyu ah.

    1. Duh, apaan ya mbak…sejenis reseplah. Resep ngeblog, hehehe.

  6. wah bu ety kumpul2 blogger juga ya..btw blogger solo siapa lagi nih yang ada..kapan kopi darat bu..:)

    1. Iya pak Adi, emak-emak semuanya nih bloggernya. kalau Solo yang saya kenal ya blogger ibu-ibu.

  7. Saya ikutan ngontes SEO, tapi entahlah….saya juga nggak mudeng caranya gimana. Yang penting nulis…hehehe

Leave a Reply