Mengenal Pantangan Bisnis

buku pantangan dalam bisnisSejak memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis saya mulai mencari referensi sebanyak-banyaknya tentang seluk beluk bisnis. Meskipun skala bisnis yang saya jalankan memang masih kecil tapi saya berniat serius menekuninya. Salah satu referensi yang menarik perhatian saya adalah buku karangan Tri Wahyuni Zuhri yang berjudul Pantangan Dalam Bisnis.

Sebagai pemain pemula di dunia bisnis, informasi mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam bisnis adalah sesuatu yang penting. Buku setebal 187 halaman ini ditulis oleh seorang perempuan pebisnis. Bagi saya ini adalah poin plus, karena informasi yang disajikan tentu tak sekadar teori namun berdasarkan pengalaman beliau dalam memajukan bisnisnya.

Bab awal buku ini diawali dengan sebuah quotes :

Bisnis dibangun dan berkembang bukan hanya mengandalkan prinsip mencari keuntungan tetapi harus dengan itikad baik——tidak merugikan orang lain, berbagi, sopan, dan mau instropeksi kesalahan (Indari Mastuti)

Sebuah quotes dengan semangat yang bagus. Bisnis tak hanya berdimensi mencari keuntungan semata tapi juga ada dimensi sosial dan etika. Jika begini, mencari keuntungan dalam bisnis tak bisa dilakukan semau gue. Etika inilah yang akan menjadi rambu-rambu bagi pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Lalu apa jadinya jika etika itu kemudian dilanggar?. Tentu akan ada konsekuensinya, hal ini dikupas di halaman 1-9.

Dari halaman 11-85, buku ini mengupas tuntas poin yang seharusnya tidak dilakukan oleh seorang pebisnis. Diantaranya melakukan bisnis secara instan, tidak memiliki target, emosional, cepat puas dan lain sebagainya. Penulis memaparkan secara detil poin-poin yang dimaksud berikut resiko yang dihadapi pebisnis ketika melakukan pantangan bisnis tersebut.

Selain memberikan informasi mengenai pantangan dalam bisnis, buku ini juga membahas mengenai hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh seorang pebisnis. Semua lengkap dibahas di halaman 49-147.

Intinya, buku ini menyajikan informasi mengenai do and don’t dalam bisnis. Menariknya, dalam buku ini ditulis tips sukses dari para pebisnis perempuan. Sosok pebisnis perempuan yang ditampilkan dalam buku bersampul pink tua ini diantaranya adalah Maria Wisanty, agen Parkway RS, Mount Elisabeth, Vicencia SIS pemilik Sheera Babyshop dn sosok pebisnis perempuan lainnya.

Sebagai panduan buku ini dilengkapi kuisioner bisnis dan kalender bisnis, yang bisa digunakan dalam memantau kondisi bisnis yang sedang dijalankan.

buku pantangan dalam bisnis

Judul Buku                   : Pantangan Dalam Bisnis

Penulis                         : Tri Wahyuni Zuhri

Penerbit                      : Gramedia Pustaka Utama

Tebal                           : 187 halaman

ISBN                             : 978-602-03-1547-8

10 Replies to “Mengenal Pantangan Bisnis”

  1. Wah kayanya aku harus belikan buku ini buat suamiku.insyaallah kami mau mulai bisnis baru nih mbak. Thanks for sharing 🙂

    1. Wah, semoga terlaknà niatnya dan sukses bisnisnya

  2. wah bu ety sepertinya mau mulai berbisnis nih, bisnis apaan nih bu..hehe

    1. Hehehe, bisnis jilbab pak adi

  3. Ngga semata2 mencari untung ya, Mbak. Harus ada rasa peduli juga. . . 🙂

    1. Iya Idah, katanya dalam harta kita ada hak orang lain.

  4. wah, tulisan mba tri ya. semoga bukunya laris. aamiin

    1. Betul mba, cocok bagi yang baru mulai bisnis

  5. wah, harus diinget-inget nih pantangan2 ini…

    1. Siip, ingat – ingat ya

Leave a Reply