Menikmati Es Krim Tentrem, Es Krim Legendaris Kota Solo

wpid-picsart_10-13-04.04.39.jpg

Cuaca yang panas akhir-akhir ini membuat kerongkongan cepat kering. Pengennya minum yang dingin-dingin. Apalagi hari ini saya beraktifitas di bawah terik matahari cukup lama. Akhirnya saya putuskan untuk ngadem di kedai es krim yang telah berdiri sejak tahun 1952. Ini kedai lebih tua umurnya dari saya. Dugaan saya pasti karena rasa es krimnya. Kedai es krim legendaris di Kota Solo ini adalah Es Krim Tentrem.

Nama kedai ini kelihatan Njawani, Tentrem. Sang pemilik kedai memang bermaksud membuat siapapun berkunjung ke kedai ini merasa nyaman. Pada awalnya, kedai ini terletak di Jl. Urip Sumohardjo, sampai sekarang kedai di jalan ini menjadi pabrik sekaligus pusat Es Krim Tentrem. Nah, kedai yang saya kunjungi hari ini adalah cabangnya, yaitu New Es Krim Tentrem yang terletak di Jln. Slamet Riyadi, pas di perempatan Pasar Ngarsopuro.

new es krim tentrem
new es krim tentrem

Begitu masuk ke dalam saya langsung disambut seorang waitres yang siap melayani. Saya memilih tempat duduk dekat jendela. Soalnya bisa melihat pemandangan seputar perempatan Ngarsopuro. Tempatnya yang di pojok juga membuat saya nyaman karena tadi saya sendirian saja.

Setelah memilih tempat duduk, saya segera membuka buku menu. Tujuan saya sebenarnya ingin mencoba es krim legendaris yaitu Tutti Frutty tapi sayang hari ini menu es krim satu ini belum ada. Waitres pun menyarankan satu menu es krim yang mirip dengan Tutti Frutty yaitu Cassabalanca.

tempat duduk favorit, dekat jendela
tempat duduk favorit, dekat jendela

Saya pun akhirnya memesan es krim rekomendasi waitres tersebut. Tak berapa lama pesanan saya datang. Satu porsi Es Krim Cassablanca, hm, dilihat dari platingnya sih saya suka. Terlihat cantik penampilannya. Sebuah es krim berwarna putih dengan kombinasi warna merah dan hijau di sekelilingnya. Es krim ini bertoping krim dan ceri. Dilengkapi dengan wafer coklat dan wafer stick coklat,serta rice choco.

Es Krim Cassablanca
Es Krim Cassablanca

Es krim Cassablanca terlihat kokoh, begitu diambil pakai sendok, nggak terlalu keras tapi nggak lembut banget. Kalau dari rasa, es krim ini terasa segar, nggak terlalu manis, mungkin karena ada potongan buahnya jadi rasanya segar. Dikombinasikan dengan berbagai topping rasa coklat juga terasa enak.

es krim cassablanca

Soal harga, menu es krim di sini, rata-rata di bawah dua puluh ribu rupiah, ini belum termasuk pajak 10 %. Tapi menurut saya sih pas lah dengan rasa yang ditawarkan. Menu es krim yang ditawarkan beraneka ragam, ada Es Krim Tumpeng Sari, Zebrarta, Banana Split, Happy Day, Es Pelangi, Es Dewa Mabuk dan masih banyak menu es krim lainnya.

menu es krim tentrem

Selain es krim, tersedia pula camilan seperti pastel tutup dan kroket. Oh ya, setiap kali pesan es krim, pengunjung akan diberi segelas air putih, jadi jangan kawatir akan rasa lengket setelah makan es krim yang manis itu.

Saya berminat mengunjungi Es Krim Tentrem itu karena terinspirasi dari teman-teman Foddies di Open Snape. Tahu kan Open Snape? Sebuah aplikasi foto kuliner dari berbagai tempat yang diabadikan oleh para pecinta kuliner. Bagi saya Open Snape itu sumber  referensi sekaligus inspirasi kuliner. open snape

Bagaimana tidak jadi sumber referensi, di Open Snape saya bisa mendapatkan berbagai jenis makanan yang direkomendasikan oleh para pecinta kuliner. Saya nggak perlu susah-susah bertanya kesana-kemari tentang tempat makan enak misalnya. Di lain waktu saya pergi ke suatu kota yang baru bagi saya. Mau cari makan bisa cari infonya di Open Snape melalui fitur Map View.

open snape
open snape

Saya juga suka mencari tahu, tempat makan mana yang sering dikunjungi para Foodies. Alasannya sih sederhana, kalau dikunjungi banyak orang, makanannya biasanya enak. Nah, saya kan ingin juga mencicipi banyak makanan enak. Untuk hal yang satu ini juga mudah dilakukan. Open Snape menyediakan fitur Sosial Visited, caranya mudah tinggal follow sebanyak mungkin Foodies yang ada dan kita akan tahu tempat makan yang mereka kunjungi.

fitur open snape
fitur open snape

Dari beberapa fitur baru, yang paling menarik buat saya adalah personalized your food app by bookmark. Saya bisa bookmark restoran, tempat makan ataupun makanan favorit saya. Berarti saya bisa dong sharing tempat makan maupun makanan di kota tempat tinggal saya. Ini bisa jadi sarana promosi wisata kuliner di daerah saya.

Saya sudah bookmark
Saya sudah bookmark

Kembali ke cerita Es Krim Tentrem tadi, saat saya buka aplikasi Open Snape, mata saya tertuju pada Dessert. Melihat es krim warna-warni saya jadi kepengen mencobanya. Berhubung tempat tinggal saya dekat dengan kota Solo, saya pun tertarik untuk mencoba es krim legendaris ini. Setelah mencobanya, rasanya saya suka, manisnya pas dan segar. Pantas saja kedai es krim ini tetap bertahan sejak tahun 1952.

Tuh kan, menyenangkan bukan jika memiliki aplikasi Open Snape?. Butuh referensi makanan ataupun tempat makan mudah mencarinya.

25 Replies to “Menikmati Es Krim Tentrem, Es Krim Legendaris Kota Solo”

  1. Kalau saya main ke Solo temenin icipin es Casablanca ya mbak CUcok nih platingnya. Btw saya juga suka duduk deket jendela. Seneng aja liat nya 🙂

    1. Boleh, mba Efi. ayo ke Solo. Kutunggu kehadiranmu.

  2. saya juga selalu gitu patokannya,kalo ada warung atau rumah makan rame, artinya sepertinya enak hehehe

    1. Cara paling mudah mba hana

  3. membayangkan e krim emang bikin mupeng n ngiler. Jadi penasaran pengin nyobain es krim tentrem nih 🙂

    1. Hayuuk ke solo. Siap nemenin

  4. Aduh maak siang2 disuguhin eskrim makcleguk, jadi kangen solo :’)

    1. Emang cocok kan mak? Makan es krim siang-siang

  5. Waaah bener bener tentrem y….
    Es krim legwndaris ada di mana mana

    1. Hehehehe, itu mba astin

  6. Penasaran dengan es krim tumpeng sari, bentuknya kayak tumpeng kah?

    1. Iya Mak Indah, ayo ke Solo dan nyobain ek krimnya.

    2. sama, pertama baca langsung tertuju ama es krim tumpeng sari hihihi

      1. Hehehe, ayo cobain mba Ayumna

  7. menggoda sekaliii mbaaa

    1. Ayo ke Solo Mba Dew… Kita ngobrol cantik disitu

  8. Aku malah belum pernah ke ea krim tentrem, Mbak. Padahal aku ini suka banget sama es krim.kalo ke solo biasanya beli brankin robbins atau Md

    1. Sekali-kali nyobain ini Mba, yang jadul dari kota Solo

  9. kyknya harus mencoba nih

  10. Kapan ya ada buka di Cianjur, hehehe…

    1. Ety Abdoel says: Reply

      Teh Okti aja yang maen ke Solo, hehehe.

  11. wah, bikin bumil ngiler Mba, hiiiiks

    kayaknya enak2 ya

    btw blognya sdh aku folow ya Mba

    1. Ety Abdoel says: Reply

      Aduh,maap bumil.
      Bumil kalau pengin beli yang ada di situ aja ya, nggak mungkin kirim kesitu soalnya.
      Makasih Mba, nanti ku folbek

  12. Es Krimnya bikin tentrem banget ya, ketika tenggorokan lagi kering

  13. Ada sertifikat halanya ga ya?

Leave a Reply