Tips Nyaman Melakukan Perjalanan Liburan Dengan Kereta Api

a title here (1)

Menjelang akhir Desember seperti sekarang, yang jadi hot topic pasti soal liburan. Ya, akhir tahun memang musimnya liburan. Anak-anak kita, sebentar lagi juga menjalani liburan semesteran. Bagi yang merencanakan liburan ke suatu tempat pasti sudah bersiap-siap nih. Salah satu item penting yang harus dipersiapkan adalah transportasi menuju tempat liburan. Adakah yang memilih naik kereta api dalam melakukan perjalanan liburan, seperti saya?.

Jika harus melakukan perjalanan darat, ada dua moda transportasi yang bisa dipilih yaitu bis atau kereta api. Tiap orang bisa jadi memiliki pilihan yang sama namun dengan alasan yang bisa berbeda. Kalau saya sih, lebih memilih kereta api jika harus melakukan perjalanan darat. Sepanjang kota tujuan memang dijangkau oleh layanan PT KAI.

Bicara soal mengapa saya lebih memilih kereta api, alasan yang pertama adalah bebas macet. Sudah jadi hal yang biasa ketika musim liburan tiba maka jumlah volume kendaraan di jalan raya bertambah. Hal ini berpotensi menimbulkan kemacetan. Fakta ini tentu bisa menjadi hambatan dalam menikmati liburan. Makanya, untuk menghindari kemacetan, naik kereta api adalah pilihan tepat.

Alasan kedua, naik kereta api dengan kelas ekonomi sekarang nyaman. Saya pernah menuliskan tentang hal ini. Dengan ongkos yang murah sudah bisa mendapatkan kenyamanan minimal maka buat saya ini cukup untuk membuat saya memilih kereta api. Jika teman-teman menghendaki, bisa banget cari yang lebih nyaman lagi dengan naik kelas bisnis ataupun eksekutif.

suasana di stasiun kereta
suasana di stasiun kereta

Kereta api ini jumlahnya terbatas dan beroperasi dengan jadwal tertentu. Jadwal tersebut biasanya tepat. Kalau toh delay, sekarang sih nggak seperti dulu. Selain itu ada sistem yang berubah dalam masalah tiket, misalnya. Ditambah lagi sekarang diterapkan pula boarding pass dengan identitas asli.

Dari pengalaman yang saya alami selama naik kereta api, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan naik kereta api menjadi nyaman. Diantaranya:

  1. Kenali nama kereta api, jadwal keberangkatan, dan tarif. Ada banyak kereta api yang beroperasi, sebagai calon penumpang kita tentu harus tahu nama kereta api dan jadwal keberangkatan. Ini bisa dilihat pada papan pengumuman di stasiun. Bisa juga dilihat di web PT.KAI di bagian reservasi. Tinggal kita cocokkan jadwal keberangkatan kereta dengan jadwal keberangkatan kita. Ada banyak pilihan kereta api dari kelas ekonomi hingga kelas eksekutif, tinggal pilih yang cocok dengan kondisi masing-masing.
  2. Jika sudah ketemu kereta yang cocok, kita harus terlebih dulu mengecek ketersediaan tempat duduk. Keterangan ini bisa ditanyakan ke bagian Customer Service. Jika merasa repot karena harus mengecek, bisa diskip sih tapi resikonya jika ternyata kereta yang kita inginkan sudah penuh maka kita harus segera mencari kereta api lainnya.
  3. Untuk mendapatkan tiket sekarang sudah tersedia beberapa jalur, ini tentu memudahkan. Pilih saja mana yang nyaman buat kita. Cara pertama, pesan tiket langsung di stasiun, dengan mengisi formulir pemesanan. Jangan lupa bawa identitas pribadi, karena sekarang nama yang tercantum dalam tiket harus sesuai dengan kartu identitas (KTP/SIM/KK/Paspor/KTA). Alternatif lain jika tidak ingin mengantri di loket maka bisa pesan secara online melalui website PT KAI, atau melalui aplikasi Blackberry dan Android. Bisa juga memesan tiket kereta api di kantor atau minimarket yang telah melakukan kerjasama dengan PT KAI. Selain itu ada banyak payment point yang bisa melayani pemesanan tiket kereta api. Oh ya, untuk perjalanan jarak jauh, tiket bisa dipesan 90 hari sebelumnya. Jadi buat yang merencanakan liburan, bisa jauh-jauh hari pesan tiket supaya tidak kehabisan.
  4. Supaya tidak ketinggalan kereta maka periksa kembali jadwal keberangkatan. Datanglah selambat-lambatnya 15 menit sebelum kereta berangkat. Jika terlambat maka akan ketinggalan kereta maka sia-sialah rencana liburannya.
  5. Untuk kelancaran proses boarding pass siapkan kartu identias asli karena nama yang tertera dalam tiket harus sesuai dengan yang tercantum pada kartu identitas.

    periksa tiket dulu
    periksa tiket dulu
  6. Perhatikan nomor gerbong dan nomor tempat duduk. Supaya tidak salah masuk gerbong, jika salah biasanya akan disuruh pindah. Daripada repot salah gerbong lebih baik perhatikan dengan benar nomer gerbong dan tempat duduk. Jika bingung, bisa bertanya pada petugas yang stand by di dekat kereta yang akan berangkat.
  7. Perhatikan pula barang bawaan. PT. KAI menghimbau agar berat barang bawaan tidak lebih dari 20 kg atau 100 dm3 sehingga barang bisa ditaruh bagasi penumpang. Bukan diletakkan di lorong atau dibawah kursi karena bisa menganggu kenyamanan penumpang.
  8. No smoking, alias jangan merokok di dalam kereta. Selain menganggu kenyamanan penumpang lainnya, merokok juga beresiko untuk diturunkan di stasiun berikutnya. Jangan pula sembunyi-sembunyi merokok di toilet karena bakal menganggu kepentingan penumpang lain yang ingin ke toilet.
  9. Jaga kebersihan kereta, taruh sampah di kantong plastik, jangan dibiarkan tercecer di lantai gerbong meskipun ada petugas cleaning service yang secara berkala membersihkan gerbong.

Naik kereta api untuk perjalanan liburan itu salah satu pilihan yang bisa diambil bagi pengguna transportasi umum. Lebih cepat sampai tujuan, relatif murah, dan nyaman, itu menurut saya. Apalagi, PT KAI suka memberikan promo-promo menarik terkait dengan layanannya. Perlu nih pantengin website nya agar tahu mengenai promo menariknya.

Beberapa hal di atas saya share berdasarkan pengalaman pribadi, karena saya memang penumpang setia kereta api, qeqeqe. Jadi mau liburan kemana nih?. Selamat menikmati liburan, semoga menjadi liburan yang menyenangkan.

http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

32 Replies to “Tips Nyaman Melakukan Perjalanan Liburan Dengan Kereta Api”

  1. Noted. Sudah lama banget aku gak naik kereta jika keluar kota. Terakhir naik parahiyangan ke bandung. Tapi dah gak ada ya keretanya sekarang

    1. Boleh dicoba Mba Ade, sekali-kali merasakan perjalanan naik kereta api

  2. Aku suka naik kereta api, tapi belum pernah dapat tiket promonya, selalu kehabisan 🙁

    1. Wah, kurang cepat berarti Mba Indah.

  3. Sekarang, naik kereta memang nyaman Mbak. Sekalian buat liburan Fatih yang suka kereta

    1. Betul Mba Rizka, selamat liburan ya

  4. Tapi harga kereta api eksekutif mirip2 dengan harga tiket pesawat ya mbak… hehehe. Saya sih suka banget naik kereta api karena bisa lihat pemandangan sawah atau pantai gitu.

    1. Hehehe, betul, tapi kalao lokasimya nggak deket bandara lebih baik pakai kereta kan?

  5. Aku baru pake kereta jabotabek aja mbak, blom pernah jauh2 naik kereta.
    Kabarnya bisa pesen tiket kreta di tokopedia ya mbak?

    1. Ayo coba keluar daerah Jabodetabek Mba Ratu

  6. saya suka bngt naek kereta tapi belum berani bawa anak naek kereta karena masih terlalu kecil

    1. Nggak papa Mba, bisa dicoba nanti kalau usianya sudah memungkinkan.

  7. Tips yg menarik Mbak.
    Saya mulai membiasakan naik kereta terutama kalau pulang ke Bekasi dari Sukabumi. Nyaman dan terhindar macet.
    Jarak jauh belum saya coba nih Mbak…

    Salam,

    1. Boleh dicoba Pak, kalau ada perjalanan jauh

  8. hey mba aku anak kereta lho hehehhe. dari jaman kereta acakadut berdiri dari pekalongan-jakarta..sampai sekarang kereta udah nyaman banget

    1. Hihihi, tos kalau gitu Mba Inayah. Ternyata njamani kereta pas acak adut ya

  9. Aku juga sukaaaa naik kereta api.. Rasanya seru bisa banyak yang dilihat. Tapi udah lama bangeeet nih ngg naik kereta api.. Jadi kangen :). Thanks tipsnya

    1. Kalau sudah pulang ke Indonesia, bisa naik kereta lagi Mak Indah.

  10. Hidayah Sulistyowati says: Reply

    Aku baru dua kali naik kereta. Jaman SMA dulu krn pengen dolan ke Batang. Trus barusan tahun kemarin sama suami naik kereta ke Surabaya. Itu juga krn ada ponakan yg mau nikah dan kami cuma pergi beruda, praktis naik kereta. Enak ternyata, nggak capai, hihiii

    1. Huwaaaaa, jarang banget itu mah. Emang enak Mba Hidayah, tinggal duduk sie. Kereta nya kan bersih dan nyaman.

  11. Seblm pny kndaraan pribadi, sy jg lbh sk mudik naik KA mba. Bener, bebaa macet. Jkt-cirebon cm 3 jam!! Kalo naik bis bis 6 jam-an.

    1. Itu dia Mba Kania, perjalanan lebih singkat karena lebih cepat dan nggak macet

  12. pas banget nih tulisannya, kebetulan sekarang anak2 lagi libur dan kepikiran untuk jalan2 naik kereta..

    makasih ya mba, salam kenal..

    cheers,

    1. Sama-sama Mba Zata, selamat berlibur ya.

  13. Terima kasih infonya, Mbak. Saya belum pernah naik kereta api, kecuali Commuter Line (kecuali CL bisa disamakan dengan KA hahaha). Rencananya sih mau coba bulan depan. Semoga terlaksana 🙂

    1. Sama-sama Mba Lia. Semoga bermanfaat.

  14. Meski liburan kali ini saya gak berencana liburan ke tempat-tempat yang jauh, tapi saya berencana naik kereta api juga, Mbak. Ya, ke meski cuma ke kota sebelah, hehe… Soalnya si kecil yang masih batita belum pernah naik keretaaa…. Hehe… kasian dia 😀

    1. Tunggu agak besaran dikit mba diah. Liburan ke Solo aja, sekalian kopdar kita

  15. Baru november lalu aku solo tavel di jawa..da nyoba kereta api pertama kali ( di indonesia).. seru-seru serem karena naiknya malem dr jogja ke bandung hahha..

    Tp nyaman..dan next time kesana paati naik lg hehe

    1. Malam ya iya, apalagi sendirian. Kalau saya bakal gak nyenyak tidur tuh.

  16. Terakhir naik kereta itu bbrp bulan lalu ke malang. Berangkat eksekutif, pulang bisnis. Bisnis itu bersih skrg, cuma nggak bisa leluasa kakiku pegel

    1. Iya, untuk jarak jauh pegel ya karena tempat duduknya terlalu tegak.

Leave a Reply