Hindari Kesalahan Mencuci yang Bisa Merusak Baju Kesayangan

Hindari kesalahan mencuci yang bisa merusak baju kesayangan

Kesal deh rasanya, kalau baju kesayangan rusak karena kesalahan saat mencuci. Meskipun banyak sekali pilihan baju keren berkualitas di MatahariMall, tetap saja rasa kesal karena baju rusak tidak dapat diatasi dengan cepat. Baju yang sudah rusak harus diikhlaskan, dipensiunkan dini alias tidak dipakai lagi. Apalagi kita masih bisa mendapat baju baru lainnya dengan berbelanja di MatahariMall.

Pernah mengalaminya?. Baju favorit harus pensiun dini gara-gara rusak saat mencuci?. Saya pernah dan sakitnya tuh, lama sembuhnya. Berhari-hari bapers menyesali ketidaktelitian dalam mencuci baju.

Salah saya juga, nggak perhatian pada hal-hal yang dapat merusak baju saat dicuci. Saat itu sih, saya belum tahu kalau ada hal yang harus dihindari dalam mencuci agar baju tidak rusak. Menyesal, tapi nggak ada gunanya juga kan, terus-menerus sedih.

Satu hal yang harus menjadi pengalaman berharga adalah memahami kesalahan ketika mencuci baju. Yuk, belajar untuk menghindari kesalahan ini supaya tidak ada lagi baju yang rusak. Apa saja yang harus dihindari?. Berikut ini beberapa diantaranya:

Tidak Menutup Ritsleting

Hal ini terdengar sederhana sekali, ya. Tetapi nyatanya gerigi pada ristleting yang tidak ditutup bisa mengoyak serat kain pada baju-baju lain yang dicuci berbarengan. Jadi, pastikan kita selalu menutup ritsleting sebelum mencuci dan mencampurkan baju atau celana dengan jenis pakaian lainnya.

Mengucek Noda dengan Keras

Noda membandel yang sulit dibersihkan sering membuat kita jadi gemas dan mengucek pakaian secara keras. Padahal hal ini malah dapat merusak serat kain. Solusinya, cucilah baju sesegera mungkin setelah terkena noda. Karena noda yang terlalu lama akan menjadi lebih sulit hilang.

resleting
image by: pixabay

Menggunakan Deterjen Terlalu Banyak

“Semakin banyak deterjen, maka semakin bersih pula hasil cuciannya.”

Anggapan ini jelas keliru. Karena deterjen juga mengandung bahan kimia yang bisa membuat baju rusak atau cepat kusam. Gunakan deterjen secukupnya saja agar proses mencuci membuat kebersihan baju jadi lebih maksimal.

Lupa Memisahkan Pakaian

Jenis pakaian yang dicuci harus dipisahkan ke dalam 3 kelompok yaitu pakaian putih, pakaian berwarna gelap serta pakaian beraneka warna. Biasanya pakaian beraneka warna akan lebih mudah luntur dan menodai pakaian lain jika proses pencuciannya tidak dipisahkan. Hal yang sama juga berlaku pada pakaian batik. Sisihkan pakaian batik dari jenis pakaian lainnya supaya warna batik tidak kusam karena bercampur dengan pakaian lain.

Menggunakan Air yang Terlalu Panas

Air hangat memang ampuh untuk membantu menyingkirkan noda. Namun jangan sampai temperatur air yang kita gunakan terlalu panas. Temperatur air panas bisa membuat beberapa jenis bahan menjadi mengkerut serta mempercepat pemudaran warnanya.

Siap mencuci dengan cara yang benar?

Semoga nggak ada lagi yang bapers bajunya rusak gara-gara melakukan kesalahan dan mencuci. Supaya nggak bapers, tengokin deh koleksi baju-baju di Matahari Mall. Senang kan, rasanya, bila berkesempatan belanja online murah di MatahariMall. Pastikan kalau baju baru kesayangan dari toko online tersebut tak akan cepat rusak. Yuk, kuasai teknik mencuci baju yang benar!

 http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

42 Replies to “Hindari Kesalahan Mencuci yang Bisa Merusak Baju Kesayangan”

  1. pengalamamn nyuci bra di mesin cuci malah bikin bra jadi aneh bentuknya, akhirnya kalo nyuci bra kudu dipisah sama yang lain.
    nice artikel mba, saya termasuk yang jarang misah2in pakean kecuali yang luntur.

    1. Iya mba, saya kadang karena pengin cepat selesai jadi males misah-misahin.
      Kalau luntur baru deh dibela-belain misahinnya.

  2. Nanti aku kasih tau suamiku nih, soalnya dia yang nyuci. Wkwkwk…

    1. Waaaah,enaaak sekaliii nyaaak

  3. Ternyata mencucipun ada ilmunya ya Mbak Ety. Alu tuh sering tak memasang resleting, padahal pakaiannya di masukan ke dalam mesin cuci. Jadi gak aneh dong ya bahan2 lebih lembut di rusak olehnya. Thanks atas tipsnya

    1. Iya Mba Evi,sama-sama.

  4. Iya, sama saya juga lakukan hal di atas supaya pakaian nggak mudah rusak ketika dicuci. Mau menambahkan, untuk celana dalam, bra, jilbab kalau menggunakan mesin cuci biasanya saya masukkan ke dalam kantong jaring supaya tidak rusak.

    1. Makasih tambahan tipnya Mba Irai.

  5. Wah artikel yang pas banget dibaca pas mau nyuci hahahaha….

    Kalau aku pisah 2 warna aja mba…putih dan gelap. Kayanya besok2 kudu pisahin jadi 3 ya…

    Thanks for sharing

    1. Iya Mba, lebih repot tapi kalau pakaian jadi awetkan nggak papa.
      Sama-sama

  6. Pakaian dalam selalu saya pisah dan cuci pakai tangan kalau pakai mesin cuci bisa cepet belel 🙂

    1. Oh ya, betul. Asyi ada tambahan tips lagi.
      Makasih Mbak Muthia

  7. Eh baru tw kalo reslesting yg g di tutup bikin baju rusak. Makasih buat tipsnya 🙂

    1. Sama-sama Mba Pipit

  8. Oke saya sepertinya tidak pernah menutup resleting pakaian. -__-

    1. Mulai sekarang tutup dulu ya sebelum mencuci, kata emak.

  9. Aku banget tuh kalo nyuci detergennya pasti banyaak..biar bisa nyuci sendiri soalnya..wkwkwk :p

    1. Hm, ketahuan kalau males nyuci nih.

  10. TFS Mbak, resleting aku jg gak merhatiin. Langsung cemplung huhuhu

    1. Sama-sama Mba April

  11. Haaaai, yang menutup rietsleting aku banget ternyata. Kudu ditutup ya, oke makasih ya Mbak, infonya

    1. Sip, sudah dilakukan ternyata, lanjutkan!

  12. Aku sering banget ngga nutup risleting, baru tau malah akibatnya. Padahal dulu pas awal beli mesin cuci udah dikasih tau kalo risleting dan kancing harus selalu ditutup pas nyuci. Trus sering ngucek/nyikat noda, mantab lagi nyikatnya biar ilang. Duh berarti selama ini teknik dan skill mencuciku banyak yang salah nih, hihi.

    1. Iya Mba Ratna. Saya kadang juga kalau lagi males mah, semua tips lewat, qiqiqi.

  13. Nah, aku suka lupa nutup risleting celana nih, mbak hehehe ampun dah. Kalau pakaian dalam aku cuci pake tangan aja biar ga cepet rusak.

    1. Hayoo, ketahuan, qeqeqe.
      Iya Mba, pakaian dalam emang cuci manual aja biar awet.

  14. Saya sedih itu kalo baju putih terus kelunturan warna lain dari baju yang baru, hehehe

    1. Itu bikin sebel banget Ustad

  15. Suka lupa resleting lagi. Huhuhu. Terima kasih infonya ya, Mbak. baru tau nih >.<

    1. Ayo,ayo, ditutup dulu sebelum nyuci.

  16. Iya…sering lupa itu misahin baju. Nyuci mah langsung nyuci ga ngecek dulu -__-

    1. Hihihi, penginnya cepet selesai ya Mba, karena kerjaan lain dah menunggu.

  17. Sudah dilakukan semuanya. Yeaaaah! Hahaha 😀

    1. Asyiik, sipplah

  18. kejadian kemarin yang saya alami, baju kesayangan saya kena luntur.. duh teledor 🙁

    1. Hm, lebih hati-hati ya.

  19. aku sering lupa nutup resleting, akhirnya sering hilang kancing pengaitnya krn nyangkut di mesin hehe.. mau nyuci bisasa capeknya gak ketulungan

    1. Nah itu dia mba yang suka bikin nyesel.

  20. wah aku kurang perhatian di bagian resleting yang terbuka, lain kali aku cek semua deh biar gak kenapa kenapa baju yang lainnya.
    Untuk detergen kebanyakan aku setuju, bajuku cepet pudar warnanya karna boros detergen hihi

    1. Iya mba,silahkan diterapkan.
      Bener banget bikin pudar warna baju juga bikin cepet pudar isi dompet, qiqiqi.

  21. ternyata memperbanyak diterjen gk bagus tooooo, ehhm baru atuu

    1. Bikin baju kusam Mba Kiki, kalau kebanyakan detergennya

Leave a Reply