Cara Asyik Menikmati Tamasya Ala Primastuti Satrianto

Primastuti Satrianto

Banyak orang suka tamasya, tapi apakah mereka bisa menikmati setiap moment wisata mereka?. Belum tentu, contohnya saya, kadang suka illfeel ketika menemukan sesuatu yang nggak berkenan dan ini suka merusak mood tamasya. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mood agar tamasya tetap asyik. Primastuti Satrianto, owner tamasyaku.com membagikan tipsnya.

Primastuti Satrianto atau dikenal dengan sebutan Manda ini memulai hobi tamasya justru setelah menikah. Ceritanya, orangtua Mba Prima itu sangat protektif. Dia tidak boleh naik gunung, tidak boleh pergi jauh, dan kemana-mana dianterin. Nah, setelah menikah inilah, perempuan yang bermukim di Jogya ini merasakan kebebasan bisa pergi kemana saja. Tentunya, karena Ia selalu bepergian bersama suaminya. Saya seperti burung lepas dari sangkarnya, bebas, begitu ungkapnya.

Awalnya sih hanya iseng saja menuliskan cerita perjalanan wisatanya bersama suami. Jika sekarang serius membangun blog berniche travelling karena ia melihat perkembangan dunia traveler blogger yang menarik. Jadilah blog tamasyaku.com itu menjadi identitas Mba Prima sebagai seorang traveller blogger.

Jika melihat aktifitas Mba Prima dan suami, semua pasti sepakat jika mereka adalah pasangan yang kompak. Pun soal tempat wisata favorit, mereka berdua memiliki selera sama yaitu suka dengan pantai. Bahkan Mba Prima sampai menganalogikan dirinya sebagai ikan dan suaminya sebagai kepiting. Setelah bertanya lebih jauh ternyata ini ada hubungannya dengan zodiak mereka. Mba Prima berzodiak Pisces dan suaminya berzodiak Cancer.

Tapi, mereka nggak alergi kok kalau harus pergi ke tempat lain. Misalnya ke pegunungan karena Mba Prima dan suami kerap liburan beserta mama papa mereka yang suka ke pegunungan. Ini nampak juga dari liburan mereka beberapa waktu lalu. Mba Prima dan suami membawa orangtua masing-masing. Keluarga yang kompak!.

Primastuti Satrianto

Masih banyak tempat wisata yang ingin Mba Prima kunjungi. Untuk wisata dalam negeri, perempuan bermata bulat ini memiliki keinginan bisa berwisata ke daerah Belitung, Makasar, Banyuwangi, Lombok, dan Sumatera Utara terutama ke Danau Toba. Sementara untuk wisata mancanegara, ia ingin sekali menikmati jalan-jalan ke Thailand, Eropa dan Jepang. Wow, tujuan wisata yang menarik. Semoga bisa tercapai ya, rencana jalan-jalannya.

Ngomong-ngomong soal Jepang, ada hal menarik yang membuatnya ingin pergi kesana. Rupanya ini ada pengaruh racun dari suaminya. Ceritanya suaminya selalu memanas-manasi untuk tamasya ke Jepang. Β Akhirnya Mba Prima kepincut juga ingin menikmati Sakura yang banyak seperti dalam foto-foto yang pernah dilihatnya. Ini mah, racun cinta kali, yaa!

Kalau untuk tamasya ke Eropa, ini soal menunaikan janji ingin bersilahturahmi dengan banyak sahabatnya di sana. Selain itu banyak hal menarik di Eropa yang bisa dipelajari untuk dibawa kembali ke tanah air. Bagi perempuan bersenyum manis ini, setiap perjalanan selalu memberikan pengalaman dan juga pembelajaran. Beberapa negara Eropa seperti Jerman, Belanda, Perancis dan Italia pernah disambanginya. Negara Turki dan Swiss menjadi tujuan berikutnya.

Ketika ditanya tentang frekuensi tamasya , Mba Prima mengatakan kalau itu menyesuaikan budget yang ada kok. Lagipula, jadwal tamasya itu mengikuti jadwal libur suaminya. Seringnya ya weekend atau long weekend, makanya Mba Prima membatasi aktifitas sosialnya saat weekend karena itu waktunya bersama suami tercinta.

Sudah memiliki banyak pengalaman tamasya membuat saya perlu untuk menanyakan tips tamasya ala tamasyaku.com, nih. Untungnya Mba Prima nggak pelit berbagi tips. Bagi teman-teman yang berniat tamasya bisa nih menyimak tips ala tamasyaku.com:

  1. Tentukan tempat tujuan
  2. Siapkan budget agar tamasya nyaman dan tenang
  3. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi tujuan
  4. Bawa peralatan tamasya yang dibutuhkan seperti kamera, tripod, tongsis, dan lain-lain
  5. Jaga kesehatan
  6. Jaga kekompakan
  7. Jaga mood, karena siapa tahu mendapat zonk alias tempat tamasya ternyata tak sesuai harapan
  8. Berdoa agar selamat sampai kembali ke rumah

Nah, tips nomor 7 menarik perhatian saya. Soal ini, saya juga pernah mengalami, liburan jadi bΓͺte gara-gara tempat wisatanya tak sesuai harapan. Ternyata Mba Prima punya tips jitu lho untuk mengembalikan mood tamasya yang sempat turun. Untuk urusan ini katanya, suaminya lah yang jago mengembalikan mood.

Rumusnya ada dua, ceilah rumus,matematika kaliii!. Eh, serius ini :

  1. Kalau zonknya tempat tamasya maka mengembalikan moodnya pergi ke tempat makan yang enak.
  2. Kalau zonknya tempat makan makan mengembalikan moodnya ke tempat tamasya yang kece.

Untuk alasan inilah tips nomor 3, yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya menjadi penting. Dari mulai informasi tempat menginap, tempat makan dan objek wisata. Jadi kalau ketemu zonk masih memiliki alternatif untuk mengembalikan mood.

Primastuti Satrianto
Primastuti Satrianto dan Suami

Eh,btw dari tadi ngomongin zonk melulu, maksudnya apa?. Menurut Mba Prima objek wisata yang nggak menarik, kotor, nggak terawat, tidak ada informasi apapun, dan nggak bagus buat foto itu zonk alias tak sesuai harapan. Sedangkan tempat makan yang rasa makanannya tidak enak itu juga zonk.

Boleh juga nih tips menjaga mood saat tamasya. Sayang juga kan kalau sudah jauh-jauh datang terus bΓͺte, mending dinikmati saja. Caranya seperti yang disebut tadi. Jadi, kita harus fleksibel ya, dan punya lebih dari satu rencana. Soal informasi A-Z kan bisa dengan mudah dicari di internet. Tentu bukan masalah besar kan, bagi teman-teman yang terbiasa mengakses internet.

Ngobrol dengan Mba Prima tuh seru. Orangnya selalu hangat dan penuh semangat. Kalau boleh cerita, saya bertemu Mba Prima itu saat acara Arisan Ilmu KEB Jogya. Sudah lama sih, itu adalah acara Arisan Ilmu yang terakhir saya ikuti. Waktu itu materinya tentang SEO, dengan dress code warna oren. Saat itu Mba Prima adalah tuan rumahnya.

Saya masih ingat kenangan itu meskipun Mba Prima sempat tidak ingat, saya pernah ketemu dengannya bahkan di rumahnya pula. Maklumlah, namanya tamunya banyak. Tentu lebih mudah bagi tamu untuk mengingat tuan rumah ketimbang tuan rumah mengingat tamunya. Apalagi setelah itu kami tidak pernah bertemu lagi. Cerita lengkapnya ada di sini.

Hingga akhirnya saat Fun Blogging 10, saya kembali dipertemukan dengan perempuan beralis tebal yang murah senyum dan ramah ini. Seru juga bisa bertemu kembali, kita bahkan sempat berfoto bersama. Saya juga duduk di belakang beliau saat workshop berlangsung dan sempat ketawa-ketiwi bareng.

Mba Prima menekuni dunia blogging sejak tahun 2008. Awalnya iseng, sekadar mengabadikan cerita untuk anak cucu, eh sekarang malah serius menekuninya. Bahkan suami pun akhirnya tertarik ikut ngeblog meskipun berbeda niche. Jika Mba Prima lebih ke lifestyle dan travelling sementara suaminya menekuni fotografi. Pas banget sih, minat yang saling melengkapi.

Perempuan berhijab ini tergolong aktif update blognya bahkan tuntas mengikuti tantangan One Day One Article di suatu komunitas. Padahal selain ngeblog, Mba Prima itu seorang bussines woman dibidang retail dan kecantikan.

Bagi yang masih penasaran dengan sosok Primastuti Satrianto maupun penasaran dengan cerita-cerita tamasyanya bisa deh kepoin blognya. Ada banyak cerita yang menarik, lengkap dengan foto-foto ekspresif si empunya blog. Tak ketinggalan tentunya tips-tips asyik tamasya ala tamasyaku.com yang bisa digali lebih dalam.

Β http---signatures.mylivesignature.com-54492-344-51343A10920A1763355CE01CAE8FABCA

52 Replies to “Cara Asyik Menikmati Tamasya Ala Primastuti Satrianto”

  1. Speechlessss… Menuliskannya apiiiikkk, runut dan nyambung.. Waaahh persahabatan dunia maya itu, Subhanalloh LUAR BIASA ya! Setiap detailnya tampak dari status, blog, dan foto yang diunggah. Senang bisa mengenalmu mba Ety, dan maafkan sewaktu di rumah itu masih newbie, untuk mengingat satu per satu rasanya WOW, hahahaha. Eh, foto kita pas funblogging nggak ikut narsis? hahahahaha. Terima kasih menilaiku bermata bulat dan beralis tebal, detail! hihihihihi. Salam sayang dari Jogja ya mba Ety..

    1. Aih, manda bikin saya mlembung deh.
      Aku juga senang bisa mengenal perempuan smart, cantik, hangat, dan ceria sepertimu Manda.
      Oh iya, kelupaaan foto ituuuuu, nanti ah kuapload.
      Salam sayang balik deh dari Karanganyar.

  2. Ahihihi Manda memang kocak dan rame orangnyaa πŸ™‚

    Hallo, Mbak Ety. Baru mampir ke sini aku

    1. Iya Mba Tarie, senang berada di dekatnya, jadi ketularan ceria dan semangat.

  3. Manda emang selalu seru dan menghidupkan suasana. Percaya deh sama rekomendasi tempat wisata n makan yang direkomendasikan dia pasti kece punya…

    1. Iya Mba Diba, seru kalau ngobrol sama Manda.
      Iya, soal satu itu Manda emang detil sih mencari informasinya jadi bisa dapat tempat bagus.

  4. Pengalamannya bisa dicontoh nih buat yang suka bekpekeran
    Secara kalo traveling kita gak pernah mikirin apa2, mood gak mood yang penting berangkat dan naket πŸ™‚

    1. Iya Teh Okti, saya jugasuka backpekeran dan pergi tanpa rencana lho.
      Soalnya kalau sudah direncanakan malah nggak jadi, qiqiqi.

  5. Nurul Al Amin says: Reply

    Seneeng baca ulasan tentang Manda sayang.
    Mbak ety merangkai kalimat nya panjaaaang dan enaaaak dibaca…
    Muaaach untuk Manda dan Mbak Ety

    1. Lagi mempraktikan ilmu FB mba Nurul.

  6. Manda ini loh, bikin saya pengen tamasya melulu nih…

    1. Iya betuuuul. Pengin ikut tamasya gitu ya

  7. Mba Etyyyy…minta tips liburan bawa anak dua laaah…huhu. Batal mulu liburan soalnya anakku tipe rumahan, keluar bentar udah minta pulang mulu. Hihi..

    1. Wkwkwk, request nih ceritanya.
      Nunggu gedean dikit kali Nyak.

  8. Belum pernah ketemu mbak Manda. Jam terbang mbak Manda tinggi juga ya tapi tetap seperti padi yang merunduk. Boleh dicoba nanti tamasya bareng keluarga biar seru

    1. Iya mba Evrina, udah sering banget tamasya. Bisa cek foto-foto di Fb nya. Orangnya humble memang.

  9. Waaahhh….
    Tulisannya bagus banget Mak
    Iyes, begitulah Manda yang kukenal
    Nambah referensi lagi nih buat nulis

    1. Makasih mba aya, aiiih saya jadi mlembung nih.

  10. Wah jangan-jangan saya seperti Mbak Prima, orang tua saya juga protektif. Padahal pengen jalan-jalan terus hehehehe.

    Semoga suami saya kelak bisa kompak doyan traveling juga kayak Mbak Prima.

    TFS, Mbak Ety. Seneng bacanya πŸ™‚

    1. Gitu ya Mba, aamiin deh.
      Semoga bisa ketemu jodoh yang suka travelling juga biar bisa kompakan perginya.

  11. wah bisa jadi contoh ya. Memang berpergian dengan anak apalagi mereka sudah besar dan mengerti lebih enak. dan momen itu bagiku hilang karena sudah terpisah lain kota

    1. Iya mba.

  12. Jeng Ety tulisannya bagus banget, persahabatan saling menginspirasi terass. Cuplik kiatnya saling isi antara tempat makan dan wisatanya. Salam

    1. Wah, ada Bu Prih, sugeng rawuh bu.
      Monggo, boleh dicuplik tips nya.

  13. dari pertama ketemu manda di Fun Blogging 10, kelihatan banget orangnya supel! Ramah dan banyak senyum. pertemuan ke-2ku di acara kalbe farma kemarin… seneng deh bisa kenal semua emak-emak yang ramah, rajin menabung, dan suka berbagi ilmu,, hehe.

    kalau ketemu mak ety baru sekali… seneng dikasih fitbarnya… hihi. πŸ˜€ ternyata kita juga satu grup di Komunitas Majalah Umi via WA… *baru ngeh

    Mak Ety, Makasih ya sharingnya… Ini penting banget nih, sering nemu tempat makan yang zonk juga.

    1. Tos mba Sarah, ternyata kita sama. Baru dua kali ketemu Manda.
      Iya, kah? Ya ampuuun, aku dah lama nggak aktif di sana.
      Sama-sama mba Sarah.

  14. Manda emang asyik orangnya.. πŸ™‚

    1. Betuuuul mak Juli.

  15. Asyik ya kalau punya blog yang khusus jalan-jalan trus isinya tamsyaaa. Kesannya bahagiaaa. Jadinya kalau mampir di blog gitu, bawannya jadi pengen cuti trus liburan. Hihiii

    1. Betul Mba Alida, tamasya emang nagih ya, qeqeqe.

  16. Hiihihii cari referensi Manda disini aja. Lengkap banget, terus aku nulis apa?

    1. Wkwkwk, dirimu kan pinter cari angle dan sering ketemu manda.

  17. Keren mbak sharing tulisannya πŸ™‚ .. Harus rajin ngumpul ya biar ketularan seru hehehe

    1. Makasih mba Riri, iya mba biar dapat banyak inspirasi.

  18. Aku juga suka main ke blognya Mba Prima yang tamasyaku.com Di sana kita bisa menjumpai banyak artikel seputar kegiatan travelling..

    1. Banyak hal menarik ya Mba Rita.

  19. aduuuhhhh emang ini pasangan romantis, mantep abizzzzz

    1. Hihihi, sepakaaat.

  20. academic IND says: Reply

    tulisan yang renyah, terima kasih atas wawasannya berliburnya. Bisa saya jadikan referensi selanjutnya πŸ˜€

    1. Sama-sama.
      Terimakasih kunjungannya ya.

  21. jadi pingin ikutan tamasya juga nih mbak πŸ™‚ Mbak Ety apa kabar? maaf aku baru bisa mampir lagi

  22. Budget memang paling utama ya kalau urusan tamasya. Jadi pengen nyiapin budget buat tamasya neh.

    1. Betul mba, itu modal utama.
      penting untuk berencana agar tak kebobolan.

  23. Aku pernah berkunjung deh ke blog tamasyaku makk.. Tapi terkadang sesuatu yang zonk juga harus dibahas biar orang orang tahu juga. Jangan yang indah dan enak nya aja, hehehe mungkin gak banyak

    1. Iya ya Mba Asti biar kita tahu.
      Dan nggak ikutan dapat zonk ya.

  24. Jaga mood ini kadang ribet, gw kalo lagi capek banget, suka naik turun dan mau nya diam ngak bisa diajak ngobrol

    1. Wah, jadi jangan deket Om Cumi nih, kalau lagi bad mood. Nanti dicuekin πŸ™‚

  25. MAnda-panda mmg seru, sampai blognya pun bisa saling melengkapi banget.

    Suka mupeng kalau baca cerita travelingnya, makan-makannya. Apalagi yg spending time sama ortu…wowoooo pengeneee

    1. Iya Mba Ririe, seru dan kompak banget ya.
      hayuuk lah mba Ririe..ikutan jejak Manda

  26. Jadi pengen kenal deh πŸ™‚

  27. wah kalau ke Jepang aku juga suka, dan pengen banget, mudah-mudah ada rezeki juga untuk ke sana, ketemu mbak Prima waktu di Bali kemarin

  28. tamasya asyik nya bersama anak dan keluarga ditambah kerabat, wah .. jadi makin seru tu liburannya

Leave a Reply