Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Competition

Video Tutorial Simulasi Gunung Meletus

 photo Video Tutorial Simulasi Gunung Meletus.jpg

Video tutorial membuat simulasi gunung meletus ini sudah lama ingin dibuat. Tak kunjung terwujud, semata karena kegaptekan saya dalam hal pervideoan. Awalnya memang mikir, bakal ribet nih kalau bikin video. Nyatanya? Emang iyaaa, hehehe. Tapi, rasa ribet itu terbayar dengan rasa senang akhirnya bisa menaklukan tantangan membuat video ini. Tentang apa sebenarnya video ini?.

Berangkat dari keinginan mengajak anak-anak mengenal fenomena alam secara ilmiah maka saya pun membuatkan aktifitas percobaan ilmiah sederhana. Biasanya aktifitas ini dilakukan saat mereka libur sekolah. Beberapa aktifitas sudah kami lakukan dan sudah pula saya tulis di postingan blog ini. Beberapa aktifitas ternyata keseruannya tak mampu saya rekam melalui foto-foto yang ada.

Keterbatasan alat dan juga kemampuan saya menjadi penyebabnya. Setelah dipikir-pikir kenapa tidak dibuatkan videonya supaya lebih jelas efek percobaannya. Akhirnya, setelah tanya sana sini tentang cara membuat video, plus dengan trial and errornya, jadilah video ini. Materi video membuat simulasi gunung meletus adalah aktifitas pertama yang saya lakukan bersama- anak-anak. Postingannya ada di sini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat simulasi ini sederhana dan mudah di dapat, yaitu:

  • Plastisin
  • Sendok
  • Soda Kue
  • Cuka
  • Pewarna makanan
  • Air panas
  • Botol plastik
  • Alas tahan air

Langkah-langkahnya bisa dilihat di videonya. Jika di postingannya, efek gerak dari lava nya tak nampak maka kali ini akan terlihat jelas gerak lava yang meleleh dari gunung buatan itu. Jadi, efek amazingnya lebih dapat.

Wuih, rasa senang saya jadi berlipat-lipat setelah berhasil menaklukan tantangan membuat video. Semua gara-gara  Emak Gaoel yang mengadakan event ini dan Smartfren yang telah memberikan dukungan penuh. kalau nggak ada tantangan ini, membuat video masih sebatas keinginan saja.

Video ini dibuat dengan kamera smartphone karena lebih mudah buat saya. Untuk editingnya saya juga mengandalkan aplikasi yang ada di smartphone saya itu. Bagi yang masih belum jelas hanya dengan membaca postingan yang tempo hari itu, kali ini punya gambaran utuh step-by stepnya.

Nah, ini dia video pertama di Youtube, taraa!

Video ini diikutsertakan dalam Vlog Competition “Share Your Knowledge” bersama Blog Emak Gaoel dan Smartfren

banner share your knowledge

 photo 208db4e3-f52a-4152-a4b5-8b8c0edfdee7.png

44 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.