Lidha Maul, Blogger Balikpapan Penggemar Ilustrasi

 photo Lidha Maul.jpg

Kalau ada sesuatu yang baru di blog ini maka jawabannya adalah headernya. Jika sebelumnya, berupa tulisan blog title berwarna hitam maka sekarang digantikan dengan sebuah ilustrasi. Bunga Mawar merah dan buku. Ilustrasi ini bukan saya yang membuatnya. Soal beginian, saya tidak menguasainya. Ilustrasi header blog ini adalah hasil kreatifitas Mba Lidha Maul, blogger perempuan asal Balikpapan.

Lidha Maul, perempuan kelahiran 11 Januari ini saya kenal di komunitas Blogger Perempuan. Pemilik blog Bulir Jeruk ini memang kreatif. Lihat saja penampilan blognya dengan header buatan sendiri. Headernya unik dan menarik, buah jeruk dengan bulirnya dan sebuah sepeda. Ilustrasi yang sarat dengan filosofi. Paduan antara kesederhanaan dan kebermanfaatan. Mungkin itu makna hidup Mba Lidha yang tercermin pula dari isi blognya.

Selain kesan kreatif,Mba Lidha menurut saya adalah blogger yang rajin blogwalking. Termasuk ke blog ini. Padahal kesibukannya tak sedikit, selain ngeblog perempuan penggemar soto dan bakso ini juga seorang wirausahawati dan gemar berkebun, lho. Hm, sibuk banget pastinya tapi semua bisa dilakukan dengan baik.

Bicara soal kemampuannya membuat ilustrasi, Mba Lidha enggan disebut sebagai illustrator. Merasa kemampuannya bukan setaraf seorang ahli makanya Mba yang satu ini lebih suka disebut sebagai penggemar ilustrasi. Apapun sebutannya, bagi saya, kemampuannya layak diapresiasi. Buktinya, bukan saya saja lho yang memakai ilustrasi karyanya. Ada Rotun Df , cakep, kan, hasil tangan dingin Mba Lidha.

Menurut pengakuannya sih, beliau belajar ilustrasi ini secara otodidak, lho. Biasanya sih, tool yang dipakai untuk membuat ilustrasi itu Photoshop. Meskipun, dulu, Mba Lidha juga sempat belajar  Adobe Ilustrator, Corel Draw, Macromedia dan lainnya. Kereeen, ya!. Duh, saya belajar Photoshop aja, mumet duluan, deh.

 photo sketsa-lidha-maul.png
courtesy : Lidha Maul

Penggemar buah-buahan ini ternyata sudah sejak lama menggemari ilustrasi. Suka aja utak-atik gambar, lalu ada yang minta dibuatkan banner, spanduk, iklan dan lain-lain. Tapi, semua ini dilakukan untuk hobi. Mba Lidha belum berniat menekuni dunia ilustrasi secara serius. Alasannya sih, karena merasa masih harus banyak belajar. Nah, membuat header ini adalah salah satu cara untuk belajar ilustrasi.

Mau lihat hasil ilustrasi yang telah dibuat Mba Lidha?. Bisa dilihat dilaman project. Nah, karya-karya tersebut dibuat setelah beliau menikah. Bagus-bagus kan?. Itu hasil otodidak lho!. Apa kabar hasil belajar saya?, qeqeqe, melipir tsantik aja kalau ditanya.

Walaupun saya masih gagal untuk memahami Photoshop, tapi, penasaran juga sih bagaimana cara belajar Photoshop itu. Menurut Mba Lidha, yang harus dilakukan adalah:

    1. Belajar lewat tutorial.
    2. Harus tahu dulu, memakai Photoshop untuk tujuan apa. Misalnya untuk editing gambar maka tinggal mainin di “image”. Edit-edit saja sesuai keinginan.
    3. Untuk manipulasi dan drawing ini memang lebih berat. Tinggal banyakin latihan saja.
    4. Mengasah sense of art, ini yang akan membuat ilustrasi itu terlihat hidup dan menarik.

 photo lidha-maul.png

Ngobrol dengan Mba Lidha membuat saya jadi memahami bahwa dalam membuat ilustrasi itu butuh dari sekedar keahlian teknis namun juga kemampuan menggambarkan karakter dalam sebuah ilustrasi. Biasanya sebelum membuat ilustrasi Mba yang suka sama bubur ini akan bertanya beberapa hal, seperti punya font favorit atau tidak, titlenya mau seperti apa dan lain-lain.

Untuk header blog saya ini, kebetulan Mba Lidha tidak banyak bertanya. Beliau malah membaca karakter saya melalui tagline blog ini:

“One Day When I Talk”

Kata Mba Lidha itu begini:

“So perhaps this woman has one day when she did’nt talk. And when it was? Perhaps when she wrote on her book. So, i include flowers and the book is opened as illustration to make her daily perfect when She talk”.

Artinya terjemahin sendiri ya, qiqiqi. Saya aja kaget dengan hasil bacaan karakter blog ini dari Mba Lidha, tapi saya sukaaa cara beliau menerjemahkan karakter itu.

Jadilah header blog saya ini seperti yang nampak di atas. Makasih ya, Mba Lidha buat header cantiknya.

 photo ilustrasi-lidha-maul.png
Courtesy : Lidha Maul

Ngobrol dengan Mba Lidha tuh membuat saya penasaran akan banyak hal. Salah satunya soal kota tempat tinggalnya, yaitu Balikpapan. Mendengar tentang Balikpapan, ada dua kata yang lekat dalam ingatan yaitu bersih dan tertib. Nggak cuma suami saya sih yang bilang demikian. Dari beberapa tulisan yang saya baca, Balikpapan memang termasuk kota yang bersih bahkan paling bersih.

Begitukah?. Berhubung saya sendiri belum pernah ke Balikpapan, sementara bertanya dulu deh, dengan Mba Lidha yang sejak lahir sudah tinggal di sana. Menurut Mba Lidha, dari dulu Balikpapan sudah dikenal sebagai kota terbersih bahkan sebelum muncul kota-kota bersih lainnya di Indonesia.

Kebersihan yang disanjung banyak orang ini ternyata hasil kerja keras dari Pasukan Kuning. Mereka, para petugas kebersihan inilah yang menjadi garda terdepan untuk menjaga Balikpapan dari timbunan sampah. Merekalah yang besar jasanya membuat kota minyak ini berulangkali mendapatkan penghargaan Adipura.

Lain waktu, saya juga ingin ngobrolin tentang berkebun bersama Mba Lidha. Dari dulu pengin bisa berkebun belum kesampaian. Padahal di pertemuan ibu-ibu PKK sudah pernah dianjurkan untuk banyak menanam tumbuhan di rumah. Paling tidak tiap rumah memilih tanaman sejumlah anggota keluarga, guna menggantikan oksigen yang diirup tiap hari.

Tuh, kan, punya teman yang kreatif seperti Mba Lidha Maul ini, saya jadi banyak mendapat inspirasi. Mau juga kenalan dengan Blogger Balikpapan yang satu ini?. Langsung ke blognya saja Bulir Jeruk, yang akan memberi kesegaran hari-hari kita.

 photo 208db4e3-f52a-4152-a4b5-8b8c0edfdee7.png

34 Replies to “Lidha Maul, Blogger Balikpapan Penggemar Ilustrasi”

  1. huaaa..kenapa bhs inggris yg masih belepotan itu jadi ditaruh disini. Coba tau kan panjang2in dikit ama buka kamus juga *-*
    senang juga kenal ama mbak Ety, semoga kita bisa ketemuan ya, perhaps one day lah

    1. Qeqeqe, bolehlah dibikin versi panjangnya Mba Lidha.. Nanti disusulkan deh..
      Aamiin YRA. I hope Mba

  2. Saya juga belum piawai berkreasi di photoshop nih.
    Mau belajar juga
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    1. Monggo Pak Cholik..
      Sama-sama Pakde..

  3. Pengen belajar ilustrasi Mbak. Tapiii, dari mana mulainya yak…yang gampang dulu.

    1. Betul dari yang paling simpel dan gampang Mba Levina. Selamat belajar ya.

  4. Wah Mbak Lidha ternyata suka membaca karakter blog ya, du du du.. keren abis lah

    1. Yup, betul Mba Rani

  5. Waaah keren dan kreatif ya ilustrasi nyaa ^^
    Dulu aku juga sering obat-oret dibuku gambar, tapi hasilnya nggak sebagus ini sih . hihi kalo Ini mah udah bagus banget ya.. Jadi pengen belajar supaya bisa gambar ilustrasi kaya mbak Lidah 😀

    1. Wow, hobi ngegambar juga? Keren.
      Saya kalau urusan gambar-menggambar mah, jelek aja hasilnya.

  6. Keren – keren Mbak memang ilustrasinya beliau. Kalo sudah ditekuni jadi profesi pasti semakin banyak yang pakai ilustrasi beliau ya Mbak Ety. Suka sama kreativitas coretannya.

    1. Sepakat Mas Dani, cakep-cakep. Nah itu dia, Mba Lidha sptnya belum ingin menjadikannya sebagai profesi. Mungkin karena aktifitasnya dah banyak.

  7. Aahhhh ilustrasinya mba lidha bagus banget… Mau donk dibuatkan header nya.. Hehehee.. Btw header nya mba ety cantik deh, imut imut juga

    1. Hehehe, hubungi Mba Lidha aja Mba Asti.. Makasih ya.

  8. wow sketsanya keren-keren …bisa untuk cover buku ya

    1. Betul Mba Rina, boleh tuh mba diajak kolaborasi utk kover buku Mba Rina selanjutnya.

  9. Cantiknya gambar mbaknya.. ini beneran deh besok-besok kalau pas ke tempat suami di Balikpapan mesti sekalian kopdaran sama mbak Lidha Maul juga 🙂

    1. Wah, boleh tuh Mba Andy. Pasti Mba Lidha juga senang bisa ketemu kawan blogger.

  10. Wuaaaah ilustrasinya luar biasa …. Pingin bisa macam itu juga >,<

    1. Betuuuul, tsantik ilustrasinya.
      Ayo belajar Mba. Aku juga pengin tapi belum kesampaian.

  11. 11 Januari *emot kaget* jadi bawaannya pengen nyanyi aja, lagu itu…#ehem

    Jadi, mba Ety, kapan gitu ‘nodong’ Mba Lidha biar mau berbagi ilmu drawingnya. Minimal pake aplikasi gitu biar saya yang ga bisa gambar jadi bisa. #eeaa

    *sebuah rikues*

    1. Iya tuh 11 Januari…selisih sehari sama diriku 12 Januari…
      Boleh banget mba Ipeh. Pengin nodong nih sama Lidha ilmu drawingnya. harus ditodong bareng-bareng kayaknya.

  12. Headernya Bagus Mak, pinj, manis…

    1. Makasih Mba Witri…

  13. Haish.. Emang bagus ilustrasinya mbak Lidha. Pas pertama tahu headernya, aku jatuh cintaaaa..

    1. Iya Mba rohma, kece badai pokoknya

  14. Ilustrasinya mb Lida bagus ya. Mupeng pengen dibuatin

    1. Coba aja Mba Ika, hubungi aja

  15. ilustrasinya bagus ya mbak, aku pengen juga sebenernya belajar photoshop, cuma belum sempet, apalagi kalau otodidak, kalau ada yang mau ajarin sih seneng banget ^^

    1. Saya juga pengin belajar tapi penginnya ada yang ngajarin juga.
      Otodidak nggak bisa-bisa.

  16. Ih, keren jago ilustrasi. Saya jadi tertarik untuk blogwalking ke sana 🙂

    1. Iya Mba Mira.
      Silahkan, ubek-ubek aja blognya kalau penasaran

  17. Wah wah waaah..ada namaku nongol :D. Cantiiiik headernya Mba Ety. Aku bilang si Lidha ini wanita dengan banyak talenta. Setuju nggak Mba? Udahlan pandai berkebun, pintar bikin ilustrasi dan gambar2, juga pintar mengelola keluarga kecilnya. Masya Allah 🙂

    1. Hehehe, ya begitulah Nyak. Berapa jempol nyak buat Mba Lidha?

Leave a Reply