Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Food,  Recipe

Mie Celor Bakmi Mewah, Sajian Nikmat Untuk Keluargaku

Ceritanya, saya memang lagi kangen. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah cerita soal ini. Iya, saya kangen dengan masakan tradisional khas Palembang, namanya Mie Celor. 9 tahun tinggal di sana, plus 9 kali kena asap kebakaran hutan, selama itu pula saya puas makan Mie Celor, di sana. Kini, sudah 3 tahun berlalu, baru sekarang bisa membuatnya sendiri.

Saking kangennya sama Mie Celor, saya pun bertanya kesana kemari tentang resep Mie Celor. Terutama bertanya kepada teman-teman yang asli dari Palembang. Sampai-sampai, ada seorang teman yang menyangka kalau saya lagi “ngidam” karena hamil. Wkwkwk, iyolah yuk, ngidam makan Mie Celor yang lemak, itu!

Di Palembang sana, saya punya tempat makan Mie Celor favorit. Banyak orang yang berkunjung ke Palembang, juga suka dengan Mie Celor yang satu itu. Lalu seperti apa sebenarnya Mie Celor?

Mie Celor adalah mie yang disajikan dengan taoge, kucai, udang, sambal dan disiram dengan kuah kaldu udang bersantan

Rasanya gurih dan pedas (kalau pakai sambal). Gurihnya itu berasal dari kaldu udang. Meskipun bersantan, buat saya sih enak aja, nggak bikin eneg gitu.

FYI, masakan Palembang itu beberapa diantaranya memang memakai kaldu udang. Ternyata, kaldu udang itu sedap juga. Buat saya, kaldu udang terasa lebih ringan kekentalannya ketimbang kaldu sapi maupun ayam. Tapi, rasanya nggak kalah sedap.

Selama tinggal di Solo, beberapakali sempat mencari penjual Mie Celor. Ternyata sampai sekarang belum ketemu. Pun di tempat penjual Pempek, Mie Celor belum ada.

Nggak ada pilihan lain untuk bisa mengobati kangen kecuali membuat sendiri Mie Celor itu. Saya pun ke dapur melihat stok mie yang ada. Hm, ada Bakmi Mewah. Saya rasa, Bakmi Mewah ini, bisa dikreasikan dengan bahan lain untuk bisa mendapat semangkuk Mie Celor yang nikmat.

Ngomongin Tentang Bakmi Mewah

Pertamakali mendengar ada Bakmi Mewah itu dari blogpost blogger Semarang. Mereka bahkan diundang di acara launching nya Bakmi Mewah. Dari sanalah saya mengetahui kalau Bakmi Mewah itu adalah mie ayam instant.

Hm, sebagai penggemar mie ayam, saya jadi penasaran. Kala itu saya langsung ke minimarket deket rumah. Maksud hati mau beli, tapi ternyata belum tersedia di sana. Baru dua bulanan ini, tiap kali ke minimarket, Bakmi Mewah terjajar rapi di rak. Sekian lama menunggu, akhirnya kesampaian juga mencicipi rasa Bakmi Mewah.

Saya suka dengan tekstur mienya yang kenyal, licin, tipis tapi tidak mudah putus. Bakmi Mewah juga beda dengan mie instan lainnya. Tidak ada aroma tajam dari bumbu yang menguar. Tapi, topping ayam dan jamur aslinya itu, menggugah selera. Irisannya pas dan ketika dimakan, terasa juice di mulut.

Kabar baiknya lagi, Bakmi Mewah nggak bikin sakit di tenggorokan. Bakmi Mewah juga nggak bikin haus setelah memakannya. Bagi emak-emak, kondisi ini tentu membahagiakan. Bisa berkreasi resep dengan Bakmi Mewah tanpa kawatir.

Resep Kreasi Mie Celor Bakmi Mewah

Ada dua alasan sih, mengapa saya membuat resep kreasi Mie Celor Bakmi Mewah. Alasan pertama sudah saya sebut tadi, yaitu kangen ingin menikmati Mie Celor lagi. Sementara alasan kedua, tekstur mie dari Bakmi Mewah itu mirip dengan tekstur mie yang biasa dipakai dalam Mie Celor. Walaupun bentuknya berbeda, ya. Tapi, kenyalnya pas. Jadi, klop!

Bahan Kuah :

  • Udang ukuran sedang 13 ekor
  • Air 800 cc
  • Santan instan 130 ml
  • 2 sendok makan tepung terigu untuk mengentalkan kuah (cairkan dulu)

bahan pembuat mie celor

Bumbu :

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 butir
  • Merica bubuk ½ sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula pasir ½ sendok teh
  • Minyak untuk menumis

Bahan Utama dan Pelengkap:

  • Bakmi Mewah 2 bks
  • Telur rebus 1 butir
  • Daun seledri dan daun bawang secukupnya, iris halus (karena nggak nemu kucai)
  • Taoge secukupnya
  • Bawang goreng
  • Kecap asin (boleh diskip)
  • Cabe bubuk

bahan pembuat mie celor bakmi mewah

Cara Membuat:

  1. Kupas udang, pisahkan daging dan kepalanya, bersihkan. Rebus kepala udang dengan air 800 ml sampai mendidih. Sisihkan.
  2. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan sebagian daging udang. Untuk sebagiannya lagi iris daging udang kecil-kecil. Sisihkan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan irisan daging udang, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan santan instant dan kaldu udang, garam, gula dan merica. Masukkan daun bawang dalam kemasan Bakmi Mewah. Jika sudah mendidih, masukkan tepung terigu yang sudah dicairkan. Aduk hingga mengental dan meletup-letup.
  5. Rebus telur, seduh mie, dan taoge.
  6. Sajikan dengan urutan seperti ini : mie, taoge, ayam dan jamur dalam kemasan, plus kecap dan minyaknya. Taburi seledri dan daun bawang serta bawang goreng. Jangan lupa telur rebusnya. Jika sudah, tinggal tuang kuahnya.
  7. Jika suka pedas bisa tambahkan cabe bubuk atau sambal. Cabe masih mahal, jadi saya pilih cabe bubuk saja karena lebih murah.

Jadinya begini, Mie Celor Bakmi Mewah ala saya, Mie Celor rumahan dengan kenikmatan rasa semewah resto:

mie celor bakmi mewah

Ternyata kuah kaldu udangnya ngeblend dengan bakmi mewah toping ayam dan jamur asli. Mie Celor  Bakmi Mewah ini, nikmat disantap saat hangat. Apalagi kalau ditambah sambal atau bubuk cabai. bakal tambah semangat makannya.

mie celor pedas
hmm, pedaas

Saya senang, akhirnya rasa kangen itu terobati. Semangkuk Mie Celor Bakmi Mewah jadi makan bersama yang istimewa. Ada hal yang membahagiakan dan melegakan, anak-anak dan suami suka resep racikan saya. Kalau sudah begini, saya jadi selalu semangat untuk menyajikan kreasi menu Bakmi Mewah lainnya.

ig mi celor bakmi mewah

Teman-teman punya resep kreasi apa, nih?

 

38 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.