Competition

Tetap Fit Sepanjang Usia

[su_dropcap]M[/su_dropcap]ulai merasa tua? Hm, kalau dilihat dari usia, saya memang tidak tergolong pemuda lagi. Tapi, kalau disebut tua, tidak tepat juga. Namun saya akui, secara fisik mulai terasa ada perubahan. Stamina tubuh  mulai menurun, sehingga cepat lelah. Beda sekali dibanding saat usia 20 an.

Sementara itu aktivitas saya tiap hari, padat. Selain tugas harian sebagai ibu rumahtangga, saya juga suka menulis di blog. Semakin hari aktivitas blogging menuntut saya untuk menghadiri beberapa undangan. Sesekali saya juga harus meng-upgrade skill melalui pelatihan-pelatihan. Semua itu membutuhkan energi dan stamina yang bagus.

Tetapi, kondisi ideal kadang terganggu karena tubuh saya merasa letih dan kurang bertenaga. Kalau sudah begini apapun yang saya lakukan jadi tidak maksimal. Saya sempat merasa sedih dan bertanya-tanya, apakah yang saya alami itu normal.

[su_dropcap]M[/su_dropcap]emang benar, bahwa pertambahan usia berpengaruh pada kondisi tubuh. Terjadi perubahan hormonal, penurunan massa otot, dan penurunan metabolisme. Tentu fakta ini tidak bisa dihindari. Tapi, dengan pola hidup sehat, efek pertambahan usia bisa diperlambat.

Massa otot diusia 30 an turun sekitar 10%

Saya kagum dengan Berti Tilarso, master aerobik Indonesia. Meskipun usianya sudah 68 tahun tapi beliau masih fit dan aktif. Pengin juga seperti beliau. Memiliki stamina fit sepanjang usia agar bisa aktif melakukan hal yang saya sukai.

mengisi pelatihan ngeblog

Ini bukan soal menolak menua, ya! Memang benar, menua adalah proses alamiah yang tidak bisa dihindari. Tapi, ini tentang cara menjalani pertambahan usia agar tetap sehat.

Masalahnya, saya memiliki pengalaman yang tidak enak. Beberapa keluhan kesehatan pernah saya alami. Jika tidak segera diatasi cita-cita saya untuk menua dengan sehat bisa gagal.

[su_heading size=”19″ align=”left”]Masalah Kesehatan Yang Pernah Saya Alami[/su_heading]

[su_dropcap]S[/su_dropcap]eingat saya, masalah kesehatan ini ada kaitannya dengan kebiasaan buruk yang saya lakukan. Kadang bukan karena disengaja sih, tapi sayangnya keterusan dan akhirnya jadi kebiasaan.

Berikut ini masalahnya:

Melewatkan Sarapan

Padahal sarapan itu penting banget, kan. Bukannya tidak menyadari pentingnya sarapan tapi suka lalai. Pagi-pagi, itu waktu yang sibuk buat saya. Dari mulai menyiapkan sarapan, cuci piring menyapu dan mengepel lantai, membersihkan halaman serta mencuci baju.

Seringkali, merasa sayang mau nge cut kerjaan. Alasannya karena tanggung kalau tidak diteruskan. Lalu, apa yang sering terjadi? Keasyikan melakukan pekerjaan, sampai tidak menyadari kalau waktu udah masuk jam makan siang.

Kelewat, deh, sarapan paginya. Awalnya sih tidak bermasalah. Tapi, akhirnya sempat asam lambungnya naik gara-gara sering melewatkan sarapan.

Punggung pegal-pegal

Sebagai seorang blogger, pekerjaan saya memang akrab dengan aktifitas mengetik. Bahkan hingga lebih dari 4 jam. Sepanjang anak-anak sedang bersekolah maka sepanjang itu saya di depan laptop.

Tapi, lagi-lagi soal kebiasaan yang tidak baik. Saya lebih suka duduk di lantai, sementara posisi laptop kurang tinggi. Jadi posisi badan saya harus membungkuk saat mengetik. Duh, usai mengetik, punggung saya pegal-pegal.

Tidak rutin olahraga

dulu pernah begini

Dulu saya sempat berada dimasa sangat rajin bersepeda dan lompat tali. Kondisi badan saya bugar. Segala macam lelah dan pegal-pegal itu tidak ada. Bawaannya segar dan bahagia. Setelah vakum bersepeda, mulailah terasa keluhan-keluhan itu. Lekas capek, kadang lesu dan tidak bersemangat. Keaktifan saya pun menurun. Saya yakin, selain karena faktor usia, jarang berolahraga juga menjadi penyebab timbulnya keluhan-keluhan tadi.

Duh, bagaimana bisa fit sepanjang usia ya, kalau kebiasaan buruk itu masih dilakukan!

[su_heading size=”19″ align=”left”]Kembali Ke Pola Hidup Sehat[/su_heading]

Makan Teratur

Harus sarapan! Sudah bertekad, untuk sarapan meski sedang disibukkan dengan aneka pekerjaan. Mulai menanamkan bahwa sarapan itu tidak bisa ditunda. Sedangkan pekerjaan masih bisa ditunda.

Selain itu, saya memperbanyak makan sayur dan buah. Alhamdulilah, saya tidak ada masalah dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur mentah pun saya suka. Biasanya selain untuk lalapan juga dibuat menu “Trancam” ataupun Karedok.

Perbaiki Posisi Saat Mengetik

Sekarang, sih sudah mulai disiplin untuk mengetik di meja dan saya duduk kursi. Dengan posisi yang tepat maka pegal-pegal bisa dihindari. Tentu saja harus diselingi dengan aktivitas yang membuat tubuh bergerak. Duduk dalam waktu lama juga beresiko terhadap kesehatan.

Olahraga

Bersepeda tetap jadi favorit, sih. Selain bisa membakar kalori, saya juga bisa refreshing melihat pemandangan persawahan di sekitar rumah. Selain itu, jika dilakukan pagi hari maka akan dapat bonus udara segar. Kalau tidak sempat maka cukup gerak badan di rumah dengan panduan video workout dari selebgram.

[su_heading size=”19″ align=”left”]Kembali Ke Alam[/su_heading]

[su_dropcap]S[/su_dropcap]elain mengatasi gangguan kesehatan dengan mengatasi penyebabnya, sayapun melakukan kebiasaan baik yang lain, yaitu kembali ke alam. Seperti diketahui bersama, polusi udara ada di mana-mana. Ditambah lagi tekanan hidup membuat beban pikiran makin bertambah.

Jika saya tak pandai-pandai mengelolanya maka stres bisa saja menimpa. Bagaimana mau sehat, kalau pikiran stres, karena stres berpengaruh kepada imunitas tubuh. Orang yang stres, daya tahan tubuhnya berkurang. Kalau sudah begini penyakit akan mudah datang.

Saya tidak ingin sakit-sakitan, makanya saya suka pergi ke pegunungan. Tujuannya untuk menghirup udara bersih dan segar. Saya merasa rileks banget, kalau sudah bertemu  udara gunung. Bawaannya bahagia, hehehe.

Nggak harus mendaki gunung, sih. Sayapun belum pernah mendaki gunung. Biasanya cukup pergi ke dataran tinggi. Apalagi kalau ada tempat wisatanya, saya bisa sekalian liburan.

[su_heading size=”19″ align=”left”]Kembali Ke Alam Dengan Ramuan Temulawak[/su_heading]

[su_dropcap]S[/su_dropcap]aya termasuk yang percaya akan khasiat warisan luhur nenek moyang berupa herbadrink. Sedari kecil saya sudah terbiasa meminumnya. Kalau dulu sih, yang jual herbadrink keliling kampung sambil nggendong minumannya. Ada banyak minuman tradisonal yang berkhasiat. Salah satunya minuman dari ramuan Temulawak.

Tanaman Temulawak atau dikenal dengan nama latin Curcuma Xanthorrhiza telah lama dikenal sebagai tanaman yang dijadikan bahan minuman herba. Temulawak bisa tumbuh di tanah gembur baik di dataran rendah maupun di tanah dengan ketinggian hingga 1500 meter.

Yang dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman herba adalah bagian rimpangnya. Secara tradisional, rimpang diolah dengan cara direbus. Air rebusan rimpang Temulawak inilah yang diminum sebagai minuman kesehatan.

temulawak
temulawak

Kandungan Temulawak

Ada beberapa zat aktif dalam Temulawak yang terbukti berkhasiat, diantaranya adalah:

[su_spoiler title=”Kurkumin” open=”yes” icon=”chevron-circle” anchor=”Kurkumin”]Kurkumin : merupakan anti inflamasi yang mampu mencegah radang sendi dan mencegah terjadi penggumpalan darah yang mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.[/su_spoiler]

[su_spoiler title=”Kalagoga” open=”yes” icon=”chevron-circle” anchor=”Kalagoga”]Kalagoga :bermanfaat dalam menghancurkan batu empedu[/su_spoiler]

[su_spoiler title=”Minyak Atsiri” open=”yes” icon=”chevron-circle” anchor=”Minyak Atsiri”]Minyak Atsiri atau minyak aroma terapi : memberikan aroma khas dan mampu menekan pembengkakan serta membunuh mikroba.[/su_spoiler]

[su_spoiler title=”Xanthorrizhol” open=”yes” icon=”chevron-circle” anchor=”Xanthorrizol”]Xathorrizhol : memiliki manfaat sebagai anti bakteri, anti jamur, anti peradangan dan antioksidan serta pembunuh bakteri yang menyebabkan karang gigi.[/su_spoiler]

[su_spoiler title=”Glikosida” open=”yes” icon=”chevron-circle” anchor=”Glikosida”]Glikosida : bermanfaat sebagai analgetikum, obat diare, dan obat sakit jantung.[/su_spoiler]

[su_spoiler title=”Flavonoid” open=”yes” icon=”chevron-circle” anchor=”Flavonoid”]Flavonoid : mencegah berkembangnya sel kanker dan sebagai antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini.[/su_spoiler]

Khasiat dari zat aktif dalam Temulawak itulah yang membuat saya kepencut.

herbadrink sari temulawak2
minuman tradisonal yang dikemas moderen

[su_dropcap]D[/su_dropcap]ulu, Ibu saya mengandalkan mbok jamu untuk bisa minum sari Temulawak. Kalau mbok jamu tidak berjualan maka minum sari temulawaknya juga libur. Sekarang, saya menemukan cara yang mudah dan praktis. Tentu, bisa lebih rutin meminumnya, tinggal menyetok saja. Ada Herbadrink Sari Temulawak dalam kemasan sachet.

Sari Temulawak yang saya maksud adalah produksi PT. Konimex. Sudah puluhan tahun Konimex dipercaya sebagai produsen obat. Kini, Konimex turut melestarikan budaya warisan nenek moyang dengan memproduksi herbadrink dari berbagai macam empon-empon yang ada di Indonesia, salah satunya Temulawak.

Herbadrink Sari Temulawak merupakan minuman tradisional yang diproduksi secara modern dengan pengawasan ketat. Higienitas dan kualitasnya tentu terjaga. Selain itu, minuman ini bebas dari endapan. Bakal lebih nikmat rasanya.

Ada Dua Jenis

[su_label type=”success”]Herbadrink Sari Temulawak[/su_label]

Rasanya segar, dan tidak pahit

[su_label type=”success”]Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free[/su_label]

Meskipun mengandung gula buatan namun aman dikonsumsi. Kadar gula buatannya sesuai dengan ketentuan BPOM

Cara Minumnya Praktis

Tinggal tuang ke dalam gelas dan seduh dengan air hangat

sekaligus menghangatkan badan

Bisa dinikmati dalam keadaan dingin, tinggal tambahkan es batu

herbadrink-sari-temulawak-dingin
segeeer banget

Meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan hati, mencegah kembung, masuk angin, mengurangi kadar kolesterol dan mencegah kanker.

[su_dropcap]B[/su_dropcap]uat saya, rasa Herbadrink Sari Temulawak ini enak dan segar. Tidak ada rasa sepat apalagi pahit. Sama enaknya dengan yang dijual gendongan. Hm, dengan rasa yang ramah seperti ini, rasanya nggak susah untuk minum secara teratur.

Harus teratur meminumnya? Iya dong, karena ini kan bukan obat kimia yang memiliki efek yang cepat. Herbadrink Sari Temulawak, seperti halnya minuman herba lainnya, untuk dapat dirasakan manfaatnya membutuhkan waktu lebih lama namun relatif aman. Khasiatnya bakal terasa jika diminum secara teratur.

herbadrink sari temulawak3
minumlah secara teratur

Saya merasa tenang sekarang. Aktivitas seharian bakal didukung oleh khasiat Herbadrink Sari Temulawak. Bangun setiap jam 03.00 dini hari, langsung berkutat dengan setumpuk pekerjaan rumahtangga. Lepas itu, lanjut ngeblog, ngedit dan memotret. Malam hari masih harus menemani anak-anak belajar. Ditambah lagi ikut pelatihan-pelatihan.

Apalagi jika harus keluar kota. Bulan ini, saya sudah tiga kali pergi ke Jogja. Ada rencana sampai bulan Juni nanti saya harus 7 kali bolak-balik Solo- Jogja. Stamina yang fit amat saya butuhkan agar nyaman beraktivitas. Untunglah, ada Herbadrink Sari Temulawak yang siap menemani.

Semoga, dengan menjalani pola hidup sehat seperti ini, saya bisa tetap fit sepanjang usia. Aamiin.
Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

36 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *