Nasi Kering Memang Bisa Menurunkan Selera Makan. Simak Yuk, Cara Mengatasi Nasi Kering Di Magic Com!

Merasa belum makan kalau belum makan nasi! Siapa yang suka begitu? Cung! Hehehe, begitulah faktanya, nasi sudah mendarah daging di keluarga kami. Jadi tiap hari pasti makan nasi. Masih berat jika harus mengganti sumber karbohidrat yang lain.
Emang salah? Ya, enggak salah juga. Memang, sudah sejak dulu nasi menjadi makanan pokok. Mayoritas keluarga di Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Selain faktor kebiasaan yang sudah turun menurun, beras sebagai bahan baku nasi juga mudah didapat.
Apalagi untuk memasaknya cukup mudah. Bisa menggunakan penanak nasi tradisional maupun modern seperti rice cooker atau magic com. Kebutuhan nasi pun disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di rumah.
Hanya saja, demi menghemat waktu biasanya memasak nasi sesuai dengan kapasitas rice cooker atau magic com. Jika nasi yang dimasak sesuai dengan kebutuhan makan per hari, sih, nggak masalah.
Masalahnya, tidak semua nasi yang dimasak di pagi hari akan langsung habis. Terkadang, nasi harus disimpan untuk disantap untuk makan siang hingga makan malam. Bahkan, bisa sampai keesokkan harinya. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah nasi yang menjadi kering di pinggiran magic com atau rice cooker.
Nasi jadi kurang enak disantap maupun dipandang karena memiliki teksur yang keras dan warnanya menjadi menguning. Huhuhu, bikin selera makan jadi buyar!

Penyebab Nasi Menjadi Kering

Ada beberapa penyebab, sih, mengapa nasi yang disimpan di magic com atau rice cooker bisa mengeras dan menguning. Salah satu faktornya adalah terganggunya proses pemanasan nasi. Sebab, rice cooker atau magic com akan lebih cepat mengeringkan nasi apabila suhu yang terlalu panas karena tegangan listrik yang tidak stabil.

gambar-beras

Pemilihan jenis beras yang akan dimasak juga bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membeli beras yang berkualitas tinggi. Dan dimasak dengan takaran air yang sesuai.ย Ada beberapa jenis beras yang memerlukan air yang cukup banyak untuk memasaknya. Kalau emak-emak biasanya menyebutnya sebagai beras yang suka air, hehehe. Sehingga, apabila air yang digunakan lebih sedikit, nasi akan lebih cepat mengeras ketika disimpan menggunakan magic com atau rice cooker.

Kualitas rice cooker atau magic com juga penting untuk diperhatikan. Bisa jadi, penanak nasi yang digunakan sudah berumur tua. Sehingga, penanak nasi tadi tidak mampu menjaga panasnya dengan baik atau dengan kata lain, fungsinya sudah tidak maksimal lagi.

Cara Mengatasi Agar Nasi Tidak Kering

Sebenarnya cukup mudah untuk menghindari nasi agar tidak menjadi kering. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi nasi yang kita simpan, agar tidak kering.

1. Biarkan nasi tanak terlebih dahulu selama 5-10 menit, kemudian diaduk agar nasi tidak menempel di dasar magic com atau rice cooker yang kemudian nasi bisa menjadi kering
2. Bersihkan rice cooker dengan baik
3. Memelihara coating yang ada di rice cookerrice-cooker-nasi
4. Memilih beras berkualitas tinggi.
5. Cara memasaknya sesuai dengan jenis berasnya. Misalnya, untuk jenis beras pera, ya jangan kurang air nanti terlalu keras dan cepat kering.
6. Manjur nih, jangan lupa kabel dicopot dari stop kontak, buka rice cooker atau magic com dan nasi ditutup pakai saringan kecil.
7. Tip tambahan supaya nasi tidak berwarna kuning. Bisa lho, dilakukan dengan cara memberi perasan jeruk nipis. Asal jangan kebanyakkan, rasa nasi tak akan jadi asam.

Nah, itulah beberapa tip agar nasi tidak menjadi cepat kering semoga bermanfaat, ya. Paling bagus sih, nasi bisa habis di hari yang sama. Tapi, kalau ternyata nggak bisa, tip di atas bisa diterapkan, lho.
Barangkali teman-teman punya tip lainnya, boleh lho, sharing di komentar!

Artikel ini adalah guest post yang ditulis oleh Arif Munandar atau biasa disapa Jung, pemilik dari jungjawa.comย dan Co-Founder Katanium. Alumnus Teknik Mesin UNS ini kerap dimintai pendapat mengenai seo oleh teman-temannya. Jung, juga amat menyukai dunia desain dan telah memiliki beberapa project desain.

 

10 Replies to “Nasi Kering Memang Bisa Menurunkan Selera Makan. Simak Yuk, Cara Mengatasi Nasi Kering Di Magic Com!”

  1. Wah tulisan dari Jung nih. Selaim pinter SEO juga pinter tips2 urusan menanak nasi. Btw, jaman dulu malah pada seneng masak pake ketel trus di bawahnya kering biar ada “intip” nya Mbak ?

  2. Ibuku juga biasanya ditutup sama saringan kecil. Cuma ngga ngerti gunanya apa. Hm.. ternyata itu ya manfaatnya.

  3. wuih mas Jung Katanium jos tenan jago SEO sak Solo ternyata juga pinter bikin intip hehehe….pastinya klo nasi kering itu rendah gula kan mak..mak mak ety ๐Ÿ™‚

  4. Wiiih Mas Jung siap jadi suami nih, bantu istrinya masak nasi. #eh

    Makasih tipsnya Mas Jung dan Mba Ety. Aku kalo nasi ngga habis, biasanya aku cabut stok kontaknya malam jelang tidur. Nanti pagi hari, aku colokan lagi. Tapi tetep aku tutup pakai tuturnya sih. Trus yang diaduk2 setelah masak itu, aku juga udah terapin. Iya yang kering emang biasanya yang nempel yaa.. Itu kalo direndem air panas, lumayan lho banyaknya. Suka sedih buangnya. Habis gimana, ga punya ayam. Tetangga jg ga ada yg pelihara unggas.

  5. wah ternyata yang nulisnya mas2 hehe
    di rumah jg sering kering nasi yg nempel2 di magic com. paling ujung2nya dibikin nasi goreng ๐Ÿ˜€

  6. Wah-wah Baru tahu aku, thanks ya infonya bermanfaat sekali
    soalnya dirumahku nasi sering banget kering gara2 dimasukin ke ricecooker gitu…

  7. Tips nomor 7 baru tau nih, bisa lah ya dipraktikan ^^

  8. Memang harus rajin-rajin dibersihkan ya magic com itu

  9. Wah gini ni, aku biasanya makan nasi kering ๐Ÿ™
    Ternyata kurang bagus ya
    Makasih kak udah kasih tips buat mengatasi nasi ga kering

  10. […] ada ibu yang memanggang Pizza menggunakan rice cooker. Swear, deh, selama ini paling banter saya menggunakan rice cooker untuk memasak nasi. Tuh, kan, […]

Leave a Reply