Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
4-tips-memilih-flat-shoes
Lifestyle,  Uncategorized

4 Tips Memilih Flat Shoes Agar Kaki Tetap Nyaman Untuk Melangkah

Saat bepergian, saya lebih nyaman memakai sepatu wanita hak datar (flat shoes). Mengapa? Karena saya ini tipe orang yang jalannya suka cepat, nggak anggun, blas. Apalagi kalau lagi ngejar waktu, duh, bisa setengah berlari. Nah, sepatu wanita hak datar ini, adalah pilihan tepat. Selain nyaman, model dan motifnya membuat saya bisa tampil feminim.

Jika melihat koleksi sepatu yang saya punya, memang kebanyakan flat shoes. Hanya ada sandal wanita untuk kondangan yang memiliki hak “agak tinggi” yaitu 3 cm. Ya, begitulah sayaaa, nggak terbiasa pakai hak tinggi walaupun sebenarnya tubuh saya pendek. Tapi, tetap saja pilihan favorit selalu flat shoes.

Apalagi jika bepergian saya lebih sering naik kendaraan umum. Selama ini dengan memakai sepatu hak datar, gerak saya lebih cepat dan nyaman. Kalau saya merasa nyaman biasanya saya bakal tampil percaya diri. Ini sih, poin pentingnya buat saya.

Oh ya, bicara soal flat shoes, di pasaran banyak banget pilihan. Baik dari jenis bahan yang dipakai maupun motif sepatu. Jenis bahan flat shoes ada beragam seperti kulit, denim, kulit sintetis, suede, plastik dan kain. Masing-masing memiliki kesan tampilan yang berbeda.

Motif sepatu wanita hak datar juga banyak macamnya. Bukan hal aneh menemukan sepatu wanita hak datar dengan motif etnik seperti batik, jumputan dan lain-lain. Sepatu-sepatu itu tampak cantik dan menggoda penggemar flat shoes seperti saya untuk membelinya, hehehe.

mahadewi-flat-shoes-the-warna2
flat shoes terbaru

Tapi, memilih sepatu wanita hak datar itu harus teliti. Saya pernah memiliki pengalaman tidak mengenakkan soal ini. Semua ini terjadi karena saya terburu-buru dalam memilih. Akhirnya sepatu tersebut kurang nyaman dipakai.

Tiap kali dipakai jalan, tumit saya bakal terangkat. Padahal seingat saya, waktu itu sudah memilih ukuran yang biasa saya pakai. Sampai sekarang sepatu itu masih ada, teronggok dalam kardus tidak pernah dipakai lagi. Mubazir, kan, jadinya. Sedih, deh!

Saya tidak ingin kejadian salah memilih flat shoes terulang lagi. Akhirnya, saya mencari tahu tips memilih flat shoes agar kaki tetap nyaman. Apa saja tips nya? Saya share di sini ya, siapa tahu ada yang membutuhkan.

Tips Memilih Flat Shoes:

  1. Ukur dulu lebar dan panjang kaki

Dulu, saya tidak pernah mengukur lebar dan panjang kaki. Saya pikir, cukuplah datang ke toko sepatu lalu memilih sepatu yang diinginkan,cari nomor yang biasa dipakai, lalu dicoba. Nyatanya, dengan cara seperti ini pernah salah juga.

Ada yang menyarankan supaya saya mengukur kaki terlebih dulu. Ukuran kaki tiap wanita berbeda. Individual banget! Panjang kaki bisa sama tapi lebar kaki belum tentu sama.

Mengetahui ukuran lebar dan panjang kaki bermanfaat untuk mendapat ukuran sepatu wanita hak datar yang pas. Idealnya, sepatu yang dipakai memiliki ruang kosong 1,2 cm dari jari terpanjang (kompas.com).

Cara mengukur telapak kaki bisa dilakukan dengan dua cara. yang pertama, langsung mengukur panjang dan lebar kaki dengan meteran. Sedangkan yang kedua dengan menjiplak kaki di atas kertas. Lalu, ukurlah dengan penggaris.

Selain itu bisa juga digunakan untuk mendapatkan model sepatu yang pas. Model ujung sepatu kan bermacam-macam, ada yang runcing, oval dan persegi.

memakai-sepatu-hak-datar-the-warna
nyaman dipakai
  1. Pilihlah sepatu datar wanita yang memiliki bantalan pada bagian tumit

Ini demi alasan kesehatan. Telapak kaki terutama bagian tumit akan menanggung beban berat ketika sepatu yang dipakai tidak dilengkapi bantalan.

Fungsi bantalan itu sebagai peredam agar kaki tak menanggung beban terlalu berat. Dalam jangka panjang ini bisa menyebabkan nyeri otot, kram bahkan sakit punggung dan masalah pada lutut.

  1. Hindari sepatu yang benar-benar datar

Pilihlah sepatu datar yang tak terlalu trepes. Pernah lihat kan sepatu yang datar banget. Ternyata, sepatu model seperti ini kurang baik untuk kesehatan. Kaki terasa panas dan pegal jika memakai sepatu yang terlalu trepes.

Jadi, meskipun namanya sepatu datar, pilihlah sepatu dengan bagian tumitnya lebih tinggi. Maksudnya, supaya beban tubuh tak terpusat di tumit saja namun tersebar ke seluruh bagian kaki. Hal ini bisa untuk menghindari efek nyeri pinggul, lho.

Lalu seberapa tinggi sih bagian tumitnya? Tentu saja tidak lebih dari 3 cm ya, kalau lebih dari itu namanya bukan flat shoes lagi, deh!

  1. Perhatikan Tipe Ujung Jari Kaki

Untuk apa sih, harus memperhatikan ujung kaki kita? Tujuan itu untuk memperoleh model sepatu yang pas. Gaya sepatu bagian depan ada bermacam-macam. Flat shoes juga memiliki gaya bagian depan yang berbeda. Ada yang berbentuk lancip, membulat dan persegi. Nah, bentuk ujung kaki ternyata berbeda-beda. Setidaknya ada 5 bentuk tipe bentuk jari kaki: Egyptian, Roman, Greek, Germanic dan Celtic.

tipe-jari-kaki
sumber: kaskus.co.id

Tipe Egyptian misalnya, akan mudah jika harus memakai sepatu dengan ujung runcing. Sebaliknya tipe kaki seperti Germanic yang cenderung persegi tentu tidak pas jika memakai sepatu berujung runcing.

Setelah tahu tips di atas saya tidak bingung lagi ketika akan membeli sepatu wanita hak datar (flat shoes). Bahkan untuk membeli secara online tidak kawatir lagi karena sudah tahu pasti ukuran kaki dan bentuk ujung jari kaki.

Sepatu Etnik Masa Kini dari The Warna

Bicara soal pilihan sepatu, beberapa waktu lalu saya memilih sepatu etnik masa kini, The Warna. Salah satu alasannya, karena The Warna menyediakan pilihan flat shoes dengan motif etnik yang cantik-cantik. Ada motif batik, jumputan, songket dan lurik dari berbagai daerah di nusantara.

Ternyata The Warna itu singkatan dari “Warisan Nusantara”. Jadi pemilik dari The Warna itu ingin mengangkat aneka motif kain tradisional yang ada di Indonesia dalam sepatu.

Dari sekian banyak motif, akhirnya saya memilih motif “Mahadewi”. Sepatu berbahan kulit sintetis, berwarna baby pink ini memikat hatiku. Mengapa? Karena ada motif kain Songket Palembang nan cantik berhiaskan pita. Rupanya, pikiran saya belum bisa move on dari Palembang, hehehe.

mahadewi-flat-shoes-the-warna
motif songket Palembang nan cantik

Setelah dipakai, flat shoes The Warna memang nyaman di kaki. Dalaman sepatunya empuk, ada bantalan di bagian tumitnya.

Ujung sepatu meruncing tapi tidak tajam, ini pas dengan bentuk jari kaki saya yang masuk dalam tipe Egyptian. Selain itu, sol sepatu The Warna keset, tidak kawatir lagi ketika jalan di lantai yang licin. Bagian tumit juga lebih tinggi, jadi sudah sesuai, kan, dengan tips memilih flat shoes yang saya tulis di atas, ya.

Satu lagi alasan saya memilih sepatu The Warna itu soal harganya yang ramah di kantong saya. Untuk tipe Mahadewi harganya Rp. 185.000, 00. Tuh, kan, nggak mahal!

Jangan kawatir, The Warna telah menyediakan size chart sepatu koleksinya. Setelah tahu ukuran kaki kita, tinggal cocokan deh, dengan chart nya.

Size-chart-sepatu-The-Warna

Kalau teman-teman tertarik memakai sepatu The Warna seperti saya, bisa tuh di kepoin dulu sosial medianya.

Jika ingin memesan sepatu The Warna, tinggal hubungi Customer Servicenya di nomor WhatsApp 0815 1750 9265

Bagi saya memakai flat shoes dari The Warna tak sekadar nyaman. Memakai sepatu The Warna bentuk kecintaan saya terhadap produk dalam negeri. Pun ini adalah wujud kecintaan saya terhadap Indonesia.

Saya pikir, sudah saatnya motif kain tradisional nusantara lebih dikenal luas dalam berbagai bentuk, salah satunya sepatu. Semoga tips memilih flat shoes yang saya bagi bisa bermanfaat buat teman-teman.

Bagi teman-teman yang memiliki pengalaman seputar memilih sepatu flat shoes atau memiliki sepatu etnik, silahkan berbagi cerita di kolom komentar, ya.

Happy Weekend, semuanya!

 

41 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.