Pengin Bikin Pizza Tapi Terkendala Alat dan Bahan? Coba, deh Resep Pizza Teflon Yang Ini!

Pengin bikin Pizza tapi terkendala karena nggak punya oven?Atau memiliki oven tapi bahan-bahan untuk membuat Pizza tak kunjung komplit. Alhasil, membuat Pizza sekadar dalam angan saja. Hm, coba deh, manfaatkan  bahan yang tersedia di kulkas. Manfaatkan pula perkakas dapur yang mampu menggantikan peran oven untuk memanggang Pizza.

Iya, nggak papa, supaya memasak, membuat roti atau kue menjadi lebih mudah. Mengenai substitusi bahan maupun alat, hal biasa, kan. Di luar sana banyak ibu-ibu yang kreatif, bikin saya terkagum-kagum. Bisa aja, punya ide ini dan itu. Plus cara serta alat yang dipakai itu lho, kadang sama sekali nggak terpikir oleh saya.

Contohnya, ada ibu yang memanggang Pizza menggunakan rice cooker. Swear, deh, selama ini paling banter saya menggunakan rice cooker untuk memasak nasi. Tuh, kan, soal mengakali keterbatasan, kita memang keren, bukan?Asal, mengakalinya untuk hal yang baik aja, sih.

Nah, kali ini, saya membuat Pizza dengan menggunakan teflon. Kapan-kapan aja mencoba bikin Pizza pakai rice cooker. Mengapa teflon lagi? Menurut saya, lebih mudah dan praktis, aja. Soalnya, eng..lagi menghemat pemakaian listrik juga.Hehehe!

Pizza berupa roti bundar yang dipanggang, diolesi dengan saus dan diberi topping macam-macam serta diberi bumbu rempah seperti daun basil dan oregano

Sekarang sih, bentuk Pizza ada yang persegi jadi tak selalu bundar. Asal muasal makanan yang satu ini konon masih diperdebatkan. Tapi faktanya, Pizza memang populer di Italia sejak berabad lalu.

pizza-kare

Dari sekian resep Pizza yang telah saya coba, resep dari Peter Reinhart ini yang paling mudah dibuat. Nggak perlu capek menguleni dan nggak perlu pula banting-banting adonan kek orang lagi marah itu. Pokoknya, resep ini anti pegel, anti ribet alias mudah.

Biasanya Pizza dipanggang di oven, tapi karena teflon ternyata bisa digunakan untuk memanggang maka saya pun memanggang Pizza dengan teflon. Nah, seperti yang sudah pernah saya katakan di post tentang martabak manis teflon, bahwa memanggang memakai teflon itu agak tricky.

Kalau apinya kebesaran bisa cepat gosong sementara adonan belum matang sempurna. Jadi, apinya kecil saja, trus tutup dech teflonnya. Tunggu beberapa menit, maka Pizza Teflon telah matang.

Pizza Dan Keju Mozzarella

Ngomong-ngomong soal Pizza, anak-anak saya tuh suka Pizza dengan topping yang banyak. Sausnya banyak dan isinya banyak apalagi kalau ada keju Mozzarela.

Mozzarela berasal dari kata Mozzare (Bahasa Itali) yang memiliki makna memotong. Jadi keju Mozzarela itu keju yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong” (Wikipedia)

keju-mozzarela
pixabay

Keju Mozzarella terbuat dari susu, baik susu sapi (mozzarella fior di latte) maupun susu kerbau (mozzarella di bufala). Warna keju Mozzarella berbeda-beda. Pada umumnya sih, warna keju Mozzarella segar itu putih. Namun, adakalanya warnanya kuning. Hal ini konon dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi oleh sapi atau kerbau yang susunya dioleh menjadi keju.

Kalau di pasaran, sejauh yang saya pernah temui. Ada keju mozzarella yang berwarna putih itu seperti merek Anchor. Sementara itu yang berwarna kuning terang itu seperti keju Mozzarela produksi KKPS Pengalengan.

Memang, harga keju mozzarella di pasaran cukup mahal. Kalau mau, ada sich, keju mozzarella yang kualitas kw tapi dari sisi rasa, lebih enak rasa keju mozzarella asli, hehehe.

Nah, kalau mau bisa diganti dengan keju Quickmelt. Sama-sama meleleh kok, dan rasanya juga enak. Saya juga memakai keju Quickmelt, saat membuat Pizza Teflon. Keju ini lebih mudah didapat, tinggal beli di minimarket dekat rumah. Harganya pun lebih murah dibanding dengan keju Mozzarella. Sementara keju Mozzarella, harus dibeli di toko bahan kue. Jauh! Kalau mau ekonomis ya, pakai yang Quickmelt aja.

Cara Membuat Pizza Teflon

Resep Pieter Reinhart ini saya dapat dari blognya Mba Endang, Just Try And Taste. Berikut ini bahan-bahannya:

  • Terigu protein tinggi 500 gram
  • Ragi instan 7 gram
  • Air es 400 ml
  • Minyak sayur/minyak zaitun 50 ml
  • Garam 1 ½ sdt
  • Sedikit tepung untuk taburan

Untuk toppingnya bebas aja ya sesuai selera. Saya kemarin memakai bahan yang adadi kulkas, seperti sosis dan abon sapid an keju quickmelt. Sementara untuk sausnya saya memakai resep dari Mba Endang tapi nggak pakai Italian Seasoning.

Saus :

  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang Bombay 1 buah
  • Merica bubuk ¼ sdt
  • Pala bubuk ¼ sdt
  • Saus tomat botolan 70 gram
  • Saus sambal botolan 30 gram
  • Gula pasir 1 ½ sdm
  • Garam ¼ sdt
  • Air 50 ml

Cara Membuat Saus:

  1. Tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan saus tomat dan saus sambal
  3. Beri lada bubuk dan pala bubuk.
  4. Beri sedikit air.
  5. Jangan lupamasukkan gula dan garam
  6. Masukkan sosis dan tumis hingga usut airnya.
  7. Terakhir masukkan abon lalu matikan kompor. Abon nggak usah terlalu lama dimasaknya biar teksturnya masih utuh.

Cara Membuat Adonan Pizza:

  1. Campur terigu dan ragi, aduk rata.Masukkan garam, aduk rata. Jika takut raginya mati karena bertemu garam. Maka bisa memasukkan garam setelah diberi air.
  2. Setelah adonan rata, masukkan minyak dan air. Uleni hingga tidak lengket lagi.
  3. Tutup adonan dengan serbet dan biarkan mengembang.
  4. Setelah mengembang, adonan bisa langsung diberi saus dan topping. Bisa juga disimpan dulu di dalam kulkas dengan dibungkus plastik.
  5. Jika tanpa disimpan, maka tata adonan Pizza di atas teflon. Beri saus dan taburi dengan topping, keju dan oregano.cara-membuat-pizza-tefloncara-membuat-pizza-teflon2ara-membuat-pizza-teflon3
  6. Panggang Pizza hingga berwarna kecoklatan, kurang lebih 15-20 menit tergantung api.

Tralala, trililii, ini dia Pizza Teflon buatan sendiri. Gimana, mudah kan cara membuatnya? Nggak perlu pake acara banting-banting adonan, seteflon Pizza topping Sosis Abon siap disantap. Nah, untuk topping bisa diganti sesuai selera ataupun ketersediaan bahan di kulkas masing-masing, ya.

Setelah tahu ternyata membuat Pizza bisa sesederhana dan semudah itu, kira-kira, tertarik membuat Pizza teflon sendiri nggak teman-teman? Nggak pengin? Ciyus, nih? Ya, nggak papa juga sih, kan nggak semua dari kita suka memasak ataupun baking.

Kalau nggak, mending pesen Pizza sama saya, aja! Eh, gimana?? *Blinking eyes*

Happy nice weekend, teman!

 

10 Replies to “Pengin Bikin Pizza Tapi Terkendala Alat dan Bahan? Coba, deh Resep Pizza Teflon Yang Ini!”

  1. Aku pilih pesen sama mak ety aja ah..udah enak, harganya terjangkau, nggak pakai ribet…hahaha

  2. tepung terigu berprotein tinggi itu yang merk apa Mba? Aku koq ngga mudeng ini. Tapi beneran, aku kayak Mbak Sarah aja, beli di Mbak Ety, wkwkwwk..

  3. Kliatannya sih ga susah. Tapi males bikin hahahaha. Idem ama yg laen.. beli di mak ety aja

  4. haha, thanks resepnya mak. nggak perlu banting2 adonan. kalo di banting yang ada adonannya malah terbang entah kemana,,,,

  5. Baru tahu bisa bikin pizza dari teflon. Nice Info !

  6. mau coba mba kok liatnya gampang banget hehehe tapi ga tau deh kalau aku yang bikin hahaha..makasi resepnya mba bener2 menginspirasi biar bisa

    1. Emang gampang kok mba. Coba , deh.

  7. Mak, pas manggangnya itu teflonnya ditutup atau tidak?
    karena kalau buat gak bisa ngembang

    1. Di tutup mak

  8. Biarpun aku udah tau cara bikin nya, tapi aku tetep suka dibikinin mba Ety.. Hahaha.. Mau yg pake keju gitu mbaaa, makin enak kayak nya 😍

Leave a Reply