Adakah Cara Ampuh Basmi Bau Pada Tupperware?Ataukah Sebuah Misteri?

Begini, saya mau bilang kalau urusan Tupperware itu memang rumit buat banyak perempuan. Selain soal kehilangan Tupperware yang konon bisa menganggu keharmonisan rumahtangga, ada hal lain yang juga bikin puyeng. Salah satunya, soal bau tak sedap yang menempel bandel di Tupperware. Urusan ini bikin bete karena wadah tersebut jadi nggak bisa dipakai.

Saya punya pengalaman soal bau yang tertinggal di Tupperware. Duh, yang satu ini, bandel banget. Sudah dicuci berulang-ulang pakai sabun pencuci piring, dan jeruk nipis tapi itu bau nggak hilang-hilang. Berkurang sih, tapi belum bisa hilang sama sekali.

Ceritanya, saya pakai Tupperware untuk menyimpan cuko pempek. Tahu, kan, aroma cuko itu tajam. Ditambah lagi, cuko itu kan nggak sekali habis. Jadi bisa sampai beberapa hari tersimpan di wadah. Jadilah, itu aroma cuko makin menempel manja di Tupperware kesayangan.

Awalnya sih nggak pernah kepikiran bakal susah membersihkan baunya. Soalnya, tetanggaku kek nya pada nyantai aja nyimpen cuko di Tupperware, hahaha. Tapi ternyata saya salah perhitungan, huhuhu. Bau cuko tetap ada padahal sudah dicuci berulang-ulang.

Terpaksa deh, itu wadah diistirahatkan sampai sekarang. Belum dipakai lagi. Sayang, kan, udah beli mahal-mahal tapi nggak bisa dipakai. Ini, nih yang suka bikin sedih.

ini dia tupperware yang masih bau cuko

Baru kemarin sore, seorang teman menyarankan sebaiknya cuko pempek disimpan di botol kaca saja. Jangan pakai Tupperware, karena memang bakal susah hilang. Yah, telat deh! Kalau sudah terlanjur, gimana dong?

Bukannya nggak pernah mencari tahu tentang cara basmi bau pada Tupperware, lho. Hanya saja, ternyata banyak cara yang disarankan. Beberapa diantaranya dibersihkan dengan bahan-bahan yang sudah saya coba juga seperti jeruk nipis. Tapi, ya gitu deh, untuk bau cuko kok nggak ampuh ya?

Sementara untuk cara dan bahan lain memang belum pernah mencobanya, sih. Maunya, pakai cara yang sudah terbukti gitu. Makanya, saya pun bertanya sama teman-teman soal ini. Hm, jawabannya beragam, qeqeqe.

Bahkan teman saya yang bernama Mutia bilang, kalau cara membasmi bau pada Tupperware itu sebuah misteri. Argh, Mut, kau bikin takut ajaa. Dia bilang begitu, mungkin karena belum menemukan cara yang ampuh untuk membasmi bau pada Tupperware.

Ya, seperti saya gitu, masih bertanya-tanya dan mencarinya. Kalau teman-teman gimana, adakah yang menghadapi persoalan yang sama?

Mending, saya rangkumkan saja ya, bahan-bahan pembasmi bau pada Tupperware rekomendasi teman-teman saya itu.

Bahan Pembasmi Bau Tak Sedap Pada Tupperware

  • Jeruk Nipis

Ini paling banyak yang merekomendasikan. Jeruk nipis memang dari dulu diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap dari bekas makanan. Lihat saja, sabun pencuci piring juga memakai jeruk nipis sebagai salah satu bahannya.

Hanya saja, untuk bau cuko di Tupperware saya, nggak mempan. Apa cara saya memakainya nggak tepat, ya?

  • Citrun Zuur

Kebetulan saya sih akrab dengan bahan yang satu ini. Biasanya malah saya pakai untuk membersihkan noda membandel di keramik kamar mandi. Tapi, bakal ampuh nggak ya, untuk menghilangkan bau cuko? Belum sempat nyoba, tapi bolehlah. Nggak ada salahnya dicoba kan? Siapa tahu berhasil.

  • Baking Soda

Serupa dengan poin nomer dua, baking soda katanya juga bisa membasmi bau tak sedap pada Tupperware. Adakah yang sudah pernah mencoba dan berhasil?

Terus terang kalau saya belum pernah mencobanya. Selama ini hanya tahu manfaat baking soda untuk menghilangkan noda saja. Okelah, ini juga masuk list untuk dicoba.

  • Kertas Koran

Poin yang ini, saya dapatkan setelah membaca di laman Tupperware. Jadi, menurut Tupperware, bau yang tertinggal itu karena wadah lama disimpan atau bisa juga karena kesalahan dalam mencuci.

Kesalahan mencuci yang dimaksud adalah tidak merendam wadah dalam air hangat dan sabun. Kalau dingat-ingat sih, waktu itu langsung dicuci tanpa air hangat deh. Rupanya ini biang keroknya.

Tupperware memberikan solusi begini:

Cuci bersih wadah dan keringkan. Lalu masukkan koran dan simpan dalam kondisi tertutup selama beberapa hari. Kemudian cuci bersih kembali wadah itu, keringkan. Jangan lupa, untuk menyimpan wadah dalam kondisi terpisah antara wadah dan tutupnya. Tujuannya, agar ada pergantian udara dan mencegah ada bau tak sedap yang tertinggal.

Kalau merujuk poin 4, apa yang terjadi pada Tupperware saya memang ada kesalahan pada saat mencuci dan menyimpan. Iya, saya biasanya menyimpan wadahnya dalam kondisi tertutup gitu, nggak dipisahin. Ya ampuun, nggak pernah kepikiran sejauh itu. Tuh, kan bener kata saya, urusan Tupperware memang rumit, hahaha.

Yo wes, laah, yang penting saya sudah punya beberapa pilihan solusi. Semoga sih, salah satunya bisa ampuh membasmi bau tak sedap pada Tupperware koleksi saya. Haiyaah, koleksi katanya! Padahal punya Tupperware, cuma beberapa doang dan dipakai semua, qeqeqe. Kalau pun ada yang disimpan itu karena tutupnya rusak dan belum sempat ditukarkan.

Buat teman-teman yang biasa memakai Tupperware, silahkan sharing di kolom komentar ya. Barangkali punya cara ampuh membasmi bau pada Tupperware. Kalau sudah terbukti, saya pengin ikut menerapkannya. Semoga urusan ini tak lagi sebuah misteri buat saya.

30 Replies to “Adakah Cara Ampuh Basmi Bau Pada Tupperware?Ataukah Sebuah Misteri?”

  1. Kalau saia dulu pake kopi bubuk trs ditaburin..
    Didiemin beberapa menit, baru dicuci..

    Seenggaknya bau kopi itu wangi.. hehe

    1. Noted, boleh dicoba tips nya.

  2. Oohh ternyata harus dicuci air hangat dulu.. baru tau ini sih. Tp emang bau cuko kuat bgt y mak..makanya aq selaku simpan di botol kaca.. hehehe

    1. Iya mak.
      Iya nih, nyesel juga tupperware buat nyimpen cuko.

  3. Betul itu direndam air hangat. Tapi sejauh ini Mae ga pernah mengalami bau di tupperware sih, soalnya ngga buat nyimpen macem-macem yang bau.

    1. Lebih baik jangan simpan sesuatu yang berbau tajam mba.Eman-eman.

  4. Kenapa paling gampang pakai detergen cuci baju ya..hahaha..
    Tapi kadang habis itu masih bau wangi, terus aku kasih kopi untuk menteralkan lagi baunya
    .

    1. Hahaha, aku mau coba maju mundur.
      Ngebayangin deterjennya.

  5. Aku sekarang nyimpen cuko nggak pernah di wadah yg dipake lagu, selalu pke wadah air mineral or sejenisnya. Ya gara2 males rempong nyuci bau membandelnya. Kyknya tetanggamu memang rutin pke wadah itu buat cuka pempek, jd gak masalah.

    1. Nah itu dia Mba Diba, tempo hari nggak kepikiran seperti itu.
      Iya kali ya, jadi itu tuppeware memang khusus buat cuko.

  6. Nah, kalau noda kekuningan gitu gimana ya? Pernah Tupperware dipake buat naruh opor, terus ada bekas kuningnya gitu, hiks..

    1. Wah, nggak tahu deh mba.

  7. Nah, saya pakai kertas koran mak ety, pernah botol Tupperware saya pakai bawa teh, dan hasilnya baunya ga ilang. Cucinya direndem pakai air sabun, eh malah bau sabunnya nempel. Alhasil hilang dikasih kertas koran beberapa hari setelah wadah kering.

    1. Wah, noted Manda. Jadi kertas koran manjur ya.

  8. Kertas koran? Nggak takut ada tintanya nempel, gak ketahuan, Mbak Ety?

    Kalo pake air hangat atau setengah panas, bisa dicoba dulu tuh, beberapa kali. Paling enak air keran kalo pas matahari lagi terik-teriknya tuh, biar nggak perlu masak air dulu 😀

    1. Nggak Mba Niar. Kan nanti dibilas lagi pake air dan sabun.

  9. Aarrgghh… aku kalau simpan tupperware juga dijadikan satu gituu.. Awalnya dipisah, tapi sekarang nggak lagi, soalnya ngabisin tempat 😛
    Hmm, pantes aja jadi nggak enak ya baunya 🙁

    1. Sama, betul makan tempat emang tapi ternyata ada gunannya.

  10. Ceritanya abis dipakai nyimpen rendang. Baunya nggak hilang.-hilang. Belum pernah nyoba nyuci pakai air hangat. Cuma kalau abis beli aja dicuci dengan air hangat. Setelah itu nggak lagi. Makasih sharingnya. Perlu bersih-bersih tupperware biar nggak bau lagi.

    1. Iya mba, namanya bahan plastik memang agak tricky nyucinya.

  11. Iya aku suka pake air anget Mak, tapi emang ya kadang nurus tupperware rada rempong hahaha, belom lagi di rumah abis digigitin tikus, cuma ujungnya doang lagi. Kenapaaa ga semuanya kan ga sakit hati, kalo cuma dikit atit ati, nangis dipojokan

    1. Betul Teh, itu tikus kok nggigitin perabotan sukanya ama tupperware ya. Padahal ada wadah plastik merek lain. tahu aja, wadah mahal, wkwkwk.

  12. Selain bau, saya juga masih bingung cari tau cara hilangin noda sambal di tutup Tupperware warna putih.

    Pernah baca untuk bau bisa pakai kopi, tapi gak berhasil di saya 🙁

    1. Masih misteri ya Mba?
      Noda di plastik juga susah hilang ya.

  13. baru tau mb direndem air hanget biasanya langsung tak cucinn emang baunya suka bandel next mau cobain ah

    1. Silahkan dicoba ya Mba.

  14. saya nggak punya cara khusus mbak.. cuci pakai sabun pencuci piring aja gitu.. dipakai hari-hari juga sih.. dan nggak terlalu diperhatikan bau makanannya (ntah sambel gitu) tertinggal. hehe terlalu ya. saya tertarik dengan tips nomor 4 tu. untuk tupperware yang disayang, pakainya sesekali, cantik dan lumayan mahal maulah nyobain yg tips 4..

    1. Hihihi, iya mba. Karena bagus dan mahal makanya disayang-sayang.
      Treatmen nya juga harus khusus.

  15. Bermanfaat sekali, kalau saya setelah dicuci dan dikeringkan, wadahnya dibiarkan terbuka aja mbak…

    1. Makasih mba sharingnya.

Leave a Reply