Cara Aman Menyimpan Masakan

​Sebetulnya, saya jarang masak dalam jumlah besar. Di rumah cuma berempat, apalagi anak-anak sekolah sampai sore jadi makan siang di sekolah. Si bungsu, sekolahnya mewajibkan ikut katering jadi nggak bawa bekal dari rumah. Sementara kakaknya nggak setiap hari mau bawa bekal. Saya masak secukupnya untuk sekali makan. Jadi, nggak ada sisa masakan. Tapi, sekali tempo keadaan mengharuskan saya menyetok masakan. Nah, soal ini saya pilih berhati-hati, agar masakan tidak cepat basi.

Biasanya saya akan menyetok masakan ketika ada aktivitas di luar kota yang bakal menyita waktu seharian atau bahkan beberapa hari. Misalnya saat saya harus pergi ke Jogja. Saya lebih tenang bepergian ketika saya menyetok masakan matang.

Tapi, nggak sembarangan juga sih memilih jenis masakan yang akan disimpan. Biasanya saya memilih menyetok masakan yang memang masih terasa enak meskipun telah disimpan satu atau dua hari. Contohnya seperti rendang, empal, serundeng, kering tempe, kering kentang dan beberapa masakan yang kering.

Masakan yang saya sebutkan tadi kan terkenal lebih awet dibanding dengan masakan yang berkuah. Selain itu, kalau mau dihangatkan juga mudah dilakukan. Tinggal masukan ke microvawe. Praktis dan nggak bakal bikin repot suami.

Paling-paling suami akan sedikit repot kalau harus menggoreng ayam atau membakar ayam. Biasanya saya menyetok ayam ungkep dan sambal matang. Jadi suami, tinggal menggoreng atau membakar saja. Nggak perlu menguleg cabe karena sambal sudah saya buatkan.

 

Rencananya, dua hari berturut-turut saya bakal keluar kota. Pergi sebelum subuh dan sampai di rumah lagi pasti sudah malam. Saatnya saya memilih masakan yang mau distok.

Untuk yang satu ini saya mengikuti permintaan anak-anak. Mereka sih sudah hafal, kalau mau ditinggal pergi pasti bakal makan masakan yang tak berkuah. Jadi nggak akan minta dimasakin sayur sop dan lain-lain.

Selama ini, cara menyimpan masakan yang saya lakukan berhasil. Artinya masakan nggak basi jadi aman di konsumsi.

Begini cara aman menyimpan masakan yang biasa saya lakukan:

  • Tunggu masakan dingin. Jangan menyimpan masakan dalam kondisi panas. Apalagi dalam wadah tertutup. Menyimpan masakan panas dalam wadah tertutup bikin masakan lekas basi.
  • Simpan masakan dalam wadah kedap udara. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah masuknya bakteri yang bisa membuat basi makanan.
  • Sebelum dipakai, cuci bersih dulu wadahnya.
  • Jangan lupa keringkan wadahnya sebelum dipakai.
  • Jangan menyimpan masakan terlalu lama. Simpanlah masakan tersebut maksimal 4 hari. Jangan lebih dari itu walaupun itu masakan yang tidak berkuah. Supaya tetap aman dikonsumsi. Saya paling lama menyetok masakan kering selama 3 hari.
  • Simpan wadah masakan tadi di dalam kulkas. Jangan disimpan disuhu ruang karena bisa cepat basi.
  • Ketika di kulkas jauhkan dari bahan makanan mentah agar tak terkontaminasi bakteri.

Oh ya, ngomongin soal wadah kedap udara, saya jadi inget sesuatu. Duh, sesuatu ini bakal bikin happy, emak-emak pemburu perabotan, qeqeqe.

Soalnya, saya udah duluan berburu dan seneng banget dengan kualitas perabotannya. Makanya, saya kasih tahu di sini biar banyak emak ikutan happy. Etapi, yang belum emak-emak boleh banget ikutan. Ya, ibaratnya nyicil perabotan sebelum menikah. Biar nggak berat, gitu.

Begini, perabotan yang saya pakai itu namanya KIMI Container Glass. Produk ini berupa kotak penyimpanan makanan yang fungsinya banyak. Selain bisa digunakan di dalam kulkas dan microvave, KIMI juga aman dipakai di dalam oven. Hal lainnya yang bikin saya suka adalah cara membersihkannya juga mudah bahkan bisa dicuci dalam dishwaser.

Saya mendapatkan produk KIMI karena ikutan promonya Alfamart yaitu #AlfamartAirTightContainerGlass. Cara ikutan promo ini juga mudah, lho.

Cukup belanja sebesar Rp. 40.000,00 yang didalamnya ada produk sponsor sebesar Rp. 10.000, 00 maka berkesempatan mendapatkan KIMI Container Glass  dimulai dari harga Rp. 39.900, 00

KIMI Container Glass, tersedia dalam 3 ukuran 500 ml,  1500 ml dan 3000 ml. Oh ya, promo ini berlangsung sampai tanggal 30 November 2017 ya.

Nggak cuma KIMI sih, yang bisa dikoleksi. Ada promo yang lain yaitu Disney Tsum-tsum. Kita bisa mendapatan Tsum-Tsum Deep Plate Set atau Serving Plate Set dengan harga khusus yaitu mulai dari Rp. 49.900,00.

Lucu ya, motifnya. Cocok untuk menyajikan masakan atau makanan untuk anak-anak kita dan teman-temannya. Kalau perangkatnya lucu begini, anak saya yang bungsu bakal tambah semangat makan.

Caranya gimana? Caranya sama kok dengan promo KIMI Container Glass. Mudah, kan?

Kabar baiknya lagi, setiap pembelanjaan senilai Rp.100.000,00 berhak ikutan SUA 18 tahun Alfamart. Caranya juga mudah!

Masukkan nomor transaksi dan kode yang ada di ekor struk untuk mendapatkan nomor undian. Tapi sebelumnya harus registrasi dulu, ya.

Bagi yang beruntung akan mendapatkan emas, huwoow. Gimana? Bikin kepengin kan?. Oh ya, kalau ada yang masih kurang jelas, bisa baca keterangan lengkapnya di sua18.alfamartku.com . Periode undiannya sampai 15 November 2017, ya.

Duh, saya happy nya bisa dobel begini ya, hahaha. Happy karena dapat perabot baru dan berbagi informasi promo #AlfamartAirTightContainerGlass #AlfamartTsumTsum dan #18thAlfamart. Selain itu saya juga happy bisa berbagi cara aman menyimpan masakan agar tak cepat basi.

Met berburu promo, ya!

33 Replies to “Cara Aman Menyimpan Masakan”

  1. Akupun dah punya KIMI iniii. kece banget ya maaak airtight container glass iniii <3

    1. Hehehe, iya mbaa…banyak manfaat dan bagus

  2. Aku udah punya KIMI *horeee, asli suka bener produknya. Kualitasnya bagus harga pun aman di kantong. Sekarang lagi cari yang tsum-tsum nih, semoga masih kebagian

    1. Aku masih pengin nyari kimi yg kecil ama yg besar

  3. Akuu juga punya inii.. Ini tipsnya sama banget sama yang suka dibilang mertuaku mbaak, apalagi poin pertama. Mesti diinget banget deh itu. Harus tunggu dingin dulu sebelum disimpan.. Thanks ya mbaak for the tips 😉

    1. Iya mbaa…panas2 disimpen jd cepet basi.
      Sama-sama mba

  4. wuaaa…. belanja-belanja… mupeng akuuuu

    1. Ayooo…lumayan ini tebus murah

  5. belum punya KIMI nya niiiih, smoga kalau belanja lagi masih ada

    1. Tapi tsum2 nya udah komplit yaa mba..met berburu mumpung masih ada waktu

  6. Kontainernya multifungsi ya mbk. Pingin beli

    1. Iya mbaa..silahkan mba..bisa buat baking juga..nggak rugi deh kalo punya

  7. Aku sudah dapet juga, untung belum kehabisan 😀

    1. Mba liany gercep banget. Hihihi..nambah lagi yuk

  8. Wah food container kita samaan, mbak. Aku juga punya si Kimi ini. Birunya cakep, udah gitu kualitasnya bagus.

    1. Iyaa mba ..warnanya bagus dan kualitasnya bagus.

  9. Naksir Tsum Tsum serving plate yg hitam putih. Aku udah punya deep plate-nya. Kayaknya harus belanja ke Alfamart lagi nih hehehe

    1. Semangat Makte..mumpung masih ada waktu..semoga gak kehabisan

  10. naksir toplesny maak….harus ke Alfamart kiii

  11. Cieee yang mau ke luar kota. Bekalnya bakal aman ditaroh di countainer itu ya, Mbak. 😉

  12. Aku mau buat nyimpen salad nih. Tutupnya kedap semoga kondisi buahnya tetap bagus.

  13. Hooo jadi terinspirasi bikin kering Tempe dan kering kentang terus simpen rapat di KIMI airtight container glass

  14. Samaan kita mbak, daku juga kalau keluar kota berhari2 pasti nyetok makanan kering apa ayam ungkep di rumah buat suami. Selama ini biasanya simpen di tempat makan plastik, makanya seneng banget waktu tau ada si KIMI ini. Langsung beli yang ukuran sedang. Ini masih ngincer yang paling gede.

  15. Aku juga suka nyetok. Terutama masakan seperti daging dan ayam. Ini membantu sekali ketika aku lagi sibuk. Menyiapkan makan buat keluarga nggak bakal repot lagi. Tinggal dipanaskan sebentar, selesai.

  16. Bagus wadahnya…
    Gampang juga gak nyucinya mbak?

  17. Aku juga gitu. Beberapa kali nyimpen makanan, taruh magic com. Besoknya masih tetep enak 😀

  18. Sudah punya yang KIMI tapi baru dipake untuk nyimpen makanan aja. Belum dipake baking XD

  19. Tips menyimpan makanannya catet ah, penting neh. kimi ini andalanku juga neh sekarang di rumah buat simpen makanann

  20. Samaan mbaaa. KIMI pinya aku juga dipake untuk nyimpen makanan supaya awet. Besoknya tinggal masuk mivrowave deh..

  21. Mbak, kalau tutupnya Kimi bisa masuk dalam oven juga? Ih gemes deh, containernya cantik

  22. Memang wadah2 penyimpanan kayak KIMI gak ada matinya! Pasti kepakenya. Apalagi buat yg waktu memasaknya terbatas, jd kudu nyetok makanan.

  23. Ini itungannya murah ya mba container glassnya, lihat harga produk sejenis, lumayan harganya..harus gercep nih, ntar kehabisan

  24. Perlu banget ya Mba’, nyetok makanan ketika pergi. Jadi Emak-emak emang kudu gitu ya, fisik di luar, badan tetap di rumah, mikirin anak sama suami. Thanks for sharing Mba’. 🙂

Leave a Reply