Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Competition,  Uncategorized

Ingin Memiliki Keluarga Harmonis? Simak Deh,Tips Keluarga Harmonis Ala Hijup Dan Resik-V Berikut Ini!

“Tidak ada yang tersisa dari pasangan pengantin tua kecuali kualitas persahabatannya”

(Jhon Gottman)

Kalimat itu pertamakali saya dengar dari kajian Ust. Cahyadi Takariawan mengenai fase yang paling akhir dalam pernikahan yaitu real love. Ini terjadi pada pasangan suami istri yang sudah sama-sama tua namun tetap saling mencinta dan bersedia menerima pasangan apa adanya. So sweet ya.

Setiap pasangan tentu mendambakan bisa sampai ke fase real love. Fase dimana cinta yang ada sudah melampaui batas-batas sebab. Saya mencintai pasangan sebab a,b,c,d dan seterusnya, tidak lagi seperti itu. Yang ada hanya cinta yang mendalam.

Mereka yang tetap bisa bersama pasangan hingga usia tua bahkan sudah tak bisa lagi menjawab atas sebab apa mereka saling mencintai. (Ust. Cahyadi Takariawan, Wonderful Family)

Sayangnya tidak semua pasangan bisa mencapai ke fase tersebut. Buktinya beberapa dari mereka memilih untuk bercerai. Ini apa artinya? Bahwa untuk mencapai tahap real love itu harus diupayakan kedua belah pihak. Ketika salah satunya sudah ingin mengakhiri maka keluarga hamonis hingga fase real love hanya sekadar cita-cita yang tak tergapai. Saya dan suami termasuk pasangan yang mendambakan bisa sampai ke fase real love.

keluarga-harmonis
Pixabay

November ini, genap 13 tahun usia keluarga kami. Dalam perjalanannya, tak selalu bahagia, ada lah yang namanya sedih, marah, bahkan bertengkar karena masalah satu persatu hadir dalam kehidupan kami. Yang terpenting masing-masing harus memiliki komitmen untuk menjaga agar keluarga harmonis senantiasa, apapun masalah yang dihadapi.

Bicara soal menjaga keharmonisan rumahtangga kaitannya dengan upaya mencapai real love, alhamdulilah saya mendapatkan sharing pengalaman di  #HIJUPBloggersMeetUp x Arisan Resik Jogjakarta tanggal 25 November 2017 yang lalu. Dengan tema “Cantik Resik Keluarga Bahagia” #HIJUPEvent menghadirkan public figur muslimah Nina Septiani dan Ibu Yuna Eka Kristiani Senior PR Manager  PT Kino Indonesia bertempat di Greenhost Boutique Hotel.

Pembicara pertama Nina Septiani membeberkan rahasianya memiliki keluarga harmonis. Nina ini adalah pemenang Word Muslimah Beauty tahun 2012, aktris film, penyanyi dan pebisnis hijab. Nina menuturkan semenjak menikah ada yang berubah dengan prioritas hidupnya. Jika dulu karir nomer satu, sekarang berbeda, keluarga adalah yang paling utama. Ini adalah poin pertama tips keluarga harmonis ala Nina. Menempatkan keluarga sebagai prioritas membuat pasangan percaya dan ridho, apapun aktifitas Nina di luar rumah

nina-septiani-hijup-event-keluarga-harmonis
Nina Septiani berbagi tips keluarga harmonis

Tips yang kedua adalah memilih aktivitas yang waktunya fleksibel. Apa yang dijalaninya selama ini sudah sangat tepat karena dia bisa leluasa memilih waktu bekerja dan tetap memiliki waktu yang berkualitas untuk keluarga. Membiarkan pasangan bertumbuh adalah pilihan bijak ketika pasangan menginginkannya.  Yang penting pasangan tahu prioritas.

Lebih lanjut Nina menjelaskan bahwa dalam hidup berumahtangga komunikasi itu penting banget. Banyak pasangan bercerai itu salah satu penyebabnya ya, komunikasi yang buruk. Itulah sebabnya Nina dan suami selalu menjalin komunikasi dengan baik. Hal apa saja sih yang biasanya dibicarakan?

Bicara tentang hal-hal yang disukai maupun tidak disukai oleh masing-masing.

Manfaatnya tentu masing-masing jadi tahu mana yang bisa dilakukan ataupun yang harus dihindari ntuk menjaga perasaan pasangan.

Iya juga sih, kadang saya sebel sama suami yang suka naruh handuk di kasur sehabis mandi. Ternyata suami nggak tahu kalau hal ini jadi masalah buat saya. Setelah saya komunikasikan akhirnya dia ngerti. Sekarang sudah bisa sehabis mandi handuk langsung ditaruh di jemuran. Ya, walaupun kadang masih suka lupa tapi sudah jauh berkurang frekuensinya.

Poin lainnya itu pola komunikasinya jangan kaku. Sesekali becanda atau guyon dengan pasangan masing-masing. Dengan begitu hubungannya akan lebih cair, kan. Kalau dibawa kaku nanti tegang melulu dong, malah jadi rawan konflik.

arisan-resik-hijup-event

Selain itu merawat diri juga penting. Misalnya merawat kecantikan dan kebersihan badan. Nina menyebutkan untuk merawat kecantikan itu tidak selalu harus mahal. Bisa pakai bahan-bahan tradisional seperti bengkoang dan oatmeal untuk maskeran. Jangan sampai ikutan perawatan kecantikan yang mahal tapi anak-anak dan suami pake baju bolong-bolong di rumah. Bahkan gizi makanan untuk keluarga terabaikan. Sesuai dengan kemampuan saja.

Jangan lupa, ajak suami untuk ikut merawat diri. Tentu, perawatannya nggak seribet perempuan ya, tapi setidaknya badan bersih terawat. Biar sama-sama nyaman gitu. Ini salah satu cara melanggengkan rasa cinta di hati masing-masing agar keluarga harmonis.

Pentingnya Perawatan Vagina Untuk Menghindari Keputihan Patologis

Ngobrolin soal merawat diri, nggak cuma merawat bagian tubuh yang terlihat saja. Tapi juga merawat bagian tubuh yang nggak nampak seperti kebersihan vagina. Kebersihan vagina ini penting banget dalam rangka menjaga keharmonisan keluarga. Seperti kita tahu salah satu tujuan berkeluarga kan agar bisa melanjutkan keturunan melalui hubungan biologis. Nah, kebersihan vagina tentu jadi salah satu faktor untuk bisa saling memberi kebahagiaan.

Sebetulnya #keputihan normal terjadi karena perubahan hormon seperti saat menjelang menstruasi maupun saat masa subur. Biasanya lendir yang keluar berwarna putih susu atau bening dan tidak berbau. Yang perlu diwaspadai adalah jika keputihan tersebut bersifat patologis.

Keputihan patologis ditandai dengan perubahan warna bisa kekuningan bahkan kehijauan, berbau bisa berbau amis atau bahkan berbau busuk. Selain itu keputihan patologis biasanya menimbulkan rasa gatal.(alodokter.com)

Keputihan patologis biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur dan parasit.

perempuan-keputihan
pixabay

Baca Juga Yuk, Lakukan Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan Papsmear

Agar terhindar dari keputihan patologis perawatan vagina menjadi penting. Untuk urusan ini Nina Septiani suka dengan perawatan tradisional yaitu rebusan daun sirih untuk membersihkan organ kewanitaan. Terutama saat menjelang dan masa menstruasi. Namun lama-lama dirasa kurang praktis kalau harus merebus daun sirih sendiri. Jadi suka nggak konsisten. Akhirnya pada masa kehamilan ini Nina mengalami keputihan yang berlebih.

Soal ini saya juga punya pengalaman. Saat kehamilan pertama, saya mengalami keputihan banyak, berbau dan gatal. Nggak nyaman sekali. Dokter pun memberikan obat yang dimasukkan ke vagina. Alhamdulilah bisa sembuh dari keputihan. Tapi, pada saat usia kehamilan 37 minggu ketuban pecah. Janin saya pun harus dilahirkan melalui proses induksi.

Sejak saat itu saya jadi lebih aware terhadap organ intim. Alhamdulilah ketika hamil anak kedua, tak lagi mengalami ketuban pecah dini.

ResikV Godokan Sirih Antiseptik Alami

Pembicara kedua yaitu Ibu Yuna Eka Kristiani Senior PR Manager PT. Kino Indonesia mengajak para perempuan untuk memperhatikan dan merawat organ intimnya. Jangan hanya fokus merawat wajah dan bagian tubuh lain sementara organ intim yang penting malah diabaikan.

hijup-resikv-keluarga-harmonis
Ibu Yuna menjelaskan tentang pentingnya merawat organ kewanitaan

Ibu Yuna memberikan tips kebersihan vagina, yaitu dengan cara:

  • Saat membersihkan organ intim itu dengan membasuhnya dari depan ke belakang. Hal ini untuk mencegah kuman di anus berpindah ke vagina.
  • Pakailah celana dalam berbahan katun karena bisa menyerap keringat. Sehingga bisa mengurangi kelembaban.
  • Upayakan ketika hendak memakai celana dalam, organ kewanitaan dalam kondisi kering.
  • Pakailah pakaian yang longgar agar organ intim tak makin lembab. Kelembaban berlebih bisa memicu timbulnya masalah.
  • Saat menstruasi sering ganti pembalut. Darah yang terserap di pembalut menjadi tempat kuman-kuman yang bisa menyebabkan ruam dan iritasi.
  • Jangan ketinggalan untuk menggunakan Resik-V Godokan Sirih yang merupakan antiseptik alami.

Silahkan baca juga Sabun Pembersih Vagina Perlu Atau Tidak?

Awalnya, saya mengira Resik-V ini adalah sabun cair pembersih organ intim. Ternyata bukan, Resik-V itu murni dari air rebusan daun sirih. Teksturnya lebih encer dan bening. Seperti kita tahu, sejak dahulu air rebusan daun sirih dikenal sebagai antiseptik alami. #Manfaatdaunsirih digunakan oleh nenek moyang kita untuk menjaga kebersihan organ intim, #mengatasikeputihan dan gatal-gatal. Sekarang sih tak perlu repot merebus daun sirih. Sudah ada Resik-V Godokan Sirih yang dikemas praktis dalam ukuran 100 ml yang travel friendly.

resikv-godokan-sirih

Ibu Yuna memaparkan kelebihan yang miliki oleh Resik-V Godokan Sirih, antara lain :

  • Terbuat dari bahan alami yaitu daun sirih asli. Jadi daun sirih direbus dan air rebusan itu dikemas. Sama kan dengan air rebusan sirih yang biasa kita pakai. Kelebihannya Resik-V diproses secara moderen.
  • Mengandung minyak atsiri yang merupakan anti jamur dan anti gatal sehingga bisa untuk membersihkan sekaligus mencegah dan mengatasi keputihan.
  • PH Resik-V sesuai dengan PH vagina atau disebut dengan PH normal 3-4. Tak terlalu asam maupun basa. Jadi keseimbangan flora di vagina bisa terjaga. Bakteri baik tetap bisa hidup.
  • Terbukti secara mikrobiologi mampu mengurangi jamur Candida Albican penyebab keputihan.
  • Nah, nilai lebih yang lain, Resik-V Godokan Sirih telah memiliki sertifikat halal dari MUI.

Oh ya, nggak usah bingung cara pakainya ya. Mudah saja, kocok dahulu kemudian tuang secukupnya ke telapak tangan. Lalu basuhkan ke vagina dan bilas hingga bersih. Ada bau harum yang tercium, benar-benar aroma daun sirih yang direbus.

Tuh, sekarang gak perlu repot-repot minta daun sirih ke tetangga terus merebusnya, hehehe. Ada yang praktis, higienis dan halal untuk kebersihan organ kewanitaan kita.

Ya, semoga saja dengan upaya maksimal lahir batin, keluarga harmonis bisa tercipta setiap waktu. Dengan begitu peluang untuk bisa mencapai ke fase real love makin nyata. Bisa terus saling cinta, saling menerima hingga maut memisahkan. Aamiin.

Brush Lettering Bareng @Jogjacreatype

Setelah sesi serius berakhir, saya dan teman-teman yang hadir di #HIJUPMeetUpJogjakarta diajak untuk mengenal  brush lettering bersama komunitas @jogjacreatype. Komunitas ini menggeluti dunia seni menulis cantik.

Jujur, ini satu hal yang masih asing buat saya. Walaupun saya kerap melihat hasil karya brush lettering di beranda IG. Melihat dan membuat memang dua hal yang berbeda bukan? Ternyata lebih mudah melihat ketimbang membuatnya, wkwkwk.

brush-lettering
objek foto bukan karya saya qeqeqe

Tangan saya masih teramat kaku untuk bisa mengayunkan kuas membentuk huruf-huruf nan cantik. Saya juga kesulitan mengatur ketebalan cat saat kuas di posisi naik dan turun. Apalagi sekadar mengatur kemiringan huruf. Saya harus berusaha lebih keras lagi.

Aniwei, saya berterimakasih karena sudah diberi kesempatan untuk mengenal seni menulis cantik ini. Meskipun hasilnya masih mengecewakan tapi saya masih ingin mencobanya di lain kesempatan.

Oh ya, teman-teman tentu telah mengenal HIJUP kan. HIJUP merupakan islamic fashion e-commerce yang menyediakan kebutuhan fashion umat Islam dengan lengkap. Ada beragam koleksi hijab, busana muslim, mukena dan pernak-pernik lainnya seperti bros, tas dan sepatu.

Keberadaan HIJUP tentu memberikan pilihan belanja yang menyenangkan. Selain menawarkan berbagai pilihan merk, berbelanja di HIJUP juga praktis dan hemat energi.

Buat teman-teman yang ingin belanja akhir tahun, bisa lho memanfaatkan kesempatan ini. Ada voucher potongan belanja Rp. 50.000 untuk mininum belanja Rp 250.000 yang bisa teman-teman gunakan di HIJUP.com. Caranya mudah, klik saja banner di bawah ini lalu gunakan kode voucher: HIJUPBMUYOGYAKARTA pada saat membayar.  Masa berlaku kode voucher hingga 31 Januari 2018, ya.

hijup-blogger-meet-up-jogjakarta

Nah, itu dia teman-teman beberapa hal yang saya peroleh dari acara bersama HIJUP x Arisan Resik. Semoga apa yang saya bagikan juga bermanfaat buat teman-teman semua. Oh ya, buat kalian yang punya pengalaman mengatasi keputihan bisa lho sharing di kolom komentar. Ditunggu!

 

23 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.