Health

Tips Memperlambat Penuaan Berikut Ini Sederhana, Namun Praktiknya Tak Mudah

Beberapa hari yang lalu, usia saya bertambah satu. Tahun ini saya menjalani usia ke 39 tahun. Hm, waktu terasa cepat bergulir. Masih lekat dalam ingatan ketika saya bermain lompat tali, bola bekel, masak- masakan bareng teman-teman, bahkan sepedaan hingga ke kampung tetangga yang jaraknya lumayan jauh. Dulu, saya anak-anak, kini saya sudah memiliki dua anak yang beranjak remaja. Waktu yang bergulir memang tak bisa ditarik ke belakang, karena hidup ada di depan. Setidaknya, saya bisa menikmati setiap perubahan yang terjadi.

Ya, tak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri bukan? Tetapi, kadang tak mudah menerima kenyataan bahwa banyak hal dalam diri ini yang berubah. Rambut yang mulai memutih, kulit wajah mulai berkerut, dan tumpukan lemak ditubuh makin sulit dikendalikan. Ditambah sederet perubahan lain seperti vitalitas tubuh yang mulai menurun.

Itu juga yang saya rasakan, uban tahun kemarin terlihat satu helai kini sudah mulai bertambah. Di sisi lain timbangan berat badan pun ikut bertambah. Kadang suka pengin awet muda seperti Natalia Dzenkif, penyanyi Turki yang usianya sudah 41 tahun tapi penampilannya seperti usia 20 an. Di Indonesia juga ada perempuan yang awet muda. Sebut saja Puspa Dewi yang tetap fit dan cantik di usianya yang sudah menginjak kepala 5.

Baca Agar Kulit Tetap Lembab dan Elastis Saat Puasa

Kok bisa ya? Bukankah menua itu suatu keniscayaan? karena hidup manusia itu ada siklusnya. Dari janin di kandungan menjadi bayi, tumbuh menjadi anak-anak, berkembang jadi remaja dan menjadi orang dewasa kemudian menua dan mati. Meskipun tiap orang bisa berbeda akhirnya, tapi setidaknya step itulah yang bakal dilaluinya. Pada akhirnya, menua itu akan terjadi.

Puspa Dewi pernah menuturkan rahasia awet mudanya karena rajin berolahraga, makan makanan yang sehat dan berpikir positif. Ternyata beliau tidak pasrah begitu saja kepada proses penuaan. Banyak hal dilakukan agar kondisi tubuhnya tetap berkualitas sehingga proses penuaan bisa dihambat.

Aniwei, jangan salah memaknai awet muda itu sebatas pada wajah yang mulus tanpa kerutan hingga nenek-nenek, ya. Saya justru ingin membicarakan awet muda itu berkaitan dengan kualitas hidup seseorang. Ya, bagaimana caranya tetap sehat dan berkualitas meskipun usia terus bertambah. Meskipun umur itu takdir yang masih misteri tapi sehat itu memperpanjang angka harapan hidup seseorang.

Awet muda tidak sekadar soal kerutan tapi soal fungsi organ tubuh yang tetap baik meskipun usia terus bertambah.

Faktor Penyebab Terjadinya Penuaan

Prof Dr. dr. Wimpie Pangkahila, SpAnd, seorang pakar Anti Aging dari Universitas Udayana mengatakan ada 2 macam faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan, yaitu :

  • Faktor internal, meliputi berkurangnya hormon, proses glikolisasi, metilasi, apoptosis, menurunnya sistem kekebalan dan faktor genetis.
  • Faktor eksternal seperti radikal bebas, gaya hidup tak sehat, diet sembarangan, polusi, stres dan kemiskinan. (sumber: tabloidsehat)

Jika dilihat secara seksama, faktor internal akan muncul secara alamiah seiring pertambahan usia. Sementara itu faktor eksternal merupakan faktor yang bisa mempercepat proses penuaan terjadi. Pernahkah bertemu dengan seseorang yang kondisinya terlihat lebih tua dari umurnya atau sebaliknya? Kondisi yang dimaksud bukan semata soal kerutan tapi juga kondisi kesehatannya.

Kalau saya pernah melihat seorang nenek yang masih sanggup menjajakan telur ayam kampung, berkeliling dari kampung ke kampung dengan mengayuh sepeda. Kulitnya yang keriput memang tak bisa ditutupi tapi tenaganya masih kuat.

Pemandangan yang sama juga kerap saya lihat di persawahan dekat rumah. Ibu dan bapak petani yang sudah sepuh bahkan masih kuat panas-panasan mengurus sawahnya. Justru rata-rata mereka yang saya kenal itu kondisinya sehat meskipun pekerjaannya menguras fisiknya. Wajar kalau ada yang mengatakan orang zaman dulu sehat-sehat karena pola makan mereka minim zat aditif, pola hidup mereka juga banyak bergerak.

Setelah tahu faktor penyebab penuaan, maka bisa dicari jalan untuk memperlambat penuaan itu.

Tips Memperlambat Penuaan

Proses penuaan bisa di intervensi dengan beberapa upaya. Sebetulnya, bukan rahasia lagi sih, hanya saja tidak mudah untuk bisa konsisten menjalaninya. Menurut dr. Wimpie, tips memperlambat penuaan  antara lain dengan:

  1. Pola makan sehat seperti konsumsi makanan rendah kalori, perbanyak makan sayur dan buah, hindari makanan berpengawet, dan cukup protein.
  2. Olahraga secara teratur dan terukur. Olahraga teratur akan membuat tubuh sehat, metabolisme tubuh berjalan baik dan membuat racun dalam tubuh keluar. Tapi harus diingat porsinya diukur sesuai dengan kemampuan, jangan berlebihan agar tak kelelahan.
  3. Aktif bergerak, kurangilah segala sesuatu yang praktis. Apalagi jika tak rutin berolahraga. Aktif bergerak membuat badan sehat.
  4. Waktu istirahat yang cukup. Menurut anjuran tidurlah 7-8 jam sehari. Kurang tidur bisa menyebabkan emosi tak stabil. Tidur yang cukup akan mengembalikan stamina tubuh, sementara itu saat tidur sel-sel tubuh meregenerasi diri.
  5. Hindari kebiasaan tak sehat seperti merokok. Tembakau membuat rusak kolagen dalam tubuh sehingga menyebabkan elastisitas kulit berkurang. Nikotin menyebabkan sel kekurangan air.
  6. Hindari minum alkohol karena mengandung gula dan kalori yang tinggi. Ini berbahaya bagi kesehatan.
  7. Hidup seimbang antara pekerjaan dan kesenangan. Hal ini untuk menghindari stres karena stres itu pintu masuk berbagai macam penyakit.
  8. Kehidupan seks yang sehat. Salah satu faktor yang bisa menghambat penuaan adalah hubungan seks yang bahagia. Berhubungan seks bisa melepas stres, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah. Tentu harus dilakukan dengan pasangan sah agar tak hanya berdampak pada kebahagiaan tapi juga kesehatan keluarga.
  9. Biasakan berpikir positif dan optimis. Sudah sering dikatakan bahwa sumber dari berbagai penyakit itu berasal dari pikiran. Untuk itulah harus dibiasakan selalu positive thinking.
  10. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Jangan hanya periksa kesehatan ketika ada keluhan. Beberapa penyakit justru sebagai silent killer. Tak terasa gejalanya tapi mematikan.
  11. Hidup di lingkungan sosial yang menyenangkan dan sesuai dengan hati nurani. Hidup di lingkungan yang baik dan menyenangkan bakal berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan. Apalagi kalau banyak hal yang tak sesuai dengan hati nurani kita terjadi. Bisa stres sendiri bahkan timbul konflik dengan tetangga. Hal seperti ini tidak sehat.
  12. Bisa gunakan obat maupun suplemen seperti kolagen, asalkan hal itu sudah teruji secara klinis dan gunakan sesuai petunjuk.

Pasangan paruh baya yang rutin berhubungan seks tampak 5-7 tahun lebih muda dari umur yang sebenarnya. (Dr.David Weeks, Peneliti & Psikolog)

Penting Lakukan Papsmear

Hm, nggak ada sesuatu yang baru dan wow, ya? Iya, tips memperlambat penuaan memang bukan rahasia lagi. Letak masalahnya kan, pada sulitnya untuk bisa konsisten dalam menjalankan tipsnya (itu buat saya).

Saya termasuk yang belum bisa konsisten menjalankan beberapa poin di atas seperti pola makan sehat. Pernah mencoba pola makan tertentu dan ternyata hanya tahan setahun saja. Tahun berikutnya kembali ke pola asal.

Begitupun dengan olahraga, sudah setahunan ini absen sepedaan. Padahal dulu hampir tiap hari naik sepeda. Bahkan untuk belanja sayur lebih memilih beli di pasar, supaya ada alasan untuk naik sepeda. Sekarang? Males bo, hiks!

Semenjak menjalankan usaha 8 bulan terakhir, jumlah jam tidur juga berkurang. Padahal sudah niat nggak akan begadang lagi. Tapi apa mau dikata, kalau sehari membuat pizza hingga 35 loyang, ya di atas jam 10 malam baru berangkat tidur dan jam 3 pagi sudah bangun lagi.

Dan soal berpikir positif dan optimis juga masih harus bolak-balik diingatkan. Maklum, kadang ada kondisi yang membuat tertekan. Untunglah punya sahabat yang selalu menyakinkan diri ini bahwa apapun yang terjadi, saya pasti bisa melaluinya.

Well, hidup sehat dan berkualitas disetiap pertambahan usia memang jadi dambaan saya. Pengin, suatu hari kalau ditakdirkan berumur panjang, bisa tetap aktif meskipun sudah nenek-nenek. Tentu, saya akan kembali menjalankan beberapa hal yang baik dan telah saya tinggalkan.

Gimana nih dengan teman-teman pengin awet muda juga nggak? Ada yang mau menambahkan tips memperlambat penuaan? Silahkan lho, kalau ada yang mau sharing.

 

You may also like...

11 Comments

  1. Kita beda sembilan tahun ternyata, Mak. Ahahaha. Desember tahun ini aku akan berusia 31 tahun. Setidaknya senyum Mak Ety yang manis dan sumringah gak pudar. Biar nambah mudanya nambah satu level

  2. Tips menarik..mudah-mudahan bisa menerapkan semuanya..hahaha..Eh ada sih yang gak bisa diterapkan..Tapi intinya bergaya hidup sehat dan berpikiran positif/bahagia dalam kondisi apapun dan dimana pun..Semangat awet muda…

  3. Aku saksi hidup buat kedua orang tuaku, Mba. Bener deh, meski udah umur 60an, masih bugar banget. Tiap hari ke sawah, panas-panasan, hujan-hujanan, yang ajaibnya nggak pernah ngeluh capek, dan tetep sehat alhamdulillah. Bahagia aja gitu ngejalaninnya. Duh, kalau aku mana sanggup ya *tutup muka*

  4. Mak Ety udah 39 tahun? Nggak kelihatan ah! Masih imut gitu kok! 🙂

    1. Ety Abdoel says:

      Ih, Mak Juli bisaan bkin hatiku berbunga-bunga.

  5. Kehidupan seks yang sehat..nah, ini wajib dipraktikan..udah ibadah, bikin awet muda..

    1. Ety Abdoel says:

      Betuul, mba, selain bikin awet muda, bikin tambah harmonis kan.

  6. Mau banget dong awet muda, tentunya bukan hanya kerutan dan penampilan wajah saja, tapi berfungsinya organ tubuh ya, misalnya masih fit berolah raga di usia senja, mampu melakukan apa-apa sendiri di masa senja. Puspa dewi, masih nampak remaja dech ya, rahasianya paling utama adalah makan sehat, buah dan sayur dan buah sama mengurangi makanan yang berbahan pengawet ya. Jadi mending mengkonsumsi makanan fresh ya, Mbak

    1. Ety Abdoel says:

      Iya mba Astin, bener, bisa mandiri di masa tua itu penting. penginnya kan nggak ngerepotin anak ya.
      Iya Puspa Dewi segala disiplin mba, pola makan, olahraga dan pikiran yang positif.

  7. Hastira says:

    makasih tipsnya , perlu usaha ya, ngelola stres dan pola makan yang baik

    1. Ety Abdoel says:

      Iya Mba, buat aku kedua hal itu masih susah diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *