Competition

Asus AMD X555QA Mendukung Aktivitasku Sebagai Seorang Digital Nomad

Dulu, pekerjaan impian saya seperti pekerjaan yang diimpikan orang pada umumnya, yaitu jadi pekerja kantoran. Berangkat pagi, pulang petang, dengan jaminan gaji tetap bahkan bonus, THR etc. Tapi takdir membawa saya ke dunia lain, yaitu dunia digital nomad. Dunia baru, dunia yang menarik buat saya.

Sejak beberapa tahun yang lalu, keajaiban bernama internet telah membawa saya menekuni dunia freelancer yang dilakukan secara remot. Tak perlu datang ke kantor, cukup buka laptop yang terhubung dengan internet saya bisa bekerja di mana pun dan kapan pun. Iya, kadang saya bekerja di rumah, kadang di kafe, atau di tempat lain. Selama terkoneksi internet, saya tetap bisa bekerja.

Ya, selama ini saya menjalani pekerjaan sebagai content creator untuk blog dan media sosial. Kadang saya menerima order pekerjaan untuk menulis review produk atau jasa, menulis promo event atau program tertentu, bekerja sebagai buzzer maupun mengendorse suatu produk atau jasa tertentu.

Bagi saya pilihan bekerja sebagai digital nomade memberikan keleluasaan dalam hal fleksibilitas waktu dan tempat bekerja.

Saya bisa bebas memilih waktu dan tempat dalam melakukan pekerjaan, tak ada bos yang mengawasi (buat saya ini lebih santai), dan tidak memerlukan sederet ritual yang biasa dilakukan pekerja kantoran. Yang penting pekerjaan selesai sesuai dengan brief dan tenggat waktu yang ditentukan.

Bahkan saya pernah menjalankan pekerjaan ditengah mengikuti sebuah workshop. Saat itu saya harus ngebuzzing. Berkat dunia digital yang makin maju, saya tetap bisa ngebuzzing diwaktu yang telah dijadwalkan tanpa menganggu workshop yang sedang saya ikuti. Laaf, banget!

Baca juga pengalaman saya memakai Asus Zenfone 2 Laser

Biasanya, tawaran pekerjaan datang via email. Dalam email penawaran disebutkan jenis pekerjaan (seperti menulis di blog maupun share di sosial media) lengkap dengan syarat dan ketentuannya, termasuk besaran kompensasi yang akan diterima. Jika terjadi kesepakatan, maka saya akan kerjakan sesuai dengan permintaan klien dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Setelah pekerjaan selesai, saya kirimkan laporan plus invoice kemudian saya menerima pembayaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

kadang saya mengerjakan tugas di kedai kopi

Menariknya, saya dan klien tak perlu tatap muka dalam urusan ini. Jadi tidak masalah, jika saya tinggal di Solo sementara klien saya ada di Jakarta. Modalnya memang kepercayaan. Klien percaya jika saya bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai target sementara saya percaya bahwa klien akan memenuhi hak saya. Alhamdulilah, selama ini bertemu dengan klien-klien yang bertanggungjawab. Invoice selalu dibayar meskipun dengan tenggat waktu yang bervariasi.

Saya menikmati pekerjaan tersebut. Boleh dibilang ini sebagai hobi yang menghasilkan. Menulis adalah hobi saya sejak lama. Bahkan menulis kerap dilakukan saat kecil, meskipun tak terkumpul dalam satu buku. Kadang menulis di sobekan kertas, dilain waktu menulis di buku catatan sekolah. Saya menulis karena butuh wadah untuk meluapkan perasaan, seperti saat dijauhi teman gara-gara sesuatu yang saya nggak paham. Yah, begitulah, nggak nyangka hobi saya mencurahkan perasaan lewat tulisan justru menuntun saya di titik ini.

Dalam melakukan pekerjaan saya memerlukan laptop. Meskipun untuk mengetik bisa dilakukan di tablet maupun hape, bagi saya laptop adalah pilihan ideal. Mengapa? Karena ada banyak tugas yang bisa dikerjakan dengan nyaman seperti mengetik, mengedit foto, membuat desain, dan mengedit video.

Tentu saja, semua dilakukan di satu-satunya laptop yang saya miliki. Makin hari kondisi laptop semakin menurun. Sudah sempat ganti baterai, ganti charger dan portnya bermasalah. Laptop kesayangan ini sudah beberapa kali harus diservis sementara itu kebutuhan terhadap laptop makin meningkat. Apalagi anak saya yang SMP kerap membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas sekolah.

Setelah dipikir-pikir, solusinya memang harus punya laptop baru. Untuk urusan ini, pertimbangannya dua yaitu

sesuai dengan kebutuhan dan harganya pas di kantong.

Saya mendengar akhir tahun 2017 lalu Asus telah meluncurkan Asus AMD~Laptop For Everyone. Ada beberapa seri, salah satunya adalah Asus AMD X555QA yang menyasar kelompok menengah, seperti saya.

Asus X555QA dijalankan dengan operasi Windows 10 yang sudah terinstal, ini tentu memudahkan pengguna laptop, termasuk saya. Nggak perlu lagi harus minta bantuan orang lain untuk instal windows. Ini juga langkah bagus untuk mencegah penggunaan software bajakan. Selain bisa membahayakan perangkat, penggunaan software bajakan tentu saja ilegal.

Apa saja yang ditawarkan oleh Asus X555QA? Mari kita lihat satu persatu!

Desain Stylish Dan Layar Yang Memikat

Poin pertama yang ingin saya bahas adalah desainnya. Maklum, perempuan memang susah dilepaskan dari tampilan yang memikat. Desain Asus X555QA terlihat mewah buat saya, seperti kebanyakan laptop Asus seri yang lain. Materialnya menggunakan plastik dengan finishing yang bagus, sehingga terlihat kokoh. Sapuan metal brush pada lapisan luar layar maupun pada penampang keyboard makin menambah kesan wah. Apalagi, sudut-sudut laptop yang membulat memberi kesan elegan dan lembut.

Asus X555QA memiliki layar yang cukup lebar yaitu 15,6 inci, bagi saya laptop selebar ini akan memudahkan dalam melakukan pekerjaan. Dimensi layar berukuran 328x256x25,8 mm dengan resolusi 1366×768, dilengkapi pula dengan teknologi Asus Splendid yang akan memberikan tampilan warna yang indah.

foto : asus.com

Teknologi yang dikembangkan oleh Tim Asus Golden Eye menyediakan pilihan tampilan layar yang bisa diatur sesuai keinginan. Ada 4 mode yang tersedia yaitu normal, theatre, vivid dan manual. Fleksibilitas pengaturan layar seperti ini tentu akan memberikan pengalaman menonton video ataupun film dengan menyenangkan.

Fitur Yang Komplit

  • Disc Drive

Laptop ini dilengkapi dengan optical disc drive yang membuat bobotnya tak seringan laptop seri yang lain yaitu 2,3 kg. Tapi bagi saya ini masih oke. Jika harus berpindah tempat bekerja saya masih kuat membawanya. Apalagi dibawa pakai tas punggung, bakal lebih enteng sih ketimbang dijinjing. Walaupun laptop lain sudah memangkas fitur ini, tetap saja keberadaan disk drive bisa bermanfaat.

foto : asus.com

Bagi teman-teman yang gemar mengoleksi disk film, keberadaaan laptop ini tentu memberikan kesenangan tersendiri.

  • Konektivitas Yang Beragam

Asus X555QA dilengkapi dengan konektivitas yang komplit. Bagi saya ini menguntungkan karena membuat pekerjaan jadi mudah. Pekerjaan menulis di blog maupun sosial media membutuhkan aktivitas download maupun upload, transfer data dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya, dan menyambungkan laptop ke proyektor untuk keperluan presentasi.

Semua aktivitas tersebut memerlukan konektivitas yang berbeda, Asus X555QA menyediakan semua keperluan itu. Ada USB 3.0, HDMI, VGA dan 2-in-1 SD/SDHC card. Keempatnya memberikan kinerja yang memuaskan. USB 3.0 memberikan kecepatan transfer data 10 kali lebih cepat dari USB 2.0. Jadi mau transfer musik, video atau film dengan data yang besar bisa dilakukan dengan cepat. Lebih hebatnya lagi bisa transfer dalam waktu 70 detik untuk film kualitas Blue ray.

foto: asus.com
dengan diolah sendiri
  • Audio Yang Jernih

Suara yang dihasilkan oleh dua speaker Asus X555QA adalah hasil dari teknologi Asus Sonic Master dan Audio Wizard. Jadi pantas saja kalau suara yang terdengar itu sesuai dengan suara sebagaimana seharusnya. Maksudnya  gimana sih? Ya, suaranya itu jernih, terdengar bertenaga dan jelas meskipun di tempat yang luas. Hm, mendengarkan musik ataupun menonton film tentu lebih menyenangkan, ya.

Apalagi audio wizard nya menyediakan 5 set pengaturan yang bisa diatur sesuai kebutuhan kita. Kelebihan lainnya tampilan antar mukanya smooth dan mudah digunakan dalam sekali sentuhan.

Sepertinya saya bakal suka, karena sembari mengetik biasanya saya menyetel musik kesukaan saya. Bekerja seperti ini tentu lebih santai dan menyenangkan.

  • Touchpad Yang Intuitif

Asus X555QA mengadopsi teknologi layar sentuh pada smartphone. Ya, fiturnya bernama Smart Gesture-Multi Touch Made Easy. Teknologi ini bisa melakukan perintah yang berbeda seperti geser, zoom in/out, dan scrolling.

foto: asus.com dengan diolah sendiri

Wah, ini bakal membuat aktivitas di depan laptop jadi cepat, karena touchpad nya lebih cerdas dan intuitif.

  • Akses Semudah Smarthpone dan Keyboard Yang Ergonomis

Asus X555QA dilengkapi dengan fitur 2 second instant resume. Fitur ini memungkinkan saya untuk berpindah dengan cepat dari sleep mode ke mode bekerja ataupun langsung mengakses internet. Maklum ya, kalau pas bekerja di rumah suka nyambi mengerjakan tugas rumahtangga, sehingga kalau laptop ditinggal dalam keadaan menyala pasti akan berubah ke sleep mode. Jika bisa berubah dalam waktu singkat ketika saya akan bekerja kembali tentu kerja jadi lebih efisien.

Perangkat ini dilengkapi dengan keybord ergonomis yang bikin aktivitas mengetik jadi nyaman. Cocok buat saya yang kerap mengetik dalam waktu berjam-jam. Keyboard dengan chiclet ini memiliki area yang lebih luas. Jarak antar key nya sekitar 1,6 mm. Ini bisa mengurangi error saat pengetikan. Ditambah lagi ada key khusus angka (numeric keyboard) yang berada di sebelah kanan. Ini memberi kemudahan saat memasukan data berupa angka.

foto: asus.com diolah sendiri

Mengetik dalam waktu lama tetap nyaman karena Asus X555QA dilengkapi dengan teknologi Ice Cool, yang menjaga suhu laptop stabil di angka 28-35 derajat celcius.

Baca juga uraian tentang Asus Zenpad C.7.0

Performa

Asus X555QA memiliki spesifkasi yang cukup baik di kelasnya. Dilengkapi dengan prosesor AMD APU A10-9620P bristal bridge dengan 4 inti procesor. Memiliki kecepatan 2,5 GHz dan kecepatan tersebut bisa dimaksimalkan  hingga 3,4 GHz. Selain itu konsumsi daya listriknya hanya 15 watt. Konsumsi dayanya cukup rendah. Ini kabar baik karena berefek pada daya tahan baterai dan rendahnya panas yang dihasilkan. Asus AMD X555QA bisa bertahan selama 10 jam pemakaian untuk keperluan browsing tanpa kawatir bakal panas.

Laptop ini menggunakan GPU AM Rodeon R5 membuat tampilan grafis untuk bermain game maupun menonton film amat nyaman untuk dilihat. Ditambah lagi, laptop ini memiliki kapasitas RAM 4G jenis DDR4-2133 MHz membuat aktivitas pekerjaan yang mengharuskan multitasking bisa lancar. Jika dikehendaki kapasitas RAM terpasang bisa diupgrade hingga 16 GB DDR4. Sementara itu jika butuh ruang penyimpanan dokumen, lagu, game, video dan film Asus X555QA menyediakan storage HDD hingga 1 TB. Bisa puas download film detektif, nih, hahaha!

Asus AMD X555QA dilengkapi dengan baterai Li-Polymer yang ditanam dan memiliki ketahanan hingga 2,5 lebih kuat dibandingan dengan baterai Ion Silinder.

Dengan spesifikasi tersebut, Asus X555QA bekerja dengan baik untuk fungsi-fungsi komputasi sehari-hari seperti membuat dan mengedit dokumen, browsing, dan menikmati konten multimedia seperti musik, video dan film.

Melihat sederet spesifikasi, fitur dan perfoma yang ditampilkan Asus X555QA, maka laptop ini memenuhi kualifikasi sebagai laptop yang cocok untuk pekerjaan saya sebagai digital nomade di bidang content creator. Selama ini saya fokus pada dunia menulis, buzzing dan endorse. Untuk keperluan tersebut, keberadaan Asus X555QA sudah cukup dalam mendukung pekerjaan saya di mana pun.

Di atas tadi sudah saya sebutkan jika dalam memilih laptop ada dua pertimbangan yaitu sesuai dengan kebutuhan dan pas di kantong. Berdasarkan analisa, ceile, Asus X555QA sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu dari sisi harga masih masuk akal di kantong saya.

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD – Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com

You may also like...

32 Comments

  1. dari dulu paling sulka dengan produk2 asus, tangguh dan keren 🙂

    1. Ety Abdoel says:

      Wah, ada fans asus rupanya. sebuah testimoni yang menguatkanbahwa produk asus memang bagus.

  2. Uwwh, ku baru tahu sekarang sudah jadi content creator, Mbak. Luar biasa! 🙂
    Ku mau yang merah, dong. Manis mbanget koh. 😀

    1. Ety Abdoel says:

      Mayuh melu dah..sapa ngerti rejeki. 😘😘

  3. ASUS emag keren. cucoke meong buat semua orang, sayangnya belum keturutan nih pengen leptop ASUS,hehehe…

    bdw, Mak Ety mah kereennnn.. sukses selalu yaa Mak 🙂

    1. Ety Abdoel says:

      Iya Mak Witri, makanya pengin punya. Ikutan ini aja mak, sapa tau kan.
      Kamuu juga keren. Doa yang sama buatmu.

  4. Irvan says:

    wah kebetulan saya juga ikutan ni mabk

    1. Ety Abdoel says:

      Semoga kita sukses Mas Irvan

  5. Pingin punya asus juga.

    1. Ety Abdoel says:

      Ayo mba ikutan

  6. Ku pake asus dr 2013 sampe skarang masi oke, batre jg masi awet meski uda gak 100%. Duh, kok samaan sih naksir yg seri x555qa jg makkkk

    1. Ety Abdoel says:

      Hahaha, berarti kamu yang ngalah aja yaa. Pan anak sholeh..

  7. Asus sudah jadi kesayangan saya bertahun-tahun… Smartphone dan laptop harus Asus pokoknya 😀

    1. Ety Abdoel says:

      Wah, ada fans setia Asus rupanya.

  8. Moga terkabul ya Mbak. Biar nulisnya makin cetar. Inget banget ekspresimu waktu di workshop laptonya ngluwer2, ahahah. Jadi laptop ini yang jadi impian biar nulis kontennya lancar :*

    1. Ety Abdoel says:

      Aamiin YRA, iya nih Aya.
      Butuh banget laptop baru. Semoga kesampaian.

  9. Laptop baru juga kebutuhan saya mba. Saya juga jatuh cinta dengan ASUS. Mba Ety dan blognya tambah asyik aja ya sekarang

    1. Ety Abdoel says:

      Wah, sama ternyata ya kondisiku dan kondisimu, qeqeqe. Moga dapat laptop baru mba.
      Asyiik, bakal sering kemari dong ya.

  10. Aku juga suka ASUS.. Sekarang hape ama laptop ganti ASUS smua. Tp naksir juga laptop ini mak..kali aja bisa bikin aq jadi rajin nulis kayak emak ety 😉😉

    1. Ety Abdoel says:

      Hayuk ikutan ini Mak Wid supaya berkesempatan dapetin laptop Asus.

  11. Di rumahku pecinta ASUS garis keras, hahaha. Satu laptop dan satu notebook. Cuma memang keluaran lama semua Mba. Meski masih awet, tapi pengen juga euy ganti yang keluaran terbaru <3
    Goodluck untuk lombanya ya Mba Ety :*

    1. Ety Abdoel says:

      Wah, banyak juga ya yang pakai asus.
      Aamiin YRA, makasih Nyak.

  12. Salam kenal dari blogger Ndeso. Wah enaknya freelancer, gak perlu capek-capek ke kantor tiap hari, hehehe… But dengan hadirnya laptop Asus, semoga saja segala aktivitas komputasi menjadi lebih mudah dan semakin lancar ya mba… Apalagi speknya si Asus ini memang bagus dan mantap..

    1. Ety Abdoel says:

      Salam kenal Mas Hendra.
      Wah Mas Hendra mah hebat, saya suka ngintip tulisannya.
      Betul Mas Hendra, speknya pas untuk kebutuhn saya.

  13. Wah, keren mbak baca juga artikel saya.

    1. Ety Abdoel says:

      Terimakasih Mas Johan.
      Saya sudah berkunjung juga ke blog njenengan.

  14. tahun baru laptop baru….asyik…

    Moga2 job tambah banyak..

    1. Ety Abdoel says:

      Aamiin YRA. Sukses juga buat Mak Sara

  15. Aq nyobain ini mak..
    Soundnya mantep jaya

    1. Ety Abdoel says:

      Wah, sebuah testimoni nih.

  16. Terima kasih telah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD – Laptop for Everyone. Good luck, Mba Ety.

    1. Ety Abdoel says:

      Sama-sama. Aamiin YRA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *