Health

4 Bahan Alami Yang Bisa Dipakai Sebagai Obat Penumbuh Rambut Rontok Tradisional

Siapa di sini yang rambutnya rontok, ngacung! Biar saya ada temennya gitu, hehehe. Rambut rontok itu problem saya sejak lama. Bahkan sampai hari inipun, rambut saya masih mengalami kerontokan yang cukup banyak. Sempat mencoba berbagai macam sampo khusus rambut rontok namun hasilnya belum memuaskan.

Konon sih, kalau rontoknya masih sekitar 100 helai sehari itu tergolong normal.Tapi, kan, susah ya buat menghitung berapa helai rambut yang rontok selama sehari. Kalau saya sih tiap kali menyisir pasti ada rambut yang tertinggal di sisir. Jumlah pastinya enggak tahu, soalnya enggak pernah menghitungnya. Yang jelas bikin shock.

Tapi, tetap saja bikin saya cemas. Rambut itu kan diibaratkan sebagai mahkota bagi wanita maka kalau rontok terus menerus, kan bikin cemas. Apalagi, kondisi rambut saya nggak setebal waktu masih kecil dulu, lho. Suka sedih.

Tentunya rambut rontok adalah permasalahan yang sering terjadi dan bisa mengganggu penampilan. Terlebih lagi untuk para wanita. Iya apa iya? Kalau menurut saya sih, iya. Jika masalah rambut rontok dibiarkan begitu saja, maka lama-lama bisa menurunkan kadar kecantikan untuk para wanita. Tsah!

Baca juga artikel Sabun Pembersih Vagina, Perlu Atau Tidak?

Ketika rambut rontok terjadi pada saat usia sudah mulai lanjut, maka hal ini adalah wajar, tetapi ketika rambut rontok tersebut terjadi pada saat usia masih muda, tentunya hal ini sangatlah penting untuk dilakukan penanganan supaya tidak sampai mengalami kebotakan.

akibat-rambut-rontok

Saya memang memakai hijab, jadi kalau pergi keluar rambut kan nggak nampak. Tapi sebagai wanita saya pengin dong tampil dengan rambut indah ketika sedang ada di rumah.

Terus solusinya, apa dong?

Obat penumbuh rambut rontok secara tradisional dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk rambut rontok. Patut dicoba, apalagi bahan-bahan tradisional kan banyak dan mudah didapatkan.

Ada beberapa bahan-bahan tradisional yang bisa digunakan sebagai penumbuh rambut rontok:

Dengan menggunakan bayam

bayam-obat-penumbuh-rambut-tradisional

Bayam memiliki kandungan protein, lemak, vitamin A, B1, C, hingga fosfor yang sangat bermanfaat untuk menyuburkan kulit kepala dan rambut. Tentunya sayuran yang satu ini sangat mudah untuk kita temukan. Teman-teman bisa membelinya langsung ke tukang sayur keliling atau ke pasar. Cara memakainya seperti ini:

  • Sebelum digunakan, maka cucilah terlebih dahulu daun bayam tersebut
  • Lalu giling daun bayam hingga halus
  • Setelah benar-benar halus, lalu tambahkan air matang setengah cangkir, serta madu sebanyak 1 sdm
  • Selanjutnya peras dan saring
  • Minumlah air perasan dari bayam tersebut dalam 2 kali sehari sebanyak setengah cangkir

Kalau teman-teman nggak tahan minum perasan air bayam, bisa coba alternatif lain, hehehe.

Silahkan baca Tips Memperlambat Penuaan

Dengan menggunakan lidah buaya

 

Lidah buaya merupakan obat alami untuk rambut yang sudah sangat populer. Lidah buaya adalah tanaman yang sejak zaman dahulu telah digunakan sebagai salah satu obat penumbuh rambut secara alami. Cara pakainya mudah banget,seperti ini saja:

  • Ambil lidah buaya dan cucilah hingga bersih
  • Setelah itu, ambil bagian dagingnya dan balurkan pada kulit kepala
  • Sebelum membalurkan lidah buaya, jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu rambut
  • Setelah lidah buaya ditempelkan di kepala, maka selanjutnya tutuplah kepala teman-teman dengan menggunakan handuk hingga semalaman, lalu bilaslah pada keesokan harinya.
  • Perawatan yang satu ini memakan waktu sekurang-kurangnya hingga 3 bulan ya, teman-teman

Dulu, waktu masih tinggal dengan orangtua, saya suka pakai lidah buaya buat rambut. Soalnya ada tante yang punya tanaman ini. Sementara sekarang di rumah nggak ada tanaman lidah buaya. Jadi kebiasaan itu berhenti.

Padahal enak banget saat kulit kepala dikasih lidah buaya, rasanya nyes, adem gitu. Baunya sih memang agak langur gitu, tapi khasiatnya oke, untuk menebalkan rambut.

 Dengan menggunakan fenugreek

Fenugreek adalah salah satu biji-bijian yang begitu bermanfaat dalam mengatasi rambut rontok. Di dalam fenugreek terdapat kandungan seperti asam nikotinik serta kandungan protein yang dapat memicu terjadinya pertumbuhan rambut.

fenugreek-obat-penumbuh-rambut-rontok-tradisional

Bukan hanya itu saja, fenugreek juga mempunyai hormon antecedents yang dapat menjaga kesehatan sel folikel yang ada pada rambut, dengan begitu rambut kita tidak mudah rontok, bahkan bisa terhindar dari penyakit rambut. Ramput pun akan tetap sehat. Cara memakainya seperti berikut ini:

  • Ambil 1 mangkuk biji fanugreek, lalu rendam ke dalam wadah yang berisi air hingga semalaman
  • Di pagi harinya, tiriskan fenugreek, lalu haluskan biji tersebut
  • Oleskan biji fenugreek yang sudah halus ke kulit kepala lalu diamkan hingga 40 menit
  • Selanjutnya cucilah rambut teman-teman dengan air. Lakukan secara rutin agar hasilnya nampak ya, teman-teman.

Dengan menggunakan bawang merah

Buat teman-teman yang tahan dengan aromanya, silahkan dicoba. Ternyata bawang merah juga dapat digunakan dalam mengatasi rambut rontok. Caranya adalah :

  • Ambil bawang merah, lalu buat bawang merah tersebut menjadi jus dengan mencampur sedikit air
  • Jika sudah jadi teman-teman bisa langsung membilasnya ke rambut. Diamkan hingga 30 menit
  • Terakhir, pakailah sampo untuk mencuci rambut agar bersih kembali.

Baca juga artikel 5 Alasan Mengonsumsi Buah Manggis

Sebenarnya masih ada lagi bahan-bahan tradisional yang bisa kita gunakan sebagai alternatif dalam mengobati rambut rontok. Tetapi jika teman masih kesulitan untuk mendapatkan beberapa bahan yang telah dipaparkan di atas, atau nggak mau repot maka bisa menggantinya dengan menggunakan produk Dermagift.

Ya, Dermagift merupakan produk penumbuh rambut No.1 di Indonesia. Sehingga bisa  digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada rambut teman-teman seperti rontok, kebotakan, kusam, kasar, kering, hingga rapuh. Klaimnya, hanya dalam kurang lebih tiga bulan saja, teman-teman bisa melihat hasilnya yang sangat menakjubkan.

Oke teman-teman segini dulu deh, pembahasan mengenai obat penumbuh rambut rontok dari bahan-bahan tradisional yang bisa dicoba. Plus alternatif obat penumbuh rontok yang bisa dipilih jika tidak mau repot.

 

10 Comments

  • Arinta Adiningtyas

    Kayaknya yang paling gampang dan enak tuh pake lidah buaya ya Mbak. Bapak punya nih pohonnya.

    Tapi kayaknya aku mau coba yang pertama, pake jus bayam. Kebetulan rambutku juga rontok Mbak, ketombean lagi. 😥

    • Ety Abdoel

      Ih senengnya punya lidah buaya, aku pengin nanem yang banyak.
      Biar gampang kalau butuh, tinggal ambil.
      Soalnya seneng sama sensasi nyes di kulit kepala, bikin adem

  • Ipeh alena

    Ternyata minum air perasan bayem bisa bikin rambut gak rontok lagi ya, Mak. Saya pun demikian, masalah rambut rontok ini gak ada habisnya. Kadang risih karena sering ngotorin lantai kamar mandi.

    • Ety Abdoel

      Iya Peh, minum jus bayam.
      Hihihi, belum pernah sih, mending pakai lidah buaya sih kalu aku.
      Betul peh, kalau habis keramas tuh haduuh, lantai kamar mandi penuh rambut rontok.

  • Mrs Bule

    Mbak makasih tips-nya, Aku belakangan emang lagi galau nih rambut depanku mulai keliatan banget rontoknya. Kayaknya aku mau nyobain Bayam ama Bawang Merah deh soalnya mudah didapetnya hehe.

    x

  • lianny hendrawati

    Baru tau ternyata bayam juga bisa ya buat rambut rontok. Kirain dioles di rambutnya, ternyata diminum hihi. Yang pernah kucoba cuma lidah buaya, tapi nggak terlalu ngefek sih, mungkin karena nggak telaten kali ya. Diemin nya juga nggak semalaman, tapi biasanya sejam habis oles langsung keramas 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *