so-good-chicken-wing
Competition, Recipe

So Good Bantu Ibu Sajikan Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Keluarga

Bantuan kadang tidak datang dari seseorang tapi dari sesuatu

Maksudnya?

Begini, ditengah kesibukan merintis usaha bakery, tenaga dan waktu saya tersita banyak untuk urusan ini. Sementara itu, saya tak memiliki asisten rumahtangga. Tapi, satu komitmen saya sebagai ibu, urusan makan keluarga nggak boleh diabaikan. Biarlah pakaian bersih menumpuk belum disetrika, asal asupan gizi keluarga memenuhi pedoman piring gizi seimbang.

Sudah 10 bulan ini, saya menjalankan usaha homemade bakery. Saat ini saya memang fokus membuat Pizza dan menjualnya. Semua masih dikerjakan sendiri (saya dan suami). Sejak bangun tidur jam 03.00, kesibukan sudah saya mulai. Mencuci peralatan baking, alat makan, menyiapkan sarapan, mencuci baju, bersih-bersih rumah, harus sudah beres sebelum memulai produksi.

Kadang, suka terlintas dipikiran, enak kali ya, kalau ada yang bisa meringankan beban pekerjaan sehari-hari.  Solusinya, saya harus membuat skala prioritas pekerjaan rumahtangga. Mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda dulu.

Urusan asupan makanan dengan piring gizi seimbang adalah salah satu prioritas makanya saya memilih memasak sendiri.

Tapi, yang namanya memasak kan juga butuh waktu. Apalagi harus memenuhi syarat piring gizi seimbang. Duh, pakai mikir dulu, menunya apa, porsinya seberapa.

Mengapa Harus Berpedoman Pada Piring Gizi Seimbang?

Tubuh butuh asupan makanan bergizi agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik untuk anak-anak, maupun bisa sehat dan produktif untuk orang dewasa. Seperti diketahui, kondisi gizi yang buruk menjadi faktor resiko terkena penyakit kronis (penyakit tidak menular), contohnya ; penyakit jantung dan pembuluh darah, darah tinggi, dan stroke (kardiovaskuler), penyakit diabetes serta kanker. Penyakit tersebut menjadi penyebab kematian paling banyak di Indonesia (Depkes 2008).

Kondisi gizi buruk itu tak selalu soal kekurangan gizi, termasuk juga kelebihan gizi seperti menumpuknya kolesterol. Segala sesuatu yang kurang dan berlebihan memang tak baik. Yang paling baik ya, harus seimbang.

Sementara itu, 1000 hari pertama kehidupan seorang anak adalah masa emas. Kekurangan gizi pada masa ini bisa menghambat tumbuh kembangnya di hari-hari selanjutnya.

Atas fakta tersebut maka pemerintah melalui Departemen Kesehatan menyosialisasikan Pedoman Gizi Seimbang (PGS) sebagai upaya untuk meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat.

Seperti Apa Pedoman Gizi Seimbang Itu?

Secara sederhana, pedoman gizi seimbang adalah konsumsi makanan sehari-hari harus mengandung zat gizi yang porsi dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan setiap orang atau kelompok umur.

piring-gizi-seimbang
sumber ; So Good

Pedoman Gizi Seimbang ini memiliki 4 pilar, yaitu:

  • Mengonsumsi Makanan Yang Beragam

Jika digambarkan dalam sebuah piring maka makanan yang dikonsumsi, harus terdiri dari karbohidrat, lauk-pauk, sayur dan buah-buahan.

Sumber karbohidrat bukan hanya nasi, ada kentang, ubi, singkong, sagu, mie dan lain-lain. Jadi hindari salah kaprah, merasa belum makan jika belum mengonsumsi nasi, hehehe. Ada diantara teman-teman yang merasa begitu?. Dulu saya begitu soalnya, makan mie instan pakai nasi, hiks.

Untuk lauk pauk bersumber protein ada protein nabati seperti tahu, dan tempe serta semua olahan kacang-kacangan. Selain itu ada juga protein hewani seperti ikan, telur, ayam, daging, serta hasil olahan daging seperti nugget favorit anak-anak saya.

Baca juga cerita tentang nugget So Good kesukaan anak-anak saya

Sementara itu, sayuran dan buah-buahan dibutuhkan sebagai sumber vitamin dan mineral. Beruntunglah kita, karena tanah air kita menyediakan aneka ragam sayuran dan buah-buahan yang mudah didapat dan terjangkau harganya.

Jadi sayapun berusaha selang-seling dalam menyajikan makanan gizi seimbang, karena sumber zat gizi tak hanya satu macam.

Lalu, seberapa banyak sih, porsi makanan yang bisa dikonsumsi? Apakah bebas, sebanyak-banyaknya?

Tentu, tidak! Semua ada porsinya. Seberapa banyak porsinya? Tergantung pada kebutuhan tiap orang atau kelompok umur. Namun, secara umum dalam menyajikan sepiring makanan, porsinya sebesar ini:

pring-gizi-seimbang
sumber : So Good
  • Pola Hidup Sehat

Kebiasaan hidup sehat contohnya, tak melewatkan sarapan pagi, karena penting untuk bekal aktivitas sehari-hari. Contoh yang lain adalah cuci tangan sebelum makan agar kuman-kuman masuk ke tubuh bersama makanan yang kita konsumsi.

  • Pola Hidup Aktif

Pola hidup aktif, diantaranya dengan rutin berolahraga. Hindari terlalu banyak duduk. Nah ini, PR saya, karena kalau sudah mengetik di laptop suka lama, hiks.

  • Jaga Berat Badan Ideal

Jangan lupa untuk mempertahankan berat badan ideal, karena obesitas itu sumber berbagai macam penyakit. Batasi konsumsi makanan, apalagi makanan yang mengandung lemak jahat.

Menyajikan Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Keluarga

Dengan kesibukan yang padat setiap hari tentu saya butuh sesuatu yang lebih praktis namun tetap sehat dan higienis.

Sesuatu yang selama ini membantu saya dalam menyajikan sepiring gizi seimbang untuk keluarga adalah So Good sebagai salah satu sumber protein yang baik. Iya, So Good memahami kebutuhan saya dalam menyajikan menu piring gizi seimbang diantara padatnya aktivitas dan sempitnya waktu.

So Good menyediakan protein yang berkualitas dalam bentuk:

  • Siap Olah, diantaranya Ayam Potong paha dan dada, Ayam Utuh potong 10, Ayam Potong Daging Sup, Ayam Potong Paha Dada Bumbu Kuning dan Ayam Potong Paha Dada Pedas Manis.
  • Siap Masak, Bakso Ayam Kuah Keju, Pangsit Udang, Shrimp Dumpling Hakao Udang, Sausage Premium Smoke Bratwurts, Chicken Karage, Chicken Katsu, Chicken Steak, Chicken Nugget Jets, Chicken Nugget Ayam Vegie, Chicken Nugget Dino Bites, Alpabhet, Animal, Donat, Fish Nugget, Fish Karage, Siomay, Chicken Wing dan lain-lain. Hehehe, banyak banget, nih.
so-good-chicken-wings-2
salah satu kesukaan anak-anak saya

Komplit kan, jenisnya. So Good memberikan fleksibilitas dalam memilih protein. Senangnya, sekarang So Good siap olah punya produk baru yaitu Ayam Potong Berbumbu Kuning dan Pedas Manis. Ini juga praktis, tinggal digoreng, dikukus, ditumis ataupun dipanggang bisa.

Tinggal ditambah seporsi nasi, tumis sayur dan buah maka sepiring gizi seimbang bisa disajikan. Mudah, bukan?.

Soal rasa gimana? Beberapa produk So Good yang pernah dicoba, menjadi favorit anak-anak saya. Gurihnya pas jadi cocok buat lauk makan.

Meski enak, tapi nggak boleh dikonsumsi secara berlebihan ya, karena kebutuhan protein harian ada ukurannya. Berikut ini, AKG (Angka Kecukupan Gizi) harian untuk protein yang saya ambil dari IG nya So Good:

kebutuhan-protein-harian
sumber : So Good

“Nah, contohnya anak saya ada direntang usia 10-13 tahun maka kebutuhan protein hariannya adalah kurang lebih 49 gram. Jika dikonversi, 49 gram = 9 potong nugget.

Jadi kalau lauknya nugget untuk hari itu, maka tinggal dibagi untuk 3 kali makan. Setiap makan cukup 3 potong meskipun anak-anak doyan.

kebutuhan-protein-harian

Ada hal lain yang membuat saya tenang, karena So Good diolah dari bahan dan bumbu berkualitas bagus. Saat diproduksi juga menggunakan teknologi tinggi sehingga menghindari terjadinya kontaminasi.

So Good telah melewati proses masak dalam suhu 170 derajat C selama kurang dari 3 menit, kemudian dibekukan secara langsung dengan teknologi IQF agar tetap terjamin kesegaran, kelezatan dan nutrisi di dalamnya.

Yang tak kalah penting So Good telah dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia. Alhamdulilah.

Potato Wedges Chicken Wings Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Keluargaku

Menu yang saya sajikan sehari-hari adalah menu yang sederhana. Yang penting memenuhi pedoman gizi seimbang dan keluarga saya suka. Memang ada beberapa sayur yang anak-anak tidak suka karena rasanya tidak cocok di lidah anak-anak, seperti terong, pare, daun pepaya, dan daun kenikir.

Biasanya, sayuran seperti itu tak saya sajikan untuk anak-anak. Untungnya, mereka mau mengonsumsi sayuran lain seperti kangkung, bayam, kacang panjang, buncis, kembang kol, brokoli, wortel dan lainnya.

Baca juga salah satu olahan So Good Ayam Goreng Bumbu Kacang

Menu Potato Wedges adalah upaya untuk menyantap aneka ragam karbohidrat. Sejak pertama kali membuatnya, anak-anak langsung suka. Apalagi jika dipadu dengan lauk dari So Good. Biasanya sih, bakal diselang-seling juga lauknya.

Resep Potato Wedges Chicken Wings  ala saya. Iya, karena ada beberapa bahan yang saya skip karena nggak punya.

Resep Potato Wedges

  • Kentang  500 gram
  • Minyak Goreng 1 sdm
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Oregano 2 sdm
  • Bawang putih parut 1 siung
  • Garam secukupnya

Saus :

  • saus tomat 3 sdm
  • bawang putih 1 siung
  • gula dan garam secukupnya

Cara Membuat :

  • Cuci kentang dengan air mengalir dan sikat kulitnya hingga bersih. Kemudian potong bagi delapan kalau kentang besar, kalo kali ini kentangnya kecil jadi saya bagi empat.
  • Didihkan air hingga mendidih, masukkan kentang dan rebus selama 5-7 menit.
  • tumis bahan saus.
  • Di wadah lain campur bawang putih parut, minyak goreng, lada bubuk dan garam dan saus. Selanjutnya masukkan kentang dan campur rata dengan bumbu. Lalu diamkan selama 30 – 60 menit.

    kentang-siap-panggang
    kentang siap dipanggang
  • Panggang kentang di oven selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 200 derajat C sampai berwarna coklat keemasan.
  • Yeaah, potato wedges siap disajikan bersama Chicken Wings goreng.

    potato-wedges
    potato wedges siap disajikan

Begini penyajian menu piring gizi seimbang untuk kedua anak saya :

menu-piring-gizi-seimbang
untuk sekali makan

Menu di atas adalah satu pilihan praktis dan hemat waktu, cocok untuk kondisi keluarga saya. Meskipun praktis, menu di atas memenuhi kriteria menu piring gizi seimbang.

Semua ini berkat So Good, yang telah menyediakan sumber protein berkualitas baik. So Good telah membantu saya dalam menyajikan menu piring gizi seimbang demi kesehatan keluarga.

Bagaimana dengan teman-teman, apakah merasa terbantu dengan adanya So Good? Silahkan share pengalaman di kolom komentar, ya.

Tulisan Ini diikutsertakan dalam kompetisi Blog Menu Piring Gizi Seimbang BPNXSoGoodPiringGiziSeimbang

Sumber:

Kementrian Kesehatan

gizi.depkes.go.id/download/Pedoman%20Gizi/PGS%20Ok.pdf

So Good
http://www.sogood.id/

You may also like...

28 Comments

  1. Mba Etyyy, kumplit banget ulasannya, masya Allah. Jadi dapat banyak pengetahuan baru tentang gizi.

    Iya dooong, aku juga ngerasa terbantu banget dengan adanya produk-produk So Good. Selain rasanya yang enak dan disukai anak-anak, SO Good ini juga terjamin kualitasnya ya. Dan pilihannya juga banyaaak :))

    1. Ety Abdoel says:

      Gini ini kalau udah pengin nulis Nyak. Nyerocos aja sampai panjang.
      Sama berarti Nyak. Nah, kah betul apa kataku selain praktis, enak, higienis, pilihannya juga banyak.

  2. pagi2 liat beginian jadi terinspirasi mau masak apa, makasih ya mak

    1. Ety Abdoel says:

      Sama-sama Manda.Kalau bosen nasi,bisa cobain olahan kentang Nda

  3. Wah mantap nih Mba punya usaha sendiri, semoga makin berkembang ya.. Btw, saya jg selalu sedia SoGood di rumah.. Favorit saya chicken wing dan chicken cut berbumbu.. Gak repot dan praktid kalo mau bawa bekal ke kantor ..

    1. Ety Abdoel says:

      Makasih mba untuk supportnya. Aamiin YRA.
      Wah, bagus tuh Mba buat bekel kantor, Nyiapinnya nggak ribet.

  4. Cara membuatnya cukup mudah ya mbak? Apalagi pake SoGood tinggal dikreasikan sedikit, udah jadi hidangan mantab

    1. Ety Abdoel says:

      Nah, itu yang kusuka mak. Nggak harus ribet nyiapinnya tapi dapat menu yang mantap.

  5. Kentang nya cemokot abis…
    Jd pengen bikin sndr nih..

    1. Ety Abdoel says:

      Hahaha, emang. Sok bikin dewe Om.

  6. mak.. laper mak… laper…

    kentang sama chickennya itu hlooo

    1. Ety Abdoel says:

      Enak Mak witri. Coba deh bikin sendiri di rumah.

  7. Mbaaaak, itu kentangnya nggak dikupas ya? Kalau nggak punya oven, bisa ngga pake teflon? Wkwkwkwk.. Kelihatannya lezat banget itu..
    Emang sih selama ini kalau belum makan nasi rasanya belum disebut makan. Haha.. makanya pengen memulai makan karbo tapi nggak nasi melulu. 😁

    1. Ety Abdoel says:

      Nggak usah dikupas. Cukup dicuci bersih, sikat biar tanahnya nggak nempel lagi.
      Bisa pakai teflon tpi api kecil ya mba,sama rajin-rajin ditengok biar matengnya cantik.

  8. So Good emang ngebantu banget deh urusan masak-memasak, jadi praktis! Aku selalu stok So Good di rumah. Biar suami juga bisa masak sendiri, hehe. Kan tinggal goreng aja.

    1. Ety Abdoel says:

      Betul mak. Siapapun bisa mengolahnya.

  9. Duh penampakan kentangnya mana tahan XD

    1. Ety Abdoel says:

      Hehehe, ayo bikin sendiri Mba Lina.

  10. ternyata kebutuhan so good wanita lebih besar dari pada pria..makanya akhir akhir ini banyak wanita yang makannya banyak hahaha…

    1. Ety Abdoel says:

      Ini hasil survey Pak? Qeqeqe, makasih sudah mampir.

  11. Wow sedaaaap. Kapan-kapan aku mau coba bikin potato wedges. Simpan dulu ah resepnya.

    1. Ety Abdoel says:

      Silahkan Mba, semoga cocok ya.

  12. Terbantu banget adanya So Good gini. Kadang kalau malas tinggal goreng nugget, tapi divariasikan dengan sayur juga. Suka banget yang ayam potong, biasanya dibikin stok sih kaloo aku. Kalo laper tinggal goreng 😀

    1. Ety Abdoel says:

      Iya, apalagi ayam potongnya ada yang sudah berbumbu. Kalau lagi kepepet, tinggal goreng nggak pakai lama.

  13. Juaarraak. Komplit penyajiannya, mulai tulisan ampe penyajian. Kentangnya endess. Bener tuh biasanya kalau nggak makan nasi nggak merasa makan, hehehe. Padahal penyajian kentang sebagai karbo sama saja

    1. Ety Abdoel says:

      Hai Mba Lidha, makasih mbakku.
      Saya yang masih belum bisa itu makan singkong sebagai makan besar. Masih merasa itu camilan, hiks.

  14. Comot ketang gorengnya. Sama SO GOODnya juga, ding ^_^

  15. ya ampun mak mak. kapan ya, aku ngicip masakanmu? ketok enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *