Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Recipe

Resep Ceker Ayam Teriyaki Hot Plate Cocok Buat Kamu Yang Nggak Suka Pedas

Dagingnya sih nggak ada tapi bisa menggigit dan menyesap kulit dan urat sampai ke tulang-tulangnya itu menyenangkan. Apalagi kalau bumbunya sedap, bakal tambah lama ceker itu disesap. 

Ceritanya ini tentang melunasi hutang janji sama anak-anak. Tempo hari kan minta dimasakin steak ayam krispi yang disajikan di atas sepinggan hot plate yang masih baru. Tapi, karena belum sempat memasaknya, jadinya beli steak ayam krispi dan disajikan dengan hot plate.

Eh, ketika saya sudah punya waktu luang, akhirnya ganti menu karena rikues anak-anak. Yo wes, emaknya manut aja. Toh, yang diminta masih tetap bergizi. Ya, anak-anak minta makan dengan olahan ceker ayam. Ceker ayam memang nggak ada dagingnya tapi tinggi akan kandungan protein, glukosamin, kalsium, fosfor, asam hialuronat, kondroitin sulfat dan kolagen.

Sempat bingung memilih resep ceker ayam sih. Ada resep rica-rica, semur, asam manis atau teriyaki. Pilihan akhirnya jatuh pada resep ceker ayam teriyaki. Pertimbangannya karena rasanya tidak pedas jadi amanlah untuk anak-anak. Selain itu ceker ayam teriyaki menarik jika disajikan di hot plate, anak-anak pasti tambah semangat makan.

resep ceker ayam teriyaki hot plate

Resep Ceker Ayam Teriyaki Hot Plate

Saya belanja ceker di warung sayur langganan seperti biasanya. Hari itu saya beruntung karena bersih. Cukup beli setengah kilogram dan beberapa bumbu yang diperlukan seperti saus teriyaki.

Nah, ini dia resep ceker ayam teriyaki hot plate ala saya:

Bahan:

  • Ceker ayam ½ kg
  • Daun salam 1 lembar
  • Daun jeruk 1 lembar
  • Bawang putih 2 siung
  • Bawang bombay 50 gram
  • Lada bubuk 2,5 gram
  • Garam 1,25 gram
  • Gula pasir 1,25 gram
  • Saus teriyaki 22 ml (saya pakai saori)
  • Minyak goreng 2 sendok makan
  • Air kaldu 300 ml
  • Tepung maizena 1 sendok makan

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih ceker dan potong kukunya.
  2. Rebus ceker dengan air, daun salam dan daun jeruk hingga lunak. Sisihkan.
  3. Cincang bawang putih dan iris bulat bawang bombay.
  4. Panaskan minyak goreng, masukkan bawang putih cincang dan separo dari bawang bombay yang telah diiris. Tumis hingga harum.
  5. Masukkan lada bubuk, garam, gula pasir dan saus teriyaki.
  6. Masukkan ceker ayam dan kaldunya 300 ml
  7. Masak hingga agak menyusut sambil diaduk.
  8. Cairkan tepung maizena dengan sedikit air lalu tuang ke dalam wajan. Aduk sampai mengental. Matikan api.
  9. Tumis sisa bawang bombay tadi dengan sedikit minyak. Ini dipakai buat taburan saat disajikan.
  10. Ceker Ayam Teriyaki siap dihidangkan

Nah, untuk menyajikan ceker ayam teriyaki ini, pastikan hot plate telah dicuci terlebih dulu. Selanjutnya dipanaskan dengan suhu sesuai selera aja. Cara memanaskan hot plate juga mudah. Tinggal panaskan di atas kompor atau oven.

ceker ayam teriyaki hot plate

Jika hot plate sudah cukup panas, angkat hot plate dan taruh di atas tatakan. Kemudian taruh ceker ayam teriyaki di atasnya. Jangan lupa siramkan dengan kuah di atasnya serta sisa bawang bombay yang ditumis. Yeaay, jadilah Ceker Ayam Teriyaki Hot Plate ala saya.

Gimana teman-teman? Mudah, bukan cara memasaknya?.

Nggak nyampai satu jam kok waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya. Oh, ya kalau menghendaki bisa juga ceker ayamnya dipresto biar lunak setulang-tulangnya. Jadi lebih praktis, kan makannya. Kalau saya sih emang sengaja ingin nyesap-nyesap tulangnya. Kalau terlalu lunak jadi nggak seru, hehehe.

Selanjutnya, kalau teman-temanmau pakai saus teriyaki merek lain juga bisa. Saya pakai saori karena yang ada di warung sayur langganan cuma itu. Tapi, rasanya enak, lho.

Trus, kalau nggak punya hot plate bisa disajikan di piring biasa. Iyaaa, nggak harus pakai hot plate. Tetep enak aja sih rasanya. Tapi, kalau emang pengin punya hot plate murah kek punya saya, silahkan aja.

Di tulisan saya tempo hari, sudah komplit ya ulasannya tentang tempat jual hot plate murah. Bisa beli di Batur Creative Logam, yang berlokasi di Klaten. Tentang cara merawat hot plate agar terhindar dari karat juga sudah saya tulis.

Olahan ceker ayam memang lagi hits dimana-mana. Bahkan ada yang menawarkan ceker dengan rasa pedas tingkat dewa. Pedas pool, kakak. Kalau saya sih nggak sanggup dah kalau harus makan dengan jumlah cabe yang nggak rasional. Walaupun saya penyuka pedas, tapi level pedasnya masih wajarlah.

Nah, buat teman-teman yang nggak bisa makan pedas, resep ceker ayam teriyaki hot plate ala saya bisa dicoba, ya. Semoga bisa menambah selera makan kalian.

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.