Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips and Tutorial

Bingung Memilih Template? Ikuti Tips Memilih Desain Blog Yang Menarik Berikut Ini!

Ngeblog ternyata tak sekadar menuangkan ide ke dalam sebuah tulisan, ya?

Iya, jika ngeblog yang dimaksud memiliki tujuan untuk dimonetasi maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dalam memilih desain blog yang menarik.

Yang dimaksud desain blog yang menarik di sini adalah menarik untuk segera dirayapi search engine dan menarik bagi pengunjung hingga ia jadi betah membaca tulisan kita.

Bukankah sebuah blogpost ditulis untuk bisa dibaca secara luas?

Sebelum bisa dibaca ada tahap yang harus dilalui yaitu, blogpost tersebut muncul di mesin pencari. Nah, template atau desain blog memiliki peran dalam mendorong suatu blog bisa tampil di mesin pencari bahkan tampil di halaman pertama.

Memang sih, memilih desain blog itu tak lepas dari selera blogger yang bersangkutan. Soal ini, saya jadi ingat saat awal ngeblog dulu. Memilih template dengan background warna coklat tua dan font berwarna kuning. Dulu sih, nggak ada masalah dengan pilihan tersebut. Sempat juga lho, blog saya dihiasi dengan salju yang turun bertaburan. Tapi, setelah tahu ilmunya jadi malu, hehehe. Ternyata selera saya tak sesuai dengan kriteria memilih desain blog yang menarik.

Setelah itu saya mulai insaf dalam memilih template blog. Apalagi blog yang saya miliki sudah dimonetasi. Tentu, saya tidak bisa lagi semena-mena dalam memilih template.

Dari beberapa tulisan yang pernah saya baca, rata-rata sih poin-poin dalam memilih desain blog yang menarik bagi search engine dan pengunjung itu sama. Hal tersebut juga dikuatkan oleh Carolina Ratri, seorang Blogger Profesional , narasumber dalam kelas NgeblogPro untuk Pemula yang saya ikuti beberapa waktu lalu.

Apa saja sih, poin-poin dalam memilih desainblog menarik itu? Simak, ya!

5 Tips Memilih Desain Blog Yang Menarik Ini Bisa Jadi Panduan Buat Kamu

  1. Tampilan Backgound Bersih dan Sederhana

Memang ada template yang kotor?

Qeqeqe, maksudnya bersih itu, nyaman dilihat, dan rapi. Biasanya sih, warna putih lebih disukai untuk background. Alasannya warna putih tidak menyebabkan mata pembaca cepat lelah. Sementara itu untuk warna font nya, hitam adalah pilihan aman.

Sederhana berarti tidak banyak ornamen yang nggak perlu seperti salju, kursor warna-warni, musik, dan lain-lain.desain-blog-yang-menarik

  1. User Friendly

Pengunjung akan betah membaca di sebuah blog jika navigasinya mudah dipahami. Misalnya, pembaca ingin mencari artikel kategori tertentu, menu mana yang harus diklik? Jika mereka ingin mengetahui siapa pemilik blog, tombol mana yang harus dipilih? Semua bisa diketahui dengan mudah.

Intinya sih, pembaca mudah untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain maupun dari satu tulisan ke tulisan lainnya. Jika navigasinya mudah dipahami maka mereka akan betah berlama-lama membaca blog kita.

Navigasi yang baik tak hanya memanjakan pengunjung blog saja, search engine seperti Google juga memberikan poin plus akan hal ini.

  1. Loading Cepat

Siapa yang suka sebel kalau berkunjung ke sebuah blog tapi lama loadingnya? Biasanya pilih menunggu atau meninggalkan blog sebelum terbuka seluruhnya?

Nah, loading blog yang lambat bisa berakibat pada sedikitnya pengunjung yang bersedia membaca suatu blog. Sayang banget, kalau hal tersebut terjadi pada sebuah blog yang dimonetasi.

Makanya, penting untuk memilih desain blog yang loadingnya cepat. Untuk mengecek kecepatan loading suatu blog bisa memakai beberapa alat seperti GT Metrix.

  1. Desainnya Responsif

Maksudnya desain blog yang responsif adalah mampu menyesuaikan dengan perangkat apapun yang dipakai oleh pembaca. Dibuka melalui desktop, tablet maupun ponsel ukuran secara otomatis bisa menyesuaikan. Jadi artikel bisa mudah dibaca tanpa harus melakukan zooming.

Google juga suka dengan blog yang mobile friendly. Jadi, tunggu apalagi, jika template blog kalian belum responsif segera ganti aja.

  1. SEO Friendly

Agar lebih mudah terindeks mesin pencari pilihlah desain blog yang SEO Friendly. Seperti apa template yang SEO Friendly itu?

Template yang SEO Friendly memiliki struktur yang baik. Ada Header, konten, sidebar dan footer yang tata letaknya tepat.

Seperti letak sidebar sebaiknya ada di sebelah kanan. FYI, search engine itu membaca blog dari arah kiri ke kanan. Jika artikel ditempatkan di sebelah kiri maka akan lebih cepat terindeks mesin pencari ketimbang sidebar widget dengan banyak script.

Ternyata memilih desain blog menarik itu tak sederhana, ya. Bahkan memilih template yang pas itu seperti memilih jodoh. Kadang suka sama tampilan suatu template tapi nggak memenuhi kriteria desain blog yang menarik. Giliran menemukan template yang sesuai kriteria ketika dipasang malah berantakan blognya. Harus telaten, sih!

Oh, ya, mungkin ada juga yang suka bimbang memilih antara template gratis atau berbayar. Sejauh yang saya tahu, nggak masalah sih kalau mau pakai template gratis asal sesuai kriteria desain blog menarik dan diupdate terus.

Tapi, kalau menghendaki membeli template lebih baik lagi karena bisa lebih leluasa dioprek tampilannya sesuai dengan keinginan kita. Fitur template berbayar biasanya juga lebih lengkap.

Nah, beberapa source berikut ini bisa jadi rujukan saat mencari template yang baik, seperti Gooyabi, Theme Expose, Btemplates, CSS Author maupun Weblyb.

Selamat memilih template, ya. Mungkin akan membutuhkan waktu agak lama untuk bisa ketemu template yang menarik dan pas dengan selera kita. Tapi, kalau sudah ketemu template yang menarik bakal menyenangkan banget ngeblognya.

“Tulisan ini diikutkan dalam Kompetisi Blog NgeblogPro bersama Carolina Ratri dan Febriyan Lukito, yang diselenggarakan oleh MB Communication – Indoblognet.”

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.