Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Event

3 Tips Tampil Fashionable Sesuai Kepribadian – KEB Event Collaboration

Ada yang suka pusing kalau mau pakai baju? Nggak usah sedih mengakuinya karena kalian tidak sendirian, qeqeqe. Saya juga suka begitu. Harus diakui tidak setiap orang bisa tampil fashionable. Alasannya mungkin memang tipe orang yang cuek dalam urusan penampilan. Bisa juga karena belum tahu ilmunya.

Tampil fashionable ada ilmunya? Ada dong, dan ilmu tips tampil fashionable ini saya dapat dalam Event Collaboration KEB Solo, 17 Febuari 2019, di Aquamarine meeting room, Alana Hotel and Convention Center. Event bertajuk Grooming Your Personality ini menghadirkan Octaria Kenes sebagai narasumber, seorang Fashionpreneur dan Selebgram kota Solo.

booth-wardah
Event bareng Wardah

Saat memutuskan tema ini sempat terjadi perdebatan di tim pengurus. Ya, katanya kata grooming telah identik dengan kucing. Iya sih, kucing zaman sekarang telah mengenal grooming, bahkan lebih dulu dari saya.

Tapi, akhirnya karena memang istilah grooming sejatinya memiliki makna yang lebih luas maka tema Grooming Your Personality with Your Own Style ini dipilih jadi materi event kemarin.

Apakah ini mengajak perempuan yang hadir di event untuk konsumtif? Oh, tentu tidak, tema ini justru mengajak peserta event untuk melek fashion. Tujuannya agar dalam membeli baju sesuai dengan kepribadiannya. Biar nggak salah beli dan akhirnya tersimpan mubazir di lemari. Asyik, kan!

Penasaran sama materi komplitnya? Monggo, disimak lanjutannya.

Ini dia Tips Tampil Fashionable Sesuai Kepribadian Ala Octaria Kenes

Perempuan kelahiran Solo yang akrab dipanggil Ria ini memiliki usaha di bidang fashion. Sehari-hari memang selalu tampil fashionable. Bisa dilihat di akun Instagramnya @octariakenes. Meskipun latar belakang pendidikannya teknologi pangan, passion terbesarnya memang di bidang fashion. Tak mengherankan jika beliau sering ditunjuk sebagai narasumber event fashion di kota Solo.

Tampil dengan balutan busana yang eye catching, mba Ria berbagi pengalamannya memilih gaya fashion dan padu padannya.

Octaria Kenes

3 Tips Tampil Fashionable

1. Kenali Kepribadianmu

Langkah pertama tampil fashionable menurut mba Ria adalah mengenali kepribadian masing-masing. Menurutnya ada 3 tipe kepribadian dalam kacamata fashion:

🍁Cuek, pribadi tipe ini minim koleksi baju, tidak memperhatikan estetika, bisa dikategorikan blind fashion atau buta fashion karena tampil apa adanya banget.

🍁 Simpel, pribadi tipe ini dikategorikan sebagai slow fashion. Tak terlalu mengikuti trend fashion yang ada. Namun dalam berpenampilan memperhatikan estetika jadi meskipun koleksi bajunya nggak banyak tapi bisa dipadu padankan.

🍁Modis, tipe ini biasanya jadi trend setter. Apa yang dipakainya mengikuti trend mode yang ada. Bahkan cenderung royal dalam mengoleksi baju. Oh ya, tipe modis ini sangat memperhatikan detil penampilan dari kepala hingga kaki termasuk asesoris dan sebagainya.

Nah, teman-teman masuk kategori mana nih?

Kalau saya sih tipe cuek yang pelan-pelan berubah menjadi tipe yang simpel. Saya pikir nantinya juga akan tetap di tipe simpel. Makanya, udah mulai mikir kalau beli baju. Kira-kira bakal cocok apa enggak di badan, bakal dipakai atau disimpan saja, bisa dipadu padankan enggak sama baju di lemari, dst.
Biar nggak jadi korban mode gitu.

Sayang uangnya kan, kalau beli baju tapi akhirnya nggak pernah dipakai. Bisa jadi dipakai sih, tapi ternyata setelah dipakai nggak bagus jatuhnya dibadan, karena sekadar mengikuti trend tanpa memperhatikan bentuk tubuh kita, ye kan. Jangan sampai, deh!

2. Playing with Your Mirror

Siapa suka lama-lama di depan cermin? Hahaha, ini modal bagus, karena tips tampil fashionable yang kedua ini mengajak kita untuk meluangkan waktu memanfaatkan koleksi baju yang ada di lemari untuk dipadu padankan.

Tips yang kedua ini mengajak kita untuk hemat, sih. Jadi memanfaatkan koleksi baju yang ada di lemari untuk mendapatkan style yang baru.
Luangkan waktu sekali seminggu selama 30 menit untuk memadu padankan koleksi baju yang ada.

Langkah-langkahnya begini menurut Mba Ria:

🍁Ambil beberapa pakaian yang lama tidak dipakai.

🍁Siapkan juga referensi style yang diinginkan. Misal nih pengin style yang simpel and chic, maka carilah referensi style fashion tersebut.

🍁Cek dulu kelayakan pakaian yang akan dipadukan, ya. Ya, kan sudah lama nggak dipakai, siapa tahu ada bolong-bolong atau warnanya sudah pudar. Kek gini nggak layak dipakai lagi, kan.

🍁Mulai deh dipadu padankan. Jangan kaget ya, kalau akhirnya bisa menemukan style yang baru.
Wah, kenapa nggak kepikiran ya, bongkar lemari. Siapa tahu kan, ya ada harta karun yang bisa dipakai, hehehe.
Kalau rutin dilakukan, menurut Mba Ria bukan tidak mungkin mendapatkan stok style baru, lho.

Wuih, bisa langsung dicoba nih, teman-teman.

3. Manfaatkan Baju Lama

Untuk apa? Tips ketiga ini sungguh cerdas.
Jadi, baju-baju lama yang nggak dipakai lagi, entah ukuran yang nggak sesuai lagi, warnanya pudar atau alasan lainnya, bisa nih, dijual di garage sale.

Nah, fee dari garage sale bisa buat beli baju, kan. Daripada bajunya mubazir di lemari mending lah dijual dan dibelikan baju atau item fashion yang kalian butuhkan. Wah, ide bagus ini, bisa menghemat budget, ye kan.

Gimana, nggak sulit kan 3 tips tampil fashionable sesuai kepribadian yang dishare oleh Mba Ria?

Beauty Class – Make Up Natural Glowing

Oh ya, untuk melengkapi tampilan yang fashionable, wajah juga harus diperhatikan. Kalau baju sudah oke, tampilan wajah juga harus sama oke nya, dong.

Maksudnya menor gitu? Eits, ya enggak juga, sih. Make up kan bisa disesuaikan dengan occasionnya. Trus bisa juga disesuaikan dengan kepribadian pemakainya.

Nah, di event KEB Collaboration tempo hari, selain mendapat tips tampil fashionable juga mendapat ilmu merias wajah dengan style Natural Glowing dengan menampilkan MUA Mba Cintahh dari Wardah Solo.

Gimana keseruannya? Simak terus sampai selesai, ya.

Make up Natural Glowing, maksudnya itu make up yang bikin cantik alami dan bercahaya. Susah nggak sih bikin tampilan make Natural Glowing? Buat yang biasanya dandan seadanya ya, susah. Intinya sih butuh latihan terus agar bisa terampil mengulas make up.

Untuk mendapatkan look Natural Glowing ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Gunakan Foundation Cair

Foundation cair bakal membuat tampilan wajah tetap natural, tidak berat dan medok. Tinggal pilih warna foundation yang sesuai warna kulit kita.

2. Pakai Blush On

Salah satu unsur natural wajah itu bersemu merah muda. Nah, ini bisa diperoleh dari penggunaan blus on. Untuk warna bisa dipilih warna Peach atau Pink.

 

3. Gunakan Juga Highlighter

Nah, ini yang bikin kesan glowing. Pemakaian highlither dibeberapa titik. Bisa pakai highlighter cair, bubuk ataupun padat. Cara aplikasinya bisa pakai jari maupun spons.

4. Pakailah setting spray

Selain bisa mengunci agar make up tahan lama. Setting spray juga bisa mengurangi tamoilan matte. Wajah jadi lembab dan menampilkan kesan segar dan bercahaya.

Nah, itu dia beberapa poin yang tercatat di otak saya. Maklum ya, bukan beauty enthusiast jadi kalau ada yang kelewat, mohon ditambahkan ya, pemirsa.

Over all, saya bahagia banget. Setelah event KEB Intimate tempo hari, event KEB Collaboration ini berjalan lancar pula. Alhamdulilah. Meskipun persiapan amat singkat. Dengan kru yang silih berganti sakit.

Dengan dukungan dari Alana Hotel and Convention Center. Menyediakan ruang meeting yang nyaman, bersih dan full fasilitas.

Sajian yang ditampilkan juga enak rasanya. Ini beneran, terutama Cheesecake nya. Lembut dan manisnya pas. Banyak yang suka nih, sama Cheesecake nya Alana.

Aquamarine meeting room yang kami gunakan itu dekat dengan kolam renang dan Kids Club. Cocok banget kalau bawa anak-anak, bisa sekalian berenang dan bermain di sana.

Akhirnya, semoga materi tips tampil fashionable dan tutorial make up Natural Glowing nya bisa bermanfaat ya, buat yang hadir.

Sampai ketemu di event KEB Solo berikutnya, ya. Pantengin aja ig @emakblogersolo, supaya nggak ketinggalan informasi.

One Comment

  • Arinta Adiningtyas

    Aku juga tipe cuek yang beralih ke simpel, Mbak. Jadi lebih mending lah sekarang, daripada Arin yang dulu, xixixi…

    Betewe, aku nangis berkali-kali gara-gara kecolok eye liner lho, Mbak. Huhuhu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.