Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Health

Anak Sulit Tidur? Atasi Dengan Sipopo Essential Oil Untuk Anak

Ada saatnya, anak saya tuh, susah tidur. Sedih nggak sih? Sebagai Ibunya, saya tentu sedih. Beberapa kali saya juga susah tidur. Jadi tahu bagaimana rasanya. Apalagi besoknya, anak harus sekolah dari pagi sampai menjelang sore. Tubuh anak harus fit, kan. Masalahnya gimana tubuhnya fit kalau waktu tidurnya kurang.

Teman-teman pernahkah menghadapi masalah anak susah tidur?

Saat kapan sih, biasanya anak mengalami susah tidur?

Biasanya, anak saya susah tidur saat sakit. Kondisi tubuh yang nggak enak bikin tidurnya nggak nyenyak. Sementara itu, diluar saat sakit. Anak saya juga kadang susah tidur kala mimpi buruk.

Awalnya sih dia bisa tidur seperti biasanya. Tapi, tiba-tiba terbangun karena mimpi buruk itu. Nah, mau tidur lagi pasti susah. Ada kecemasan karena masih terbayang-bayang mimpinya. Saya kasian kalau dia pas mengalami ini.
Meskipun akhirnya bisa tidur, tetap saja waktu tidurnya berkurang. Bangun pagi pun dia lesu. Kalau sudah begini, dia nggak bisa konsentrasi dengan pelajaran. Pulang sekolah pasti laporan kalau dia ngantuk di kelas.

Padahal kualitas tidur yang baik itu sangat penting untuk kesehatannya. Beberapa penelitian yang dilakukan dibeberapa negara mengonfirmasi hal tersebut. Data ini saya kutip dari lama Ayahbunda, diantaranya:

Penelitian yang dilakukan University Of Massachussets, Amerika Serikat mengatakan bahwa anak-anak yang kekurangan waktu tidur setengan jam secara teratur, rentan terkena depresi. Selain itu rasa rendah diri juga bisa muncul. Biasanya anak-anak menjadi uring-uringan sepanjang hari.

Dennis Molfese, Phd. melakukan penelitian terhadap anak usia 4-8 tahun. Ia menguji jadwal tidur dan tingkat respon anak. Hasilnya, kualitas tidur yang baik membuat otak anak bisa terkoordinasi dan efisien. Mudah untuk konsentrasi atau fokus. Jika anak melewatkan waktu tidur 1 jam tiap malam selama seminggu. Maka, kemampuan otak untuk fokus menurun.

Sementara itu Direktur Sleep Center, di The Children of Philadelpia Hospital, Jodi Mindell menyebutkan cukup tidur bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Juka waktu tidur kurang dari 8 jam, anak-anak 3 kali lebih rentan terserang flu.
Beberapa hasil riset di atas cukup sebagai pengingat, ya. Saya pun jadi menaruh perhatian besar terhadap kualitas tidur.

Seandainya ada cara ampuh mengatasi anak yang sulit tidur, saya tentu lega dan terbantu.

Tempo hari, saya dikasih tahu kalau masalah sulit tidur pada anak bisa diatasi dengan essential oil. Namun saya dengar juga penggunaan essential oil untuk anak nggak boleh sembarangan.

Apa itu Essential Oil dan Kandungannya

Essential oil atau dikenal sebagai minyak atsiri merupakan minyak nabati yang wujudnya kental pada suhu ruang. Tapi, minyak ini mudah menguap dan mengeluarkan aroma yang khas. (Wikipedia).

Bunga Camomile

Minyak ini diambil dari hasil ekstraksi tanaman, akar, bunga, rempah-rempah, biji buah dan kayu. Minyak esensial ini biasanya digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. Minyak esensial juga bisa ditemukan di banyak produk. Seperti sabun, sampo, dan lainnya.

Essential oil memiliki kepekatan tinggi. Komponennya merupakan senyawa yang kuat. Bahkan bisa mempengaruhi saraf manusia. Hal ini menyebabkan minyak esensial bisa memberikan efek psikologis bagi penggunanya.

Nah, alasan itulah yang membuat essential oil bisa digunakan sebagai aromaterapi. Bahkan diyakini mampu mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Seperti batuk pilek, gangguan pencernaan, sulit tidur dan lain sebagainya.

Meskipun kaya manfaat, penggunaan essential oil bisa beresiko jika tak mengikuti aturan.

Bagaimana dengan penggunaan essential oil untuk anak? Apakah diperbolehkan?

Berikut Ini Aturan Penggunaan Essential Oil Untuk Anak Agar Aman

Minyak esensial sudah sejak dahulu kala digunakan sebagai ramuan herbal untuk kesehatan. Pemberian essential oil untuk anak juga menjadi kebiasaan turun temurun.

Bukankah sedari bayi, tubuh kita diberi minyak telon dan minyak kayuputih. Kebiasaan ini pun berlanjut ketika kita memiliki anak. Jadi essential oil bukan hal yang asing.

Perlu diketahui bahwa minyak esensial ini banyak ragamnya. Selain yang sudah kita kenal selama ini. Adapula essential oil lavender, pappermint, camomile, jahe, adas dan lainnya.

Agar penggunaan essential oil untuk anak itu aman, perhatikan beberapa poin ini:

1.Essential oil harus diencerkan terlebih dulu sebelum diberikan pada anak.

Mengingat essential oil memiliki kepekatan tinggi. Berbahaya jika langsung dioleskan ke tubuh anak. Kulit anak apalagi masih bayi itu sensitif. Dikawatirkan jika essential tidak diencerkan terlebih dulu bisa menimbulkan alergi. Muncul ruam maupun gatal dan gejala alergi lainnya.

2. Gunakan minyak nabati sebagai carrier atau pelarut.

Tenang saja, meskipun dicampur dengan minyak nabati, khasiat essential oil tidak akan berkurang. Minyak nabati yang biasa digunakan sebagai perlarut antara lain minyak kelapa, minyak jojoba, minyak rosehip, minyak biji anggur, minyak zaitun, habbatussauda dan minyak nabati lainnya.

Minyak zaitun

Takarannya :

1-3 tetes minyak esensial dilarutkan dengan 1 sdm minyak nabati.

3. Bisa Gunakan Difuser

Cara yang paling aman sebetulnya memakai alat yang namanya Difusser. Dengan alat ini kulit anak tidak terpapar essential oil secara langsung.

Difuser
Sipopo Difuser
Sumber : Sipopo

Manfaat dari penggunaan Difuser antara lain:

🍁Memaksimalkan penyerapan minyak esensial ke tubuh anak.
🍁Membersihkan udara dari berbagai kuman, virus, bakteri maupun radikal bebas.
🍁Membuat kualitas udara jadi lebih baik.

Caranya penggunaannya:

3-5 tetes essential oil dilarutkan dengan 100 ml air.

Taruhlah di ruangan, efek dari minyak essensial bisa dirasakan hingga radius 5 meter.

4. Jangan diminum

Pemberian essential oil untuk anak tidak dianjurkan dengan cara meminumnya. Sifat minyak essensial yang pekat ini ternyata memiliki tingkat toksisitas tinggi. Meminumnya akan beresiko apalagi jika kualitas minyak essensial ternyata tak bagus.

5. Mulai dari dosis minimum

Meskipun berasal dari bahan alami, penggunaan essential oil untuk anak harus dimulai dari dosis minimum. Agar manfaatnya maksimal dengan resiko yang minimal.

Mencoba Sipopo Essential Oil Untuk Anak

Saya pun akhirnya menyimpan Sipopo Essential Oil di rumah. Sebagai antisipasi ketika anak saya sulit tidur.

Sipopo Kids Essential Oil dibuat dari bahan-bahan nabati yang berkualitas. Bahkan mengklaim menggunakan 100% bahan dari tanam-tanaman. Sipopo Kids Essential Oil memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan anak. Serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sehingga anak tidak gampang sakit.

Sipopo bisa digunakan untuk anak sejak usia 6 bulan. Tidak dianjurkan diberikan pada anak di bawah usia 6 bulan karena kulit mereka masih sensitif.

Kabar baiknya, Sipopo ini bisa juga digunakan untuk orang dewasa seperti kita. Tinggal dosisnya saja yang ditambah sesuai kebutuhan. Penggunaan untuk ibu hamil bisa. Tapi, untuk varian yang tidak mengandung anti bakteri yaitu yang mengandung Lavender. Varian ini bermanfaat untuk membuat rileks dan tidur nyenyak.

Varian Sipopo Kids Essential Oil
Ada 4 varian Sipopo, yaitu

🍁Strong Immune, terbuat dari bahan alami seperti cengkeh, lemon dan tree tea oil. Bermanfaat sebagai antibakteri,antiinfeksi, antioksidan dan detoksifikasi. Sehingga daya tahan tubuh anak bisa meningkat.Sipopo strong immune essential oil

🍁Bye Cough & Flu, dibuat dari bahan 100% alami seperti mint, kayuputih, Anise dan minyak mawar. Manfaatnya bisa mengurangi hidung tersumbat dan batuk.

Sipopo minyak essensial
Sipopo bye cough and flu

🍁Happy Stomach, terbuat dari bahan alami seperti lemongrass oil, tea tree, jahe, dan eucalyptus. Manfaatnya membuat pencernaan anak sehat. Atasi perut kembung dan membantu buang air besar menjadi lancar.

Sipopo Kids Essential Oil
Sipopo happy stomach

🍁Sleep Well, membantu meningkatkan kualitas tidur anak. Terbuat dari bahan alami diantaranya lavender, pappermint, eucalyptus, lemon, kayuputih, nutmeg, anise dan rose oil.

Sipopo Essential Oil
Sipopo sleep well

Beberapa waktu lalu anak saya susah tidur. Hidungnya mampet karena flu. Di rumah hanya ada Sleep Well essential oil. Saya pakaikan ke punggung dan dada anak saya. Alhamdulilah dia bisa tidur nyenyak. Bahkan bangun pagi dengan gembira.

Semalam, anak saya yang berusia 10 tahun, mengalami susah tidur lagi. Untungnya masih punya Sleep Well dari Sipopo Kids Essential Oil. Saya oleskan lagi minyak essensial yang sudah dilarutkan dengan VCO. Dia yang awalnya menolak karena nggak suka bau minyak oles, akhirnya bisa tidur lelap juga. Ternyata aromanya tak seperti minyak oles yang dikenalnya selama ini. Lebih lembut.

Sipopo slep well
Sipopo sleep well

Saya sendiri sebetulnya yang paling sering mengalami gangguan tidur. Apalagi jika banyak hal yang dipikirkan. Saya coba pakai juga Sleep Well essential oil ini. Ternyata manjur juga buat orang dewasa. Aromanya bikin saya rileks dan akhirnya bisa tidur nyenyak.

Nah, itulah pengalaman memberikan essential oil untuk anak saya. Barangkali teman-teman memiliki pengalaman dalam menggunakan minyak essensial, ditunggu sharingnya, ya.

23 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.