Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips and Tutorial

5 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris untuk Anak

Kalau menonton video Gempi yang ngobrol cas, cis, cus dalam Bahasa Inggris, rasanya gemes banget. Kenapa ya, waktu kecil saya nggak seperti itu, wkwkwk. Telat kali ya, kalau ngomongin itu. Tapi, belum terlambat kalau pengin anak-anak saya lancar Berbahasa Inggris.

Ya, seperti kita tahu Bahasa Inggris kan, bahasa internasional. Paling sering dipakai dalam percakapan antar bangsa. Makanya Bahasa Inggris menjadi hal yang wajib dipelajari. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini. Mulai dari menggunakan peralatan elektronik, bermain game, belajar, maupun ujian sekolah, pasti selalu bersinggungan dengan Bahasa Inggris.

Di sekolah pun, Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang wajib dipelajari. Apalagi ujian bahasa Inggris selalu ada di setiap ujian kelulusan sekolah maupun ujian masuk universitas. Meskipun Bahasa Inggris diajarkan di sekolah, namun terkadang materi yang disampaikan kurang maksimal.

Bener banget ini. Contohnya, ya saya. Dari SMP hingga SMA belajar Bahasa Inggris tetap saja nggak lancar baik bicara maupun menulis. Apa yang saya alami penginnya nggak terjadi pada anak saya.

Ada yang menyarankan, ikutan kursus Bahasa Inggris saja. Tapi, ambil kursus Bahasa Inggris di mana, ya? Sekarang, kan banyak sekali tempat kursus Bahasa Inggris.

Moms juga merasakan materi bahasa Inggris di sekolah kurang maksimal? Pengin mengikutsertakan si kecil kursus Bahasa Inggris?
Oh ya, memilih tempat kursus Bahasa Inggris susah-susah gampang. Salah memilih tempat kursus bisa jadi pemborosan.
Nah, supaya terhindar dari pemborosan.

Ini dia 5 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Untuk Anak

tips memilih kursus bahasa inggris untuk anak

1. Pilih kursus bahasa Inggris yang menawarkan tes penempatan

Tes penempatan (placement test) penting dilakukan. Untuk mengetahui seberapa jauh si kecil memahami Bahasa Inggris. Hasil dari placement test ini membantu kita untuk memilih program kursus apa yang tepat untuk si kecil.

Dari hasil tes Moms juga dapat melihat bagian mana yang anak kuasai apakah reading, listening, writing, atau speaking.

2. Metode pembelajaran

Kursus Bahasa Inggris menawarkan metode pembelajaran yang berbeda. Ada yang hanya fokus kepada pembelajaran di dalam kelas. Ada pula yang mengedepankan metode pembelajaran yang interaktif. Sedikit saran, pilih kursus bahasa Inggris yang memiliki metode pembelajaran yang interaktif karena anak akan memahami lebih baik ketika mereka praktik langsung.
Metode pembelajaran yang cocok akan berpengaruh pada semangat belajar mereka.

3. Pilih yang memiliki kelas kecil

Tujuan untuk mengikutsertakan si kecil kursus Bahasa Inggris adalah agar anak dapat belajar secara maksimal, bukan? Jika kelas memiliki banyak murid, perhatian guru akan terbagi-bagi pada banyak siswa.

Selain itu, anak akan dapat terganggu konsentrasinya karena kemungkinan besar ia akan terganggu dengan teman sekelasnya. Pilih kursus bahasa Inggris yang memiliki kelas kecil, artinya satu kelas jumlah muridnya tidak lebih dari 8-10 orang. Sehingga, anak dapat menyerap pelajaran dengan maksimal.

4. Pengajar yang handal

Pengajar menjadi salah satu faktor yang penting dalam memilih kursus Bahasa Inggris. Sebelum mendaftar kursus, tanyakan kepada staff mengenai pengajarnya. Lulusan dari mana saja pengajarnya. Apakah pengajarnya pengajar lokal atau native speaker.

Selain itu, pilih kursus Bahasa Inggris yang memiliki trial class (kelas percobaan). Tujuannya agar kita dapat melihat bagaimana guru di kursus tersebut mengajarkan materi kepada siswanya. Wah, bagus ini. Jadi kan nggak boros, ya kalau ternyata tidak cocok dengan cara mengajarnya.

5. Suasana belajar

Suasana belajar yang menyenangkan memberikan manfaat yang bagus untuk anak, lho. Anak bisa memahami pelajaran dengan lebih baik dan akan rajin mengikuti kursus. Pilih kursus Bahasa Inggris yang memiliki suasana belajar yang menyenangkan. Tempat kursus sebaiknya dilengkapi fasilitas pembelajaran yang mendukung.

Oh ya, belajar Bahasa Inggris tidak harus di dalam kelas terus, kan. Beberapa kursus Bahasa Inggris seperti EF menawarkan pembelajaran di luar kelas. Wah, anak-anak pasti senang. Belajar si luar kelas bisa memperkaya pengalaman anak-anak.  Pembelajaran pun menjadi lebih interaktif. Kelas jadi tak membosankan.

EF memiliki program yang dinamakan EF Life Club. EF Life Club merupakan kegiatan extrakurikuler yang penting. Kegiatan ini merupakan bagian dari pengajaran komprehensif oleh EF. Dengan tema kegiatan yang beragam, anak dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang seru sambil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Nah, Itu dia Moms 5 tips memilih kursus Bahasa Inggris. Semoga dapat membantu dalam memilih kursus Bahasa Inggris terbaik untuk buah hati, ya.
Ingat, bahasa Inggris merupakan investasi yang sangat penting untuk anak, jadi pilih kursus Bahasa Inggris yang terbaik ya, Moms.

Oh ya, Moms ingin si kecil merasakan serunya belajar bahasa Inggris di EF dan jadi jago Bahasa Inggris?

Tips-memilih-kursus-bahasa-inggris

Bisa daftar sekarang juga di EF.ID/learningtime. Menariknya lagi Mom bisa dapat diskon terbatas hingga Rp 2,45 juta dan merchandise eksklusif EF! Yuk, burian daftar.
#AkuBisa jago Inggris dengan seru di EF.

37 Comments

  • Disma

    suami dulu juga pernah kursus bahasa inggris di EF (eh, ini bukan anak-anak ya tapi). dan emang jadi lebih jago sih ngomong inggrisnya. malah sampai diterima ngajar di kelas “international” juga mb 🙂

  • Wiwin Pratiwanggini

    Saya dulu les bahasa Inggris ketika udah masuk kerja 😀 . Jaman masih sekolah malah tidak. Untuk anak-anak saya sampai saat ini belum ada yang saya leskan bahasa Inggris, mungkin nanti jika sudah membutuhkan, dan EF masuk dalam list pilihan tempat kursus English 🙂

  • Hanifa

    Placement test emang penting banget sih buat tau seberapa dalem pengetahuan si anak sebelum akhirnya masuk dan belajar bareng di kelasnya. Metode pembelajaran juga nggak kalah krusial. Kalo aku dulu suka banget sama gurunya pas les bahasa inggris gini. Nggak bosenin kayak di sekolah mueheheheh

    • Eri Udiyawati

      Berbicara tentang bahasa Inggris saya jadi ingin ketawa, karena bahasa Inggris saya bulepotan enggak karuan. Ya, saya kadang menyesal kenapa dulu enggak ambil les bahasa Inggris.

      Tapi metode belajar dulu gitu-gitu aja. Di kelas, asli ngebosenin.

      Kalau sekarang ada kursus bahasa Inggris di tempat terbuka dengan praktek lebih banyak, tentu anak-anak akan senang dan betah untuk belajar.

  • Mira Apriani

    Sekrang memang sudah harus mulai memikirkan media belajar tambahan untuk anak ya mbk, mengingat bertambahnya tingkatan pembelajaran yang diberikan disekolah. Tempat belajar yang tepat memang bisa mempegaruhi kebertahanan anak untuk terus belajar

  • herva yulyanti

    Yes aku juga liat Gempi cas cis cus kok ya aku merasa sedih wkwkwk karena aku ga cang cing cong begicuh :p aku udah sempat telepon EF cuman kendalanya internal karena ga ada yang antar jemput anakku padahal pengen anakku les sedini mungkin

  • Mutia Karamoy

    Belajar bahasa Inggris untuk anak susah-susah ngampang ya mak, apalagi untuk anak-anak yang masih kecil karenanya suka kagum sama guru bahasa Inggris yang punya tips dan teknik khusus buat ngajarin anak-anak seperti di EF…bisa buat referensi nih.

  • Yurmawita

    Selain video gempi aku juga mupeng lihat keluarga gen halilintar yang ngomong English ya seperti asli bule. Memang orang tua harus memulainya ya mba Ety kalau mau anak bisa ngomong english

  • arry wastuti

    EF ini emang mantep sih kursusnya. Biayanya juga mantep tenan. Hahaha. Ono rego, ono rupo……emang beneran sih ya 😀 Di EF fasilitasnya lengkap, gurunya juga bisa milih mau yg lokal atau native speaker. Oke banget lah yaaa

  • Ucig

    Trial class aku rasa perlu banget ya mbaa.. cuma kadang nggak smua anak ngerti trial. Dulu si kakak diajak trial eh minta pulang 😆 metode bermain sambil belajar pokoknya lebih enak yaa

  • lendyagasshil

    Idealnya anak ikut kursus bahasa inggris ini usia berapa yaa, kak Ety?
    Karena anakku sukka banget ngomong bahasa inggris.
    Tapi bahasa non-formal, aka. no grammer at all.
    Tapi kosakata mereka mashaAllah~

    Tertarik banget kalo ada kursus kelas kecil kaya EF.

  • Nia Nastiti

    Trial emang oks banget ya bisa untuk lihat2 dulu cocok enggaknya untuk kemudian bisa menentukan mau di situ apa enggak. Hihi. Btw EF bisa untuk anak anak mulai umur berapa ya Mak?

  • Khairiah

    Suasana belajar sangat menentukan hasil belajarnya, jadi punya kupon gratis les bahasa inggris tapi adminnya jutek habis akhirnya biar angus aja tuh kupon

  • Khoirur Rohmah

    Aku udah lama nggak melatih bahasa Inggrisku
    dulu juga pernah ikutan les bahasa inggris dan sering ngobrol sama temen2 pakai bahasa ini, tapi semakin kesini malah jarang ngelatih bahasa inggrisnya

    Btw aku suka sama pembelajaran di EF iini mbak, pernah aku lihat tuh anak2 diajak turun ke tempat wisata sambil melatih bhasa inggris mereka, heheee

    Makasih sharingnya ya mbak

  • Ika Puspita

    Pengen banget masukin anak-anak ke EF biar bisa cas cis cus pake bahasa Inggris. Sekarang ini si Aufa yang lagi getol belajar bahasa Inggris nih. Semoga ada rezeki bisa masukin bocah ke EF

  • Lina W. Sasmita

    Iya gemes banget sam Empi ya Mbak ceriwis dan lucu banget. Eh tapi itu karena di sekolahkan di TK berbahasa Inggris nggak sih? Karena anak-anak seusia ini memang gampang banget menyerap bahasa apalagi digunakan di sekolah langsung.

  • Ugik Madyo

    wah di EF ada kegiatan ektrakulikuler nih. Kebayang serunya. Bikin anak lebih syik lagi buat belajar Bahasa Inggris. Pernah lihat pengajar EF yang asyik banget ngajarnya. Nggak berasa kayak lagi belajar. Berasa kayak ngobrol-ngobrol sama teman saja.

  • Helena

    Mbak Ety, makasih infonya yaa. Masih bisa free trial nih di EF. Ku ingin kenalkan English ke anak usia dini tapi anakku bilang dia ga suka English. Duh, kenapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.