Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Health

4 Langkah Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Cantik Sepanjang Usia

Apa kabar semuanya? Saya harap semua dalam kondisi baik, ya. Aamiin.
Nah, kali ini saya mau ngomongin soal langkah merawat kulit wajah, nih. Situ pindah haluan jadi beauty blogger? Qeqeqe, kagaak, lah.

Ini sekadar sharing apa yang saya dapat tempo hari. Meskipun bukan beauty blogger, saya kan juga perhatian dengan perawatan kulit wajah. Kata orang, wajah bagi seorang perempuan itu aset. Ya, lah, wajah kan salah satu modal bisa tampil percaya diri. Bukan berarti mengabaikan peran hal lain, ya. Ya, karena kebahagiaan perempuan kadang hadir dari hal sederhana. Seperti saat melihat wajah sendiri bersih berseri seri. Jadi, biarkan kami ini bahagia, ya.

Kalau ditanya, mau wajah sehat atau cantik, kira-kira pilih mana?

Kalau saya pilih dua-duanya. Nggak mau wajah cantik tapi nggak sehat kulitnya. Ada? Ada dong, kulit yang sampai tipis banget karena dirawat dengan cara yang berlebihan. Atau kulit cantik berkat yang diperoleh dari pemakaian kosmetika berbahaya. Cantik sih pada awalnya, tapi lama-lama efek negatif bakal muncul. Ogaah!

Ristra Beauty Workshop Solo
Pentingnya kulit sehat sebelum cantik (Ristra Beauty Workshop, Solo) Dokumen Pribadi

Makanya edukasi kepada para perempuan mengenai langkah merawat kulit wajah yang tepat itu penting.

Bahwa memiliki kulit yang cantik itu diawali dari kulit yang sehat

Hal pertama yang harus disadari adalah kita hidup di daerah tropis. Hanya ada dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Dimana saat musim kemarau tiba, sinar matahari melimpah ruah. Kalau tak diantisipasi maka kulit kita akan terkena efek buruknya.
Masalah kulit yang kerap dihadapi diiklim tropis adalah jerawat, flek hitam dan penuaan dini. Banyaknya debu, asap kendaraan maupun polutan lain membuat wajah lekas kotor. Jika tak rutin dibersihkan, kotoran bisa menumpuk dan jadi jerawat.

Masalah lain seperti flek hitam ditimbulkan karena paparan sinar matahari. Seperti diketahui, sinar matahari mengandung dua sinar yang berbahaya yaitu UV A dan UV B. Sinar UV A menyebabkan penuaan dini. Sedangkan sinar UV B menyebabkan kulit terbakar. So, kulit mudah timbul flek hitam dan tua lebih dini seperti adanya kerutan.

Permasalahan kulit tersebut bisa dicegah, kok. Seperti diungkapkan oleh dokter ahli cosmetologi, dr. Anilla Sandrayani dalam Beauty Workshop yang diselenggarakan oleh Ristra, di Kampung Baroe Resto (27/4).

Tapi, emang butuh ketelatenan dan konsistensi. Iya, karena meliputi upaya dari dalam dan luar.

Cara Menghindari Permasalahan Kulit

1. Konsumsi makanan yang sehat
Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayur amat dibutuhkan oleh kulit. Seperti vitamin B, A, C dan E. Selain itu minum air minimal 8 gelas sehari juga harus dilakukan. Manfaatnya untuk mencegah dehidrasi.

2. Tidur Cukup
Salah satu musuh kulit adalah stres. Jika kita stres, maka kulit akan terkena imbasnya. Salah satu hal yang bikin stres muncul adalah waktu tidur yang kurang. Oleh karena itu, wajib hukumnya tidur dalam waktu yang cukup dan berkualitas. Regenarasi kulit terjadi saat kita tidur.

Apa kabarnya jika waktu tidur kita kurang? Ah, ini PR banget buat saya. Secara sering banget kurang tidur.

3. Olahraga
Salah satu manfaat olahraga adalah bikin kulit mulus dan glowing. Saat olahraga segala racun dalam tubuh keluar bersama keringat. So, efeknya bikin seluruh tubuh sehat. Efek ke kulit juga bagus.

4. Perawatan dengan Skin Care yang Tepat.
Nah, ini dia perawatan dari luar yang harus dilakukan. Poin, pentingnya adalah pilih skincare yang tepat. Iya, kalau nggak tepat hasilnya nggak akan maksimal juga. Trus kriteria skincare yang tepat itu apa saja?

Ini dia hal yang perlu diperhatikan saat memilih skincare untuk merawat kulit wajah

1. Lolos uji dermatologi
Semua produk skincare yang kita pakai harus teruji secara dermatologi. Jadi ada jaminan kualitas dan keamanan produk. Ini untuk menghindari efek negatif yang ditimbulkan akibat pemakain skincare.

2. Memiliki kandungan PH yang seimbang
PH yang seimbang dibutuhkan agar cocok di kulit kita. Ph kulit kita antara 4,5-5,5. Hindari produk skincare dengan Ph terlalu basa karena efeknya kulit kita jadi terlalu kering. Hindari pula skincare dengan Ph terlalu asam karena efeknya kulit akan meradang.

3. Sesuai dengan iklim tempat tinggal
Jika tinggal di daerah tropis maka pilihlah skincare yang ditujukan untuk kulit di daerah tropis.

4. Halal
Sebagai wanita muslim, syarat halal pada produk skincare adalah hal yang mutlak.

Langkah merawat kulit wajah
Skincare Ristra untuk merawat kulit wajah Dokumen Pribadi

Salah satu produk skincare yang memenuhi syarat di atas adalah Ristra. Dalam Beauty Workshop bertema Healthy Tropical Skin With Ristra diungkapkan bahwa skincare Ristra memang dibuat khusus untuk merawat kulit di iklim tropis.

Ristra juga menyediakan produk untuk langkah perawatan kulit wajah perempuan Indonesia. Dengan memakai skincare Ristra kulit perempuan Indonesia akan sehat dan cantik sepanjang masa.

4 Langkah Merawat Kulit Wajah Agar Sehat dan Cantik Sejak Kini Hingga Nanti

1. Membersihkan
Langkah membersihkan wajah dengan double cleansing. Pertama wajah dibersihkan dengan cleansing milk. Bubuhkan di wajah kemudian usap pelan sambil dipijit. Setelah itu basuh dengan waslap basah agar semua kotoran dan sisa cleansing milk terangkat sempurna.

Langkah selanjutnya yaitu membersihkan wajah dilanjutkan dengan pemakaian facial wash berupa sabun med soap. Caranya mudah, basahi wajah dengan air kemudian usapkan med soap ke seluruh wajah. Lakukan secara lembut. Kemudian bilas wajah hingga bersih.

Manfaat double cleansing ini adalah agar kotoran di kulit wajah bisa terangkat seluruhnya. Apalagi jika sehari-hari memakai make up. Jika tak dibersihkan secara paripurna, sisa make up bisa menimbulkan jerawat.

Ristra skincare
Produk skincare Ristra Dokumen pribadi

2. Menyegarkan
Langkah berikutnya adalah pemakaian toner. Fungsinya untuk menyegarkan kulit wajah. Manfaat lainnya bisa untuk meringkas pori-pori.

Cara pakainya dengan menuangkan toner ke kapas kemudian tepuk-tepukkan secara lembut ke seluruh wajah.

3. Melembabkan
Kulit harus senantiasa terjaga kelembabannya. Pemakaian pelembab atau moisturizer itu penting. Pemakaian secara teratur dapat mencegah kulit kering. Pun bisa terhindar dari penuaan dini.

4. Meregenerasi
Langkah keempat ini bisa dilakukan dengan scrubbing. Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Proses regenerasi kulit pun jadi terbantu. Kulit wajah akan cerah karena sel kulit mati sudah terangkat.

Wah, memang harus telaten melakukan tiap tahapnya, ya. Jika dipikir-pikir, lebih ribet jika harus merawat kulit yang terlanjur bermasalah.

Oh ya, di workshop tempo hari saya dan teman-teman peserta tak hanya menerima teori. Kami semua diberi kesempatan mempraktikkan setiap langkah merawat kulit wajah tersebut.

Demo merawat wajah with Ristra
Dokumen Pribadi

Selain keempat langkah tadi, ada hal penting yang harus dilakukan yaitu memakai Sunscreen atau tabir surya.

Gunanya adalah memberikan perlindungan kepada kulit atas dampak negatif sinar UV A dan UV B.
Ristra juga memiliki produk Sunscreen yang cocok dipakai diiklim tropis. Teksturnya creamy namun tidak lengket di kulit. Selain sudah teruji secara dermatologi, Sunscreen dari Ristra juga memiliki Ph yang seimbang.

Agar fungsinya maksimal, pemakaian Sunscreen ada aturannya, yaitu:

🍁Pakailah 30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah
🍁 Ulangi pemakaian setelah berkeringat atau berenang.
🍁 Ulangi pemakaian tiap dua jam sekali.

Dalam kesempatan itu saya dan peserta lain juga melakukan skin check. Dari sini ketahuan kondisi kulit masing-masing. Apa saja masalah kulit yang dihadapi. Jika sudah diketahui kondisi kulit dan permasalahannya maka akan mudah mencari solusinya.

Setelah dilakukan skin check, kulit saya ternyata kelembabannya kurang. Warning buat saya nih, untuk meningkatkan konsumsi air putih. Tak lupa selalu pakai pelembab meski beraktivitas di rumah saja.

Saat memanggang roti harus pakai pelembab. Kenapa? Karena saat memanggang roti, wajah terkena panas oven yang menyala. Tapi saya nggak pernah pake pelembab.

Ya, iyalah, kulit jadi berkurang kelembabannya. Oke, deh, habis ini lebih rajin pakai pelembab.

Peserta beauty workshop with Ristra
Dokumen :Tim Ristra

Terima kasih buat Ristra, beauty workshop yang bermanfaat banget. Saya jadi lebih tahu dan aware dalam merawat kulit wajah agar sehat dan cantik sejak kini hingga nanti.

Kalau teman-teman gimana nih, cara merawat wajahnya? Sudah 4 langkah juga atau belum? Kita sharing, yuk!

9 Comments

  • Rita Dewi

    No 1, 2, dan 4 insyaAllah bisa dilakukan. Tapi no 3… Huuhuuu.. Saya ini paling malas kalau disuruh olah raga mak.

    Eh tapi kan nyapu ngepel juga termasuk olah raga juga kan ya? Hihihi…

    • Ety Abdoel

      Hahaha, klo ngepel kira-kira denyut nadi kecepatannya berapa ya? Klo ngepel 2 kali lapangan bola kali bisa disebut olahraga, mba.

    • Ety Abdoel

      Kalau gitu bikin diri sendiri happy mba. Biar jauh dari stres, qeqeqe. Kalau heppy ke kulit juga efeknya baguuus.

  • Fanny Fristhika Nila

    dari sejak smu, mama itu paling bawel ingetin aku utk slalu merawat kulit, dan jgn pernah tidur tanpa bersihin muka dan pakai pelembab sesuai umur. waktu itu aku sebel ngelakuinnya. tp mungkin krn trbiasa, dan akhirnya merasakan manfaatnya, sampe skrpun aku msh rutin banget utk slalu merawat wajah. mulai dr membersihkan, pakai toner, pake FTE, lalu serum, moisturizer, eyecream , tambah sunscreen kalo pagi hari dan siang. lalu seminggu sekali masker. perawatan dr dlm vitamin wajah. itu rutin. aku malah ga akan bisa tidur kalo wajah belum bersih dan belum dipakaikan segala step2 di atas. Lama2jd biasa sih memang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.