Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Health

Tip Buka Puasa Agar Badanmu Tak Bertambah Gemuk

Marhaban Ya Ramadan
Hari kita mulai puasa ya, teman-teman. Semoga puasa tahun ini bisa dijalankan dengan baik. Aamiin.

Oh ya, tiap kali puasa datang selalu disambut dengan suka cita. Terlebih saat buka puasa. Hidangan yang terhidang di meja jadi tambah banyak.

Selain makan besar, ada hidangan pembuka seperti kolak, es buah, es teh manis, bubur dan makanan manis lainnya.
Kalau tak hati-hati, berat badan selama puasa akan naik. Meskipun frekuensi makan berkurang jadi dua kali sehari.

Ada yang badannya bertambah gemuk padahal puasa?

Ups, kek nya banyak yang tunjuk jari, deh.

Logikanya sih, frekuensi makan berkurang harusnya jumlah kalori yang masuk berkurang juga. Harusnya enggak tambah gemuk, dong.Kalori selama puasa

Ternyata emang ada kebiasaan saat buka puasa yang bikin berat badan justru bertambah.

Ini dia Kebiasaan Buka Puasa Yang Bikin Gemuk

1. Makan dalam porsi besar
Puasa sejatinya dilakukan untuk bisa mengendalikan hawa nafsu, kan. Tapi, kadang saat buka puasa justru lepas kendali. Buka puasa jadi ajang balas dendam.

Segala macam makanan dan minuman dikonsumsi tanpa dikendalikan porsinya. Sehingga kadar gula darah meningkat. Padahal saat puasa produksi insulin menurun.

Insulin ini berperan untuk mengubah gula menjadi energi. Alhasil, gula yang didapat saat buka puasa malah jadi lemak.

Jadi aja kita tambah gemuk.

2. Terlalu banyak makanan dan minuman manis
Coba deh, saat puasa hidangan manis beraneka rupa. Hari ini kolak, besok es teh, esoknya lagi es sirup.

Memang sih, buka puasa dianjurkan dengan makanan dan minuman manis. Tapi, ya porsinya diperhatikan.

Janganlah makan kolak semangkok. Masih ditambah makan nasi sepiring penuh plus lauk dan camilan seperti kue carang gesing, dan lainnya

Saat insulin tak banyak, maka gula yang dikonsumsi nggak bisa diubah jadi energi. Gula akan tersimpan sebagai lemak.

3. Konsumsi gorengan dan makanan bersantan
Gorengan dan makanan bersantan itu sumber lemak jenuh. Lemak yang satu ini emang jadi penyebab berat badan bisa bertambah meskipun sedang puasa.

4. Kurang minum
Kebutuhan air putih dalam sehari sebanyak 8 gelas itu harus tetap tercukupi. Kalau kurang maka tubuh bisa kekurangan cairan.

Selain itu, air putih punya peran meningkatkan metabolisme tubuh. Apa kabar kalau konsumsi air putih kurang selama puasa?

Metabolisme jadi menurun, kan. Dampaknya, makin sedikit pula kalori dan lemak yang dibakar tubuh.Minum air yang cukup

Semua kebiasaan itu, diperburuk dengan menurunnya aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik seperti olahraga saat puasa harus tetap dilakukan.

Biasanya, saat puasa jam tidur juga berkurang. Ini sih kek nya dialami para ibu yang harus bangun lebih awal menyiapkan makan sahur ya.

Kurang tidur ternyata bikin kacau metabolisme tubuh. Sehingga tubuh jadi tak bisa membakar cadangan lemak secara efektif.

Selain itu, kurang tidur itu membuat hormon ghrelin meningkat. Hormon ini menyebabkan nafsu makan bertambah, lho.

Wah, gawat ya, bisa-bisa pas buka puasa jadi kalap makannya.

Tapi bukan berarti boleh kebanyakan tidur juga. Duh, kalau ini sih kebangetan. Tidur terlalu banyak juga bikin badan tambah gemuk.

Ya, karena aktivitas fisik berkurang. Pembakaran kalori pun berkurang. Akibatnya, menumpuklah itu makanan yang dikonsumsi jadi lemak.

Lalu apa sih yang bisa dilakukan saat buka puasa agar badan tak bertambah gemuk tapi tetap sehat?

Tip Buka Puasa Agar Badan Tak Bertambah Gemuk

1. Batasi Makanan atau Minuman Manis
Harus banget ini. Tapi, kan berbuka dianjurkan dengan yang manis?
Memang benar, berbuka sebaiknya dengan makanan atau minuman manis untuk mengembalikan energi. Tapi ya jangan sampai porsinya kebanyakan. Bahkan jenisnya lebih dari satu.

Misalnya berbuka dengan kurma, masih pula minum es teh manis dan ngemil martabak manis. Apa kabar kalori?

Kurma makanan manis saat puasa

Saran saya sih pilih satu saja, makanan atau minuman manis.

Misalnya kalau sudah ada kurma maka minumnya air putih saja.

Bisa juga kalau sudah ada martabak manis untuk buka puasa, ya tak perlu minum manis seperti es teh maupun es sirup.

Kalau mau lebih sehat, santan untuk kolak dan takjil lainnya bisa diganti dengan susu skim, susu almond ataupun susu kedelai.

2. Batasi Porsi Makan Besar
Seharian tak makan bukan berarti pas buka puasa bisa makan sepuasnya. Perlu diingat, saat malam aktivitas tubuh berkurang. Jadi porsi makan sebaiknya dibatasi.

Pencernaan tak akan sanggup mencerna makanan dengan baik jika porsinya berlebihan. Akibatnya makanan tersebut malah manjadi tumpukan lemak.

Agar tetap sehat dan tak tambah gemuk jangan buka puasa sekaligus. Lebih baik buka puasa diawali dengan makanan atau minuman manis. Selanjutnya jeda sholat Maghrib dulu.

Setelah sholat barulah makan karbohidrat dan lauk pauk. Porsinya pun jangan kek orang kalap. Supaya peningkatan gula darah dalam tubuh bisa terkendali.

3. Perbanyak Konsumsi Serat dan Protein
Makanan berserat tinggi dan protein amat dianjurkan. Makanan kaya serat dan protein butuh waktu lama untuk dicerna dan diserap tubuh. Jadi tubuh tak akan merasa kelaparan meski seharian puasa.

Selain itu makanan berserat dan protein membantu menekan nafsu makan. Jadi akan menghindarkan kita kalap saat buka puasa.buah dan sayuran kaya serat

Makanan berserat tinggi juga melancarkan pencernaan. Selama puasa akan terhindar dari sembelit.

4. Minum Air Putih Yang Cukup

“Susah euy, kan puasa!”

Makanya diakali lah, agar kita kuat minum sebanyak 8 gelas sehari meski puasa.

Bisa pakai rumus 2-4-2. 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas lagi saat pulang tarawih dan 2 gelas sebelum tidur.

Sebuah penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism seperti dikutip Hello Sehat menyebutkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30%.

Nah, kan penting banget minum air putih itu. Bukan sekadar pelepas dahaga. Tapi, punya peran meningkatkan metabolisme tubuh.

Jika metabolisme tubuh meningkat maka kemampuan membakar lemak dan kalori.

Kebutuhan cairan yang tercukupi juga membantu kulit tetap lembab dan elastis saat puasa.

5. Hindari Konsumsi Kafein
Konsumsi minuman yang mengandung Kafein akan membuat terjaga lebih lama. Bahkan sulit tidur. Waktu tidur pun jadi berkurang.

Sementara itu, tubuh kita butuh waktu tidur yang cukup agar berat badan tak naik.

Nah, kelima tip itu bisa diterapkan selama puasa ini. Tentu tetap beraktivitas seperti biasa turut membantu stabilnya berat badan.

Apalagi kalau ditunjang dengan olahraga. Kalau kawatir tak kuat menahan haus, bisa lakukan olahraga ringan. Waktu olahraga bisa dipilih menjelang buka puasa atau setelah Sholat Tarawih.

Olahraga teratur selama puasa tak hanya meningkatkan metabolisme. Rutin olahraga bisa meningkatkan kualitas tidur juga. Jadi meski jam tidur saat puasa agak berubah, badan tetap sehat karena kualitas tidur yang baik.

Tip buka puasa yang mudah bukan? Semoga membantu teman-teman yang ingin tetap langsing dan sehat selama puasa.

Kalau ada yang punya pengalaman selama menjalani puasa, silahkan berbagi di kolom komentar, ya.
Salam

3 Comments

  • Reyne Raea

    Kalau saya, entah mengapaaa..
    Sejak dulu kalau abis puasa, langsung turun drastis BBnya.

    Padahal ya kalau puasa makannya juga banyak.
    Semacam kalap sewaktu buka puasa.

    Tapi biasanya kalapnya cuman batas seminggu aja, setelahnya, bahkan saya udah mulai malas makan nasi saat buka puasa.

    Itu kali ya yang bikin saya malah kurus haha

    Dan bener juga tuh, minum air putih juga pe er banget pas puasa, hahaha

  • agi tiara

    soal kurang tidur ini lho mak aduh susahnyaaa
    karena pas lagi engga puasa jam tidurnya jam 1-2 dan aku tipenya kalo udah tidur susah bangun–terus sekalinya bangun susah mo tidur lagi. otomatis susah menyesuaikan buat sahur dong ya kan? sementara jam 8 udah harus greng di kantor.

    jadi belakangan menyesuaikan tidurnya biar jam 8-9 aja :)) susah banget sih, tapi kerasa puasanya lebih berkualitas semenjak bisa tidur jam 8-9 malem hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.