Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Vacation

Tip Cegah Mabuk Kendaraan Dengan 5 Bahan Alami

Saat kecil dulu saya kerap bepergian ke luar kota naik bus. Alat transportasi yang satu ini memang mudah dijangkau dari rumah. Apalagi daerah tempat tinggal saya memang jalur strategis. Dilintasi banyak bus berbagai jurusan antar kota antar propinsi. Saya nggak perlu pergi ke terminal jika ingin naik bus. Tinggal keluar gang, belok kiri, jalan sekitar dua ratus meter, sudah bisa nyetop bus. Mudah, kan.
Hanya saja, resikonya bisa nggak kebagian tempat duduk karena baru beli tiket ketika sudah di atas bus. Habisnya kalau mau ke terminal jauh. Untungnya, sekarang pesan tiket bus makin gampang. Tinggal pesan tiket bus via traveloka maka pergi ke luar kota tambah praktis.

Tapi, bicara soal naik bus itu ada pengalaman tidak menyenangkan. Saya saat kecil kerap mengalami mabuk selama perjalanan naik bus. Padahal, saya terhitung sering bepergian. Tak selalu dengan orangtua. Saya kecil bahkan pernah pergi ke Magelang bersama Simbah saja.

Kami berdua naik bis. Ditengah perjalanan, badanku mulai keringat dingin, perut tiba-tiba merasa mual dan akhirnya muntah. Rasanya nggak nyaman banget. Pengalaman itu begitu membekas. Meskipun akhirnya saya tetap sering bepergian yang mengharuskan naik bis, selalu ada rasa was-was. Khawatir bakal mabuk.

O ya, aroma asap rokok tuh suka bikin perut saya mual. Udara dalam bus terasa tambah pengap dan panas. Kok nggak naik bus yang ber AC? Wah, zaman saya kecil bus AC masih jarang. Kalau ada tiketnya mahal. Nggak terjangkau. Jadi kalau naik bus pasti ketemu segala macam aroma. Kepala saya pun suka ikutan pusing.

Sebetulnya apa sih penyebab mabuk kendaraan? Menurut Okezone, mabuk kendaraan disebabkan beberapa hal, antara lain:

1. Pertentangan antara saraf sensorik, telinga bagian dalam dan mata (sistem keseimbangan)
Hal ini terjadi karena sistem keseimbangan merasa sebagian tubuh kita bergerak dan sebagian yang lain tidak.

2. Kadar Oksigen yang kurang.
Ini saya rasakan. Betapa pengapnya udara di dalam kendaraan non AC. Biasanya agar tak terlalu pengap, jendela bisa dibuka. Tetapi, udara di luar kendaraan banyak karbondioksida dari asap kendaraan di jalan.

3. Suspensi kendaraan yang tidak baik
Suspensi yang tak baik membuat laju kendaraan jadi tak mulus. Banyak timbul guncangan yang memicu munculnya gejala mabuk kendaraan. Seperti mual dan muntah.

4. Kondisi jalanan
Pernah merasakan perut seperti diguncang-guncang? Buat saya nggak tahan biasanya muncul rasa mual. Terutama saat melewati jalanan berkelok-kelok dan naik turun. Bisa juga kondisi jalan yang nggak rata membuat laju kendaraan berguncang – guncang.

Saya suka sebal sama diri sendiri. Kalau mau bepergian tuh, meskipun masih di rumah pasti deh jantung berdegup lebih kencang. Ibu saya paham betul kondisi ini. Obat anti mabuk jadi andalan untuk diminum. Duh, rasa pahitnya itu bikin malas minum obat.

Zaman saya kecil belum ada obat anti mabuk yang bentuknya sirup, kek yang sekarang.
Ternyata, beberapa bahan alami untuk mencegah mabuk selama perjalanan, lho.

Ini Dia Tip Cegah Mabuk Kendaraan dengan 5 Bahan Alami

1. Peppermintpeppermint-cegah-mabuk-kendaraan
Rasa mentol yang hangat ternyataa berkhasiat untuk meredakan gejala mabuk kendaraan. Seperti pusing dan mual. Pantas saja, simbah dan ibu selalu membawa beberapa permen jadul.

Salah satunya permen bulat rasa mint. Wuih, itu sih bukan hangat lagi tapi pedas di mulut. Makan seperempat bagian aja saya kepedasan. Ada yang tahu permen apa? Yang seusia saya pasti tahu, deh.

Kalau nggak suka rasanya, bisa pakai aromaterapi. Teteskan di saputangan, iruplah kala mual dan pusing datang.

2. Jahe
Rempah yang satu ini telah lama dikenal mampu mencegah rasa mual saat naik kendaraan. Bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman, maupun permen.
Efek rasa hangat yang ditimbulkan membuat nyaman lambung.

Cobalah minum air rebusan jahe, minimal setengah jam sebelum bepergian. Seperti ketika minum obat anti mabuk.

Bisa juga mengunyah permen jahe. Permen jahe juga salah satu permen bekal yang dibawa ibu selama bepergian.

3. Apel Hijauapel-hijau-cegah-mabuk-
Apel hijau diam-diam juga bisa sebagai mencegah mabuk kendaraan. Kandungan zat pektin di dalam Apel hijau bisa menekan asam lambung. Cara konsumsinya juga mudah. Dijus saja kemudian beri campuran air lemon dan madu. Bisa diminum sebelum bepergian.

4. Lemon
Efek zat asam sitrat pada lemon berkhasiat meredakan gangguan pada lambung, seperti mual dan muntah. Selain itu aromanya yang segar juga bisa sebagai atomaterapi yang menenangkan.
Campurlah air perasan lemon dengan air hangat dan sedikit madu. Minumlah sebelum berangkat.

5. Akar manis (Licorice)
Licorice ini mengandung anti-inflmasi yang berperan dalam memenangkan selaput lendir pada kambung. Sehingga mual dan muntah bisa dihindari (honestdoc).

Jika ingin menggunakan akar manis, cukup merebusnya dengan segelas air. Kemudian meminumnya sebelum bepergian.
Kalau tak mau repot, makan saja permen rasa Licorice. Agar mabuk kendaraan bisa dihindari.

Beberapa bahan alami untuk mencegah mabuk kendaraan mudah didapat, ya. Kalau saya sih lebih memilih pakai bahan alami. Apalagi kalau harus bepergian sendirian. Obat antimabuk itu menyebabkan kantuk. Jadi, saya hindari meminumnya saat pergi sendirian.

O, ya, mabuk kendaraan bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Semakin dewasa biasanya semakin berkurang. Saya pun merasakannya. Diusia dewasa jarang sekali mabuk kendaraan. Kadang suka timbul pusing saat naik bus tapi tak sampai muntah.

Konon, suasana hati juga mempengaruhi mabuk atau tidaknya seseorang, lho. Suasana hati yang gembira tanpa diliputi rasa cemas, membuat asam lambung tak naik.

Saat pergi dalam kondisi kemrungsung biasanya rasa cemas muncul. Akibatnya asam lambung juga ikutan naik. Wah, jadi kalau mau bepergian kondisikan agar hati tetap gembira ya teman-teman.
Untuk mengurangi kecemasan saat hendak bepergian, bisa cek barang bawaan. Salah satu sumber kecemasan biasanya ada beberapa barang kerap tak terbawa saat liburan. Persiapan yang cukup akan membuat kita lebih teliti. Sehingga rasa cemas tidak muncul.

Apalagi saat harus mudik naik bus. Tentu persiapannya harus matang. Pergi sekeluarga dengan membawa koper berisi baju dan tas bawaan berisi oleh-oleh. Agar perjalanan mudik lancar ada baiknya menerapkan tips mudik naik bus.

Ingat, saat mudik suasana terminal dan jalanan bakal lebih padat. Tetap waspada ya, dengan diri sendiri, anggota keluarga dan barang bawaan masing-masing.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.