Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Event

Olimpiade Sains Nasional 2019, Menyemai Bibit Ilmuwan Masa Depan

Langit masih gelap, saat saya bergegas menuju Stasiun Balapan. Membelah jalanan kota yang lengang, membuat laju motor yang saya tumpangi tak sering berhenti. Pagi itu, hawa dingin masih enggan pergi, membuat saya harus merapatkan jaket erat-erat.

Seperti biasa, saya lebih suka tiba di stasiun lebih awal. Agar tak ketinggalan kereta. Apalagi, untuk momen penting yang akan saya hadiri. Ketinggalan kereta, fatal akibatnya. Saya akan terlambat tiba di lokasi. Kali ini saya kembali ke Yogyakarta untuk menjadi saksi sebuah perhelatan besar dunia pendidikan Indonesia yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019.

Bicara soal sains, ingatan saya selalu tertuju pada BJ. Habibie. Kepakarannya dalam teknologi pesawat terbang tak diragukan lagi. Indonesia tentu membutuhkan penerus Habibie. Sosok ilmuwan yang kreatif dan inovatif sehingga mampu memberikan solusi berbagai persoalan di negeri ini.

Hal ini rupanya disadari oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Melalui wadah Olimpiade Sains Nasional (OSN) diharapkan akan muncul bibit unggul di bidang sains seperti IPA, Matematika dan IPS serta bidang ilmu lainnya. Sehingga di masa depan, Indonesia bisa memiliki ilmuwan yang mampu menjawab berbagai persoalan. Tentunya hal ini akan mengharumkan nama Indonesia.

Oh, ya Olimpiade Sains Nasional ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya, untuk tiga jenjang pendidikan yaitu SD, SMP dan SMA.Olimpiade Sains Nasional 2019

Nah, OSN 2019 ini dilaksanakan di dua kota. Untuk OSN SD dan OSN SMP diadakan di kota Yogyakarta. Masing-masing di The Rich Hotel untuk tingkat SD. Untuk tingkat SMP dilaksanakan di tiga tempat yaitu Alana Hotel, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan SMPN 8. Sementara itu untuk OSN SMA, kota Manado sebagai tuan rumahnya.

Alhamdulilah, jarak kota Solo – Yogyakarta itu dekat, jadilah saya bisa turut menyaksikan gempitanya pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 pada tanggal 1 Juli 2019.

Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SMP Keren Abis!

Penyelenggaraan pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019 dipusatkan di Grand Kawanua International City, Manado. Sementara itu pembukaan di kota Yogyakarta menyambung secara live streaming lewat layar monitor yang ada di Alana Hotel dan The Rich Hotel.

Acara Olimpiade Sains Nasional 2019 ini dibuka dengan cara yang unik. Bukan gunting pita, pukul gong, pencet bel ataupun semacamnya. Tapi dilakukan dengan percobaan reaksi kimia oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dodonkambey. Keren, kan.Pembukaan Olimpiade Sains Nasional 2019

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi berpesan agar para peserta OSN meningkatkan daya juang, kerja keras dan kemandirian agar karakter anak-anak Indonesia yang hebat bisa terbentuk. Beliau berharap agar, pemenang OSN tidak lagi didominasi anak-anak di Pulau Jawa. Anak-anak luar Jawa juga harus bisa.

Selain itu beliau juga mengingatkan agar anak-anak yang jago di bidang sains tidak boleh meninggalkan sisi humanismenya. Lebih terbuka dan komunikatif agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang heterogen.

Sambutan Direktur Pembinaan SMP
Direktur Pembinaan SMP, Poppy Dewi Puspitawati

Sementara itu Direktur Pembinaan SMP, Poppy Dewi Puspitawati menuturkan ada yang berbeda dari penyelenggaraan OSN SMP 2019. Para peserta diminta untuk menuliskan pengalamannya selama mengikuti seleksi OSN 2019. Karya ini nantinya akan dibukukan sebagai upaya mendukung gerakan literasi sekolah.

Di tempat yang berbeda, Direktur Pembinaan SD Kemendikbud, Khamim menerangkan bahwa tema OSN tahun ini yaitu Mencintai Sains Mengukir Masa Depan, mengisyaratkan peserta didik harus meningkatkan kompetensi agar mampu menjawab setiap tantangan di masa depan.

Selain menyaksikan secara live streaming, pembukaan OSN SMP di Alana Hotel juga berlangsung seru.
Awalnya saya menduga, event sains itu pembukaannya bakal kaku dan nggak asyik. Ternyata dugaan saya keliru. Selain MC nya yang mampu mencairkan suasana, pengisi acaranya juga keren-keren.

Saya dibuat terpesona oleh lantunan suara merdu Tasya, bintang tamu yang memiliki banyak prestasi. Ya, dia adalah juara 3 The Voice session 1. Selain itu Tasya ternyata menjadi juara 1 fls2n tingkat nasional. Yang lebih mengaggumkan, kemampuannya dalam nembang Jawa patut diacungi jempol. Tak hanya sekadar bisa tapi merdu dengan cengkok yang pas.Tasya di pembukaan OSN 2019

Selain Tasya, peserta OSN SMP 2019 juga dihibur oleh tarian Pancarupa yang dibawakan oleh siswa SMPN 5 Yogyakarta.

Sebelum pelaksanaan kompetisi para peserta diminta untuk mengucapkan janji siswa. Sebagai sebuah komitmen untuk mengikuti lomba secara sportiv dan jujur. Hal ini juga berlaku untuk para juri yang menilai dalam ajang OSN 2019.

Janji siswa di osn smp 2019

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional 2019 di Yogyakarta

OSN 2019 ini diikuti oleh siswa-siswa yang telah diseleksi dari tingkat sekolah hingga propinsi. Mereka yang berkompetisi di tingkat nasional adalah siswa-siswa terbaik dari seluruh propinsi di Indonesia. Rangkaian acara OSN 2019 berlangsung dari tanggal 30 Juni hingga 6 Juli 2019.

Untuk OSN SD 2019 diikuti oleh 272 peserta. Ada kabar membanggakan bahwa sebanyak 42 peserta berasal dari daerah 3T (terluar, tertinggal dan terbelakang). Bahkan salah satu peserta berasal dari Fakfak, Papua Barat. Wuih, ikut bangga, meskipun penuh dengan keterbatasan fasilitas tapi mampu berprestasi.

Peserta OSN SD berkompetisi di dua mata pekajaran yaitu Matematika dan IPA. Sementara itu jumlah peserta OSN SMP 2019 sebanyak 408 siswa. Mata pelajaran yang dikompetisikan adalah IPA, IPS dan Matematika.

Oh ya, selama pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional 2019 ini, aturannya sangat ketat. Panitia menjaga agar olimpiade berjalan sportif. Area tes dibuat steril dari pihak yang tak berkepentingan. Selain untuk sportivitas, anak-anak juga butuh suasana tenang agar mampu konsentrasi mengerjakan soal.

Orang tua dan pedamping tidak boleh di dalam ruangan. Selama tes berlangsung, jika ingin ke kamar kecil, peserta dikawal oleh panitia. Seketat itu? Iya, begitulah.

Sementara itu juri yang ditugaskan kapasitas nya tak diragukan lagi. Mereka berasal dari beberapa universitas ternama. Sebelum bertugas para juri diambil sumpahnya agar bisa bekerja dengan baik dan jujur.

Namanya kompetisi, yang menang pasti dapat hadiah, dong. Begitu pun dengan peserta OSN 2019. Para pemenang akan mendapatkan piagam, medali dan uang pembinaan. Di luar itu, tiap peserta mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 3.000.000,00.

Pemenang Olimpiade Sains Nasional 2019 tingkat SMP dan Harapan Indonesia

Olimpiade Sains Nasional 2019 di Yogyakarta sudah berakhir. Para pemenang juga telah diketahui. Yeaay, selamat ya, buay para adik-adik SMP yang telah berhasil meraih prestasi membanggakan di OSN 2019 ini.

Penganugerahan medali kepada para pemenang dilakukan saat penutupan event OSN SMP 2019 di Alana Hotel. Total ada 90 siswa yang mendapat medali, piagam dan beasiswa.

Tahun ini propinsi peraih medali terbanyak diraih oleh Jawa Barat. Dengan total perolehan medali sebanyak 16. Terdiri dari 2 emas, 8 perak dan 6 perunggu. Secara keseluruhan, dominasi pemenang masih dipegang Pulau Jawa. Tentu ini sebuah pekerjaaan rumah bagi insan pendidikan untuk meratakan kualitas pendidikan hingga luar Pulau Jawa seperti harapan Sekjen Kemendikbud, Didik Suhardi.

Peraih medali perunggu
Beberapa peraih medali perunggu
Foto : Nuno Orange

Saya sebagai orang tua turut bangga dengan gelaran event Olimpiade Sains Nasional 2019 ini. Sains memang menjadi bagian penting dalam kehidupan. Oleh karena itu memupuk kecintaan terhadap sains memang harus diupayakan sedini mungkin. Agar kelak, tumbuh subur ilmuwan-ilmuwan yang mumpuni di berbagai bidang.

Peraih medali perak OSN SMP 2019
Salah seorang peraih medali perak

Keberadaan sains penting namun keberadaan bidang lain juga sama penting seperti olahraga, seni, dan lainnya. Sudah seharusnya apresiasi yang sama juga diberikan kepada para siswa di bidang lainnya. Agar Indonesia tak hanya memiliki kaum pemikir, memiliki juga olahragawan, seniman dan pelaku bidang lain yang sama hebatnya.

Gelaran OSN 2019 telah usai, sampai jumpa di OSN tahun depan.

Peraih medali emas olimpiade Sains Nasional 2019
Salah satu peraih medali emas OSN SMP 2019
Foto :Ririe Khayan

Bagi para pemenang tentu tak boleh terlena. Harus terus belajar karena Olimpiade Sains Internasional sudah di depan mata. Yuk, harumkan nama Indonesia di dunia.

Bagi yang berminat mengikuti OSN tahun depan bisa memantau akun media sosial kemendikbud untuk informasi lengkap.

Twitter : https://twitter.com/DikdasmenDikbud
Instagram
https://www.instagram.com/dikdasmen_kemdikbud/

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.