Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Event

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019, SMK Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Kembali ke Jogjakarta, kali ini menyaksikan pembukaan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019. Penyelenggaraan LKS SMK 2019 ini adalah yang ke XXVII, lho. Kota Pelajar Jogjakarta kembali dipercaya memyelenggarakan event pendidikan tingkat nasional setelah event OSN 2019.


Ngobrolin soal SMK sekarang ini menarik. Kalau zaman dulu kan ada stigma kalau anak SMK kalah keren sama anak sekolah umum. Tapi, saat ini anak SMK benar-benar membuktikan bahwa mereka memiliki kompetensi dan bisa berprestasi hingga tingkat internasional.

Adalah World Skill Asia (WSA) 2018 di Abu Dhabi (UEA) menjadi ajang pembuktian bahwa siswa SMK mampu bersaing di tingkat dunia. Mereka meraih predikat juara umum dengan membawa pulang 6 medali emas, dan 3 medali perak. Kontingen Indonesia berhasil mengungguli peserta dari Korea, Taiwan, Malaysia, Bahrain dan tuan rumah UEA. Keren, kan.

Nggak salah makanya jika LKS SMK 2019 itu rutin diadakan setiap tahun. Lomba Kompetensi Siswa SMK diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan kompetensi Siswa SMK sesuai dengan jurusannya. Lebih jauh, hal tersebut dimaksudkan agar lulusan SMK bisa terserap dan bersaing di dunia kerja.Peserta lomba kompetensi siswa smk 2019

Seperti diketahui dunia kerja memang membutuhkan tenaga terampil siap pakai. Keberadaan SMK memang untuk memenuhi kebutuhan itu. Jadi sudah sewajarnya jika lulusan SMK memiliki kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja.

Apalagi saat ini, telah memasuki era revolusi industri 4.0. Dimana disruption terjadi dan tak bisa dibendung. Siapkah siswa SMK menghadapinya? Jawabannya tentu harus siap. SMK Bisa!

Nah, penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini mengangkat tema “Kompetensi Menyonsong Era Industri 4.0”. LKS SMK 2019 ini berlangsung sejak tanggal 7-13 Juli 2019. Selain lomba di 32 bidang kejuruan, ada kegiatan lain guna memberi nilai tambah pada penyelenggaraan LKS SMK 2019 yaitu workshop, pameran Produk Inovasi Siswa SMK, Job Matching, Sertifikasi Kompetensi, Pameran Industri, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), One School One Province (OSOP), dan Wisata Edukasi.

orkes-tiup-smkn-2-kasihan-bantul

Alhamdulilah, saya berkesempatan menyaksikan pembukaan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini di Sportorium UMY, tanggal 8 Juli 2019.
Pembukaan ajang tingkat nasional ini berlangsung meriah. Diawali dengan penampilan Orkes Tiup dari SMKN 2 Kasihan Bantul dengan conductor Turino Spd. Saya baru pertama kali menyaksikan penampilan mereka dan dibuat terpesona. Baik pemusik maupun penyanyinya bagus. Ternyata, mereka memang biasa tampil di Istana Negara, lho. Hebat ya anak SMK!

Selain nyanyian, pembukaan kala itu dihibur pula oleh siswa-siswa SMKN 1 Kasihan Bantul yang membawakan tarian Sang Mataram. Tarian ini menggambarkan tentang perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo berjuang melawan penjajah.

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 ini diikuti oleh 759 peserta dari seluruh propinsi di Indonesia. Mereka adalah para siswa terpilih dari sekolah masing-masing yang telah lolos seleksi hingga tingkat propinsi.

Peserta lomba kompetensi siswa smk 2019 dari jawa barat
Kontingen Jabar

Dalam kesempatan tersebut Direktur Pembinaan Sekolah Menangah Kejuruan, M Bakrun mengungkapkan ajang LKS selain memberikan peluang siswa SMK untuk meningkatkan daya saingnya.
Beliau juga menambahkan bahwa siswa SMK harus siap menghadapi Revolusi Industri 4.0. Maka dari itu semua materi lomba akan dikaitkan dengan teknologi informasi.

Selain perlombaan, ajang tahunan ini juga menghadirkan Job Matching, tujuannya adalah menyelaraskan kebutuhan tenaga kerja di perusahaan dengan kompetensi lulusan SMK. Ini penting agar lulusan SMK nantinya siap kerja dan kompentensinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Nggak heran kalau ajang LKS SMK 2019 ini melibatkan hingga 60 perusahaan.

LKS SMK 2019 ini dibuka oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa di era disruptif SMK harus inovatif. Harus mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini.

Acara pembukaan Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 dimeriahkan pula oleh penampilan Brisia Jodie. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini menyanyikan beberapa lagu seperti Tanah Airku dan Side To Side. Bahkan sempat mengajak penonton bernyanyi bersamanya.

Hasil Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019

LKS SMK 2019 dilaksanakan di empat tempat. Antara lain UNY, Jogja Expo Center (JEC), SMKN 6 Jogjakarta dan Hotel Grand Dafam.

Beberapa lomba dan pameran dilaksanakan di JEC seperti fashion tech, marketing, hairdressing, metrologi, electronics, mechatronic, electrical installation, mobile robotics dan graphic design tech. Selain lomba diselenggarakan pula seminar industri dan beauty therapy.

Sementara itu di Universitas Negeri Jogjakarta bidang yang dilombakan antara lain web technologies, IT network system, IT software solution for bussiness, administration, mechanical engineering CAD, design grafis dan sebagainya.

Selain itu ada pula pertunjukkan fashion show yang menampilkan kreasi siswa SMK jurusan tata busana. Fashion show pada event ini mengambil tema “Indonesia Pusat Busana Muslim Dunia”. Ternyata trend fashion busana muslim juga ditangkap sebagai peluang dalam LKS SMK 2019 ini. Selain tampil di pameran, hasil karya para Siswa SMK ini juga ditampilkan saat upacara penutupan.

Setelah mengikuti ajang LKS SMK 2019 selama lima hari, akhirnya didapat para pemenang dari masing-masing bidang lomba mengambil 3 pemenang. Pengumuman pemenang dilakukan pada acara penutupan LKS SMK 2019 di Sleman City Hall pada tanggal 12 Juli 2019.

Lantunan lagu dan gerak tari mewarnai acara penutupan LKS SMK XVII 2019 ini. Semua sajian hiburan selalu mengobarkan semangat nasionalisme.
Akhirnya, gelar juara umum Lomba Kompetensi Siswa SMK XVII 2019 diraih oleh kontingen Jawa Tengah. Setelah berhasil mematahkan dominasi DKI Jakarta sebagai pemenang LKS tahun lalu. Jawa Tengah meraih 11 emas dari total 32 emas yang diperebutkan. Yeaay, selamat Jawa Tengah. Turut bangga sebagai warga Jateng.

Lomba Kompetensi Siswa SMK 2019 sudah berakhir, semoga banyak insight baru yang peserta dapatkan, ya. Sebagai modal untuk menghadapi dan bersaing di revolusi industri 4.0.

Sampai jumpa di event LKS SMK tahun depan.

Jangan lupa pantengin terus akun media sosial Dikdasmen, agar tak ketinggalan informasi, ya.

Twitter: https://twitter.com/DikdasmenDikbud
Instagram: https://www.instagram.com/dikdasmen_kemdikbud/

2 Comments

  • CREAMENO

    Menurut saya SMK itu sama kerennya sama SMA, cuma berbeda di preferensi saja. Kalau SMK memang difokuskan pada skill dan siap masuk dunia kerja setelah lulus, sedangkan SMA rata-rata difokuskan pada akademik karena nantinya untuk bahan lanjut ke universitas dan menjadi akademisi hehehe however anak SMK sama kerennya dengan anak SMA 😀 dulu pernah punya teman jago masak karena sekolah SMK jurusan boga~ dan jago desain karena masuk SMK jurusan tekstil hihi 😀 by the way, ikut bangga dengan siswa-siswa yang menang di kompetisi internasional, semoga ke depannya semakin berjaya yaaa mba generasi bangsa Indonesia di kompetisi internasional 😀

  • Sabda Awal

    saya ga ingat mbak, zaman saya SMA udah ada belum ya OSN nya SMK, kalau saya sendiri memang jkin OSN SMA aja.

    ini luar biasa, bisa berkompetisi di level internasional, ga tanggung2 juara umum lagi karena boyong banyak mendali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.