Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Competition

Asus VivoBook Ultra A412DA, Laptop Ringkas Bikin Kerja Lekas Tuntas

“Berangkat ke stasiunnya jangan mepet. Lebih baik nunggu di sana daripada ketinggalan kereta!”

Pesan suami itu sudah saya hapal di luar kepala. Tiap kali hendak bepergian ke luar kota, pesan itu selalu diulang.

Maklum, jarak rumah ke stasiun tidak bisa dibilang dekat. Butuh waktu minimal 20 menit untuk sampai ke sana. Itu jika lalu lintas lengang, seperti saat pagi buta. Jika jalanan sedang ramai dengan kendaraan bermotor lainnya maka butuh waktu lebih lama. Jadi saya harus bisa mengatur waktu yang nyaman buat berangkat.

Mengapa demikian? Karena saya lebih suka menunggu di stasiun ketimbang tergesa-gesa di jalan. Jadi sudah biasa kalau saya tiba di stasiun minimal 45 menit sebelum jam keberangkatan kereta. Bahkan pernah satu hingga dua jam sebelumnya. Meskipun saya hanya pergi ke Jogjakarta.

Apa enaknya menunggu di stasiun? Enak nggak enak sih sebetulnya. Nggak enaknya karena harus lama menunggu. Daripada ketinggalan kereta dan terlambat sampai tujuan. Apalagi, kalau itu urusan pekerjaan sebagai blogger, bisa kacau. Saya bisa saja kehilangan kepercayaan dari klien.

Enaknya, fasilitas kursi di ruang tunggu cukup banyak. Biasanya saya menghabiskan waktu dengan sesekali memotret suasana di sana.

Motret stasiun balapan

Sambil membayangkan suasana stasiun tempo dulu. Berada di stasiun kereta saya seolah berada di lorong waktu. Meskipun bangunannya sudah lebih modern. Tapi, tetap ada sisa bangunan masa lalu yang masih berdiri.

Persoalannya, sejak saya tak lagi memiliki powerbank, saya jadi harus berhemat menggunakan ponsel pintar. Apalagi jika kepergian saya untuk urusan pekerjaan yang mengharuskan untuk live tweet.

Mengisi ulang baterai ponsel di stasiun maupun kereta kadang bukan pilihan tepat karena colokan belum tentu kosong alias tak dipakai penumpang kereta lainnya. Jika seperti itu maka yang saya lakukan selama menunggu adalah mengamati suasana stasiun.

Sempat berpikir sih, andaikan waktu menunggu itu bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan menulis ataupun membuat laporan tentu nggak ada lagi waktu terbuang. Waktu saya lebih efektif. Pun ketika saya harus traveling beberapa hari, saya tak perlu menunda menyelesaikan pekerjaan hingga tiba di rumah.

Kerja saat traveling
Kerja saat traveling

Namun apa daya, untuk melakukannya saya membutuhkan laptop yang tak membebani diri ketika dibawa bepergian. Ia harus ringan dibawa tapi kinerjanya juara. Nggak boleh lemot agar efektif untuk menyelesaikan pekerjaan.

Adalah Asus VivoBook Ultra A412DA. Sebuah laptop besutan Asus, yang mengusung tagline “The World’s Smallest 14 Inch Colorful Notebook”. Laptop yang dipasarkan sejak 20 Juni 2019 ini merupakan laptop paling ringan, tipis dan ringkas di kelasnya ini menawarkan hal yang saya cari.

Gaya dan Kinerja Memikat Asus VivoBook Ultra A412DA

Dari mata turun ke hati, sebuah pepatah lama tepat untuk menggambarkan ketertarikan saya terhadap laptop Asus VivoBook Ultra A412DA. Ya, semua memang berawal dari penampilan laptop tersebut yang slim dan eye cathing.

Asus VivoBook Ultra A412DA

Kemudian layaknya orang yang jatuh hati maka saya pun mencari informasi lebih lengkap tentang Asus VivoBook Ultra A412DA. Bak orang yang sedang pedekate dengan gebetan.

Alasannya satu, memastikan bahwa eloknya penampilan juga disertai dengan kinerja yang mumpuni.

Tampilan Asus VivoBook Ultra A412DA

Bodi Ringkas, Layar Luas

Tampilan luar laptop Asus VivoBook Ultra A412DA memikat dengan empat pilihan warna. Keempat warna tersebut mengakomodasi selera pengguna. Bagi kalian yang berjiwa muda dan antimainstream, tersedia warna Coral Crush dan Peacock Blue. Sementara itu bagi mereka yang suka dengan kesan kalem (seperti saya) tersedia warna Slate Grey dan Transparent Silver.

Material body terbuat dari plastik dengan sentuhan akhir berkesan wah. Material inilah yang membuat berat laptop ini jadi lebih ringan dibanding laptop lain di kelasnya. Ya, dimensi Asus VivoBook Ultra A412DA hanya 1,5 kilogram, dengan panjang 32 cm, lebar 21 cm dan ketebalan 1,9 cm. Tentu saja, laptop terasa ringan dibawa baik ditenteng maupun digendong dengan tas punggung. Pun ia tak memakan banyak tempat baik ditaruh di atas meja maupun di dalam tas.

Asus VivoBook Ultra A412DA ringkas

Ketika dibuka, nampaklah layar dengan desain kekinian yaitu bezelless. Layar berukuran 14 inci tersebut nampak lega dengan ukuran bezel yang tipis di keempat sisinya. Ukuran bezel hanya sebesar 5,7 mm. Layar laptop ini full HD dengan rasio layar ke bodi sebesar 87% karena menggunakan teknologi nanoedge display. Selain itu, wide angle laptop ini mencapai 178 derajat, sehingga bisa enak dilihat dari sudut yang berbeda. Tampilan layar seluas itu tentu memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam pekerjaan maupun hiburan.

layar asus vivobook ultra a412ad

Tampilan layar yang luas masih dlengkapi dengan webcam di bezel atas. Letaknya memudahkan kita, saat ingin melakukan videochat dengan orang-orang terkasih maupun rekan bisnis.

Asus VivoBook Ultra A412DA cocok dipakai di luar ruangan

Layar monitor laptop ini juga dilengkapi panel LED – backlit dengan fitur anti glare dan NTSC 45%. Cocok banget buat siapapun yang kerap bekerja di luar ruangan karena tidak terganggu dengan pantulan cahaya matahari pada layar.

Kenyamanan Dalam Pengoperasian Asus VivoBook Ultra A412DA

Desain Ergonomis

Laptop ini menggunakan desain engsel ergolift. Saat dibuka maka bodi bagian bawah akan terangkat setinggi 2 derajat. Desain ini dimaksudkan agar laptop ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Sehingga proses pendinginan jadi lebih cepat. Dengan begitu, kerja hadware laptop ini bisa lebih powerfull.

Desain ergolift ini juga memberikan kenyamanan saat mengetik karena posisi keyboard yang turut naik. Apalagi ditunjang dengan ukuran tombolnya yang cukup besar dengan jarak 1,3 mm maka kesalahan pencet pun bisa dihindari. Keyboard laptop ini telah diujicoba ketahanannya sebanyak 10.000 ketukan. Jadi sudah teruji daya tahannya.

Kelebihan lain dari keybord Asus VivoBook Ultra A412DA adalah masing-masing tombolnya memiliki backlit (lampu menyala ketika tombol ditekan). Jadi nggak masalah lagi saat harus mengetik di tempat yang redup. Apalagi tingkat keterangan backlit bisa diatur hingga tiga tingkatan. Tinggal disesuaikan dengan seredup apa ruangan saat mengetik.

Asus seri ini juga dilengkapi dengan touchpad yang cukup luas yang dilengkapi dengan fitur gesture. Selain itu di ujung kanan atas touchpad terdapat fingerprint sensor (sensor sidik jari) yang terhubung Windows Hello.

Dengan fitur ini maka login ke laptop menggunakan sidik jari yang tersimpan. Cukup dengan satu sentuhan jari. Selain lebih aman, login pun jadi lebih cepat karena tidak perlu pakai password.

Windows Hello
Windows Hello

Kinerja Asus VivoBook Ultra A412DA

Tenaga Prima, Grafis Luar Biasa

Laptop ini ditenagai oleh prosessor AMD™ Ryzen seri 3000 baik Ryzen 3 maupun Reyzen 5. Prosesor ini dikenal memiliki tenaga yang prima namun hemat daya. AMD Reyzen ini dikenal memiliki keunggulan pada kecepatannya. Kemampuan ini tentu sangat membantu kita dalam bekerja multitasking. Urusan browsing, menyetel musik, streaming film atau video maupun editing foto dan video jadi asik.

Untuk urusan grafis, laptop dengan bodi ramping ini menggunakan Radeon RX Vega 10. Selain cepat, kemampuannya dalam mengolah grafis, redering video maupun bermain games itu bagus. Apalagi diperkuat dengan kapasitas RAM berjenis DDR4 sebesar 4 GB, urusan komputasi jadi lancar. Tak perlu kawatir laptop tiba-tiba nge-lag ataupun harus restart.

Ruang Simpan Lega

Pekerjaan sebagai seorang blogger plus menjalankan hobi motret tentu butuh dukungan perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang lega. Aktivitas yang nggak bisa dihindari adalah memindahkan foto dan video dari ponsel maupun kamera ke laptop. Ditambah dengan berbagai file tulisan maupun video yang membutuhkan ruang simpan juga. Jadi, kemampuan Asus VivoBook Ultra A412DA memberikan HHD hingga 1 TB tentu bikin tenang. File bisa tersimpan dengan baik.

Ketahanan Baterai Juara

Satu hal yang amat penting dalam memilih laptop adalah ketahanan baterai. Nggak asik banget ketika harus menyelesaikan perkerjaan terhambat karena baterai laptop low bat. Terus harus cari colokan ke sana ke mari. Ah, bikin pekerjaan tak segera tuntas.
Nah, ketahanan baterai Asus VivoBook Ultra A412DA mencapai 6 jam penggunaan. Mantap banget, kan. Kalau habis tinggal diisi lagi.

Nah, kelebihan dari baterai laptop ini adalah fast charging. Bisa terisi 66% dalam waktu 49 menit. Apalagi baterai ini didukung oleh teknologi pengisian daya baterai yang eksklusif dari Asus. Teknologi ini mengurangi kerusakan akibat pengisian berlebihan yang kerap membuat bengkak baterai. Sehingga daya tahan baterai bisa lebih lama.

Sistem Operasinya Windows 10 Asli dan Langsung Terpasang

Satu hal yang saya suka dari Asus VivoBook Ultra A412DA adalah sistem operasi menggunakan Windows 10 yang asli dan sudah terinstal. Kita tak perlu repot instal sendiri atau pergi ke rental untuk minta diinstalin, yang ujungnya suka pakai bajakan. Pakai bajakan memang murah tapi ini ilegal dan beresiko terkena virus pula. Wah, pokoknya senang banget dengan kemudahan ini.

Sistem operasi Windows 10 merupakan sistem termutakhir saat ini. Sistem ini bakal diupdate secara otomatis. Jadi nggak kawatir lagi akan terkena malware.

Konektivitas Komplit

Kebutuhan akan transfer data membuat laptop membutuhkan fitur konektivitas yang lengkap dan termutakhir. Konektivitas Asus VivoBook Ultra A412DA komplit. Mulai dari USB tipe C yang memiliki kelebihan transfer data lebih cepat hingga 10 kali dari USB biasa. Selain itu tersedia pilihan lain yaitu USB 2.0 dan USB 3.1 yang multifungsi, bisa untuk port mouse, HDD eksternal maupun flashdisk.

Yang tak kalah penting adalah tersedianya port HDMI untuk keperluan presentasi. Urusan presentasi tugas maupun pekerjaan bisa dilakukan dengan laptop ini. Bagi kita yang masih suka menggunakan MicroSD, tersedia pula satu port tersebut.

Nah, untuk koneksi tanpa kabel Asus VivoBook Ultra A412DA memberikan Bluetooth 4.2 yang memiliki kecepatan hingga 2,1 Mbps. Urusan kirim mengirim file jadi lancar. Selain itu untuk urusan konektivitas internet, laptop ini dibekali dengan Wifi 5, dengan kecepatan akses 867 Mbps. Urusan browsing maupun streaming bakal lancar tanpa buffering.

Audio Jernih

Siapa yang mendambakan audio yang jernih saat mendengarkan musik maupun nonton film atau video di laptop? Saya pikir setiap pengguna laptop bakal sehati soal ini. Nah, audio Asus VivoBook Ultra A412DA ini didukung oleh teknologi Sonic Masternya Asus. Teknologi yang satu ini dikenal bisa memberikan pengalaman audio yang menyenangkan karena suara yang dihasilkan jernih.

Alasan Asus VivoBook Ultra A412DA Layak Dipilih Oleh Kalian Yang Mobile dan Produktif

Dari sederet spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh Asus VivoBook Ultra A412DA, kesimpulan saya, laptop ini memang cocok untuk kita yang mobile namun harus tetap produktif. Cocok juga buat teman-teman pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan laptop untuk tugas sehari-hari dengan harga yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Alasannya :
1. Bentuknya portable banget. Nggak butuh banyak tempat ketika ditaruh di meja maupun di tas.
2. Bobotnya ringan, jadi nggak membebani tangan atau punggung kita saat dibawa traveling.
3. Dukungan dapur pacu AMD Reyzen seri 3000 baik Ryzen 3 maupun Reyzen 5 yang mumpuni sehingga kinerja untuk browsing, streaming, redering video, olah grafis maupun main games cepat.
4. Kartu grafisnya menggunakan Radeon RX Vega 10 membuat tampilan grafis keren.
5. Layar lebar bezelless dan full HD memberikan kenyamanan saat menggunakannya.
6. Fingerprint sensor yang terhubung dengan Windows Hello bikin cepat login.
7. Ergolift desain bikin nyaman saat mengetik dan memaksimalkan sirkulasi udara.
8. Sistem operasi menggunakan Windows 10 yang asli dan langsung terpasang.
9. Kapasitas penyimpanan lega
9. Konektivitas komplit
10. Daya tahan baterai 6 jam dan cepat terisi kembali.
11. Pilihan warna kekinian

Sebagai seorang blogger yang kadang harus meliput event di luar kota, saya membutuhkan laptop Asus VivoBook Ultra A412DA yang ringan, kecil sehingga enteng dibawa bepergian. Pun kinerjanya cepat sehingga pekerjaan jadi lekas tuntas tanpa harus menunggu saya tiba di rumah.

One Comment

  • Indah Juli

    Suami Mak Ety, sama dengan suamiku, mesti deh nyaranin berangkat lebih cepat biar nggak grasa grusu.
    Lebih baik nunggu dari pada ketinggalan, gitu katanya.
    Semoga laptop ASUS Vivobooknya jadi milik Mak Ety ya, biar menunggu waktunya bisa maksimal dengan bekerja 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.