Lifestyle

3 Alasan Kamu Harus Memiliki Rice Cooker di Rumah

Rice cooker menjadi salah satu alat elektronik pilihan di Indonesia. Alasan mengapa rice cooker menjadi pilihan karena dapat membuat nasi lebih tahan lama dan tidak membuat nasi menjadi gosong. Namun di satu sisi, rice cooker dianggap alat elektronik yang butuh penanganan khusus dan cenderung boros listrik.

Terlepas dari kekurangannya, rice cooker tetap dipilih banyak orang, khususnya anak kos dan ibu-ibu karena dianggap praktis, mudah digunakan dan bahkan dapat dibawa kemana saja. Kehadiran rice cooker membuat orang-orang menjadi terbantu dalam memasak, khususnya memasak nasi.

Bila kamu tetap tidak mempunyai rice cooker, Artikel ini akan memberikan 3 alasan penting mengapa kamu harus memiliki rice cooker di rumah, supaya kamu dapat memperhitungkannya sebagai alat elektronik pilihan di tempat kediamanmu. Mari kita simak pembahasannya!

1. Dapat Memasak Nasi Dengan Cepat

Alasan mengapa kamu harus memiliki rice cooker adalah karena rice cooker dapat memasak nasi dengan cepat. Bila dibandingkan dengan memasak nasi dengan cara konvensional, memasak nasi dengan menggunakan rice cooker jauh lebih cepat dan lebih praktis. Kamu hanya perlu menunggu waktu selama 25-35 menit, hingga kamu bisa mendapatkan nasi yang matang dari rice cooker.

Alasan lain mengapa kamu harus punya rice cooker adalah karena memasak nasi dengan cara biasa tidaklah gampang. Kamu harus punya banyak pengalaman dalam memasak nasi, mampu mengukur air yang pas serta timing yang tepat untuk mendapatkan hasil nasi yang sempurna.

Ketika menggunakan rice cooker, kamu hanya perlu mencuci beras, mengukur kadar air sebesar 1 ruas jari dan menyalakannya. Tunggu beberapa saat dan kamu bisa menikmati nasi yang berkualitas. Memasak nasi menjadi lebih cepat adalah alasan yang patut kamu perhitungkan untuk memiliki rice cooker di rumah.

2. Mampu Memasak Berbagai Jenis Masakan

Berbagai jenis makanan dapat dibuat hanya menggunakan rice cooker. Jenis masakan yang dapat diolah adalah seperti mie instan, nasi goreng, berbagai jenis sop dan sayuran, puding atau agar-agar, hingga memasak kue atau bolu.

Saat ini sudah tersednia beragam rice cooker yang menyediakan fitur yang memudahkan kamu dalam memasak berbagai jenis masaka. Fitur-fitur tersebut seperti fitur khusus memasak nasi, fitur brown rice, slow cook, delay time, hingga fitur instant noodle dapat dipilih sesuai dengan makanan apa yang ingin dimasak.

Intinya, kamu dapat memasak masakan apapun yang diinginkan di rice cooker. Namun sebelum memasak, ada baiknya bila kamu mengetahui resep-resep masakan yang dapat dibuat dengan rice cooker, supaya membuatmu lebih mudah dan dalam mengolah masakan.

Di samping itu kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips penting dalam memasak masakan di rice cooker, karena apabila kamu salah mengolah, maka akan membuat rice cooker menjadi korslet atau cepat rusak. .

3. Bersifat Serbaguna

Selain bisa memasak nasi dan berbagai masakan, rice cooker juga dianggap serbaguna, seperti dapat menghangatkan makanan atau memasak air. Makanan yang dingin dapat dengan mudah dipanaskan di rice cooker, sehingga rasa makanan menjadi lebih nikmat. Ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki kompor atau microwave di rumah.

Selain itu alasan kamu harus memiliki rice cooker adalah dapat memasak air. Rice cooker dianggap sangat membantu dalam menyeduh berbagai minuman seperti kopi, teh, susu, atau sereal.

Dengan memiliki rice cooker, sudah pasti akan membuatmu lebih mudah dalam membuat air panas untuk minuman, serta menjadi pengganti dispenser bila kamu tidak memilikinya. 

Catatan

Bila kamu sudah yakin akan membeli rice cooker, lihat artikel dari BestSpy untuk rekomendasi rice cooker lainnya dan mengetahui tips dalam memilih rice cooker itu sendiri.

Beberapa langkah untuk memilih rice cooker adalah dengan pilih rice cooker yang sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan, cari rice cooker dengan merk yang teruji, usahakan agar rice cooker memiliki stop kontak yang aman, dan tidak kalah penting adalah dengan memilih rice cooker dengan harga yang ekonomis, watt yang rendah, serta memiliki fitur yang membantumu dalam memasak nasi atau makanan yang diinginkan.

Itulah ketiga alasan mengapa kamu harus memiliki rice cooker di rumah, semoga kamu mendapat rice cooker yang cocok untuk keperluan memasak apapun yang kamu sukai. 

2 Comments

  1. Erly Damayanti November 25, 2020
  2. duniamasak November 26, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.