Tips and Tutorial

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi UMKM

Sebagai pelaku UMKM, saya merasakan betul, bahwa dalam memulai bisnis, modal merupakan unsur penting. Kebutuhan modal usaha pada masa awal biasanya untuk menjaring konsumen.


Sumber permodalan awal bisa dari tabungan pribadi, seperti yang saya lakukan dulu, saat memulai usaha kuliner.

Namun, seiring berjalannya waktu, ada kebutuhan untuk mengembangkan bisnis. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan modal usaha yang jumlahnya lebih besar dari modal awal dulu.

Nah, untuk urusan ini bisnis skala UMKM, kerap menemui kendala. Ya, seperti kita tahu, jika hendak meminjam dana ke bank, tentu harus bankable. Faktanya, untuk bisnis skala UMKM, tidak semuanya memenuhi persyaratan sebagai peminjam.

Lalu, adakah cara mendapatkan modal usaha yang bisa dilakukan oleh UMKM selain meminjam ke lembaga perbankan?

Kabar baiknya, ada lho beberapa cara mendapatkan modal usaha yang bisa dipilih oleh pelaku UMKM.

1. Kompetisi

Memperoleh modal usaha dari sebuah kompetisi bisnis sudah banyak dilakukan para pelaku UMKM.

Tentu harus diupayakan sebaik mungkin agar bisa memenangkan kompetisi dan mendapatkan hadiah untuk modal usaha. Tak ada salahnya dicoba, memang bakal banyak pesaing. Tak perlu gentar, asal memahami triknya, peluang menang terbuka lebar.

Oleh karena itu persiapkan baik-baik, persyaratan yang diminta, seperti proposal, materi presentasi, dan syarat lain yang diminta penyelenggara.

2. Sewa Tempat dengan Bagi Hasil

Salah satu komponen yang memerlukan biaya tidak sedikit adalah sewa tempat usaha. Apalagi jika letaknya strategis, pastilah sewanya akan mahal.

Nah, kebutuhan modal untuk sewa tempat bisa diakali dengan menawarkan kerjasama dengan pemilik tempat usaha. Misalnya dengan sistem bagi hasil. Untuk prosentase nya tentu berdasarkan kesepakatan para pihak.

Pilihan ini akan meringankan kebutuhan akan modal untuk sewa tempat, lho. Sehingga, modal yang ada bisa dialokasikan untuk hal lain.

Yang penting, buatlah perjanjian tertulis mengenai kerjasama tersebut. Hal ini dimaksudkan agar ada kepastian hukum.

3. Cari Investor (Angel Investor)

Bisnis skala UMKM dapat investor? Emang ada yang mau?

Nah, itu dia, buatlah bisnis teman-teman itu menarik dan prospektif sehingga ada investor yang tertarik menanamkan modalnya.

Disini teman-teman harus menyiapkan proposal bisnis yang menarik dan jelas. Kemudian, carilah orang-orang yang potensial menjadi investor bisnis teman-teman. Mereka ini bisa keluarga, teman, kenalan maupun kerabat.

Selanjutnya presentasikan dan ceritakan potensi dan rencana bisnis teman-teman. Oh ya, mencari investor itu seperti mencari jodoh. Carilah yang memahami visi teman-teman dan siap berbagi resiko dalam usaha tersebut.

Selain itu, tuangkan kerjasama investasi tersebut secara tertulis ya, agar terdapat kepastian hukum.

4. Crowdfunding/ Syirkah

Cara mendapatkan modal usaha dengan crowdfunding mirip dengan yang nomor 3, namun dilakukan oleh banyak orang.
Kabar baiknya saat ini telah banyak badan yang menaungi kegiatan crowdfunding.

Sehingga banyak alternatif pilihan. Namun, pastikan ya, badan tersebut telah diverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

5. Pinjaman Online

Cara mendapatkan modal usaha yang satu ini tak perlu ditakuti. Mengingat banyak kasus yang terkait pinjaman online yang bermasalah.

Prinsipnya teliti dan hati-hati dalam memilih platform pinjaman online yang akan dipakai. Teman-teman harus memilih pinjaman online yang terdaftar OJK. Itu udah paling tepat.

Mendapatkan modal usaha pinjaman online, selain tidak ribet, dana bisa cair dalam waktu cepat. Sehingga kebutuhan akan modal usaha bisa lekas terpenuhi.

Salah satu pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah Tunaiku yang mulai beroperasi sejak 2104. Tunaiku merupakan produk digital dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk milik sebuah perusahaan multinasional bernama TOLARAM.

Tunaiku menyediakan pinjaman online tanpa jaminan. Sistemnya dilengkapi dengan teknologi dan data analytics canggih, sehingga mampu memberikan layanan secara cepat (dalam waktu 24 jam) dan mudah.

Kelebihan pinjaman online di Tunaiku :

1. Tak memerlukan jaminan dan tanpa kartu kredit
2. Pengisian formulir pengajuan online selesai dalam 10 menit
3. Pencairan pinjaman cepat sesuai nominal yang diajukan.
4. Bayar cicilan lebih cepat tanpa kena bunga
5. Pengajuan pinjaman tak perlu tatap muka, cukup lewat aplikasi atau website

Apapun jalur yang dipilih dalam mendapatkan modal usaha, pastikan pelajari dengan teliti.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.